0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

6 Event Olahraga Dunia Terdampak Corona

World Health Organization (WHO) telah memutuskan Covid-19 atau virus Corona selaku pandemi karena telah menjangkiti banyak negara di dunia. Ribuan orang yang ada di Asia dan Eropa tercatat telah terinfeksi Covid-19 ini.

 

tips aman berolahraga di malam hari

 

Meski mempunyai tingkat ajal yang rendah, tidak lebih dari 3 persen, Covid-19 memiliki tingkat penyebaran yang sungguh cepat. Di Indonesia, pemerintah mengkonfirmasi bahwa Covid-19 masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020 yang ditandai dengan eksistensi 2 orang aktual terinfeksi penyakit tersebut.

Hanya dalam periode waktu 21 hari atau berdasarkan data per tanggal 23 Maret 2020 tercatat ada 579 orang Indonesia yang faktual terinfeksi Covid-19 dengan 30 orang di antaranya sembuh dan 49 lainnya meninggal dunia.

Tak heran kalau kemudian banyak pemerintah di banyak sekali negara menciptakan kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona tersebut. Salah satunya yaitu dengan melarang orang-orang untuk berkerumun. Kebijakan tersebut kemudian mempunyai dampak pada batalnya atau ditundanya acara-acara olahraga.

Acara-acara olahraga dianggap mampu menjadi salah satu media penyebaran virus Corona yang sungguh cepat. Hal itu dikarenakan ada banyak kerumunan orang dalam satu kawasan. Berikut ini beberapa acara olahraga yang batal atau ditangguhkan akhir adanya pandemi Corona.

1. Liga Sepak Bola Eropa

Liga Sepak Bola Eropa - 6 Event Olahraga Dunia Terdampak Corona

Pandemi Corona telah membuat penyelenggaraan liga-liga sepak bola Eropa tertunda. 5 liga top Eropa, yakni Barclays Premier League (Inggris), Liga Serie-A Italia, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, dan Ligue 1 Perancis pun terpaksa mesti ditunda balasan kian menyebarnya pandemi Corona tersebut.

Tidak cuma itu, Liga Champions Eropa dan Liga Europa juga turut ditangguhkan sehingga menciptakan UEFA sebagaipenyelenggara mesti memutar otak menertibkan ulang jadwal bermain tim-tim yang masih berlaga di dua kompetisi tersebut.

Adanya penundaan tersebut pun menimbulkan banyak imbas, tidak cuma bagi tim-tim yang berlaga, melainkan juga bagi para pendukungnya. Untuk tim yang berlaga, mereka mesti merugi akibat tidak mendapatkan pendapatan dari hak siar televisi dan juga tiket pertarungan.

(Baca juga: Lebih Baik Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga? Ini 7 Jawaban Ahli)

Bukan cuma itu, tim-tim yang sedang dalam penampilan baik dan diambang juara persaingan juga terancam tidak mampu mengangkat piala karena adanya kemungkinan batalnya penyelenggaraan liga trend ini atau isu terkini 2019/2020. 

Sementara bagi suporter, mereka akan kehilangan hiburan menyaksikan tim kesayangannya bertarung . Kerugian juga akan menimpa suporter yang sudah berbelanja tiket susukan pertarungan selama semusim sarat . Namun begitu, ada beberapa tim yang menyatakan siap mengganti rugi kerugian bagi para suporter yang sudah terlanjur berbelanja tiket akses tersebut.

2. Euro 2020

Euro 2020 - 6 Event Olahraga Dunia Terdampak Corona

Dampak pandemi Corona terhadap acara-program olahraga selanjutnya adalah penundaan penyelenggaraan UEFA Euro 2020 atau Euro 2020. Euro 2020 ialah persaingan sepak bola 4 tahunan yang melibatkan negara-negara dari Benua Eropa.

Euro 2020 merupakan kejuaraan antar negara-negara di Eropa yang ke-16 dan sejatinya diselenggarakan pada 12 Juni sampai 12 Juli 2020. Namun, adanya pandemi Corona ini menciptakan UEFA mengundurkan waktu penyelenggaraan Euro 2020 setahun setelahnya, yakni pada 12 Juni – 12 Juli 2021.

Meski ditangguhkan selama setahun, Euro 2020 tetap akan diikuti 24 negara dan diadakan di 12 kota di Eropa, ialah di London, Munich, Roma, Baku, St Petersburg, dan Amsterdam. Kemudian, 6 kota selanjutnya adalah St Petersburg, Budapest, Bucharest, Bilbao, Glasgow, dan Dublin.

3. Olimpiade 2020

Olimpiade 2020 - 6 Event Olahraga Dunia Terdampak Corona

Acara olahraga yang lain yang bakal ditunda balasan pandemi Corona ialah Olimpiade Tokyo 2020. Penundaan Olimpiade Tokyo 2020 dikonfirmasi oleh salah satu anggota International Olympic Committee (IOC), Dick Pound.

Pound menyampaikan bahwa Olimpiade Tokyo 2020 yang sejatinya bakal digelar pada 24 Juli mendatang tidak akan diadakan sesuai acara. Pandemi Corona dikenali sudah menginfeksi rakyat Jepang sehingga hal itu menciptakan IOC mau tak ingin membatalkan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020.

Penundaan Olimpiade Tokyo 2020 ini diprediksi akan merugikan Jepang. Dari sisi pariwisata, penundaan Olimpiade Tokyo 2020 akhir pandemi Corona akan membuat Jepang kehilangan pendapatan sebesar 240 miliar yen atau setara dengan Rp36 triliun.

Sementara itu, SMBC Nikko Securities Inc memprediksi adanya pengurangan PDB Jepang sampai 7,8 triliun yen buntut ditundanya Olimpiade Tokyo 2020.

4. Indonesia Open 2020

Indonesia Open 2020 - 6 Event Olahraga Dunia Terdampak Corona

Indonesia Open 2020 menjadi program olahraga selanjutnya yang terancam dibatalkan akibat adanya pandemi Corona. Menurut jadwal, ajang bulutangkis bergengsi itu bakal digelar pada 16 Juni sampai 21 Juni 2020 di Istora Senayan, Jakarta.

Semakin merebaknya perkara nyata Covid-19 di Jakarta khususnya, dan Indonesia kebanyakan menciptakan PBSI selaku organisasi yang menaungi atlet bulutangkis di Indonesia tak mauambil risiko.

Namun demikian, persiapan penyelenggaraan Indonesia Open 2020 masih terus berlangsung sesuai agenda sampai ketika ini. Harapan untuk menggelar Indonesia Open 2020 sesuai agenda pun masih tetap direncanakan oleh PBSI.

5. Vietnam International Challenge 2020

Vietnam International Challenge 2020 - 6 Event Olahraga Dunia Terdampak Corona

Dampak pandemi Corona terhadap acara olahraga selanjutnya yaitu pergantian acara Vietnam International Challenge 2020. Ajang kejuaraan bulutangkis dunia tersebut sebaiknya berjalan dari 24 Maret sampai 29 Maret 2020.

(Baca juga: Daftar Situs Nonton Streaming Liga Inggris 2019/2020)

Namun, Badminton World Foundation atau BWF merevisi tanggal penyelenggaraan Vietnam International Challenge 2020 menjadi ke tanggal 23 Juni 2020. Keputusan BWF mengubah tanggal penyelenggaraan Vietnam International Challenge 2020 tak terlepas dari pandemi Corona yang sudah menyebar sampai Vietnam sebagaituan rumah.

6. World Rugby Sevens

World Rugby Sevens - 6 Event Olahraga Dunia Terdampak Corona

Cabang olahraga yang terkena imbas pandemi Corona ialah Rugby. Pagelaran World Rugby Sevens yang sejatinya diadakan pada April 2020 di Hong Kong dan Singapura ini diundur sampai Oktober 2020.

Penundaan atau bahkan penghapusan event pertarungan yang kita gemari tentu tidak bisa dikesampingkan demi menangkal penularan virus Corona di penduduk . Sebagai pecinta olahraga, kita harus mampu bersabar dan mendukung upaya panitia penyelenggara demi keselamatan bareng .

Namun bagaimana cara untuk menyelamatkan dompet di tanggal tua mirip kini ini? Layanan pinjaman online Kredivo yang telah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mampu jadi penyelesaian.

Ajukan dukungan online Kredivo sesuai keperluan kau lewat CekAja.com. Jangan lupa, secepatnya kembalikan perlindungan tersebut sehabis gajian ya.