0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

6 Tips Mempertahankan Kesehatan Di Kantor Ketika New Wajar

Sudah siap menyambut pola hidup baru dan mulai menjalani acara mirip sedia kurun? Maka kiat menjaga kesehatan di kantor ketika new normal tampaknya akan sungguh dibutuhkan.

tips menjaga kesehatan di kantor saat new normal

Setelah menjalani karantina berdikari selama kurang lebih 3 bulan, karenanya pemerintah mulai bersiap untuk membuka kembali sentra perputaran ekonomi dan menghimbau masyarakat untuk mengikuti keadaan dengan gaya hidup baru yang dinamakan selaku ‘New Normal’ hingga batas waktu yang belum mampu diputuskan.

Di dalam kondisi ini, penduduk mampu menjalani kegiatan rutin seperti biasa, cuma saja dengan menjalani protokol kesehatan sekaligus pembatasan sosial. Makara, walaupun kau telah bisa ke luar rumah, bukan memiliki arti kau bisa bebas beraktivitas mirip dulu. Kamu juga mesti tetap waspada serta melindungi diri dari infeksi virus corona Covid-19 yang belum tampaktitik terangnya.

Oleh alasannya itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membicarakan ihwal tips menjaga kesehatan di kantor saat new wajar . Yuk disimak bahu-membahu.

Apa itu New Normal?

Dilansir dari tirto.id, new wajar merupakan skenario dari pemerintah untuk mempercepat penanganan virus corona Covid-19, baik itu dalam hal kesehatan maupun sosial-ekonomi. Pemerintah Indonesia itu sendiri sudah memberitahukan rencana untuk mengimplementasi skenario new normal dengan menimbang-nimbang studi epidemiologis serta kesiapan dari masing-masing daerah.

Dalam arti, tidak semua tempat di Indonesia dapat menerapkan new wajar ini. Menurut Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, kawasan dapat menerapkan new normal apabila angka R-naught di kawasan yang terpapar di bawah 1.

(Baca Juga: Juni Ngantor Lagi, Simak Panduan New Normal untuk Pekerja)

Selain itu, kawasan yang ingin menerapkan new normal juga harus menyanggupi beberapa patokan apalagi dulu, adalah adanya penurunan kurva, baik itu untuk pasien nyata, pasien meninggal dunia, pasien dalam pengawasan (PDP), maupun orang dalam pemantauan (ODP).

Kemudian, syarat berikutnya yaitu dukungan fasilitas dan prasarana untuk menunjang tatanan kenormalan gres. Dan syarat terakhir yang perlu dipenuhi ialah sumber daya insan (SDM) yang mumpuni, mirip dokter, perawatan, dan seluruh stakeholder yang ada.

Protokol Kesehatan yang Harus Dilakukan Saat New Normal

New normal starterpack

Dilansir dari kompas.com, terdapat beberapa protokol kesehatan yang mesti ditaati oleh seluruh lapisan masyarakat selama menjalani new norma, yakni:

  • Usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan air mengalir sesudah menyentuh aneka macam permukaan.
  • Hindari menyentuh paras , utamanya mata, hidung, dan ekspresi kalau kondisi tangan belum higienis.
  • Menerapkan adab batuk dan bersin di kawasan biasa , seperti menutup hidung dan mulut menggunakan lengan atas bagian dalam. Selain itu, kau juga bisa memakai tisu untuk menutupnya dan pribadi buanglah ke tempat sampah.
  • Selalu menggunakan masker dimanapun dan kapanpun. Apabila kamu memakai masker medis, maka gunakanlah hanya sebanyak satu kali dan langsung menggantinya dengan yang gres untuk keesokan harinya. Jangan lupa untuk langsung membuang masker yang sudah terpakai ke kawasan sampah.
  • Menjaga jarak sosial sekurang-kurangnya1 meter dan hindari berkunjung ke daerah yang mengundang massa untuk meminimalisir kontak fisik dengan orang lain, seperti ke konser, bazar, dan lain-lain.
  • Isolasi berdikari secara sukarela kalau merasa tidak sehat, mirip mempunyai beberapa gejala sakit, ialah demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan atau sesak napas.
  • Selalu mempertahankan kesehatan fisik. Ketika tidak mempunyai acara di luar rumah, kamu mampu menyediakan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari selama beberapa menit, melaksanakan olahraga ringan, dan senantiasa mengkonsumsi masakan bergizi untuk mengembangkan sistem kekebalan badan.

Tips Menjaga Kesehatan di Kantor Saat New Normal

1. Olahraga Bersama Rekan Kerja dan Berjemur Saat Jam Istirahat

Olahraga bersama rekan kerja

Tips mempertahankan kesehatan di kantor ketika new wajar yang pertama yaitu dengan berolahraga bareng rekan kerja dan luangkan waktu untuk berjemur pada ketika jam istirahat. Pada bagian II Keputusan Menkes disebutkan bahwa administrasi perusahaan diimbau untuk mulai mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui Pola Hidup Sehat dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di daerah kerja.

Imbauan satu ini terang bermaksud untuk tetap menjamin kebersihan kantor serta kesehatan para karyawan. Nah, teladan hidup sehat yang mampu diterapkan adalah dengan melaksanakan olahraga bersama sebelum melakukan pekerjaan , mempertahankan jarak aman antar karyawan, dan memberlakukan hukum berjemur ketika jam istirahat untuk seluruh karyawan yang tengah bekerja di kantor.

2. Hindari Menggunakan Alat Pribadi Secara Bersama-sama

Barang pribadi

Tips mempertahankan kesehatan di kantor ketika new normal berikutnya yakni dengan tidak menggunakan barang eksklusif secara bantu-membantu, seperti perlengkapan sholat dan alat makan. Selain itu, karyawan juga disarankan untuk senantiasa mengkonsumsi masakan dengan gizi sepadan guna menjaga imunitas tubuh.

Kemudian untuk karyawan yang sedang batuk, diperlukan pula untuk mulai menerapkan adat batuk dengan cara menutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bab dalam ataupun memakai tissue.

Tetapi, jikalau memakai tissue segeralah buang tissue tersebut ke tempat sampah setelah dipakai.

3. Atur Jarak Tempat Duduk

Atur jarak tempat duduk

Manajemen perusahaan diharapkan untuk mengontrol meja dan daerah duduk antar karyawan setidaknya 1 meter. Pengaturan posisi meja dan bangku ini juga perlu diterapkan di kantin supaya mampu membuat budaya physical distancing antar karyawan.

4. Menjaga Jarak di Lift dan Tangga

Menjaga Jarak di Lift dan Tangga

Apabila kamu melakukan pekerjaan di gedung bertingkat yang mewajibkan untuk memakai lift ataupun tangga, usahakanlah untuk tidak berkontak fisik. Saat ini, telah banyak pengelola gedung yang menghalangi jumlah orang yang masuk ke dalam lift serta membuat penanda pada lantai lift untuk mengatur posisi orang, ialah dengan posisi saling membelakangi dan saling menjaga jarak.

Sementara itu kalau memakai tangga, maka baik itu tangga naik maupun tangga turun sudah mulai dibagi jalur, sehingga orang yang ingin menggunakan tangga tidak akan saling berpapasan.

5. Selalu Menggunakan Masker dikala Bekerja

Menggunakan Masker saat Bekerja

Tips mempertahankan kesehatan di kantor saat new wajar yang sangat direkomendasikan adalah untuk selalu memakai masker dikala sedang berada di luar rumah, tergolong pada ketika melakukan pekerjaan . Karena, masker itu sendiri pasalnya dapat menjadi salah satu cara menghalangi penularan virus corona antar karyawan. Gunakanlah masker dikala baru mau ke luar rumah hingga pulang kembali masuk ke rumah.

 6. Pastikan Bahwa Area Meja Kerja Selalu Bersih

meja kerja bersih

Memastikan area meja kerja selalu dalam kondisi bersih juga merupakan tips menjaga kesehatan di kantor ketika new wajar yang penting untuk dilaksanakan sekaligus salah satu bentuk dari pencegahan penularan virus. Setiap datang di kantor, bersihkanlah permukaan meja beserta barang-barang yang ada di atasnya, mirip keyboard komputer, telepon, dan lain-lain memakai cairan desinfektan.

Virus dapat menular melalui cipratan air liur yang sering dikeluarkan pada dikala batuk dan bersin dan melekat pada permukaan benda tanpa kita sadari dan tersentuh oleh orang lain. Maka dari itu, penggunaan desinfektan penting untuk dijalankan guna meminimalkan risiko penularan virus ini.

(Baca Juga: Pilihan Asuransi Terbaik dikala New Normal, Agar Tetap Sehat Secara Finansial)

Jadi, apakah kamu telah siap kembali ke kantor dan menghadapi pola hidup baru yang disebut sebagai new wajar ? Nah, selain menerapkan kiat mempertahankan kesehatan di kantor ketika new wajar , kau juga perlu lho melindungi diri dengan mempunyai asuransi kesehatan. Yuk, secepatnya usikan asuransi kesehatanmu di CekAja.com.