0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

7 Faedah Daun Seledri Beserta tips Seru Mengolahnya

Mungkin masih banyak orang yang berasumsi bahwa manfaat daun seledri hanyalah sebatas penyedap rasa untuk berbagai jenis kuliner saja. Padahal, kalau kita telisik lebih dalam lagi, daun satu ini justru mempunyai segudang manfaat tak tertandingi lho, khususnya bagi kesehatan.

Manfaat daun seledri

Daun seledri itu sendiri merupakan salah satu sayuran dengan kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah. Oleh alasannya adalah itu, sayuran yang berasal dari keluarga Apiaceae ini sering kali disantap bagi orang-orang yang tengah menjalani pembatasan makanan ataupun yang berencana untuk menurunkan berat tubuh.

Di Indonesia, seledri sungguh gampang didapatkan dan bahkan sudah tidak ajaib lagi dipakai untuk bumbu dapur. Namun yang mungkin masih banyak belum dimengerti oleh banyak orang bahwa nyatanya daun seledri juga berisikan sekitar 95 persen air yang diikuti dengan kandungan serat yang tinggi sehingga membuatnya sungguh mudah dicerna dan baik untuk kelangsungan pencernaan.

Maka dari itu, daun yang juga kaya dengan fitonutrien yang bersifat anti-inflamasi ini kadang kala dimanfaatkan selaku cara alami dalam mengobati aneka macam jenis penyakit. Penasaran apa saja manfaat daun seledri bagi kesehatan? Di dalam kesempatan kali ini kita akan membicarakan tentang banyak sekali manfaat daun seledri sekaligus bermacam-macam cara mengolah daun seledri yang yummy dan lezat. Yuk disimak gotong royong.

Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan

Dilansir dari banyak sekali sumber, terdapat beberapa faedah daun seledri yang mampu kau dapatkan kalau mengkonsumsinya, diantaranya yakni:

1. Mencegah Penyakit Kanker

Mencegah Penyakit Kanker - 7 Manfaat Daun Seledri Beserta Cara Seru Mengolahnya

Kanker yang diketahui sebagai salah satu penyakit paling mematikan ini nyatanya mampu kita cegah hanya dengan mengkonsumsi daun seledri saja lho. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam seledri nyatanya mampu menjaga organ serta menghalangi kerusakan sel tubuh yang menjadi pemicu kanker.

(Baca Juga: Jus Organik Kaya Antioksidan untuk Penderita Kanker)

Oleh akibatnya, daun seledri dikenal mampu menghalangi perkembangan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh sehingga acap kali dimanfaatkan selaku obat anti-kanker. Selain itu, sayuran ini juga mengandung flavonoid yang disebut luteolin yang bisa membuat sel kanker lebih rentan kepada serangan materi kimia yang digunakan dalam terapi.

Tak hanya itu, kandungan polyacetylenes juga biasa digunakan sebagai adonan obat chemoprotective atau obat pencegah efek samping kemoterapi. Kandungan satu ini turut dimengerti mampu membasmi racun serta menghalangi pembentukan sel kanker, utamanya di area usus, payudara, dan leukimia.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurunkan Kadar Kolesterol - 7 Manfaat Daun Seledri Beserta Cara Seru Mengolahnya

Manfaat daun seledri yang kedua yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol. Seledri mengandung suatu unsur unik yang disebut 3-n-butylphthalide (BuPh) yang berfungsi selaku penurun kadar lemak serta pengontrol kesehatan jantung.

Sehingga, menyantap daun seledri secara berkala mampu menurunkan lipoprotein, jumlah kolesterol, serta konsentrat triglyceride dalam badan.

3. Meringankan Nyeri Sendi

Meringankan Nyeri Sendi - 7 Manfaat Daun Seledri Beserta Cara Seru Mengolahnya

Sifat anti-inflamasi yang terdapat di dalam daun seledri mampu membantu meringankan gejala radang sendi, rematik, sampai asam urat. Oleh sebab itu, menyantap daun seledri secara rutin mampu menghemat intensitas dan lamanya rasa nyeri pada tubuh.

Selain itu, 25 senyawa anti-radang yang terdapat di sayuran satu ini juga bisa melindungi badan dari peradangan lho. Sehingga, menyantap daun seledri juga sekaligus dapat meminimalkan risiko peradangan kronis yang dikaitkan dengan aneka macam jenis penyakit, mirip radang sendi dan osteoporosis.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga Kesehatan Ginjal - 7 Manfaat Daun Seledri Beserta Cara Seru Mengolahnya

Manfaat daun seledri selanjutnya yakni untuk mempertahankan kesehatan ginjal. Kandungan vitamin C, B, A dan zat besi yang sungguh tinggi di dalam seledri mampu berfungsi untuk membersihkan hati secara alami sekaligus melindungi kesehatan ginjal.

Hati dan ginjal ialah organ yang sungguh penting, sehingga mengkonsumsi seledri secara rutin dapat melindungi kedua organ tersebut dari aneka macam penyakit serta membersihkan racun yang ada di dalam badan.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah - 7 Manfaat Daun Seledri Beserta Cara Seru Mengolahnya

Tekanan darah tinggi ialah salah satu penyebab timbulnya penyakit jantung koroner, dan salah satu faedah daun seledri yakni untuk menolong dalam menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi. Maka dari itu, jikalau kau ingin mengobati dan mencegah tekanan darah tinggi, konsumsilah daun seledri secara rutin.

Ekstrak biji seledri terbukti berguna selaku anti-hipertensi yang dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus menurunkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung. Kandungan kalium yang terdapat di dalam daun seledri mampu menolong menurunkan kadar lemak jahat yang ada di dalam darah.

6. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan - 7 Manfaat Daun Seledri Beserta Cara Seru Mengolahnya

Daun seledri mempunyai kandungan kalori yang sangat minim dan serat yang tinggi. Oleh sebab itu, sayuran satu ini sangat bagus dikonsumsi untuk kamu yang tengah berdiet dan ingin menurunkan berat tubuh. Tak cuma itu, sayuran satu ini juga memiliki kesanggupan untuk menjadi cadangan nutrisi bagi tubuh serta mengorganisir metabolisme lemak badan.

Mengkonsumsi daun seledri diandalkan menolong seseorang untuk merasa kenyang lebih lama. Menariknya, daun seledri juga diketahui kaya akan nutrisi dan kandungannya yang beragam, seperti antioksidan, elektrolit, vitamin, serta mineral.

7. Mencegah Infeksi

Mencegah Infeksi - 7 Manfaat Daun Seledri Beserta Cara Seru Mengolahnya

Manfaat daun seledri berikutnya yaitu untuk mencegah terjadinya jerawat pada luka. Menurut observasi, dimengerti bahwa biji dari tumbuhan seledri mempunyai antimikroba yang pastinya sangat berfaedah bagi tubuh.

Bahkan, telah dipakai berabad-periode lamanya bahwa biji dari tumbuhan seledri mampu dimanfaatkan sebagai obat herbal dengan kandungan antibakteri yang mampu menangkal terjadinya bisul pada luka. Dengan begitu, kamu sudah tidak memerlukan obat luka lagi, kan?

Cara Seru Mengolah Daun Seledri untuk Dikonsumsi

Nah, sehabis mengetahui ihwal beberapa manfaat daun seledri bagi kesehatan, maka mungkin kau juga ingin mengenali wacana berbagai cara seru dalam mengolah daun seledri menjadi menu yang lebih lezat dan nikmat.

Daun seledri itu sendiri bantu-membantu mempunyai rasa yang nyaris mendekati cuek. Mungkin dikarenakan kandungannya yang mencapai kurang lebih 95 persen air. Meski begitu, daun seledri memang dikenal mempunyai segudang manfaat yang sangat baik bagi badan. Maka dari itu, tentu saja diantara kau ada yang ingin mengenali perihal cara mengolah sayuran satu ini agar memiliki rasa yang lebih enak dan nikmat.

Lalu, bagaimana sih caranya? Dilansir dari aneka macam sumber, berikut beberapa cara seru untuk mengolah daun seledri, yaitu yakni:

  • Smoothies

Kamu mungkin bisa lebih jauh menikmati faedah daun seledri jika sayuran satu ini justru dimasak selaku smoothies yang enak tanpa mesti mengurangi gizinya. Cara menjadikannya sangatlah mudah.

Kamu mampu rasa elok pada smoothies dengan cara mencampurkannya dengan berbagai buah-buahan mirip kiwi, nanas, dan timus. Kemudian, jangan lupa juga untuk menggunakan batang seledri yang besar. Blender semua bahan menjadi satu dan smoothies seledri yang yummy nan bergizi siap untuk disantap.

Jika memungkinkan, sebisa mungkin hindari penggunaan gula atau aksesori lainnya agar seledri juga mampu diminum selaku salah satu sajian pembatasan makanan . Perlu diketahui bahwa penggunaan gula bisa meminimalisir manfaat daun seledri alasannya mengandung zat-zat yang tidak baik bagi tubuh, salah satunya ialah glukosa 6-fosfat yang mampu menimbulkan pergeseran otot jantung yang berujung pada penyakit gagal jantung.

Tak cuma itu, memakan gula berlebih juga mampu menimbulkan bertambahnya lemak pada perut yang mampu meningkatkan penyakit jantung serta diabetes. Makara, supaya lebih kondusif gunakanlah suplemen alami yang berasal dari buah-buahan supaya tidak meminimalkan faedah daun seledri yang bagus.

  • Keripik Seledri

Mungkin sudah banyak diantara kau yang familiar dengan camilan keripik bayam. Namun ternyata, daun seledri juga bisa dijadikan selaku keripik yang enak lho. Bagi kau yang gemar ngemil namun tetap ingin menurunkan berat badan, olahan satu ini mampu dicoba. Pembuatannya juga sangat mudah.

Kamu cuma perlu membalur daun seledri dengan campuran tepung dan gorenglah hingga kering. Tetapi, perlu dikenali bahwa penggunaan tepung dan minyak goreng berlebih sangatlah tidak sehat bagi badan. Karena, makanan yang yang dibuat dari tepung sejatinya dapat memicu penyakit diabetes, begitu juga dengan minyak.

(Baca Juga: Bumbu Dapur untuk Mengecilkan Perut)

Oleh alasannya adalah itu, selaku penggantinya kamu mampu memakai tepung gluten free mirip tepung almond, tepung jagung, dan tepung kelapa. Sementara itu, untuk pengganti minyak goreng kamu juga bisa memakai mentega, minyak kelapa, minyak safflower, minyak zaitun, dan minyak biji bunga matahari.

  • Sop Ayam Seledri

Selanjutnya, kau bisa mengolah seledri sebagai adonan ke dalam menu sop ayam. Tak cuma seledri saja, kau juga bisa turut mencampuri hidangan dengan aneka macam jenis sayuran yang lain untuk memperkaya gizi dan nutrisi, seperti wortel dan kentang. Cara membuatnya sangatlah mudah dan tidak membutuhkan banyak bumbu di dalamnya lho.

Dalam membuat sajian, kamu mampu menggunakan seledri sebagai taburan di atas sop yang telah matang, sehingga seledri masih memiliki tekstur yang renyah, tidak terlalu lembek, dan faedah daun seledri itu sendiri masih mampu kamu dapatkan secara maksimal.

  • Salad

Terakhir, olahan yang mampu membuat faedah daun seledri tidak menyusut yakni dengan dijadikan selaku gabungan dalam salad. Bagi yang sedang menjalankan pembatasan makanan ataupun yang bermaksud untuk menurunkan berat badan, salad terkadang dijadikan selaku menu utama alasannya adalah selain dipenuhi oleh nutrisi dan gizi yang bersumber dari buah maupun sayuran yang dipakai sebagai bahan utama, salad juga tidak membutuhkan banyak bumbu.

Nah, sebab daun seledri yang hampir tidak mempunyai rasa, maka sayuran satu ini juga cocok untuk dimasukan selaku komplemen untuk berbagai jenis salad. Kamu bisa memasukkannya ke dalam salad buah yang berisikan pecahan apel dan buah pir ataupun salad sayur yang diikuti dengan toping untuk memperbesar kelezatan, seperti minyak zaitun dan keju parmesan.

Lindungi Diri dari Berbagai Penyakit dengan Asuransi Kesehatan

Banyak yang berasumsi bahwa sehat itu memang membutuhkan biaya yang mahal. Tidak hanya mengenai pengobatan dan ongkos rumah sakit, melainkan juga untuk mengkonsumsi makanan sehat itu sendiri. Padahal, kunci utama supaya badan tetap sehat ialah dengan merubah gaya hidup dan pola makan.

Oleh karena itu, salah satu solusi yang mampu kau kerjakan untuk menangkal hadirnya penyakit balasan biaya pengobatan yang mahal adalah dengan mempunyai asuransi kesehatan. Perlu diketahui bahwa asuransi kesehatan tidak bisa menyembuhkan penyakit yang kau derita. Hanya saja, asuransi satu ini mampu memberikanmu dispensasi perihal biaya bila sebuah dikala nanti kamu perlukan untuk bisa pengobatan.

Oleh alasannya itu, asuransi kesehatan mampu menunjukkan rasa aman dan nyaman, khususnya dalam hal finansial, sehingga kamu tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Makara, tak hanya sebatas menjalani contoh hidup sehat, mempunyai asuransi kesehatan juga tak boleh terlupakan.

Saat ini telah banyak sekali perusahaan-perusahaan asuransi yang menyediakan program asuransi kesehatan yang beragam. Nah, bila kamu bingung dalam menentukan, jangan khawatir! Karena hanya di CekAja.com kau mampu membandingkan sekaligus mengajukan asuransi kesehatan secara bersamaan.

Pilihlah asuransi kesehatan yang sesuai dengan keperluan dan kemampuan, dan ajukanlah langsung tanpa perlu keluar rumah alasannya adalah seluruh proses mampu dilaksanakan secara online sepenuhnya. Yuk secepatnya usikan asuransi kesehatanmu cuma di CekAja.com.