0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

7 Pengobatan Kayu Bajakah Untuk Kesehatan Badan Dan tips Mengonsumsinya

Manfaat kayu bajakah sekarang semakin diketahui luas oleh penduduk . Bajakah mampu dijadikan sebagai obat herbal alami yang memiliki kegunaan untuk kesehatan tubuh. Yuk, pahami manfaat kayu bajakah selengkapnya dengan membaca postingan ini!

Mengenal Kayu Bajakah

Kayu bajakah atau bajakah merupakan salah satu spesies batang menjalar yang berasal dari hutan di pedalaman Kalimantan Tengah. Hingga kini, penyebaran tanaman ini belum didapatkan di provinsi lain di Indonesia.

Ada banyak jenis kayu bajakah yang berkembang, tetapi jenis bajakah terpopuler yang biasa digunakan penduduk Kalteng yaitu bajakah tampala yang mempunyai nama ilmiah Spatholobus littoralis Hassk.

Mulanya, kayu bajakah digunakan orang-orang suku Dayak sebagai kayu herbal. Ada banyak manfaat kayu bajakah yang sudah diyakini suku Dayak sejak dahulu.

Mulai dari menyembuhkan luka, menjaga kebugaran tubuh, dan lain sebagainya.

Manfaat kayu bajakah ini diambil dengan cara meminum pribadi air sari kayu bajakah yang ada pada bagian dalam kayu terbawah atau akar kayunya.

Seiring dengan berjalannya waktu, kayu bajakah lalu semakin diketahui di masyarakat Kalimantan lainnya. Seorang nenek yang menderita kanker payudara mengklaim dirinya sembuh sehabis mengonsumsi rebusan kayu bajakah.

Kemudian menurut hasil penelitian Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sel tumor pada tikus putih hilang dalam waktu 2 ahad berkat kayu bajakah.

Pada tahun 2019, tim siswa asal SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menerima penghargaan di ajang internasional World Invention Creativity Olympic (WICO) di Seoul, Korea Selatan, untuk hasil penelitiannya tentang faedah kayu bajakah bagi kesehatan.

Di tahun yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy kemudian memberi apresiasi pada prestasi siswa tersebut.

Meskipun sudah diteliti oleh ilmuwan lokal, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI memberi imbauan bahwa faedah bajakah masih perlu diteliti lebih lanjut.

Sebab, belum ada dosis tepat untuk mengonsumsi kayu bajakah secara medis, dan cara kerja kayu bajakah belum diketahui lebih rinci.

Juga, tidak satu obat mungkin mampu menyembuhkan semua jenis kanker. Ini memiliki arti hanya jenis kanker tertentu yang mampu disembuhkan kayu bajakah.

Meskipun begitu, memang tak ada salahnya kalau kau ingin ikut mengonsumsi kayu bajakah dengan takaran yang tidak berlebihan.

Kandungan Kayu Bajakah

Lebih lanjut, terdapat beberapa senyawa baik yang terkandung di dalam kayu bajakah. Di antaranya selaku berikut:

  • Antioksidan
  • Flavonoid
  • Fenolik
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Tannin
  • Steroid
  • Fenol

(Baca Juga: 14 Manfaat Sereh Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental)

Cara Mengonsumsi Kayu Bajakah

Bagian kayu bajakah terbaik yang dimanfaatkan selaku obat herbal adalah kayu akarnya. Namun, kayu bajakah bab atas juga tetap dapat kamu gunakan kok.

Untuk menerima manfaat kayu bajakah, kamu bisa mengonsumsi kayu bajakah dengan cara meminum air rebusannya atau menjadikan kayu bajakah selaku debu teh yang mampu diseduh.

Berikut cara mengolah kayu bajakah menjadi bubuk teh obat herbal:

  • Potong kayu bajakah menjadi ukuran kecil dan agak tipis.
  • Jemur kayu bajakah yang sudah dipotong tersebut di bawah sinar matahari pribadi, pastikan kayu bajakah betul-betul mengering.
  • Hancurkan kayu bajakah yang telah dikeringkan sampai menjadi sangat halus, membentuk abu teh. Kamu bisa menggunakan tumbukan manual, atau gunakan blender.
  • Jika telah menjadi abu teh, seduh dengan air panas untuk dikonsumsi. Gunakan takaran 1 gram bubuk teh kayu bajakah dengan seduhan 500 mili liter air.
  • Aduk hingga warna air seduhan menjadi cokelat bening.
  • Minum setidaknya satu gelas seduhan teh kayu bajakah setiap hari.

Jika kamu tidak ingin repot-repot mengolah kayu bajakah sendiri di rumah, kau mampu membelinya saja.

Teh kayu bajakah ketika ini telah banyak dijual di toko obat herbal di pasar konvensional maupun pasar online seperti e-commerce.

Selain dijadikan teh, kayu bajakah juga bisa diolah menjadi salep untuk mengobati luka luar. Namun sayangnya, ketika ini produksi salep dengan ekstrak kayu bajakah masih sukar dijumpai di pasaran.

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan

Adapun beberapa manfaat kayu bajakah yang bagus untuk kesehatan badan adalah selaku berikut:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kayu bajakah mampu mengembangkan daya tahan badan. Kesehatan akan terjaga berkat kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga kamu enggak gampang sakit.

Cobalah untuk berkala mengonsumsi segelas air seduhan teh kayu bajakah setiap hari, khususnya pada pagi hari ketika kondisi perut masih kosong.

2. Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan menjadi senyawa utama yang menawarkan faedah kayu bajakah bagi kesehatan.

Radikal bebas yang mampu saja menumpuk di dalam tubuh alasannya adalah asupan kuliner yang tidak bergizi, polusi, kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, dan yang lain akan menjelma racun.

Seduhan teh kayu bajakah mampu menghalangi radikal bebas, dan mencampakkan segala racun lewat proses detoksifikasi alami.

(Baca Juga: 10 Manfaat Beras Hitam untuk Tubuh dan Wajah)

3. Mengobati Disentri

Masyarakat Kalimantan yakin bahwa kayu bajakah juga bisa menjadi obat disentri atau infeksi pada usus yang menjadikan diare.

Penyembuhan disentri pada terusan pencernaan akan lebih singkat dengan kandungan anti bakteri yang ada pada kayu bajakah.

4. Meringankan Rasa Pegal

Selain mengobati disentri, faedah kayu bajakah yang lain yang dipercaya oleh penduduk Kalimantan ialah mengendorkan rasa pegal.

Orang-orang yang gampang merasa pegal akibat pekerjaan di lapangan maupun kegiatan lain direkomendasikan meminum air rebusan atau teh kayu bajakah.

Rasa pegal akan berkurang, dan badan terasa ringan keesokan harinya.

5. Menjadi Obat Tumor dan Kanker

Manfaat kayu bajakah yang heboh di masyarakat Indonesia soal efektivitasnya dalam menyembuhkan tumor dan kanker.

Penelitian kayu bajakah yang diaplikasikan di badan tikus putih oleh Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat memang memberikan hilangnya sel tumor dalam waktu 2 minggu.

Ada juga klaim dari seorang nenek yang sembuh dari kanker payudara setelah rutin mengonsumsi sari kayu bajakah.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Luar

Kandungan senyawa flavonoid, tannin, dan fenolik juga bisa menyembuhkan luka luar lebih cepat.

Oleh hasilnya, penggunaan salep dengan ekstrak kayu bajakah maupun tetesan air rebusan kayu bajakah mampu menjadi obat luka yang efektif.

7. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan yaitu senyawa penting yang diperlukan badan dan kesehatan kulit. Asupan antoksidan yang tinggi akan menghalangi kulit keriput lebih dini, menciptakan kulit lebih kencang dan halus.

Penuaan dini pun mampu kamu hindari. Inilah faedah kayu bajakah yang bisa kau nikmati.

Jangan Hanya Jaga Asupan, Lindungi Diri dengan Asuransi Kesehatan!

Selain mengonsumsi aneka macam tanaman herbal dan melengkapinya dengan asupan masakan bergizi sebanding, jangan lupa juga untuk menjaminkan kesehatan dengan mempunyai asuransi.

Kesehatan tubuh ialah aset paling penting dalam hidup. Dapatkan layanan medis terbaik di klinik dan rumah sakit di dalam maupun luar negeri melalui kepemilikan asuransi kesehatan.

Kini, kamu bisa membandingkan aneka macam produk asuransi kesehatan dan mengajukannya secara gampang lewat CekAja.com. Kami akan memperlihatkan rekomendasi terbaik sesuai dengan profil finansialmu.

Sehingga besaran premi dijamin terjangkau dengan nilai uang pertanggungan yang menarik.

Pengajuan asuransi kesehatan di CekAja.com juga sungguh gampang. Kamu cuma perlu mengisi formulir pengajuan online, tanpa perlu repot-repot tiba ke kantor pemasokasuransi.

Tunggu apa lagi? Lindungi dirimu dan keluarga dengan asuransi kesehatan terbaik yang ada di CekAja.com!