0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

6 Penyebab Karang Gigi Beserta Bahayanya Bagi Kesehatan

Penyebab karang gigi tampaknya perlu diketahui oleh siapa pun. Sebab, karang gigi adalah salah satu duduk perkara kesehatan, yang dinilai sangat umum dialami oleh masyarakat, tetapi paling sering disepelekan. Padahal, apabila didiamkan terlalu lama dan tidak segera dikerjakan, justru dapat menyebabkan persoalan kesehatan, yang lebih serius lagi.

Penyebab Karang Gigi

Apa itu Karang Gigi?

Dilansir dari situs Alodokter, karang gigi ialah sebuah kondisi dimana terdapat lapisan berupa kotoran, yang terletak pada gigi dan susah untuk dihilangkan, meskipun sudah dibersihkan memakai sikat gigi sekalipun.

Adanya karang gigi, disebabkan oleh plak yang mengeras serta tidak mendapatkan penanganan. Bagi yang belum tahu, plak merupakan lapisan licin dan tipis pada gigi, yang biasanya terbentuk akibat sisa kuliner yang tertinggal di sela-sela gigi.

(Baca Juga: 7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami)

Untuk saat ini, penanganan karang gigi cuma mampu dijalankan oleh dokter gigi saja. Meskipun tidak menyebabkan tanda-tanda yang bermakna, namun perlu dikenali bahwa, karang gigi yang tidak segera dikerjakan mampu mengakibatkan hadirnya aneka macam kondisi kesehatan lainnya, seperti gingivitis atau radang gigi.

Oleh alasannya adalah itu, penyebab karang gigi penting untuk kau pahami, untuk mengurangi risiko persoalan lainnya, yang berkemungkinan untuk terjadi.

Penyebab Karang Gigi

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa penyebab karang gigi yang perlu diketahui, adalah diantaranya adalah:

1. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Berkarbohidrat Tinggi - 6 Penyebab Karang Gigi Beserta Bahayanya Bagi Kesegatan

Penyebab karang gigi yang pertama adalah alasannya adalah terlalu banyak memakan masakan, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, mirip soda, kuliner elok, dan biskuit. Sebab, kuliner tersebut mengandung zat yang disukai oleh mikroorganisme di mulut.

Sehingga, bila sisa kuliner dengan kandungan karbohidrat tinggi tidak segera dibersihkan, maka akan menjadi kawasan yang tenteram untuk berkembangbiaknya kuman.

Selain itu, sebagian besar masakan anggun mempunyai tekstur lengket, sehingga sungguh gampang tertinggal di sela-sela gigi. Akibatnya, hal ini menciptakan makanan elok, menjadi salah satu sumber makanan bagi kuman perusak gigi.

Kemudian, kuman tersebut akan menciptakan zat asam, yang dapat merusak enamel gigi dan berubah menjadi karang gigi.

2. Kurang Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Kurang Mengkonsumsi Buah dan Sayur - 6 Penyebab Karang Gigi Beserta Bahayanya Bagi Kesehatan

Penyebab karang gigi selanjutnya yaitu, sebab kurangnya mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur, mengandung mineral dan vitamin yang sungguh diperlukan oleh gigi.

Tak cuma itu, menggigit dan mengunyah kedua masakan ini secara terorganisir, bahkan juga mampu menolong dalam membersihkan gigi secara terorganisir lho.

Maka dari itu, jika kamu tidak mau mempunyai karang gigi, yuk mulai mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin.

3. Merokok

Merokok - 6 Penyebab Karang Gigi Beserta Bahayanya Bagi Kesehatan

Nyatanya, merokok memang ialah suatu kebiasaan tidak baik, yang mesti secepatnya dihilangkan. Tak hanya menciptakan gigi menjadi kuning, merokok ternyata juga merupakan salah satu penyebab karang gigi.

Sehingga, kebiasaan merokok mampu membuat karang gigi menjadi makin menumpuk. Hal ini disebabkan, sebab rokok memiliki zat kimia berbahaya, yang tak hanya mampu membuat seseorang menjadi adiktif, melainkan juga membentuk plak pada gigi.

4. Kurang Minum Air Putih

Kurang Minum Air Putih - 6 Penyebab Karang Gigi Beserta Bahayanya Bagi Kesehatan

Kurang minum air putih, mampu menjadi salah satu penyebab karang gigi lho. Sebab, air putih itu sendiri ialah cara paling mendasar, untuk membersihkan sisa kuliner pada gigi.

Dengan berkala minum air putih, sisa masakan akan terbawa oleh air yang kita minum, atau dikala kita menggunakannya untuk berkumur. Oleh alasannya adalah itu, janganlah malas minum air putih, terlebih setelah makan.

Berbeda dengan air soda atau jenis minuman perasa lainnya, air putih tidak mengandung zat berbahaya, baik itu untuk gigi maupun untuk organ tubuh yang lain. Sehingga, air putih dijamin tidak akan menjadikan persoalan kesehatan apapun, meski kau meminumnya dalam jumlah besar.

5. Jarang Menggosok Gigi

Jarang Menggosok Gigi - 6 Penyebab Karang Gigi Beserta Bahayanya Bagi Kesehatan

Penyebab karang gigi berikutnya diakibatkan alasannya adalah jarang menggosok gigi. Seperti yang telah disebut sebelumnya, bahwa salah satu penyebab karang gigi yakni sisa masakan, yang tidak dibersihkan.

Maka dari itu, terperinci saja karang gigi akan semakin menumpuk bila kamu juga jarang menggosok gigi.

Pasalnya, kuliner yang dibiarkan melekat pada gigi terlalu usang, mampu mengakibatkan bakteri untuk membuat sarang dan meningkat , sehingga menciptakan gigi menjadi berkarang dan rusak.

6. Jarang Memeriksakan Gigi ke Dokter

Jarang Memeriksakan Gigi ke Dokter - 6 Penyebab Karang Gigi Beserta Bahayanya Bagi Kesehatan

Penyebab karang gigi yang terakhir yaitu, sebab kamu jarang memeriksakan gigi ke dokter. Terkadang, mungkin ada saatnya ketika gigi tidak dibersihkan secara maksimal atau menyeluruh, walaupun kita merasa bahwa telah menggosok gigi secara berkala .

Nah, plak gigi yang dibiarkan menumpuk begitu saja, akan bermetamorfosis karang gigi jika tidak secepatnya ditangani. Oleh alasannya adalah itu, melakukan investigasi ke dokter gigi, mampu menjadi salah satu penyelesaian yang tepat.

Tak hanya akan mengakibatkan bau tak sedap pada verbal, karang gigi juga bisa menjadi penyebab gigi kuning, hingga kehitaman. Karenanya, jangan malas untuk memeriksakan gigi ke dokter secara berkala , untuk menghalangi penumpukan.

Bahaya Karang Gigi Menumpuk

Setelah mengetahui tentang beberapa penyebab karang gigi, sekarang saatnya kita mengetahui tentang bahayanya jika membiarkan karang gigi menumpuk terlalu lama. Perlu dikenali bahwa karang gigi bisa menimbulkan problem kesehatan serius jika dibiarkan terlalu usang tanpa adanya penanganan khusus.

Dilansir dari liputan6.com, terdapat beberapa ancaman membiarkan karang gigi menumpuk, yang perlu dimengerti, yakni ialah:

  • Membuat Aroma Mulut Menjadi Tidak Sedap

Perlu dimengerti bahwa salah satu penyebab dari hadirnya bacin verbal yakni karena penumpukan karang gigi. Hal ini dapat terjadi sebab adanya endapan dari sisa kuliner yang tidak tersikat secara sempurna dikala menggosok gigi. Sehingga menyebabkan pembusukan di dalam ekspresi.

  • Menjadi Tempat Bersarangnya Bakteri

Karang gigi memang memiliki efek yang cukup serius pada kesehatan gusi, khususnya jikalau tumbuhnya di atas garis gusi. Sebab, lokasi tersebut bisa menjadi lokasi yang tenteram untuk kuman menciptakan sarangnya, yang lalu menyelinap ke dalam gusi sehingga membuat gusi menjadi rusak, iritasi, serta mengalami peradangan.

  • Diabetes

Selain mengenali tentang penyebab karang gigi, kamu juga mirip nya mesti tahu bahwa karang gigi itu sendiri, juga bisa menunjukkan risiko yang lebih besar, khususnya pada penderita diabetes. Karenanya, peradangan pada gusi justru lebih rentan terjadi pada penderita diabetes.

  • Memicu Penyakit Jantung

Perlu diketahui juga,  bahwa membersihkan karang gigi bukan cuma untuk mempertahankan kesehatan gigi saja, melainkan juga untuk meminimalkan risiko terkena penyakit jantung. Sebab, mempertahankan kesehatan lisan mampu meminimalkan pertumbuhan basil, yang menyebabkan peradangan.

Adanya kuman dan mikroorganisme yang terdapat dalam plak gigi, bisa masuk ke dalam ajaran darah, sehingga menjadikan reaksi peradangan. Nah, kondisi inilah yang menjadi penyebab kerusakan, dan penyumbatan pada pembuluh darah, yang menciptakan risiko penyakit jantung meningkat.

(Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Gigi Ngilu)

Jadi, itulah beberapa penyebab karang gigi serta bahayanya, bagi kesehatan bila tidak secepatnya dikerjakan. Selain kau harus berkala ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi, kau juga perlu lho untuk memiliki asuransi kesehatan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa karang gigi yang tidak segera ditangani, bisa menyebabkan berbagai duduk perkara bahkan penyakit menyeramkan lainnya, pada gigi dan mulut. Dengan timbulnya penyakit tersebut, membuat kau harus melakukan perawatan intensif, bahkan sampai melaksanakan pembedahan.

Nah, dengan asuransi kesehatan, kamu tak hanya bisa menerima kemudahan dalam melakukan aneka macam langkah-langkah medis, namun kamu juga mampu menghemat risiko finansial, yang berkemungkinan terjadi di periode yang akan datang.

Belum punya asuransi kesehatan? Tunggu apa lagi! Segera ejekan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu hanya di CekAja.com.