0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

8 Kiat Menyiapkan Lebaran Di Rumah Penting Wajib Dilakukan

Beberapa kiat menyiapkan lebaran di rumah rasanya perlu diketahui oleh seluruh umat Islam. Pasalnya, lebaran kali ini sedikit berbeda, alasannya berjalan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Pasti Seru! 8 Tips Mempersiapkan Lebaran di Rumah Ini Wajib Dilakukan

Tidak cuma itu, pada lebaran kali ini masyarakat Indonesia juga dihimbau oleh pemerintah untuk tidak melaksanakan mudik dan merayakan Hari Raya Idul Fitri di rumah saja.

Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan beberapa hal dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri.

8 Tips Mempersiapkan Idulfitri di Rumah

Sebenarnya, untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, ada aneka macam persiapan yang perlu kau lakukan. Mulai dari persiapan kecil mirip pembagian THR, hingga persiapan besar seperti mendekorasi rumah.

Karena banyaknya persiapan lebaran yang harus dijalankan, untuk itu pada kesempatan kali ini CekAja.com sudah merangkum delapan kiat lebaran di rumah yang penting untuk kau kerjakan sebagai berikut.

1. Membayar Zakat Fitrah

Membayar Zakat Fitrah - 8 Tips Mempersiapkan Lebaran di Rumah Ini Wajib Dilakukan

Tips merencanakan idul fitri di rumah yang pertama adalah membayar zakat fitrah. Seperti yang diketahui, mengeluarkan uang zakat fitrah telah menjadi hal wajib yang perlu dikerjakan setiap umat Islam sepanjang bulan Ramadhan.

Tujuan dari pembayaran zakat fitrah sendiri yaitu untuk membersihkan keseluruhan harta yang kamu miliki. Sebab, sebagian harta mu merupakan hak milik orang lain. Oleh alasannya adalah itu, mengeluarkan uang zakat fitrah menjadi hal penting dan utama untuk kamu kerjakan.

2. Melakukan Bersih-higienis Rumah

Melakukan Bersih-bersih Rumah

Kondisi rumah yang rapi dan bersih tentu akan menciptakan hari lebaran mu menjadi lebih mengasyikkan. Karena, dengan keadaan rumah yang higienis, kau akan nyaman melakukan segala kegiatan.

Kamu bisa melaksanakan hal ini bareng keluarga, beberapa hari sebelum idul fitri datang. Kamu bisa memulainya dari menyapu lantai, membersihkan sudut-sudut rumah, jendela, sampai membersihkan piranti. Dengan begitu, rumah akan terlihat lebih rapi dan sedap dipandang.

(Baca Juga: Ini Ide Hadiah yang Bermanfaat Untuk Lebaran)

3. Mengecat Ulang Rumah

Mengecat Ulang Rumah - 8 Tips Mempersiapkan Lebaran di Rumah Ini Wajib Dilakukan

Tips mempersiapkan lebaran di rumah yang ketiga adalah dengan mengecat ulang rumah. Selain membersihkan rumah, akan lebih baik kalau kau juga mengecat ulang rumah supaya terlihat lebih segar dan tampak baru.

Sama mirip membersihkan rumah, kau bisa melakukannya bareng dengan keluarga. Pertama, pilih warna yang diinginkan.

Setelah itu, kamu bisa pribadi mengerjakannya gotong royong di waktu-waktu senggang seperti sore hari, layaknya ngabuburit.

4. Membersihkan Peralatan Sholat

Membersihkan Peralatan Sholat - 8 Tips Mempersiapkan Lebaran di Rumah Ini Wajib Dilakukan

Membersihkan perlengkapan sholat juga menjadi salah satu tips mempersiapkan idul fitri di rumah yang perlu kau kerjakan. Kamu mampu menurunkan semua mukena, sajadah, koko, peci, hingga sarung yang sehari-hari dipakai.

Ganti semua peralatan sholat tersebut dengan perlengkapan yang belum dipakai. Kemudian, basuh semua perlengkapan yang sudah diturunkan hingga higienis dan wangi, untuk mampu dipakai kembali saat sholat Ied nanti.

5. Membuat Hidangan Lebaran

Membuat Hidangan Lebaran - 8 Tips Mempersiapkan Lebaran di Rumah Ini Wajib Dilakukan

Tips menyiapkan lebaran di rumah yang kelima yakni menciptakan menu idul fitri. Bagi penduduk Indonesia sendiri, beberapa hidangan yang menjadi ciri khas lebaran di antaranya, yaitu ketupat, opor, sambel godog atau sayur ketupat, sambel goreng kentang hingga semur daging.

Kamu bisa menciptakan menu-hidangan idul fitri tersebut bersama dengan keluarga, satu hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Selain membuat sajian menu lebaran, kau juga mampu sekaligus menciptakan kue-kue, mirip kudapan manis nastar, kastengel, putri salju, kue coklat dan kudapan manis-kudapan manis lain nya.

Tetapi jikalau kamu ingin mudah, kau mampu membeli kudapan manis-kue idul fitri tersebut di beberapa toko kue terpercaya langganan mu. Dengan begitu, situasi lebaran dan kumpul keluarga akan kian terasa.

6. Membeli Baju Lebaran Keluarga

Membeli Baju Lebaran Keluarga - 8 Tips Mempersiapkan Lebaran di Rumah Ini Wajib Dilakukan

Meski bukan menjadi suatu prioritas, tetapi bagi sebagian kelompok berbelanja baju gres untuk lebaran telah menjadi tradisi yang wajib dijalankan.

Apabila kamu membeli baju idul fitri mendekati hari raya, kau bisa saja mendapatkan harga yang tinggi.

Sebab, makin bersahabat dengan Hari Raya Idul Fitri, maka harga baju akan semakin melambung. Maka dari itu, untuk menghindari lonjakan harga, kamu bisa berbelanja baju lebaran lebih permulaan. Seperti misalnya, 2-3 minggu sebelum lebaran.

7. Mempersiapkan THR

Mempersiapkan THR - 8 Tips Mempersiapkan Lebaran di Rumah Ini Wajib Dilakukan

Tips ketujuh yang bisa kamu kerjakan menjelang Hari Raya Idul Fitri adalah menyiapkan THR untuk keluarga dan sanak kerabat. Pasalnya, bagi-bagi THR juga telah menjadi tradisi bagi penduduk Indonesia.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu wujud syukur, dengan mengembangkan sedikit rezeki dan kebahagiaan kepada orang-orang tersayang.

Namun perlu diingat, kau tidak perlu memaksakan diri untuk memberikan THR dalam jumlah besar.

Sebab, esensi dari THR sendiri yaitu mengembangkan rezeki dengan nrimo. Sehingga, berapa pun jumlah uang yang kau berikan tidak menjadi masalah.

Kamu mampu memasukkan duit THR ke dalam amplop yang lucu dan menarik, kemudian dibagikan ke sanak kerabat.

(Baca Juga:bisnis-baju-muslim-laris-saat-lebaran/” target=”_blank” rel=”noopener noreferrer”> Dana Pinjaman Untuk Bisnis Baju Muslim)

8. Membuat Agenda Kegiatan Lebaran

Membuat Agenda Kegiatan Lebaran - 8 Tips Mempersiapkan Lebaran di Rumah Ini Wajib Dilakukan

Tips menyiapkan idul fitri di rumah yang terakhir yaitu membuat jadwal acara idul fitri. Dalam kondisi seperti saat ini, ialah berada di tengah pandemi corona atau Covid-19, kamu pasti tidak bisa melakukan hal-hal yang biasanya kamu kerjakan saat lebaran.

Seperti contohnya berkeliling mengunjungi rumah-rumah tetangga, kerabat sampai ke rumah nenek untuk silaturahmi.

Maka dari itu, agar situasi idul fitri mu tetap mengasyikkan, kamu mampu menciptakan jadwal acara.

Kamu bisa menyusun agenda apa yang ingin kau lakukan, seperti berpangku tangan bersama menikmati situasi idul fitri, marathon film, karaoke, bermain game, masak-masak, hingga video call dengan sanak kerabat.

Hal-hal semacam itu mampu kau kerjakan untuk tetap mempertahankan kehangatan dan silaturahmi dengan keluarga yang berada jauh di sana. Bagaimana, sungguh mengasyikan bukan?

Beberapa kiat mempersiapkan lebaran di rumah yang telah dipaparkan di atas, mampu kau coba lakukan untuk mengisi waktu di hari-hari terakhir sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba.

Namun pastinya, kau membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk mampu melaksanakan hal-hal tersebut.

Tetapi jangan cemas, sebab kau mampu berbelanja beberapa keperluan antisipasi lebaran, mirip bahan kuliner dan busana memakai kartu kredit.

Apabila kau belum memilikinya, kini kamu mampu melakukan perbandingan terlebih dulu dan mengajukannya dengan gampang di CekAja.com.

Terlebih, selaku toko finansial teknologi pertama di Indonesia, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu terlebih? Ajukan sekarang, yuk!