0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

8 Daftar Ac Ekonomis Energi Penting Jaga Tagihan Listrik Agar Tidak Membludak

Rasanya, mengetahui daftar AC hemat energi sungguh penting untuk kau yang tinggal di daerah bercuaca panas. Pasalnya, sebagai alat yang bisa menyejukkan udara atau suhu ruangan, AC kerap kali mengkonsumsi daya yang cukup besar. Sehingga, tagihan listrik pun jadi melonjak akibat penggunaan AC. Maka dari itu, untuk mencegah lonjakan tagihan listrik, kau perlu mengetahui beberapa daftar AC ekonomis energi, yang hendak CekAja.com ulas secara lengkap berikut ini.

8 Daftar AC Hemat Energi Ini Jaga Tagihan Listrik agar Tidak Membludak

Cara Memilih AC Hemat Energi

Sebelum membicarakan lebih jauh daftar AC ekonomis energi, di pembahasan kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa cara memilih AC irit energi yang perlu kau pahami.

Saat ini, ada berbagai AC dari banyak sekali jenis harga, tipe dan merek yang bisa kau jumpai. Mulai dari merek terkemuka, sampai merek-merek yang mungkin gres kamu dengar.

Banyaknya jenis AC tersebut, sering kali membuat gundah para konsumen dalam menentukan AC yang diharapkan.

Oleh alasannya adalah itu, untuk memudahkan proses penyeleksian AC yang sempurna dan sesuai kebutuhan, di bawah ini CekAja.com telah merangkum beberapa cara menentukan AC irit energi, yang di antaranya yaitu:

Pilih jenis AC sesuai keperluan

Memilih jenis AC yang cocok dengan keperluan ialah langkah awal yang harus kamu kerjakan. Seperti yang diketahui, AC terbagi ke dalam empat jenis menurut manfaatnya, ialah AC split, AC cassette, AC central dan AC standing.

AC split ialah AC yang biasa dipakai di rumah-rumah. AC ini menjadi opsi yang sangat tepat, apabila kau mencari AC untuk penggunaan eksklusif.

Namun, AC split juga tak jarang digunakan di beberapa kantor, sama seperti AC cassette yang dipasang di langit-langit ruangan.

Kemudian ada AC central yang biasanya digunakan di hotel-hotel atau pusat perbelanjaan. Hal tersebut dikarenakan AC ini mempunyai ukuran yang lebih besar dari jenis AC yang lain, serta kompresor berkekuatan besar.

Sementara itu, buat kau yang membutuhkan AC dengan mobilitas tinggi, kau mampu menentukan AC standing sebab mampu mendinginkan suhu ruangan lebih singkat, lewat teknologi turbo cooling yang digunakan.

(Baca Juga: Mengetahui Merek AC Terbaik di Indonesia)

Pilih AC dengan rancangan sederhana

Selain menentukan AC menurut jenisnya, kamu juga harus memilih menurut desainnya. Pasalnya, semakin rumit desain suatu AC, maka semakin sukar juga membersihkannya.

Maka dari itu, untuk mempermudah proses pembersihan, usahakan kau menentukan AC dengan desain yang sederhana.

Pilih AC dengan PK sesuai dengan luas ruangan

Sebelum membeli AC, nyatanya kamu perlu melaksanakan pengukuran luas ruangan terlebih dulu.

Hal itu ditujukan untuk menentukan ukuran PK yang cocok, agar mampu mendapatkan suhu ruangan yang ideal.

Untuk luas ruangan 10 meter persegi, kau bisa memakai AC dengan ukuran ½ PK, luas ruangan 14 meter persegi pakai AC ukuran ¾ pk, luas ruangan 18 meter persegi pakai AC ukuran 1 PK, luas ruangan 24 meter persegi pakai AC ukuran 1 ½ PK dan luas ruangan 36 meter persegi pakai AC ukuran 2 PK.

Pilih AC dengan merek terpercaya

Sudah menjadi belakang layar umum bila merek suatu produk menentukan mutu yang diberikan. Semakin besar merek suatu AC, maka kualitas yang diberikan semakin cantik.

Sehingga, jika kau galau menentukan produk AC mana yang akan dibeli, kau mampu memilih AC dengan merek ternama dan terpercaya.

Beberapa merek AC terkemuka yang bisa kamu jadikan pilihan, di antaranya Panasonic, Daikin, Sharp, LG, Samsung dan lain sebagainya.

Pilih AC dengan fitur yang diperlukan

Ketika ingin membeli AC, semestinya kamu juga mengamati fitur-fitur yang diberikan. Sebisa mungkin kau memilih AC yang mempunyai fitur sesuai dengan kebutuhanmu saja.

Sebab, fitur juga menjadi salah satu faktor penentu harga AC. Oleh alasannya adalah itu, bagi kamu yang ingin meminimalkan ongkos, kamu mampu menentukan menentukan AC dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhanmu saja.

Pastikan daya listrik AC tidak besar

Cara terakhir yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa daya listrik dari AC yang mau kau beli tidak besar. Kamu bisa mencari tahu daya listrik sebuah AC melalui internet, ataupun mengajukan pertanyaan langsung ke petugas toko elektronika.

Usahakan kamu memilih AC dengan daya listrik yang akrab. Karena daya listrik juga menentukan besar kecilnya tagihan listrik yang hendak kau bayarkan setiap bulannya.

8 Daftar AC Hemat Energi

Setelah di pembahasan sebelumnya kau sudah mengenali cara menentukan AC irit energi, maka di pembahasan kali ini kau akan mengetahui beberapa daftar AC ekonomis energi yang mampu kau jadikan referensi.

Adapun beberapa daftar AC hemat energi tersebut, di antaranya:

1. Daikin FTNE15JEV14

Daikin FTNE15JEV14 - 8 Daftar AC Hemat Energi Ini Jaga Tagihan Listrik agar Tidak Membludak

Jumlah Watt: 340 Watt

Kisaran Harga: Rp 2,8 juta

Daftar AC irit energi versi CekAja.com yang pertama yakni Daikin FTNE15JEV. Sebagai salah satu produk AC tertua di Indonesia, Daikin telah dilengkapi dengan teknologi airflow atau pengendalian udara.

Tidak cuma itu, AC ekonomis energi yang satu ini juga menunjukkan beberapa fitur yang dapat dicicipi para penggunanya, seperti misalnya fitur pembersih otomatis, mode silent dan fitur hemat energi.

Untuk fitur hemat energi sendiri, kamu bisa melihatnya dari konsumsi daya yang dipakai AC ini hanya sebesar 340 watt, untuk ukuran ½ PK. Cukup rendah bukan?

2. Sharp AH-AP5SSY

Sharp AH-AP5SSY - 8 Daftar AC Hemat Energi Ini Jaga Tagihan Listrik agar Tidak Membludak

Jumlah Watt: 390 Watt

Kisaran Harga: Rp2,7 juta

Berikutnya ada Sharp AH-AP5SSY yang masuk ke dalam daftar AC irit energi. AC yang sudah dilengkapi dengan teknologi Plasmacluster HD700 ini mampu membunuh berbagai jenis kuman, bakteri, jamur, virus sampai bau tak sedap yang ada di dalam ruangan.

Meski daya digunakan cukup rendah, adalah 390 Watt, tetapi AC ekonomis energi ini tetap menunjukkan sederet fitur mutakhir yang di antaranya, yakni mode auto clean, coanda gentle cool air, comfort mode, baby sleep mode, auto swing louver hingga powerful jetstream.

Selain itu, Sharp AH-AP5SSY juga menggunakan refrigeran terbaru, ialah Freon R32 yang tidak mengandung bahan perusak ozon. Sehingga, Freon yang dipakai AC ini sungguh ramah lingkungan.

Kamu juga tidak perlu khawatir, apabila sewaktu-waktu AC ekonomis energi ini mengalami kerusakan. Sebab, Sharp menawarkan garansi kompresor selama 10 tahun yang mampu kau gunakan.

3. Samsung AR05JRFLAWKNSE

Samsung AR05JRFLAWKNSE - 8 Daftar AC Hemat Energi Ini Jaga Tagihan Listrik agar Tidak Membludak

Jumlah Watt: 360 Watt

Kisaran Harga: Rp2,3 juta

Daftar AC irit energi yang ketiga yaitu Samsung AR05JRFLAWKNSE. Pendingin ruangan keluaran Samsung ini, sudah dilengkapi dengan fitur smart installation yang berguna untuk memeriksa masalah yang terjadi pada AC secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, fitur ini juga dapat menentukan bahwa AC telah terpasang dengan baik dan benar.

Selain dilengkapi dengan fitur smart installation, AC ekonomis energi yang dibanderol dengan harga ekonomis ini juga mempunyai sederet fitur unggulan, di antaranya adalah bisa mendinginkan suhu ruangan lebih cepat, memiliki penampilan yang stabil dan tahan lama, serta ekonomis energi.

Buat kau yang ingin mempunyai AC Samsung AR05JRFLAWKNSE, kamu tidak perlu merogoh kocek yang besar. Sebab, cuma dengan Rp2,3 juta kau sudah mampu menenteng pulang AC ekonomis energi berukuran ½ PK ini.

4. Akari AC0568GLWI AC Split

Akari AC0568GLWI AC Split - 8 Daftar AC Hemat Energi Ini Jaga Tagihan Listrik agar Tidak Membludak

Jumlah Watt: 420 – 320 Watt

Kisaran Harga: Rp2,3 juta

Sebagai salah satu AC ekonomis energi, Akari AC0568GLWI AC Split mempunyai konsumsi daya yang terbilang kecil, yaitu cuma berkisar 420 – 320 Watt. Hal tersebut dikarenakan AC ini sudah dilengkapi dengan fitur low watt yang mampu meminimalisir energi.

Kemudian, Freon R410 yang dipakai AC ini juga ramah lingkungan. Sehingga sangat aman untuk digunakan keluarga. Terlebih, ada teknologi Healthy Nano Silver filter yang berkhasiat untuk memperlihatkan udara segar yang dihirup keluarga di rumah.

5. Panasonic CS-YN5RKJ

Panasonic CS-YN5RKJ - 8 Daftar AC Hemat Energi Ini Jaga Tagihan Listrik agar Tidak Membludak

Jumlah Watt: 430 Watt

Kisaran Harga: Rp2,8 juta

Kelima ada Panasonic CS-YN5RKJ yang menjadi AC ekonomis energi. AC yang mengklaim dirinya bisa memangkas penggunaan listrik hingga 20 persen ini, unggul dalam mengendalikan suhu ruangan supaya keluarga tidak merasa kedinginan dikala memakai AC.

Selain itu, AC ini juga mampu menaikan suhu sebanyak 1 derajat Celsius, sesudah AC sudah menyala selama 2 jam.

Dengan semua fitur mengagumkan di atas, kamu cuma perlu merogoh kocek sebesar Rp2,8 juta untuk bisa memiliki AC ekonomis energi keluara Panasonic ini.

6. Panasonic CS/CU-PN5SKJ

Panasonic CS CU-PN5SKJ - 8 Daftar AC Hemat Energi Ini Jaga Tagihan Listrik agar Tidak Membludak

Jumlah Watt: 380 Watt

Kisaran Harga: Rp3 juta

Produk AC keluaran Panasonic yang masuk ke dalam daftar AC irit energi berikutnya ialah Panasonic CS/CU-PN5SKJ. AC dengan daya sebesar 380 Watt ini memiliki varian yang sangat lengkap, di antaranya berisikan single split, AC cassette, AC central dan AC standing.

AC yang mempunyai ukuran ½ PK ini mampu bertahan di segala lingkungan, karena sudah dilengkapi dengan material bebas karat.

Dengan begitu, kau tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan AC Panasonic CS/CU-PN5SKJ di ruang terbuka.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki AC hemat energi ini, di antaranya Eco Tough, Refrigeran R32, iAuto dan Eco Smart. Bagaimana, sungguh lengkap bukan?

7. Daikin STC15NV

Daikin STC15NV - 8 Daftar AC Hemat Energi Ini Jaga Tagihan Listrik agar Tidak Membludak

Jumlah Watt: 389 Watt

Kisaran Harga: Rp3,4 juta

Daftar AC hemat energi yang ketujuh yaitu Daikin STC15NV. AC dengan ukuran ½ PK ini sangat cocok untuk digunakan di dalam rumah.

Pasalnya, AC ini memiliki fitur diagnosis kerusakan mandiri yang mampu memudahkan proses perawatan.

Kamu hanya perlu memperlihatkan instruksi kerusakan yang terdapat pada remote control untuk bisa mengaktifkan fitur diagnosis tersebut.

8. Akari AC-05d3LW

Akari AC-05d3LW - 8 Daftar AC Hemat Energi Ini Jaga Tagihan Listrik agar Tidak Membludak

Jumlah Watt: 420 – 320 Watt

Kisaran Harga: Rp2,5 juta

Terakhir ada Akari AC-05d3LW yang masuk ke dalam daftar AC hemat energi versi CekAja.com. AC yang dibanderol dengan harga rendah ini, memiliki sederet fitur unggulan yang mampu dinikmati para penggunanya.

Dan salah satu fitur unggulan tersebut, yaitu teknologi 3D yang mampu menghembuskan udara hambar ke lima arah secara bersamaan. Sehingga, udara acuh taacuh tersebar ke seluruh ruangan secara merata.

(Baca Juga: Situs Penyedia Layanan Service AC Rumah)

Itulah delapan daftar AC hemat energi beserta cara memilihnya yang bisa kamu jadikan tumpuan. Dari delapan AC tersebut, satu di antaranya mungkin ada yang sesuai dengan kebutuhan dan mempesona perhatianmu.

Kamu mampu langsung membelinya di toko elektro, maupun di e-commerce yang memasarkan jenis AC yang kau harapkan.

Setelah itu, kamu bisa eksklusif memesan dan melaksanakan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Sebab dengan kartu kredit, proses transaksimu berlangsung lebih mudah dan cepat. Terlebih, kartu kredit juga terkadang menunjukkan promo menarik yang mampu dirasakan para penggunanya.

Makara, buat kamu yang belum mempunyai kartu kredit, yuk segera usikan di CekAja.com. Karena di sana, tersedia banyak produk kartu kredit dari berbagai bank terkemuka dan terpercaya yang bisa kau jadikan pilihan. Lalu, tunggu terlebih? Yuk, usikan sekarang!