0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

7 Titik Pijat Untuk Stres Penghilang Kecemasan Paling Ampuh

Titik pijat untuk stres, dipercaya bisa bantu meringankan perasaan khawatir dan lelah, baik jiwa maupun raga. Terlebih, stres menjadi suatu kondisi yang paling kerap dirasakan oleh seseorang, baik alasannya adanya tekanan pekerjaan, keluarga, dan yang lain.

Tidak perlu tiba eksklusif ke psikolog, karena dengan beberapa titik pijat untuk stres ini, mampu membantu kau sedikit hening, rileks, dan terlepas dari segala asumsi yang membuatmu stres. Bahkan, kamu juga mampu melakukannya sendiri di rumah.

Mengurangi stres sendiri, memang ada berbagai cara. Mulai dari memakan obat penenang dari dokter, terapi, konsultasi psikologis, dan beberapa teknik cepat lainnya, tergolong melaksanakan sentuhan di titik pijat untuk stres.

Tips Melakukan Pijatan dikala Stres

Pijatan memang sering dilaksanakan ketika seseorang kelelahan fisik, seperti pegal-pegal, masuk angin dan lainnya. Namun, pijatan ternyata juga mampu menolong merelaksasikan fikiran, yang sedang stres,

Tidak sembarang pijat, kamu juga harus mengetahui tips teknik pijatan ringan, serta lokasi titik pijat untuk stres. Dilansir dari wolipop.detik.com, berikut tips teknik memijat untuk stres:

(Baca Juga: Manfaat Pijat Refleksi untuk Kesehatan)

  • Memijat dengan jempol

Jempol atau ibu jari memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan jari yang lain. Sehingga, jempol sangat tepat digunakan untuk memijat.

  • Memijat secara perlahan dan tekanan yang pas

Dalam teknik memijat, bukan soal terasa atau tidak, namun bagaimana pijatan menghasilkan tekanan yang pas. Itu artinya bisa memperlihatkan efek rileks, sebab dengan tekanan yang pas, fatwa darah juga akan semakin lancar.

  • Memijat secara memutar

Memijat secara memutar, biasa dilaksanakan untuk melancarkan pedoman darah, dan meregangkan otot sampai saraf.

  • Menggunakan minyak pijat yang hangat dan busuk aromaterapi

Memijat denga sumbangan minyak pijat, akan lebih mudah sebab permukaan kulit menjadi licin. Selain itu, aroma yang dihasilkan minyak pijat juga bisa menenangkan.

Nah, itu ia teknik pijatan yang bisa kamu lakukan. Adapun lokasi titik pijat untuk stres berikut ini, juga perlu kau tahu agar tidak salah sasaran saraf.

Adapun titik pijatan untuk stres ini, lazimnya terletak mulai dari tangan hingga kepala. Penasaran, di mana saja letak titik pijat untuk stres paling ampuh? Yuk intip di sini.

7 Titik Pijat untuk Stres

1. Bagian pergelangan tangan

Titik pijat untuk stres yang pertama ada di bab pergelangan tangan, tepatnya di sekitar tiga jari dari pergelangan. Di titik ini, kamu mampu lakukan pijatan secara menekan memakai jempol, atau ibu jari.

Lakukan pijatan dan tekanan tersebut selama kurang lebih lima detik. Lakukan cara tersebut secara berulang dan bergantian, antara tangan kiri dan tangan.

Disebut, titik pijat untuk redakan stres di pergelangan, bisa menghilangkan asumsi stres, dan juga bisa melatih tata cara pernapasan.

2. Bagian alis atau di atas mata

Di bab alis, terdapat tulang yang dimana bisa dijadikan titik pijat untuk stres. Memijat bagian alis atau tepat di atas mata, dipercaya bisa meminimalisir kecemasan.

Caranya, kamu mampu berbaring, pejamkan mata sambil tarik napas dalam-dalam. Setelah itu pijat, alis kamu dari luar ke tengah dengan gerakan melambat dan memutar.

Jika kau telah merasa rileks, dijamin kau akan lebih hening, bahkan bisa-bisa sampai mengantuk dibuatnya.

3. Di bab bahu

Biasa dilaksanakan dikala pegal-pegal, tetapi ternyata titik pijat untuk stres di bab bahu, mampu membuat kadar stres berkurang.

Caranya, kamu cukup duduk senyaman mungkin dan lurus, lalu cubit bab pundak sebelah leher, memakai jempol dan telunjuk.

sesudah dicubit, lakukan tekanan di titik tersebut. Agar kian mantap, kau mampu memakai minyak pijat, kayu putih dan minyak yang lain.

4. Di antara kedua alis

Paling sering dilakukan, titip pijat untuk stres ini ada di antara kedua alis atau di atas tulang hidung.

Pasalnya, titik pijat yang satu ini diyakini mampu menghilangkan rasa cemas dan stres yang dialami seseorang.

Agar pijatan di titik ini maksimal, caranya cukup menutup mata, tarik napas perlahan, sambil kerjakan pijatan alis dari luar ke tengah alis.

Pijat menggunakan jempol, secara memutar atau bisa juga dengan jari telunjuk.

5. Di bagian atas pendengaran

Masih di area kepala, titik pijat untuk stres berikutnya ada di bagian atas telinga. Selain untuk stres, pijatan ini juga bisa bantu kamu yang mengalami tak bisa tidur.

Caranya, gunakan jempol untuk memijat di area titik ini. Lakukan tekanan dan gerakan secara memutar, ke arah cangkang atas pendengaran kau.

Hal ini, mampu dilaksanakan sambil berbaring, maupun sambil duduk. Agar lebih yummy, kamu mampu menggunakan minyak pijat, yang bisa menghangatkan dan beraroma menenangkan.

6. Di bagian perut

Tidak hanya di bab tangan dan kepala, titik pijat untuk stres juga ada dibagian perut, tepatnya di area pusar dan bab tulang dada.

Cara memijatnya, kamu cukup berikan tekanan perlahan, tetapi kuat ke dalam dan ke atas, menggunakan kedua jari tangan.

Selain itu, condongkan badan ke depan, untuk menunjukkan tekanan perut lebih dalam.

Setelah dipijat, kamu mampu melaksanakan pernapasan dalam-dalam, selama satu menit, dan lakukan secara berulang.

(Baca Juga: Tips Anti Stres dan Menjaga Kesehatan Mental)

7. Tulang selangkangan

Titik pijat untuk stres, yang mungkin jarang dimengerti adalah di bab tulang selangkangan.

Pasalnya, di titik ini, bisa membuat keadaan kecemasan seseorang mereda. Caranya pijatnya pun cukup sederhana.

Kamu cuma cukup menempatkan ketiga jari secara mendatar di bab ujung tulang selangkangan.

Kemudian, tekan dengan berpengaruh dan melambat, sambil melakukan pernapasan dalam-dalam, selama kurang lebih satu menit.

Nah, itu dia beberapa letak titik pijat untuk stres penghilang kecemasan, yang bisa bikin kamu rileks. Terlebih, sesudah kau menjalani aktivitas yang melelahkan jiwa dan raga.

Perlu dikenali juga, bahwa kau jangan sekali-kali menganggap remeh keadaan stres. Karena, stres juga mampu mempengaruhi keadaan kesehatan tubuh, yang berbahaya.

Adapun berbagai imbas stres bagi tubuh, di antaranya yaitu:

  • Refluks asam lambung
  • Sakit kepala
  • Masalah pada siklus menstruasi
  • Masalah terusan pernapasan
  • Diabetes, dan yang lain

Bagaimana? Tidak mau bukan, stres yang kamu alami malah mendatangkan penyakit? Maka dari itu, segeralah kerjakan hal-hal yang mampu meringankan stres, salah satunya mirip lakukan pijatan di titik pijat untuk stres.

Namun, jikalau stres sudah masuk ke keadaan yang telah parah, bahkan hingga telah mempengaruhi kesehatan badan, lebih baik segera lakukan konsultasi ke psikolog dan dokter.

Adapun, penting juga bagi kamu untuk memiliki asuransi kesehatan, ketika persoalan tersebut terjadi. Dengan asuransi kesehatan, kau bisa meminimalisir risiko terjangkit penyakit, dan risiko kerugian finansial.

Ajuka Asuransi Kesehatan Terbaik, Melalui CekAja.com!

Butuh asuransi kesehatan yang cocok dan tepat sesuai dengan kebutuhanmu? Jangan khawatir, kamu mampu mengajukannya lewat situs CekAja.com.

Di CekAja.com, kau bisa menemukan banyak produk asuransi kesehatan terbaik, dari berbagai perusahaan asuransi kesehatan ternama Indonesia. Seperti PFI Mega Life, Cigna, hingga Ciputra Life.

Makara, jangan tunggu hingga sakit! Segera olok-olokan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu sedini mungkin, hanya di CekAja.com!