0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

8 Kiat Mempertahankan Stamina Dikala Puasa Yang Perlu Dilakukan

Selama menjalani puasa Ramadhan, mengetahui tips menjaga stamina ketika puasa rasanya sungguh penting. Pasalnya, kiat tersebut berguna agar puasa mu berjalan lancar seiring dengan aktivitas mu sehari-hari. Lantas, apa saja kiat mempertahankan stamina ketika puasa?

Ini Dia 8 Tips Menjaga Stamina saat Puasa yang Perlu Dilakukan

8 Tips Menjaga Stamina saat Puasa

Sudah masuk hari keempat puasa Ramadhan, sebisa mungkin badan serta stamina harus dijaga supaya tetap bugar.

Karena seperti yang diketahui, selama berpuasa, ada beberapa hal atau acuan hidup yang berubah.

Beberapa contoh tersebut di antaranya ialah contoh tidur, teladan makan, hingga acuan aktivitas mu. Dengan begitu, badan mu mungkin akan diajak bekerja lebih keras dari lazimnya dan kamu juga memerlukan stamina lebih selama puasa Ramadhan.

Oleh karena itu, kau perlu mengetahui beberapa tips mempertahankan stamina ketika puasa, khususnya puasa Ramadhan.

Dan pada potensi kali ini, CekAja.com telah merangkum delapan kiat menjaga stamina saat puasa khusus untuk kau. Simak tolong-menolong, yuk!

1. Konsumsi Makanan Seimbang

Konsumsi Makanan Seimbang - Ini Dia 8 Tips Menjaga Stamina saat Puasa yang Perlu Dilakukan

Tips menjaga stamina dikala puasa yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan yang seimbang. Salah satunya yakni dengan mengonsumsi sayur dan buah secara teratur. Selain sehat untuk badan, mengonsumsi sayur dan buah juga dapat menjaga stamina.

Sebab, sayur dan buah memiliki banyak nutrisi, kaya akan antioksidan dan kadar air yang tinggi.

Tidak cuma itu, kau juga semestinya hindari masakan dengan kandungan minyak berlebih mirip goreng-gorengan.

Meskipun gorengan sungguh lezat dimakan dikala berbuka puasa, namun tidak baik untuk kesehatan badan.

Pasalnya, masakan yang masuk ke badan dengan minyak berlebih mampu membuat sel darah merah menggumpal dan terhambat.

Oleh alasannya adalah itu, kamu jadi lebih mudah mengantuk ketika berpuasa, alasannya adalah aliran oksigen dalam badan menyusut sampai 20 persen.

(Baca Juga: Penting! 10 Persiapan Puasa ketika Corona yang Perlu Dilakukan)

2. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Konsumsi Air Putih yang Cukup - Ini Dia 8 Tips Menjaga Stamina saat Puasa yang Perlu Dilakukan

Tips mempertahankan stamina dikala puasa yang kedua ialah mengonsumsi air putih yang cukup. Hal ini sungguh penting untuk kau amati, pasalnya 80 persen kandungan dari tubuh mu ialah cairan.

Oleh sebab itu, jikalau tubuh mu kelemahan cairan, maka kau akan mengalami kehilangan cairan tubuh . Jika telah begitu, maka stamina tubuh mu juga ikut menurun.

Nah, untuk menanggulangi hal tersebut, pastikan kau mengonsumsi air putih yang cukup, setidaknya delapan gelas setiap harinya.

Kamu mampu membaginya menjadi tiga waktu, yakni dua gelas dikala berbuka, empat gelas saat makan malam dan menjelang tidur, lalu dua gelas saat sahur.

Dengan begitu, jumlah air putih yang kamu konsumsi mampu terjaga dengan baik dan badan mu tidak akan mengalami kekurangan cairan tubuh.

3. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Memiliki Waktu Tidur yang Cukup - Ini Dia 8 Tips Menjaga Stamina saat Puasa yang Perlu Dilakukan

Tips mempertahankan stamina berikutnya yakni dengan memiliki waktu tidur dan istirahat yang cukup. Karena, kau tidak akan mempunyai teladan tidur dan istirahat mirip lazimnya .

Hal tersebut dikarenakan pada ketika bulan mulia, kau perlu berdiri di 1/3 malam untuk mengolah makanan dan mempersiapkan kuliner untuk sahur.

Dengan begitu, waktu tidur dan istirahat mu menjadi menyusut. Dan akhirnya, ketika puasa di siang hari, tubuh mu akan lebih gampang lemas dan mengantuk.

Tetapi kamu jangan cemas, sebab kau mampu mengatasinya dengan cara tidur lebih cepat dari waktu umumnya.

4. Rutin Melakukan Sahur

Rutin Melakukan Sahur - Ini Dia 8 Tips Menjaga Stamina saat Puasa yang Perlu Dilakukan

Tips mempertahankan stamina saat puasa yang keempat adalah dengan rutin melakukan sahur. Pastikan, kamu tidak melewatkan satu hari untuk sahur.

Karena, sahur ialah waktu di mana kamu dapat mengonsumsi masakan sehat dan bergizi, yang berkhasiat selaku pondasi tubuh saat berpuasa satu hari penuh.

Saat sahur, kau mampu mengonsumsi kuliner yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, nasi putih, ubi, roti gandum dan sebagainya.

Dengan mengonsumsi masakan tersebut, maka kerja tubuh selama berpuasa akan tetap optimal dan stamina tetap tersadar. Oleh sebab itu, tugas sahur sangat penting untuk kamu lakukan.

5. Berolahraga

Berolahraga - Ini Dia 8 Tips Menjaga Stamina saat Puasa yang Perlu Dilakukan

Tips kelima yang perlu kau kerjakan yaitu berolahraga. Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup yang ringan-ringan saja, mirip lari di treadmill, bersepeda, berenang, yoga atau sekadar berolahraga di rumah saja.

Kamu bisa melaksanakan beberapa acara tersebut dengan durasi yang tidak terlalu lama, yaitu sekitar 30-60 menit. Karena lazimnya , ketika berpuasa stamina badan mu mungkin tidak berpengaruh seperti biasanya.

(Baca Juga: 7 Tips Sehat Berpuasa di Tengah Corona)

6. Konsumsi Multivitamin

Konsumsi Multivitamin - Ini Dia 8 Tips Menjaga Stamina saat Puasa yang Perlu Dilakukan

Tips mempertahankan stamina ketika puasa yang keenam adalah mengonsumsi multivitamin. Karena, mengonsumsi makanan yang sehat saja rasanya tidak cukup untuk mempertahankan stamina badan.

Tetapi, kamu juga butuh multivitamin selaku penunjang biar tubuh mu tidak gampang lemas ketika beraktivitas.

7. Utamakan Konsumsi Makanan Ringan dikala Berbuka

Utamakan Konsumsi Makanan Ringan saat Berbuka - Ini Dia 8 Tips Menjaga Stamina saat Puasa yang Perlu Dilakukan

Tips ketujuh yang bisa kau lakukan, untuk mempertahankan stamina ketika puasa ialah mengonsumsi makanan ringan saat berbuka.

Jangan sampai alasannya adalah saking laparnya, kau justru pribadi makan nasi selaku sajian berbuka.

Hal itu pasti sangat tidak baik untuk tubuh, sebab ketika berbuka puasa lambung mu belum siap untuk mendapatkan asupan kuliner berat mirip nasi, atau kuliner lainnya dalam jumlah besar.

Oleh karena itu, kau semestinya mengonsumsi camilan apalagi dulu sebelum masuk ke kuliner berat, mirip kurma. Karena selain sehat, kurma juga sungguh anggun untuk kesehatan.

Pasalnya, kurma mengandung bermacam-macam jenis vitamin yang sangat berguna untuk kesehatan badan. Saat berbuka, kau mampu mengonsumsi kurma sebanyak 2-3 buah.

8. Hindari Tidur Setelah Sahur

Hindari Tidur Setelah Sahur - Ini Dia 8 Tips Menjaga Stamina saat Puasa yang Perlu Dilakukan

Tips menjaga stamina ketika puasa yang terakhir ialah hindari tidur setelah sahur. Karena, tidur sesudah sahur cuma akan menciptakan metabolisme badan mu menjadi terusik.

Ada baiknya, setelah sahur kamu diam terlebih dahulu atau melakukan acara yang lain sebelum tidur.

Hal tersebut dikarenakan, tubuh mu memerlukan waktu untuk mencerna masakan yang kamu konsumsi sebelumnya.

Selain itu, jika kau tidur setelah sahur, maka kau akan mencicipi beberapa gangguan, mirip kembung, mual, ingin muntah dan mulas.

Dengan begitu mampu ditarik kesimpulan, bahwa tidur sesudah sahur hanya akan mengganggu metabolisme dan kerja tubuh mu saja.

Nah, delapan tips mempertahankan stamina saat puasa sudah kau ketahui di atas. Beberapa kiat tersebut mampu kamu mulai lakukan, agar puasa dan acara mu berlangsung tanpa kendala. Terlebih, semoga stamina serta kesehatan badan mu selalu terjaga selama puasa.

Namun, ada baiknya jika kesehatan badan mu juga dilindungi dengan asuransi kesehatan. Jika kamu belum memiliki asuransi kesehatan hening saja, alasannya kau bisa mengajukannya dengan gampang dan proses yang cepat cuma di CekAja.com.

Jadi, tunggu terlebih? Ajukan kini, yuk!