0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

7 tips Memutihkan Gigi Secara Alami, Gak Pake Mahal!

Cara memutihkan gigi secara alami tentunya membutuhkan biaya yang jauh lebih murah daripada menggunakan perawatan dokter. Saat ini, tak jarang banyak orang yang beranggapan bahwa gigi putih ialah salah satu patokan keayuan.

7 Cara memutihkan gigi secara alami

Selain itu, gigi putih itu sendiri juga dapat menunjang tampilan sekaligus mengembangkan rasa yakin diri seseorang saat tersenyum. Hanya saja, ada beberapa orang yang justru memiliki problem gigi kuning yang disebabkan oleh aneka macam hal sehingga membuat mereka rela merogoh kocek dalam jumlah besar untuk bisa mendapatkan perawatan pemutihan gigi dari dokter.

Padahal, dengan beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang mau kita diskusikan kali ini, tentu hal tersebut mampu menciptakan pengeluaran jauh lebih irit bukan? Ditambah lagi bahwa materi-materi yang akan kita gunakan sangat mudah kau temukan di rumah. Penasaran apa sajakah itu?

Di dalam potensi kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa kamu kerjakan dengan gampang dan murah di rumah. Yuk disimak gotong royong.

Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Gigi Kuning

Sebelum kita membahas tentang beberapa cara memutihkan gigi secara alami, tentu saja ada diantara kamu yang juga ingin mengenali kira-kira apa sih penyebab dari gigi kuning? Banyak yang tidak menyadari bahwa gigi kuning ternyata dapat disebabkan oleh sejumlah kebiasaan yang sering kau kerjakan di rumah lho.

Maka dari itu, bila kau merasa melaksanakan beberapa kebiasaan berikut ini, yuk segera hentikan agar cara memutihkan gigi secara alami yang kamu kerjakan mampu membuahkan hasil yang optimal. Dilansir dari situs helloSehat, terdapat 5 kebiasaan yang bisa mengakibatkan gigi kuning, ialah adalah:

  • Merokok

Merokok ialah salah satu kebiasaan paling umum yang dapat menjadikan gigi menjadi kuning. Hal tersebut dikarenakan kandungan nikotin dan tar pada tembakau melekat pada email gigi ketika kamu merokok sehingga mampu merubah warna gigi.

Bahkan, efek satu ini bisa terjadi cuma dalam waktu yang begitu singkat lho. Oleh sebab itu, tak jarang kau mampu menyaksikan para perokok berat yang mempunyai warna gigi kecoklatan bahkan hingga berwarna hitam sehabis mereka beberapa tahun merokok.

  • Terlalu Keras dan Cepat Ketika Menggosok Gigi

Mungkin masih banyak diantara kamu yang belum mengetahui bahwa ternyata menggosok gigi juga memiliki teknik tersendiri lho. Menggosok gigi terlalu keras dan kencang nyatanya juga bisa membuat gigi menjadi kuning tanpa disadari.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Ngilu di Gigi)

Hal tersebut disebabkan, tekanan yang dihasilkan dari sikat gigi mampu menghancurkan dan mengikis lapisan enamel yang tipis dan mengekspos lapisan dentin yang membuat gigi menjadi kuning. Oleh karena itu, teknik sikat gigi yang baik dan benar perlu untuk kamu praktekan. Cara terbaik dalam menyikat gigi yakni dengan perlahan dan tidak terlalu keras.

Bersihkan gigi secara berkala setidaknya dua kali sehari, yaitu sehabis makan dan sebelum tidur. Selain itu, kau juga bisa menggunakan benang gigi untuk menetralisir plak yang menempel pada gigi.

  • Sering Minum Kopi, Soda, dan Teh

Kandungan kafein yang tinggi di dalam kopi, teh, dan minuman energi dapat mengikis enamel gigi apabila dikonsumsi secara berlebihan, adalah 2 – 3 kali dalam sehari dan secara terus menerus. Sementara itu, kandungan karbonasi yang mengandung asam pada soda juga menunjukkan imbas yang sama mirip kopi dan teh.

Ketika enamel terkikis, maka noda minuman mampu menetap pada dentin dan membuat gigi menjadi berwarna kuning apabila tidak dibersihkan dengan benar dan terencana. Tak hanya itu, minuman-minuman tersebut juga kebanyakan mengandung gula yang mampu mempesona perhatian kuman di ekspresi sehingga buatan asam pun makin tinggi.

  • Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Ketika membeli obat kumur, maka perhatikanlah kandungan yang terdapat di dalamnya. Banyak obat kumur dengan kadar asam tinggi yang dijual dipasaran. Nah, jika kau terlalu sering menggunakannya, lisan bisa menjadi kering dan menghancurkan email gigi.

Ketika verbal dalam keadaan kering, air liur menjadi tidak mampu bekerja secara maksimal untuk membantu mempertahankan kelembaban lisan, meminimalkan tingkat keasaman, melumpuhkan kuman jahat, dan menangkal noda yang melekat pada enamel.

  • Sering Mengkonsumsi Buah Asam

Beberapa buah asam seperti jeruk, beri, nanas, dan lemon memang mengandung vitamin yang bagus bagi badan. Tetapi ternyata, kalau buah-buah tersebut dimakan terlalu sering, maka justru dapat merubah warna gigi menjadi kuning. Maka dari itu, ada baiknya kalau kau menyantap buah asam sembari diseimbangkan dengan asupan air yang cukup juga.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara memutihkan gigi secara alami tentu saja jauh lebih hemat biaya dibandingkan dengan menggunakan perawatan dokter yang cenderung merogoh kocek dalam jumlah besar. Disamping itu, ternyata cara memutihkan gigi secara alami sangatlah gampang lho, meskipun memang memerlukan ketelatenan dan konsistensi dalam melakukannya jikalau ingin menerima hasil yang maksimal.

Tetapi, pasti tidak ada salahnya untuk dicoba, bukan? Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa kamu kerjakan, yaitu adalah:

1. Kulit Pisang

Kulit Pisang - 7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Gak Pake Mahal

Cara memutihkan gigi secara alami yang pertama adalah dengan memakai kulit pisang. Ternyata, buah pisang tak cuma memiliki segudang manfaat yang bagus bagi tubuh, tetapi kulitnya itu sendiri mengandung vitamin dan mineral yang bisa menolong remineralisasi untuk memperkuat email gigi dan meminimalkan sensitivitas gigi pula.

Selain itu, kulit pisang juga mempunyai kesanggupan selaku antibakteri yang bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan gigi dan verbal secara keseluruhan. Caranya cukup gampang untuk dikerjakan lho. Setelah memakan pisang, janganlah langsung kamu buang begitu saja. Sebaliknya, gunakan kulit tersebut untuk digosokan ke bagian gigi secara merata. Lakukan secara berkala untuk hasil yang optimal.

2. Lemon

Lemon - 7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Gak Pake Mahal

Cara memutihkan gigi secara alami yang kedua adalah dengan memakai lemon. Lemon memiliki kandungan asam yang bisa mengangkat basil penyebab gigi kuning tersebut. Selain itu, kadar PH yang sebanding juga menciptakan buah satu ini bisa dipakai untuk menjaga kesehatan ekspresi dan gigi.

Caranya sangatlah gampang. Kamu hanya perlu mengambil satu buah lemon yang masih segar dan ambil perasan airnya saja. Kemudian, campur perasan lemon tersebut dengan satu sendok teh baking soda. Gosokan dengan menggunakan sikat secara menyeluruh ke area gigi. Tak hanya itu, kau juga bisa menggunakannya dengan cara dijadikan sebagai obat kumur. Lakukan secara berkala sebanyak tiga kali sehari untuk menawarkan hasil yang membuat puas.

3. Baking Soda

Baking Soda - 7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Gak Pake Mahal

Baking soda yang sering kita pakai untuk menciptakan kue nyatanya juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara memutihkan gigi secara alami lho. Berdasarkan beberapa observasi, diketahui bahwa baking soda memiliki sifat abrasif yang bisa mengikis noda kuning di gigi. Oleh alasannya itu, baking soda bahkan diklaim jauh lebih efektif dalam memutihkan gigi dibandingkan dengan menggunakan pasta gigi biasa.

Selain itu, baking soda juga mampu menghemat kuman dan menstabilkan tingkat keasaman di verbal yang membuat fluoride di dalam pasta gigi akan lebih gampang dalam mengembalikan lapisan enamel gigi yang rusak. Cara memutihkan gigi secara alami memakai baking soda ialah dengan mengoleskan baking soda tersebut ke bagian gigi secara merata. Diamkan sekitar 3 – 5 menit sebelum kamu bersihkan dengan cara berkumur dengan air sampai higienis.

4. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk - 7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Gak Pake Mahal

Setelah menyantap jeruk, janganlah buru-buru dibuang begitu saja. Karena, jeruk mempunyai kandungan d-limonene yang mampu menghemat warna kuning pada gigi. Selain itu, tak cuma buahnya saja, kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang diikuti dengan pektin, glukasilat dan serat larut yang diandalkan sungguh efektif dalam memutihkan gigi dan meminimalkan noda pada gigi yang disebabkan dari beberapa kebiasaan.

Cara memutihkan gigi secara alami dengan kulit jeruk ialah dengan gosokan kulit jeruk tersebut secara merata ke gigi selama kurang lebih 2-3 menit. Kemudian, bilaslah ekspresi dengan cara berkumur dengan air. Lakukan cara ini secara rutin dan terstruktur sebanyak dua kali sehari untuk memberikan hasil yang maksimal.

5. Cuka Apel

Cuka Apel - 7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Gak Pake Mahal

Cuka sari apel dipercaya mengandung aneka macam nutrisi yang bisa menetralisir noda pada gigi yang menjadi salah satu penyebab gigi menjadi kuning. Selain itu, nutrisi yang terdapat di dalam cuka apel juga dianggap mampu membunuh bakteri yang menunjukkan sejumlah permasalahan pada gigi, seperti gigi kuning, gigi keropos, hingga gigi berlubang.

Caranya memutihkan gigi secara alami memakai cuka apel yaitu dengan ambilah satu sendok cuka apel dan lalu gosokan secara merata ke gigi. Setelah itu, kau mampu menggosok gigi memakai pasta yang umum kau kerjakan. Disarankan untuk tidak menggunakan pasta yang memiliki tidak mempunyai kandungan fluoride. Kemudian, barulah kau berkumur dengan air sampai verbal terasa bersih.

Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah sebanyak kurang lebih 2 hari sekali selama satu bulan hingga warna kuning pada gigi menghilang secara perlahan.

6. Daun Sirih

Daun Sirih - 7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Gak Pake Mahal

Daun sirih dinilai merupakan salah satu cara memutihkan gigi secara alami yang cukup ampuh dan efektif. Hal tersebut dikarenakan daun sirih itu sendiri dipercaya mempunyai kandungan yang mampu membasmi bakteri yang menjadi penyebab kerusakan gigi sekaligus menetralisir noda yang tertempel pada gigi yang menjadi penyebab gigi menjadi kuning.

Caranya ialah dengan mengambil 1-2 helai daun sirih yang masih segar dan lalu gosokkan ke bagian gigi secara merata. Selain itu, kamu juga mampu melakukannya dengan cara merebus daun sirih dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

7. Stroberi

Stroberi - 7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Gak Pake Mahal

Cara memutihkan gigi secara alami selanjutnya yaitu dengan memakai buah stroberi yang memang telah populer dengan kelezatannya. Stroberi mempunyai kandungan asam yang dinilai mampu mengangkat kotoran yang menempel dan menjadi penyebab gigi kuning.

Selain itu, kandungan vitamin C nya juga berperan aktif dalam mengikis noda pada gigi, membunuh kuman di dalam verbal, sekaligus menjadi penyelesaian untuk aneka macam masalah lisan yang sering kamu alami, seperti sariawan dan gusi berdarah.

(Baca Juga: Pilihan untuk Asuransi Gigi Terbaik)

Cara memutihkan gigi secara alami dengan memakai stroberi yakni dengan menggosok-gosokan bab luar buah stroberi ke gigi secara merata. Selain itu, kamu juga mampu menghancurkan buah stroberi dan menjadikannya mirip pasta gigi.

Setelah itu, balurkan pasta tersebut ke sikat gigi dan gosokan layaknya seperti kamu melakukan menggosok gigi saban hari. Kemudian, barulah kamu berkumur dengan air bersih. Lakukan secara rutin sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang optimal.

Memiliki persoalan pada gigi pastinya sungguh tidak nyaman dan dapat mengganggu acara kita sehari-hari. Padahal, mampu dibilang bahwa dikala ini ongkos pengobatan gigi semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sementara jika gigi dibiarkan memiliki masalah dalam waktu yang usang, hal tersebut justru akan mempunyai dampak pada kerusakan gigi yang parah.

Maka dari itu semoga kamu mampu terbebas dari berbagai permasalahan gigi yang melanda, jangan ragu untuk secepatnya mengajukan asuransi kesehatan. Saat ini, telah mulai banyak lho perusahaan asuransi yang mempunyai acara untuk pengobatan dan perawatan gigi, terutama untuk kerusakan gigi yang parah.

Namun, pasti dengan banyaknya perusahaan asuransi yang ada, hal tersebut mampu membuatmu resah untuk menentukan, sekiranya perusahaan manakah yang menawarkan acara asuransi paling sesuai? Nah, dari pada kamu resah, yuk secepatnya ajukan saja asuransi kesehatan di CekAja.com.

Dengan program yang lengkap dan biaya premi yang terjangkau, kamu bahkan tak perlu ke luar rumah untuk mengajukan, alasannya seluruh proses dilaksanakan secara online tanpa mengkonsumsi banyak waktu. Kaprikornus, tunggu apa lagi? Segera ejekan asuransi kesehatanmu cuma di CekAja.com.