0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

8 Faedah Chia Seed Bagi Kesehatan Dan Keelokan

Manfaat chia seed sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas bahkan bertahun-tahun dewasa ini. Selain untuk kesehatan, chia seed diyakini memegang peranan penting bagi dunia keelokan. Lantas, seperti apa bantu-membantu kedahsyatan dari tanaman kecil bernama Salvia hispanica itu?

8 Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bagi penduduk awam, mungkin bakal menduga jikalau chia seed dan biji selasih itu sama. Memang sih, tak mampu disangkal sekilas kedua biji-bijian ini tampak seperti sebab bentuknya yang kecil. Namun, faktanya chia seed dan biji selasih itu berlainan lho.

Chia seed yaitu tanaman Salvia hispanica yang termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman mint. Dalam bahasa suku Maya, kata chia diartikan sebagai kekuatan.

Bentuknya yang kecil dan oval dengan ukuran 2 milimeter ini, banyak ditemukan di daerah Amerika Selatan dan Amerika Tengah, yang mana chia seed konon sering dikonsumsi oleh suku Aztec kuno.

Di Indonesia sendiri, chia seed banyak dikonsumsi guna menjaga kesehatan. Kandungan serat, mineral, antioksidan, dan omega 3 yang sangat tinggi dalam biji-bijian inilah yang risikonya menciptakan orang-orang terpesona untuk mengonsumsinya, baik dengan cara diminum maupun dicampurkan ke dalam masakan.

Mitos atau Fakta Chia Seed Efektif untuk Turunkan Berat Badan?

Para penggiat hidup sehat terkadang mengonsumsi chia seed sebagai nutrisi tambahan untuk mereka yang sedang melakukan pembatasan makanan . Manfaat chia seed yang satu ini, memang sudah dikenal oleh masyarakat dan konon katanya betul-betul ampuh untuk memberantas lemak jahat penyebab kegendutan.

Akan namun faktanya, manfaat chia seed untuk bantu turunkan berat badan belum dibuktikan secara pasti oleh para hebat. Malahan berdasarkan laman Hello Sehat, suatu studi yang pernah dipublikasikan oleh Journal of Alternative and Complementary Medicine pada 2012 kemudian, menyatakan bila tidak ada temuan bermakna akan manfaat chia seed sebagai olahan untuk menurunkan berat badan.

Penelitian ini sendiri dibarengi oleh 56 perempuan post-menopause dengan berat badan yang mampu dibilang jauh dari kata wajar .

Berbanding terbalik dengan studi tersebut, menurut suatu observasi lainnya menyampaikan kalau chia seed betul-betul efektif untuk menurunkan berat tubuh, terutama bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2.

Nah dari hal itulah, kita bisa mempesona kesimpulan jikalau chia seed bisa saja ampuh untuk pembatasan makanan jika si penggiatnya juga turut menerapkan batas-batas asupan kalori, sekaligus diikuti dengan pola hidup sehat, yakni olahraga.

Deretan Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan dan Kecantikan

Meski belum ada studi lanjutan perihal faedah chia seed bagi orang yang sedang pembatasan makanan , namun enggak menutup kemungkinan jika flora yang satu ini punya segudang faedah baik, tidak hanya untuk kesehatan namun juga kecantikan. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan

1. Menurunkan risiko diabetes melitus

Diabetes melitus atau disebut pula diabetes tipe 2 ialah penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah dalam badan. Penyakit ini kadang kala dialami oleh mereka yang obesitas, jarang berolahraga, wanita dengan sindrom ovarium polikistik, serta memiliki riwayat diabetes melitus dalam lingkup keluarga.

Untuk menghalangi risiko terjadinya diabetes melitus ini, salah satunya dengan mengonsumsi chia seed.

Keterkaitan manfaat chia seed dengan diabetes melitus dikenali dari kandungan chia seed itu sendiri, yang mana biji-bijian ini mengandung cukup gizi untuk mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. 

(Baca Juga: 12 Resep Masakan Sehat nan Lezat)

2. Meringankan peradangan kronis

Sebetulnya peradangan atau inflamasi termasuk bagian dari sistem imun tubuh. Di mana saat tubuh mulai menampakan gejala tak wajar , metode imun akan secara otomatis menyikapi dengan cara mengalirkan sel darah putih ke dalam darah, selaku bentuk perlindungan bagi sel dan jaringan tubuh.

Inflamasi umumnya terjadi ketika tubuh berada dalam kondisi terancam. Namun, bila peradangan kerap terjadi bahkan dalam rentang waktu usang, bisa menimbulkan kerusakan pada jaringan badan.

Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi seperti ini bakal mengakibatkan penyakit serius lainnya mirip inflamasi jantung, inflamasi ginjal, peradangan sendi, dan kanker.

Makanya, diperlukan asupan nutrisi yang sempurna untuk menghalangi maupun meringankan terjadinya peradangan kronis. Salah satu nutrisi pelengkap tersebut yakni chia seed.

Menurut sebuah penelitian yang dikerjakan, manfaat chia seed ini sangat tampakkhususnya saat seseorang mengonsumsinya sebanyak 37 gr saban hari. Alhasil, angka risiko inflamasi akan mengalami penurunan hingga mencapai 40 persen.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat chia seed yang lain bagi badan adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan protein, serat, bahkan antioksidan yang ada dalam chia seed dianggap cukup untuk menciptakan salah satu organ terpenting dalam badan ini terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

Selain itu, chia seed juga kaya akan kandungan lemak omega 3 yang diyakini menjadi sumber utama untuk mempertahankan kesehatan jantung, sehingga risiko trombosis dan aritmia yang menjadi penyebab stroke, gagal jantung, dan serangan jantung menjadi lebih kecil.

Meski dampaknya lumayan banyak untuk jantung, tetapi kau juga mesti mengimbangi konsumsi chia seed dengan pola hidup sehat. Salah satunya seperti rutin berolahraga paling tidak 30 menit untuk membakar lemak dan membuang racun yang tersimpan di dalam tubuh.

4. Mengatasi masalah divertikulitis

Masalah divertikulitis mungkin masih terdengar gila bagi kau. Namun bahu-membahu, kondisi mirip ini sangat lekat relevansinya dengan pencernaan.

Divertikulitis merupakan infeksi yang terjadi pada kantung divertikula pada jalan masuk pencernaan. Kondisi ini umumnya terjadi pada orang-orang yang jarang sekali mengonsumsi makanan berserat dan mereka yang sudah menginjak usia 40 tahun ke atas.

Divertikulitis yang tidak mendapat penanganan medis, bakal berakibat fatal adalah komplikasi serius, mirip bisul, bengkak rongga perut, fistula, dan penyempitan usus besar.

Nah untuk menangani persoalan tersebut, kau butuh asupan serat dalam jumlah tinggi, seperti yang terdapat pada sayur dan buah. Selain itu, kau mampu menyanggupi asupan serat ini dengan mengonsumsi chia seed.

Manfaat chia seed sendiri untuk badan diyakini bisa mengendorkan tanda-tanda divertikulitis, bantu menghalangi terjadinya sembelit maupun memperlancar tata cara pencernaaan.

Manfaat Chia Seed untuk Kecantikan

5. Bantu menangkal dan memudarkan bekas bisul

Selain untuk kesehatan, manfaat chia seed juga bisa dicicipi oleh kau yang gemar menghiasdiri. Tanaman berjenis biji-bijian ini terkadang dimanfaatkan sebagai masker, baik untuk mencegah pembentukan abses maupun memudarkan noda bekas bisul.

Asam lemak omega 3 yang melakukan pekerjaan efektif sebagai anti inflamasi inilah yang menjadi keunggulan utama dari masker chia seed untuk kulit yang berjerawat.

Untuk membuatnya masker organik, kamu hanya perlu mencampurkan 3 sdm biji chia seed dengan yogurt atau madu kemudian blender hingga halus. Oleskan pada muka dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.

Jika masker telah mengering, bilaslah dengan air kemudian ulangi cara ini paling tidak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Menyamarkan warna kulit yang kusam

Apakah kamu mendambakan punya kulit yang bersih dan tidak terlihat kusam? Kalau iya, gunakanlah chia seed sebagai alternatif yang lain pengganti krim tampang.

Kandungan zink, protein dan mineral alami yang ada dalam chia seed, membuat biji-bijian ini diyakini ampuh untuk mengembalikan warna kulit, sehingga muka tak lagi tampak kusam.

Selain menjadikannya masker tampang, kau juga bisa mengolahnya menjadi minyak biji chia seed untuk digunakan selaku serum di malam hari. Dijamin deh, sesudah kau menggunakannya setiap hari, manfaat chia seed ini bakal dirasa hingga jangka waktu lama.

(Baca Juga: Ini 8 Manfaat Cuka Apel)

7. Cegah penuaan dini

Selain mengembalikan warna kulit, faedah chia seed juga diketahui sebagai anti-aging alami untuk cegah penuaan dini. Senyawa antioksidan yang banyak didapatkan dalam chia seed, dianggap punya peranan penting untuk menciptakan kulit tidak terpapar radikal bebas.

Tak cuma efektif untuk menyamarkan garis halus dan kerutan pada paras saja, dengan menggunakan masker chia seed atau mengonsumsinya secara rutin sesuai hukum, tampang akan terhindar dari flek hitam.

8. Bantu melembabkan wajah

Punya tipe kulit yang kering memang kadang membuatsakit kepala. Selain terlihat bersisik, kulit muka super kering juga mampu mengelupas kalau tidak mampu menyesuaikan diri dengan pergantian cuaca yang terjadi secara tiba-tiba.

Akhirnya penggunaan moisturizer saja enggak cukup untuk menciptakan kulit menjadi terhidrasi. Nah, disinilah chia seed diperlukan, yang mana biji-bijian ini bisa mengobati kulit kering dari dalam badan, alasannya adalah kandungan omega 3 nya yang cukup tinggi.

Kaprikornus, jika mengalami pergantian pada tekstur kulit muka, segeralah konsumsi chia seed biar kulit tetap lembab dan terhidrasi sempurna.

Sebelum Mengonsumsi Chia Seed, Perhatikan Cara Pengolahannya

Untuk memaksimalkan manfaat chia seed, kau mesti ketahui dulu akan cara mengolah flora yang satu ini. Soalnya, enggak sedikit perkara di dunia perihal kesalahan dalam mengonsumsi chia seed hingga membuat penggunanya mengalami sumbatan pada kerongkongan.

Karena sifat chia seed yang gampang menyerap air, biji-bijian yang termasuk jenis tanaman mint ini mampu mengembang hingga 27 kali lebih besar dari ukuran semula.

Maka dari itu, sangat penting bagi kau untuk mencampur chia seed ini ke dalam minuman maupun kuliner sebelum dimakan. Kamu mampu membuatnya selaku materi pelengkap untuk dicampurkan ke dalam adonan kue, selai, minuman madu dan lemon hangat, serta oatmeal.

Meski memiliki banyak manfaat baik untuk badan, chia seed juga enggak boleh dimakan secara berlebihan ya.

Mengingat kandungan seratnya yang cukup tinggi, justru akan memiliki pengaruh buruk bagi pencernaan, mulai dari mengakibatkan perut kembung, diare, hingga sembelit. Kaprikornus, seharusnya ketahui aturan penggunaan chia seed sebelum kau rutin mengonsumsinya.

Selain Menjaga Kesehatan dari Dalam, Perlukah Tambahan Perlindungan?

Memelihara kesehatan tubuh dari dalam memang sangat dianjurkan. Namun semoga perlindungannya makin optimal, kau butuh perlindungan tambahan, salah satunya yaitu asuransi kesehatan.

Dengan begitu, kau enggak perlu lagi cemas akan keadaan finansial dikala mesti mendapatkan perawatan intensif dari rumah sakit.

Perlindungan yang lengkap serta bantuan klaim cepat merupakan kelebihan yang disediakan oleh produk asuransi kesehatan dari CekAja.com.

Bahkan saat apply produk ini, kamu mampu menerima penawaran menarik berupa premi ekonomis setahun dua bulan lho. Menguntungkan bukan?

Yuk, usikan asuransi kesehatan di CekAja.com sekarang juga dan peroleh ragam manfaatnya.