0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

7 tips Melaporkan Penjual Online Penipu Terlengkap Selain Ke Polisi

Cara melaporkan penjual online penipu sekarang bisa kamu lakukan tanpa harus pergi melapor ke kantor polisi secara pribadi. Ada beberapa media dan kontak yang mampu dituju untuk menciptakan laporan ini. bagaimana sih cara lengkapnya? Simak isu berikut ini, ya.

Jual-Beli di Medsos Lebih Rawan Penipuan

Transaksi jual-beli aneka macam barang sekarang mampu dilakukan secara online lewat beberapa media. Mulai dari media umum (medsos) seperti Facebook dan Instagram, hingga lewat e-commerce terkemuka seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain-lain.

Sebagai media gres untuk pasar online, beberapa regulasi untuk mempertahankan keamanaan transaksi bagi penjual dan pembeli terbilang masih belum lengkap. Di e-commerce, masalah ini terus diantisipasi dengan adanya aneka macam kebijakan.

Misalnya, proses pengantaran barang gres akan dikirim sehabis pembeli terbukti sudah mengeluarkan uang tagihan.

Kemudian, bayaran tersebut baru dapat cair ke rekening penjual setelah pembeli mendapatkan kiriman barang tanpa pengajuan pengembalian.

Fitur ini bekerjsama sangat membantu penjaminan keselamatan transaksi.

Sedangkan jual-beli online di medsos masih beresiko penipuan, alasannya adalah tidak ada sistem terang yang mengatur transaksi jual-beli.

Fitur-fitur di medsos masih dikembangkan untuk kepentingan pengguna pribadi, sehingga keamanan belanja di medsos beresiko penipuan.

Maka dari itu, transaksi jual-beli lewat e-commerce rasanya lebih diusulkan untukmu, supaya kamu mampu terhindar dari perkara penipuan yang bisa menjadikan kerugian.

Jika masih memperoleh kejanggalan dan ternyata kau menjadi korban, ketahui cara melaporkan pedagang online penipu yang sempurna.

Ciri-ciri Penjual Online Penipu

Sebelum mengenali penjelasan wacana cara melaporkan pedagang online penipu, ketahui dahulu ciri-ciri pedagang online penipu yang mampu membuatmu merugi.

Harga Jual Terlalu Murah

Ciri-ciri penjual online penipu yang pertama ialah harga yang murah. Sebelum berbelanja barang yang kamu incar, cek dulu harga umum di pasaran.

Harga murah biasanya cuma dijual oleh pedagang penipu atau barang yang tidak berkualitas. Seperti telah mendekati abad kadaluarsa, dibuat dari material yang mudah rusak, atau barang KW.

Tidak Membalas Pertanyaan Calon Pembeli di Medsos

Kamu mungkin pernah mendapatkan akun pedagang di medsos yang hanya posting foto dan video produk, namun tidak pernah membalas komen dari calon pembeli. Tanda ini patut kau waspadai sebagai ciri pedagang penipu.

Nama Akun Kerap Berubah

Penjual online penipu juga kerap merubah nama akun jualannya. Hal ini dijalankan untuk menutup jejak dari perkara penipuan yang sudah menyantap korban, sehingga korban kesusahan memperoleh nama akun tersebut.

Metode Pemesanan Lewat DM

Komunikasi yang baik yakni kunci dari transaksi jual beli yang terpercaya. Tapi, alih-alih menyediakan nomor telepon yang bisa dihubungi, pedagang online penipu lazimnya malah hanya melayani pembeli melalui fitur direct message (DM) di medsos.

Ketika pembeli sudah terpancing dan men-transfer sejumlah uang, proses pengiriman malah tidak dijalankan dan penjual malah ga membalas pesanmu lagi.

Tidak Memberi Respon Cepat

Ciri penjual online penipu yang terakhir yaitu pihaknya yang tidak memberi respon cepat, terutama saat ditanyai soal progres pengantaran produk yang telah dibayar. Maka dari itu, kamu mesti berhati-hati ketika berbelanja secara online.

(Baca Juga: 5 Hak Konsumen Agar Gak jadi Korban Penipuan Belanja Online)

Beberapa Cara Melaporkan Penjual Online Penipu

Jika sudah kadung menjadi korban penipuan, kemudian bagaimana sih cara melaporkan pedagang online penipu?

Cara eksklusif seperti melapor ke kantor polisi mungkin telah kamu ketahui, namun ternyata ada juga cara melaporkan penjual online penipu yang mudah secara online.

Informasi ini perlu kau tahu semoga memperluas jangkauan laporanmu, dan proses pelaporan terhadap penjual penipu segera ditindaklanjuti.

Berikut ini beberapa cara melaporkan pedagang online penipu yang bisa kau lakukan:

1. Cara Melaporkan Penjual Online Penipu Lewat Cekrekning.id

Cara melaporkan penjual online penipu yang pertama ialah dengan memeriksa nomor rekening penjual terpercaya atau tidak. Situs www.cekrekening.id yang merupakan milik Kementrian Komunikasi dan Informatika RI ini akan membantumu melakukan pengecekan.

Jika didapatkan sejarah laporan terkait rekening tersebut ihwal masalah penipuan, maka semestinya kau tidak melanjutkan transaksi perdagangan dengan pedagang itu.

Di situs ini, kamu juga bisa melaporkan rekening yang disangka mencurigakan.

Cara melaporkan pedagang online penipu di Cekrekening.id:

  • Pilih nama bank
  • Masukkan nomor rekening penjual online yang dimaksud
  • Lakukan verifikasi pengajuan pengecekan dengan menyentang re-captcha
  • Klik tombol “Periksa Rekening”
  • Tampilan informasi terkait rekening akan muncul

2. Cara Melaporkan Penjual Online Penipu Lewat Lapor.go.id

Kedua, kau juga bisa melaksanakan cara melaporkan penjual online penipu lewat situs www.lapor.go.id. Situs ini diatur oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementrian PANRB).

Dalam masalah penipuan, kau mampu melaporkannya dengan cara membuat pengaduan dengan mengisi formulir pengaduan yang tersedia. Tahap pelaporan terdiri dari penulisan laporan, proses verifikasi, proses tindak lanjut, dan perlindungan tanggapan.

Ini cara melaporkan pedagang online penipu lewat Lapor.go.id:

  • Pilih klasifikasi pelaporan, ialah “Pengaduan”
  • Tulis judul pelaporan
  • Tuliskan detil kejadian penipuan, mencakup nama akun penipu, jumlah kerugian, dan informasi lainnya secara lengkap
  • Pilih tanggal insiden
  • Pilih lokasi insiden
  • Pilih instansi (kementrian atau Pemprov) tujuan yang berhubungan dengan laporanmu
  • Pilih kategori “Tindak Pidana” pada kategori “Situasi Khusus”
  • Upload lampiran (jika ada) dengan ukuran maksimal 2 MB.
  • Pilih kategori pengadu
  • Klik LAPOR!
  • Isi data diri, setujui syarat dan ketentuan layanan, kemudian laporanmu final diajukan

(Baca Juga: Tips Menghindari Penipuan WO Abal, Biar Acara Tetap Sakral)

3. Cara Melaporkan Penjual Online Penipu Lewat Kredibel.co.id

Ada lagi nih situs yang membantumu melaporkan pedagang online penipu. Situs www.kredibel.go.id mempunyai layanan pengecekan nomor rekening, pengecekan nomor telepon, dan pelaporan masalah penipuan.

Kredibel.co.id sudah menerima lebih dari 140.000 laporan masalah penipuan dengan total kerugian meraih Rp219 miliar, serta mem-blacklist hampir 78.000 rekening bank.

Cara melaporkan pedagang online penipu lewat Kredibel.co.id adalah selaku berikut:

  • Buka halaman pelaporan masalah penipuan di situs www.kredibel.co.id/report
  • Log in dengan akun Google atau Facebook
  • Pilih tipe laporan
  • Isi formulir laporan penipuan
  • Klik tombol “Kirim Laporan”

4. Cara Melaporkan Penjual Online Penipu Lewat IG @indonesiablacklist

Selain lewat beberapa situs di atas, kamu juga bisa melaporkan masalah penipuan melalui akun Instagram @indonesiablecklist.

Pihaknya menolong menindaklanjuti laporan kasus penipuan secara gratis. Setiap laporan akan berupaya dijangkau dan diarahkan ke mekanisme hukum lanjutan.

Cara melaporkan pedagang online penipu melalui Indonesia Black List ini diterangkan di sorotan atau highlight yang tertampil di profil akunnya. Kamu wajib banget follow akun ini supaya bisa menciptakan laporan kasus penipuan oleh penjual penipu.

5. Cara Melaporkan Penjual Online Penipu Lewat Pemblokiran Rekening Bank

Cara melaporkan pedagang online penipu yang terakhir yaitu dengan menelpon nomor customer service bank atau tiba eksklusif ke kantor cabang bank.

Laporkan rekening bank pedagang penipu ke pihak bank yang menaunginya.

Petugas customer service akan membantumu memproses laporan ini. Jika jumlah laporan pada rekening bank tersebut banyak atau memiliki bukti konkrit, maka rekening itu bisa diblok oleh pihak bank.

Itulah beberapa cara melaporkan penjual online penipu yang mampu kamu lakukan. Pastikan senantiasa waspada dalam bertransaksi keuangan, dan pilih penjual online terbaik yang terpercaya.

Belanja di pasar konvensional maupun pasar online kini makin untung dengan memilih sistem pembayaran dengan kartu kredit.

Selain bisa mempunyai barang yang kau butuhkan dengan cicilan ringan, kartu kredit juga memiliki banyak promo menawan yang sayang untuk dilewatkan.

Yuk, nikmati keuntungan ini dengan membandingkan dan mengajukan kartu kredit opsi lewat CekAja.com.

CekAja.com ialah media pembanding aneka macam produk finansial terbaik, yang membantumu memilih kartu kredit yang tepat dengan kebutuhan dan profil dirimu.

Selain itu, kami juga akan menolong proses pengajuan kartu kredit secara gampang dengan metode online.

Kaprikornus, kau tak perlu sibuk-sibuk mendatangi kantor cabang pemasokproduk kartu kredit. semua transaksi di CekAja.com dijamin terpercaya alasannya adalah telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ini saatnya mencicipi keleluasaan belanja dengan kartu kredit yang menguntungkan!