0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

7 Kiat Berdiri Pagi Saat Wfh Untuk Mempertahankan Produktivitas

Meskipun terdengar sepele, tetapi tampaknya tips bangkit pagi saat WFH memang perlu dimengerti oleh para pekerja, terutama yang mempunyai kesusahan untuk bangkit pagi.

Tak dapat dibantah bahwa bekerja di rumah dan melakukan pekerjaan di kantor memang mempunyai suasana yang berlawanan.

Apabila di kantor kau akan berhadapan dengan suasana profesional, maka berlawanan dengan di rumah yang condong lebih fleksibel.

Kamu bisa bekerja sambil ngopi, makan makanan ringan, tanpa adanya acara tetap untuk beristirahat, alias kau mampu beristirahat kapanpun sesuai yang kamu inginkan.

(Baca Juga: Tips Tetap Produktif Selama WFH)

Akan tetapi, melakukan pekerjaan dari rumah nyatanya tak selalu mengasyikkan. Sebab, kau mungkin akan lebih sering menghadapi hambatan, utamanya menyangkut produktivitas dalam melakukan pekerjaan .

Nah, salah satunya yakni kesulitan dalam bangun pagi. Padahal, bangkit pagi itu sendiri ialah kunci utama dalam mempertahankan produktivitas bekerja lho.

Tanpa berpanjang kata, di dalam peluang kali ini kita akan membahas wacana beberapa kiat bangkit pagi dikala WFH yang mungkin mampu kau praktekkan di rumah. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama-sama tentang pembahasan kali ini.

Tips Bangun Pagi ketika WFH

Perlu diketahui bahwa ternyata, kiat bangun pagi dikala WFH tidak sesulit yang kita bayangkan lho, bahkan cenderung sungguh sederhana.

Dilansir dari aneka macam sumber, berikut beberapa kiat yang bisa kamu kerjakan untuk bangkit pagi ketika WFH guna menjaga produktivitas, yakni yakni:

1. Mendapatkan Tidur yang Cukup di Malam Hari

Tips berdiri pagi saat WFH yang pertama ialah, dengan mendapatkan tidur yang cukup di malam sebelumnya, alias sebisa mungkin menghindari begadang.

Ketika telah waktunya tidur, usahakan untuk tidak memainkan ponsel yang menciptakan kamu tetap terjaga sepanjang malam, sehingga kesiangan pula pada keesokan harinya.

Perlu dikenali bahwa semakin banyak kamu menerima tidur, maka akan makin pagi juga kamu akan pagi.

Makara, walaupun begadang ialah godaan terberat yang kamu hadapi selama WFH, ada baiknya jika kau justru menghindarinya, guna mempertahankan produktivitas dari WFH itu sendiri.

2. Mengatur Alarm

Semua orang pasti sudah tahu bahwa mengendalikan alarm merupakan kunci utama di dalam tips bangkit pagi dikala WFH yang tak boleh dilupakan.

Karena, hal ini bisa membantu kau dalam mengembalikan ritme bekerja sekaligus mempertahankan produktivitas.

Apabila umumnya kamu memasang alarm untuk kebutuhan bangun pagi agar tidak sudah ke kantor, maka bekerja dari rumah pun juga tetap harus dilakukan.

Hanya saja yang membedakan ialah, kau bisa mengendalikan alarm sedikit lebih telat dari biasanya, alasannya kamu tidak perlu membutuhkan waktu untuk berangkat ke kantor.

Sebagai teladan, apabila sebelumnya kamu menertibkan alarm pada pukul 07.00 pagi sebab memperhitungkan jarak tempuh ke kantor yang dibarengi dengan kemacetan, maka saat WFH kau mampu mengendalikan alarm jam 08.00 atau di 08.30 dengan memperhitungkan jam masuk kantor pada pukul 09.00.

Sehingga waktu tersebut mampu kau manfaatkan untuk mandi supaya badan terasa lebih segar dan sarapan.

Agar lebih efektif, kau juga mampu lho menertibkan dua alarm sekaligus. Misalkan, alarm pertama berfungsi untuk membangunkan kau, dan alarm kedua yang bisa menawarkan kode biar kau harus secepatnya berdiri dari tempat tidur.

3. Membuat Jadwal Sedetail Mungkin

Tips bangun pagi saat WFH berikutnya ialah dengan menciptakan acara yang rincian menyangkut rutinitas kau di pagi hari. Sehingga, kau juga akan kian gampang dalam memanage waktu dengan baik.

Cobalah untuk menulis agenda di lokasi yang paling sering kau lewati, yang memungkinkan kau untuk melihatnya saban hari, setiap ketika. Nah, beberapa rutinitas pagi yang bisa kau tulis misalkan seperti:

  • Mematikan alarm kedua selama 1 menit
  • Pergi ke dapur dan minum segelas air selama 1 menit
  • Mandi atau hanya sekadar gosok gigi dan berkumur
  • Kenakan wewangian
  • Menata rambut selama 1 menit
  • Menuju meja kerja dan mulai bekerja
  • Dll

Dengan menciptakan agenda rutinitas mirip itu, tanpa disadari kau akan merasa termotivasi untuk patuh kepada acara, sehingga WFH menjadi lebih produktif.

4. Jangan Minum Kopi dan Alkohol Secara Berlebih

Tips berdiri pagi ketika WFH selanjutnya adalah untuk tidak meminum kopi atau alkohol secara berlebihan. Karena, hal tersebut justru bisa menciptakan kau kesulitan tidur di malam harinya.

Dilansir dari Glints yang mengutip dari Klikdokter, alkohol dan kopi yang dikonsumsi secara berlebihan mampu mengusik fungsi badan, utamanya dalam hal mengatur fase bangun dan tidur.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak berlebih dalam memakan kopi dan alkohol, khususnya sebelum waktunya tidur.

5. Menjauh dari Barang Elektronik

Meskipun terdengar sepele, tetapi nyatanya barang elektronika memberikan efek yang cukup besar terhadap mutu tidur kita di malam hari dan menjadi salah satu tips berdiri pagi dikala WFH yang tak boleh dilewatkan.

Dilansir dari tirto.id yang mengutip dari riset yang dilaksanakan oleh Griffith University and Murdoch University, mengungkapkan bahwa menggunakan barang elektronik bisa memperlihatkan imbas jelek pada mutu serta kuantitas tidur seseorang.

Padahal, kurangnya tidur justru bisa membuat seseorang menjadi kurang produktif dalam menjalankan rutinitas mereka keesokan harinya, bahkan mampu berdampak pada kesehatan jangka panjang.

Oleh sebab itu, ada baiknya jikalau kamu menyingkir dari penggunaan barang elektronika, seperti ponsel, laptop, atau televisi, sebelum tidur.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Tips berdiri pagi ketika WFH berikutnya yaitu dengan tak lupa memakan kuliner sehat dengan kandungan gizi yang sepadan, mirip protein, karbohidrat, lemak baik, serat, mineral, dan vitamin.

Perlu diketahui bahwa terdapat sejumlah masakan yang bisa menghipnotis kualitas tidur. Dilansir dari tirto.id, makanan yang mengandung triptofan dan melanin merupakan berbagai macam kuliner yang bagus dimakan untuk menciptakan waktu tidur menjadi lebih baik.

Beberapa diantaranya seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu yang mampu kau konsumsi sebelum tidur.

Selain itu, berbagai macam kuliner mirip daging, keju bau tanah, dan bayam, justru yang perlu dihindari pada malam hari karena makanan ini mengandung tyramine dan asam amino esensial yang ialah prekursor adrenalin, adalah hormon yang bisa meningkatkan kesadaran serta menciptakan kamu tersadar sepanjang malam.

7. Menggunakan Aromaterapi

Nah, tips bangun pagi ketika WFH yang terakhir yaitu dengan memakai aromaterapi. Sebab, mencium aroma terapi ini mampu berfungsi dalam menstimulasi kepekaan serta memajukan kewaspadaan.

Beberapa aroma seperti lavender atau vanilla bisa dijadikan selaku opsi. Cobalah untuk merencanakan roll on atau diffuser kecil yang imut di kamar untuk membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

Jadi, itulah beberapa tips berdiri pagi dikala WFH yang bisa kau terapkan untuk mempertahankan produktivitas melakukan pekerjaan selama WFH.

Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah memang tergolong lebih berat dibandingkan di kantor. Akan tetapi, hal seperti ini tetap perlu disyukuri alasannya di luar sana, masih banyak orang yang harus lebih berjuang untuk bisa menerima sesuap nasi di tengah pandemi seperti saat ini.

Oleh sebab itu, tetap menjaga produktivitas selama bekerja di rumah tetap perlu dikerjakan, selaku bentuk apresiasi kita terhadap perusahaan yang masih memperlihatkan gaji di kondisi susah.

(Baca Juga: Lagu Spotify Terbaik untuk WFH)

Agar menerapkan kiat berdiri pagi saat WFH bisa berjalan dengan lancar, kau mampu lho memulainya dengan membeli jam weker yang bisa menolong kau untuk bangun pagi selama WFH.

Agar lebih hemat, jangan lupa juga untuk menjadikan kartu kredit selaku metode pembayarannya.

Sebab, kartu kredit sering kali memberikan aneka macam promo dan potongan harga menggiurkan yang menciptakan pengeluaran kau menjadi lebih irit, termasuk untuk membeli jam weker.

Belum memiliki kartu kredit? Janganlah khawatir, segera usikan saja di CekAja.com! Selain kau mampu melaksanakan perbandingan ihwal jenis-jenis kartu kredit yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, seluruh pengajuan juga mampu dijalankan sepenuhnya secara online lho.

Makara, kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah. Yuk, segera terapkan kiat berdiri pagi ketika WFH bersama jam weker yang kau beli dari kartu kredit yang kau ejekan melalui Cekaja.com.