0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

7 Syarat Ke Luar Kota Saat New Wajar Modern, Apa Saja?

Syarat ke luar kota saat new wajar wajib dikenali. Ada sederet syarat dan ketentuan yang diberlakukan pemerintah daerah dan pemerintah sentra untuk penduduk yang mau berpergian. Simak informasinya berikut ini.

Masa New Normal, Semua Bisa ke Luar Kota

Di tengah pandemi Covid-19 ini, bepergian seolah tak mungkin dilaksanakan. Jumlah penderita yang terinfeksi yang makin meningkat menciptakan sejumlah tempat membuat banyak sekali syarat ke luar kota.

Misalnya daerah Tegal yang sempat menutup semua jalan masuk saluran ke kotanya pada selesai Maret kemudian, kemudian berakhir pada pertengahan Mei lalu.

Kemudian, ada Provinsi DKI Jakarta yang pernah memberlakukan syarat wajib mempunyai Surat Izin Keluar dan Masuk (SIKM) bagi semua orang yang hendak masuk ke daerahnya.

Namun syarat ini dicabut dan digantikan dengan syarat pengisian CLM lewat aplikasi Jakarta Kini (JAKI).

Pemerintah Pusat lewat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memberlakukan beberapa syarat ke luar kota dikala new wajar .

Syarat ini wajib dipenuhi oleh siapa pun yang ingin bepergian ke luar kota, baik yang menggunakan transportasi umum maupun transportasi pribadi.

Kini, di era new normal, sebagian besar tempat sudah membuka kembali terusan ke luar kota. Sehingga syarat ke luar kota ketika new normal lebih mudah untuk dipenuhi, selama masih mematuhi protokol kesehatan.

Semua tujuan berpergian tidak lagi dibatasi cuma untuk kepentingan dinas pekerjaan.

Kamu yang berada dalam kondisi sehat mampu pergi pulang kampung ke kampung halaman, piknik ke luar kota, atau untuk tujuan dan keperluan yang lain.

(Baca Juga: 10 Tips Bepergian ketika New Normal)

Ada Perbedaan, Pahami Syarat ke Luar Kota Sesuai Ketentuan Berlaku

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, ada dua syarat ke luar kota dikala new normal yang wajib dipatuhi.

Yakni syarat yang diberlakukan oleh Pemerintah Pusat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan syarat yang diberlakukan oleh tiap pemerintah kawasan yang kau tuju.

Kaprikornus, misalnya kau ingin menuju Kota Jakarta, maka kamu mesti mematuhi syarat ke luar kota saat new wajar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dan syarat dari Pemerintah Pusat.

Untuk mengetahui syarat ke luar kota dikala new wajar setiap kawasan, kamu mampu mengunjungi situs resmi pemerintah tempat setempat atau melalui akun media umum, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

Kemudian, untuk kamu yang ingin bepergian ke luar kota menggunakan transportasi biasa , pahami juga syarat ke luar kota ketika new normal yang berlaku di tiap jenis transportasi umum yang diseleksi.

Sebab, syarat ke luar kota saat new wajar untuk penumpang pesawat, penumpang bus, penumpang kereta, maupun penumpang kapal maritim mempunyai beberapa perbedaan.

Syarat ke Luar Kota Saat New Normal

Secara lazim, berikut beberapa syarat ke luar kota dikala new wajar yang wajib ditaati siapa pun yang bendak bepergian antar-kota di Indonesia.

Syarat ini diambil berdasarkan Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020 yang merivisi SE Nomor 7 Tahun 2020.

Yakni ihwal Kriteria Dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

1. Berpergian Dalam Kondisi Sehat Jasmani dan Rohani

Syarat ke luar kota ketika new normal yang pertama ialah dengan meningkatkan tanggungjawab setiap orang kepada keadaan kesehatannya masing-masing.

Siapapun yang bepergian ke luar kota cuma boleh pergi dalam kondisi badan yang sehat secara jasmani dan rohani.

Di beberapa daerah, mirip pelabuhan untuk kapal maritim penumpang yang disediakan oleh PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyebrangan Indonesia Ferry (ASDP) Persero, penumpang wajib diperiksa suhu tubuhnya.

Mereka yang bersuhu tubuh lebih dari 37 derajat Celsius, tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan dan mesti diperiksa kesehatannya lebih lanjut oleh tim medis.

2. Mematuhi Protokol Kesehatan

Kedua, semua orang wajibmematuhi protokol kesehatan.

Yakni dengan mengenakan masker dikala bepergian, berkala mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, mempertahankan jarak antar-insan setidaknya dalam radius 1,5 meter, menenteng peralatan kebersihan lain mirip hand sanitizer, dan menjaga kebersihan diri.

Jangan lupa juga untuk menerapkan etika dikala batuk atau bersin.

3. Menunjukkan Identitas Diri

Setiap orang yang bepergian juga harus memberikan identitas diri.

Pemeriksaan identitas diharapkan ketika pemeriksaan tiket transportasi biasa , atau investigasi identitas diri bagi orang yang bepergian ke luar kota dengan kendaraan pribadi di daerah perbatasan antar-kota atau antar-provinsi.

Untuk memenuhi syarat ke luar kota saat new normal ini, siapkan kartu identitas diri yang valid. Seperti KTP, SIM, atau Paspor.

4. Menunjukkan Surat Tes Covid-19 dengan Hasil Negatif

Syarat ke luar kota dikala new normal ini wajib dipenuhi untuk kamu yang akan bepergian ke luar kota memakai jasa transportasi pesawat atau kereta api.

Jenis uji tes Covid-19 yang mampu diseleksi adalah Rapid Test yang kesannya berlaku semenjak 3 hari semenjak diterbitkan, atau tes Reverse Transcription – Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang berlaku 7 hari semenjak diterbitkan.

Pemerintah sekarang mengeluarkan himbauan untuk klinik, rumah sakit, maupun forum kesehatan lain yang melayani Rapid Test dan RT PCR untuk mematok harga uji tes paling murah sebesar Rp150.000.

Beberapa maskapai penerbangan menyediakan paket tiket yang sudah termasuk dengan Rapid Test yang bisa dikerjakan maksimal satu hari sebelum penerbangan.

Kemudian, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga menawarkan Rapid Test di stasiun-stasiun besar pilihan untuk memudahkan penumpang melaksanakan uji tes sebelum bepergian menggunakan kereta api. Harganya terjangkau, adalah hanya Rp85.000.

Sedangkan untuk kau yang bepergian dengan kendaraan langsung dan memakai kapal maritim dari layanan ASDP, surat keterangan tes Covid tidak dibutuhkan.

Hanya saja kau wajib pergi dalam keadaan sehat dan bertanggungjawab pada kondisi kesehatan masing-masing dan menerapkan protokol kesehatan, sesuai dengan syarat nomor 1 dan 2.

(Baca Juga: 7 Pasar Terapung di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat New Normal)

5. Menunjukkan Surat Bebas Gejala Influenza

Sedangkan untuk penumpang pesawat yang berasal dari tempat yang tidak mempunyai fasilitas untuk uji tes Covid-19, maka kau wajib melampirkan surat bebas tanda-tanda influenza dari Puskesmas asal daerahmu.

6. Mengisi Kartu e-HAC

Syarat ke luar kota saat new wajar berikutnya yaitu mengisi kartu e-HAC lewat aplikasi eHAC Indonesia yang bisa diunduh di ponsel pintar milikmu. Pengisian ini dilakukan sebelum kau melakukan check-in tiket pesawat.

Syarat ini diberlakukan guna membantu pemerintah sentra dalam memantau pergerakan warga Indonesia yang bepergian ke luar kota maupun ke luar negeri di periode pandemi ini.

Cara mengisi kartu e-HAC cukup gampang. Kamu hanya perlu menciptakan akun, lalu mengisi data diri lengkap dan menyantumkan kota asal dan kota yang dituju dalam perjalanan memakai pesawat melayang.

Sesampainya di bandara kota tujuan, akan ada petugas Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI yang menganalisa validasi kartu eHAC tersebut.

7. Memperhatikan Syarat Pemerintah Daerah

Syarat ke luar kota ketika new normal yang terakhir adalah dengan memperhatikan syarat yang diberlakukan pemerintah di daerah atau kota yang kau tuju.

Sejauh ini ada beberapa kawasan yang mempunyai syarat khusus bagi siapapun yang datang ke wilayahnya.

Seperti Jakarta yang mengharuskan pendatang yang memakai angkutanpesawat melayang dan kereta api untuk mengisi CLM melalui aplikasi Jakarta Kini.

CLM ini memiliki fungsi yang nyaris sama dengan kartu eHAC.

Sedangkan untuk sebagian besar daerah atau kota lain tidak memiliki syarat khusus, asalkan kau menerapkan protokol kesehatan.

Pastikan kamu menganalisa syarat pemerintah daerah melalui situs resmi atau akun media umum pemerintah daerah setempat, ya.

Itulah beberapa syarat ke luar kota ketika new wajar . Jaga kesehatanmu saat bepergian ke kota mana saja dengan asuransi kesehatan yang bisa kamu bandingkan dan usikan lewat CekAja.com.

CekAja.com ialah media pembanding terpercaya yang memberikanmu nasehat asuransi kesehatan terbaik dengan premi terjangkau.

Kami juga membantumu mengajukan kepemilikan asuransi dengan metode online yang dijamin praktis.

Miliki asuransi kesehatan sekarang, semoga kamu merasa lebih tenang saat bepergian ke luar kota di masa new wajar ini!