0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

7 tips Merawat Mobil dan Motor Dikala Jarang Digunakan Di Tengah Pandemi

Saat ini kau sedang jarang memakai kendaraan? Maka cara merawat kendaraan dikala jarang digunakan yang mau kita diskusikan kali ini akan sungguh perlu untuk dimengerti.

Cara merawat kendaraan saat jarang digunakan

Di ketika pandemi corona dan masyarakat masih dihimbau untuk tetap membisu di rumah selama diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), mungkin ada kalanya kendaraan yang kamu miliki menjadi jarang dipakai.

Tahukah kamu? Ternyata mendiamkan kendaraan terlalu usang tanpa dipakai justru akan membuat kendaraan tersebut menjadi mudah rusak lho. Jelas hal tersebut tidak ingin terjadi, bukan?

(Baca Juga: Waspada 5 Modus Kejahatan Baru! Yuk Pakai Asuransi Kendaraan Adira)

Apalagi jika PSBB mulai dilonggarkan oleh pemerintah, bukannya mustahil kau akan menghadapi hambatan baru sebab kendaraan yang sudah tidak mampu digunakan.

Maka dari itu, mengetahui cara merawat kendaraan ketika jarang dipakai akan sangat diperlukan, terutama bagi kau yang menyimpan kendaraan pribadi di rumah. Penasaran ihwal bagaimana caranya? Yuk kita simak gotong royong.

Cara Merawat Kendaraan Saat Jarang Digunakan

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa cara merawat kendaraan dikala jarang digunakan yang bisa kau lakukan. Diantaranya ialah:

1. Membersihkan Mobil Secara Berkala

Membersihkan Mobil Secara Berkala - 7 Cara Merawat Kendaraan Saat Jarang Digunakan di Tengah Pandemi

Cara merawat kendaraan dikala jarang dipakai yang pertama yakni dengan senantiasa membersihkan kendaraan secara bersiklus. Pastikan bahwa tidak ada bubuk ataupun kotoran yang melekat di kendaraan tersebut karena justru bisa mengakibatkan kerusakan pada cat dan meninggalkan karat di permukaannya.

Tidak hanya kotoran yang melekat pada body mobil, namun kau juga perlu membersihkan noda-noda yang terdapat pada roda. Karena, kotoran yang dibiarkan terlalu usang melekat justru akan menggerus warna mobil dan membuatnya menjadi lebih singkat rusak.

Nah, setelah kamu membersihkan kendaraan, maka segeralah menutup permukaan kendaraan dengan cover agar bisa terlindungi dari paparan sinar matahari eksklusif.

2. Pompa Udara dengan Maksimal dan Gunakan Dongkrak

Pompa Udara dengan Maksimal dan Gunakan Dongkrak - 7 Cara Merawat Kendaraan Saat Jarang Digunakan di Tengah Pandemi

Cara merawat kendaraan dikala jarang digunakan berikutnya yaitu dengan pompa udara secara maksimal dan gunakan dongkrak untuk melakukannya. Perubahan temperatur dapat mensugesti tekanan udara pada ban.

Jika didiamkan terlalu lama, maka secara perlahan ban mampu kempes. Oleh karena itu, jangan lupa untuk senantiasa pompa ban kendaraan secara maksimal walaupun kau tidak akan menggunakannya dalam waktu dekat.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memakai dongkrak di masing-masing ban untuk melakukannya. Ban yang mengempis dan menempel terlalu lama di permukaan justru akan menghancurkan bagian dalam ban tersebut. Dan dengan dongkrak, kendaraan beroda empat akan terhindar dari bertumpu pada roda terlalu usang.

Perlu diingat bahwa ban yang dibiarkan kempes dalam waktu yang usang bisa memiliki pengaruh pada kerusakan pelek, tetapi mobil yang juga dibiarkan terlalu usang menggunakan dongkrak juga mampu menghancurkan dongkrak itu sendiri.

3. Ganti Bahan Bakar dan Cairan Pendukung Lainnya

Ganti Bahan Bakar dan Cairan Pendukung Lainnya - 7 Cara Merawat Kendaraan Saat Jarang Digunakan di Tengah Pandemi

Jangan lupa untuk selalu mengubah oli dan filter kendaraan sebelum kau memutuskan untuk tidak menggunakannya dalam waktu yang lama. Begitu juga dengan cairan pendingin mesin dan senantiasa penuhi tangka dengan bensin yang cukup.

Cara merawat kendaraan saat jarang digunakan satu ini perlu dijalankan supaya tangki tidak berkarat ketika didiamkan terlalu usang. Kaprikornus, hadirnya bahan bakar memang mampu mengurangi risiko karatan pada tangki.

Selain itu, selalu ganti oli secara terencana semoga tidak ada ruang yang tersisa yang dapat mengakibatkan embun yang mampu merusak mesin. Pada pada dasarnya, jangan pernah membiarkan tangki kendaraan dalam keadaan kosong di waktu yang terlalu usang.

4. Cek Aki dan Busi

Cek Aki dan Busi - 7 Cara Merawat Kendaraan Saat Jarang Digunakan di Tengah Pandemi

Pastikan bahwa kondisi aki juga masih dalam kondisi prima saat akan disimpan dalam waktu yang usang. Bahkan, akan lebih baik jika kau melepaskan aki dan menyimpannya di kawasan kering dengan temperatur sejuk guna tetap menjaga kondisi aki tetap baik.

Sama halnya seperti aki, kamu juga disarankan untuk melepaskan busi serta memberikannya sedikit oli di soketnya sebelum memasangnya kembali. Hal tersebut dikerjakan biar kepala silinder tetap terjaga kelembabannya selama tidak digunakan.

5. Simpan di Ruang Tertutup

Simpan di Ruang Tertutup - 7 Cara Merawat Kendaraan Saat Jarang Digunakan di Tengah Pandemi

Jika kau mempunyai garasi dengan atas di atasnya, maka ada baiknya jika kendaraan tetap berada di bawah atap atau ruang tertutup, gelap, dan kering. Namun, jika kau tidak memilikinya, ada baiknya kalau kamu mulai mencari tempat penitipan kendaraan.

Tetapi, bila kamu meninggalkan kendaraan di ruang terbuka, maka jangan pernah lupa untuk menutupinya dengan penutup tebal khusus kendaraan beroda empat guna mempertahankan mutu mobil agar tetap baik.

6. Panaskan Mesin Setiap Hari

Panaskan Mesin Setiap Hari - 7 Cara Merawat Kendaraan Saat Jarang Digunakan di Tengah Pandemi

Walaupun mobil jarang atau tidak pernah digunakan, jangan lupa untuk selalu luangkan waktu dalam memanaskan mobil saban hari. Hal tersebut diharapkan agar bagian mesin senantiasa terlumasi serta mencegah terjadinya korosi.

7. Disarankan untuk Tidak Direm Tangan

Disarankan untuk Tidak Direm Tangan - 7 Cara Merawat Kendaraan Saat Jarang Digunakan di Tengah Pandemi

Cara merawat kendaraan ketika jarang dipakai yang terakhir ialah untuk tidak menggunakan rem tangan ketika mendiamkan mobil terlalu usang. Mengapa? Karena penggunaan rem tangan dalam rentang waktu yang lama justru mampu menimbulkan minyak pada piringan rem menjadi lengket.

Maka dari itu, untuk mengatasinya kamu bisa mengganjal ban mobil dengan memakai batu besar semoga mobil tidak bergerak. Selain itu, usahakan pula untuk selalu memarkirkan kendaraan di daerah yang datar.

Pentingkah Asuransi Kendaraan Saat Corona?

Ketika pandemi corona masih berjalan dan kebijakan PSBB masih diberlakukannya, banyak pemilik kendaraan pribadi yang membiarkan kendaraannya di garasi tanpa digunakan, terlebih dilakukannya perawatan.

Padahal, meskipun kendaraan jarang digunakan, perawatan tetap harus dikerjakan guna mempertahankan keadaan kendaraan beroda empat tetap prima jika sebuah ketika ingin digunakan kembali. Perlu dimengerti bahwa mobil yang jarang dirawat justru akan cepat rusak dan besar kemungkinannya untuk mogok di tengah jalan saat sedang digunakan.

Belum lagi keadaan ekonomi yang sedang tidak stabil sehingga terdapat sebagian orang yang melaksanakan pencurian kendaraan guna mampu menyanggupi keperluan mereka sehari-hari yang sedang kesusahan. Nah, inilah yang mengakibatkan asuransi kendaraan sangat penting untuk dimiliki.

(Baca Juga: Kebanjiran? Ini 6 Tips Merawat Motor yang Terendam Banjir)

Dilansir dari carmudi.co.id, asuransi kendaraan sangat penting untuk dimiliki semoga mampu dijadikan selaku perlindungan finansial kepada risiko-risiko yang terjadi pada kendaraan, termasuk kehilangan dan kerusakan.

Itulah beberapa cara merawat kendaraan saat jarang digunakan di tengah pandemi corona semoga mobil tetap terjaga kondisinya. Nah, walaupun saat ini kendaraan masih jarang digunakan, perlu dimengerti bahwa kau tetap mesti memiliki asuransi kendaraan guna menghalangi terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan. Oleh karena itu, yuk secepatnya usikan asuransi kendaraanmu di CekAja.com.