0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

7 Kiat Mengelola Duit Untuk Single Parent

Menjadi single parent alasannya adalah perceraian atau ajal, tentu bukanlah impian setiap orang. Terutama kalau yang ditinggal yaitu pihak istri. Selain harus membesarkan anak seorang diri, hal ini pastinya juga akan berimbas pada kehidupan finansial. Nah, di situlah pentingnya kiat mengelola duit untuk single parent.

Tips Mengelola Uang untuk Single Parent

Bagi single parent, tanggung jawab untuk membesarkan, mengasuh, dan mendidik bawah umur semua berada di pundak sendiri. Tentu beda jikalau dilaksanakan berdua yang hendak terasa lebih ringan. Hal yang paling diwaspadai dalam menjalani tugas ini yaitu terputusnya pemasukan dari satu pintu. Maka itu, CekAja akan membagikan tips mengorganisir duit untuk single parent yang paling esensial. Berikut di antaranya:

1. Utamakan kebutuhan utama

Utamakan kebutuhan primer - 7 Tips Mengelola Uang untuk Single Parent Asuransi Jiwa Ciputra Life Bisa Membantu

Pertama, pastinya prioritaskan selalu kebutuhan primer keluarga inti. Seperti kebutuhan pangan sehari-hari dan ongkos sekolah anak. Di luar itu, jangan memaksakan untuk terus memenuhinya dengan kondisi finansial yang mungkin tak seperti dahulu saat masih berdua pasangan. Memang, ibu juga berhak merealisasikan keinginan eksklusif selama hal tersebut masih masuk akal dan tidak mengganggu alokasi dana kebutuhan pokok. Namun sebisa mungkin jangan terlalu sering, misalkan untuk berbelanja baju cukup tiga bulan sekali saja.

2. Jangan lupa menabung

Jangan lupa menabung - 7 Tips Mengelola Uang untuk Single Parent Asuransi Jiwa Ciputra Life Bisa Membantu

Keadaan mendesak mampu terjadi kapan saja tanpa terduga. Contohnya mirip pandemi Covid-19 kini ini. Hampir siapa pun terkena pengaruh buruknya. Bukan hanya kesehatan yang menjadi taruhan, tetapi juga pekerjaan balasan besarnya gelombang PHK. Oleh alasannya itu, single parent sebaiknya harus siaga kalau ketika-waktu kondisi ini tak terelakkan. Caranya? Tentu salah satu hal yang mampu kau rencanakan yakni rajin menabung, berapapun nominalnya. Niatkan uang tersebut untuk menjadi dana daruratmu. Sehingga dalam suasana mendesak dan sungguh diperlukan khususnya masalah yang berkaitan dengan si kecil, kamu telah mempunyai pegangan secara finansial. Adapun alokasi dana darurat yang ideal yakni 10% dari total pendapatan.

3. Cari penghasilan aksesori

Cari penghasilan tambahan - 7 Tips Mengelola Uang untuk Single Parent Asuransi Jiwa Ciputra Life Bisa Membantu

Bersyukur kalau selaku ibu, kamu telah memiliki pekerjaan tetap. Setidaknya kehidupan mampu terus berlanjut dengan patut, meskipun mesti lebih berhemat dari umumnya. Namun selaku kiat mengurus duit untuk single parent, tak ada salahnya juga untuk mengambil pekerjaan sampingan biar ada penghasilan perhiasan. Misalnya freelance job sesuai keahlianmu atau membuka online shop. Penghasilan embel-embel ini nantinya mampu kamu pakai untuk memenuhi kebutuhan lain, seperti membayar tagihan internet.

(Baca Juga: Asah Kreativitas Anak dengan Mainan Edukatif Tradisional ini, Yuk!)

4. Investasi jangka pendek dan panjang

Investasi jangka pendek dan panjang - 7 Tips Mengelola Uang untuk Single Parent Asuransi Jiwa Ciputra Life Bisa Membantu

Selanjutnya, fikirkan untuk memulai investasi jangka pendek dan jangka panjang. Hal ini bertujuan supaya kerluarga kecilmu punya jaminan selain hanya honor dari kawasan kerja di periode depan. Namun jangan gegabah ya! Sebagai pemula, alangkah baiknya kamu menentukan jenis investasi berisiko rendah. Tentu kau tidak ingin salah berinvestasi, rugi, bahkan uang yang dikeluarkan hilang percuma bukan? Nah, logam mulia mirip emas dianggap paling aman dibandingkan instrumen investasi lainnya. Selain sebab nilainya condong stabil dalam jangka waktu panjang dan gampang dicairkan, kau juga mampu mengawali investasi ini dengan budget mulai dari Rp6.000 melalui kemudahan tabungan emas.

5. Hindari utang

Hindari utang - 7 Tips Mengelola Uang untuk Single Parent Asuransi Jiwa Ciputra Life Bisa Membantu

Selain mengesampingkan harapan yang tak begitu penting, single parent juga lebih baik menyingkir dari berutang. Malah bila sekiranya masih ada utang, cepat-cepat lunasi biar tidak membebankan anak dan dirimu sendiri nantinya. Baik itu utang dari kartu kredit, metode paylater, atau bantuan lain. Pelunasan utang sebaiknya dijalankan mulai dari utang dengan bunga yang tertinggi terlebih dahulu. Jika tak mau dicicil, gunakan beberapa asetmu untuk melunasinya secara kontan.

6. Pertimbangkan memiliki asuransi

Pertimbangkan memiliki asuransi - 7 Tips Mengelola Uang untuk Single Parent Asuransi Jiwa Ciputra Life Bisa Membantu

Asuransi mirip menabung dana darurat, tetapi lebih spesifik kemana tujuannya. Sayangnya masih banyak orang menganggap premi yang dikenakan terlalu mahal. Padahal manfaatnya secara finansial di kemudian hari amatlah besar. Lagipula, kamu bisa menyesuaikan kantong dengan pilihan premi yang bermacam-macam. Nah, asuransi yang paling recommended dikala harus menjadi single parent ialah asuransi jiwa dan pendidikan. Dengan memiliki asuransi jiwa contohnya, kelak ada dana yang bisa digunakan bagi pengganti dirimu bila sebuah hari kondisi finansial terancam alasannya adalah PHK, cacat fisik, atau bahkan kematian. Sementara asuransi pendidikan nantinya mampu menanggung ongkos sekolah anak sampai perguruan tinggi tinggi.

7. Siapkan waris

Sebagai single parent, penting untuk mempertimbangkan apapun secara jangka panjang. Termasuk kemungkinan terburuk kalau sampai terjadi sesuatu denganmu. Selain mengatur keuangan, rencanakan juga tentang waris atau kekayaan untuk anak dari sekarang. Terlebih lagi kalau kau mempunyai anak yang masih dibawah 17 tahun. Oleh alasannya adalah itu, bahas dengan notaris dan perencana keuangan untuk mengamankan waris dan distribusikan harta ke anak.

Seperti itulah tips mengelola uang untuk single parent. Meskipun ujian yang dihadapi begitu berat, mau tak inginhidup tetap mesti dilanjutkan demi si kecil. Perkuat juga pondasi finansialmu dengan mempunyai asuransi jiwa dari Ciputra Life, supaya periode depan keluarga niscaya terjamin melalui aneka macam manfaatnya. Apply kini juga di CekAja.com ya!