0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

6 Aplikasi Ponsel Pintar Penting Ketika Puasa Yang Perlu Dimiliki

Bulan Ramadhan kesudahannya tiba. Agar beribadah menjadi lebih baik dan khusyu, beberapa aplikasi smartphone penting saat puasa sepertinya juga perlu untuk kamu miliki. Pada bulan mulia tahun ini, memang kondisi akan lebih berat bagi kita semua.

Aplikasi smartphone penting saat puasa

Dikarenakan pandemi corona yang masih mewabah di Indonesia sampai saat ini, seluruh acara di ruang publik semakin dibatasi, guna menghalangi penyebaran virus yang kian luas.

Ada sebagian dari kita yang diharuskan untuk bekerja dari rumah, tetapi tidak sedikit pula yang terpaksa mesti kehilangan pekerjaan alasannya adalah perputaran ekonomi yang sedang tidak stabil.

Meski begitu, pasti hal tersebut tidak mampu menjadi hambatan kita untuk tetap melakukan ibadah puasa dengan baik, bukan?

(Baca Juga: 8 Cara Mengajarkan Anak Puasa Ramadhan. Pelan Tapi Pasti!)

Nah, meskipun dikala ini kita tidak bisa ngabuburit di luar rumah maupun mempersiapkan program buka puasa bersama dengan orang-orang tercinta, melakukan ibadah puasa di rumah juga bekerjsama tidak sesulit yang kita kira kok.

Karena beberapa aplikasi smartphone penting saat puasa yang hendak kita diskusikan kali ini bisa kau gunakan untuk tetap menunjang seluruh aktivitas sekaligus ibadahmu di rumah.

Ditambah lagi bahwa kondisi saat ini memang menuntut kita untuk tetap produktif diberbagai kondisi.

Aplikasi Smartphone Penting Saat Puasa

1. Muslim Pro

Muslim Pro - 6 Aplikasi Smartphone Penting Saat Puasa yang Perlu Dimiliki

Aplikasi ponsel pintar penting ketika puasa yang perlu kamu miliki pertama yaitu Muslim Pro yang merupakan sebuah aplikasi lengkap untuk kamu yang memiliki agenda aktivitas yang padat tetapi tetap mampu konsentrasi beribadah.

Banyak sekali fitur-fitur menarik yang mampu kamu peroleh lho, mulai dari acara imsak dan berbuka, sampai Mp3 Al-Quran yang mampu kau dengarkan tanpa harus mengganggu kegiatan yang tengah kamu lakukan.

Selain itu, aplikasi ini juga memperlihatkan waktu salat dengan akurat supaya kamu juga tidak lupa untuk melaksanakan ibadah 5 waktu.

2. Qamar Deen

Qamar Deen - 6 Aplikasi Smartphone Penting Saat Puasa yang Perlu Dimiliki

Aplikasi smartphone penting saat puasa berikutnya ialah Qamar Deen yang bisa kamu gunakan untuk mencatat seluruh hal-hal baik selama acara puasa.

Ramadhan kadang kala disebut selaku bulan introspeksi diri, sehingga aplikasi ini bisa kau pakai untuk mencatat seluruh tindakan baik yang kamu kerjakan sehari-hari, mulai dari kuantitas doa, sedekah, salat sunah, hingga membaca Al-Quran.

Tidak hanya itu, setiap pengguna juga bisa melihat kemajuan amal yang sudah dilakukan melalui bagan yang tersedia.

Meski begitu, perlu diingat bahwa sungguh dilarang untuk mempergunakan aplikasi ini sebagai alat pamer kepada orang lain perihal amal dan ibadah yang sudah kamu kerjakan.

3. Umma

Umma - 6 Aplikasi Smartphone Penting Saat Puasa yang Perlu Dimiliki

Selanjutnya ada Umma yang juga ialah aplikasi ponsel pintar penting ketika puasa yang perlu kau miliki.

Mirip dengan Muslim Pro, Umma juga menyediakan paket lengkap untuk menyeimbangkan ibadah dan melakukan pekerjaan secara bersamaan. Bahkan, aplikasi ini juga akan mengumandangkan adzan ketika telah waktunya salat.

Menariknya lagi, Umma juga menawarkan banyak sekali video siraman rohani yang pastinya memberikanmu potensi untuk menyejukan hati di sela-sela acara sibuk.

Nah, jikalau memiliki waktu luang, jangan lupa juga untuk membaca banyak sekali bahan bacaan berguna untuk menambah pengetahuan.

4. Sahur Alarm

Sahur Alarm - 6 Aplikasi Smartphone Penting Saat Puasa yang Perlu Dimiliki

Apakah kau termasuk salah satu orang yang condong sulit untuk bangkit sahur? Maka sahur alarm mampu menjadi aplikasi smartphone penting ketika puasa yang wajib kau miliki.

Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini memang bertugas untuk membangunkan sahur para penggunanya.

Untuk memenuhi tugasnya, aplikasi ini akan berbunyi secara berkala saban hari sesuai acara sahur yang sudah ditetapkan.

Makara, kau tidak perlu takut lagi untuk tidak bangkit sahur atau kesiangan. Bagi pengguna Android, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store secara gratis.

5. Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia - 6 Aplikasi Smartphone Penting Saat Puasa yang Perlu Dimiliki

Selama Ramadan, tadarus menjadi salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan. Maka dari itu, Al-Quran Indonesia bisa menjadi aplikasi ponsel pintar penting dikala puasa yang perlu kau miliki.

Dengan mengunduh aplikasi satu ini, kamu mampu melaksanakan tadarus dengan mudahnya dimanapun dan kapanpun tanpa harus membuka Al-Alquran.

Tanpa memungut ongkos sepeser pun alias gratis, kau sudah mampu menikmati seluruh fitur-fitur yang ada, seperti audio Mp3 murottal full, 114 surah atau 30 juz tanpa adanya pembatasan. Selain itu, tampilannya pun sungguh user friendly.

Terdapat banyak sekali fitur-fitur yang lain yang mungkin menjadi keunggulan Al-Alquran Indonesia dibandingkan aplikasi lainnya, ialah:

  • Arah kiblat
  • Kalender hijriah
  • Jadwal salat dan imsakiyah untuk 30 hari kedepan
  • Pencarian ayat-ayat berdasarkan keyword di terjemahan
  • Bookmark, share, dan copy ayat-ayat Al-Alquran
  • Terjemahan Bahasa Indonesia
  • Melihat kata per kata terjemahan menurut Arabic ke Indonesia

6. Konsultasi Syariah

Konsultasi Syariah - 6 Aplikasi Smartphone Penting Saat Puasa yang Perlu Dimiliki

Terakhir ada Konsultasi Syariah yang juga termasuk ke dalam salah satu aplikasi ponsel pintar penting ketika puasa yang perlu kau miliki.

Dengan interface dan navigasi yang sangat user friendly, kamu mampu menemukan beberapa kategori menarik selama bulan puasa, seperti Dakwah, Hadist, Ekonomi, serta Aqidah Islam.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan kita info melalui postingan tanya-jawab tentang aneka macam masalah syariah islam.

(Baca Juga: 7 Tips Sehat Berpuasa di Tengah Corona)

Beberapa hal yang dibahas diantaranya yaitu persoalan kesehatan, akhlak, administrasi qolbu, usulan, pergaulan, halal-haram dan masih banyak lagi, sehingga sangat baik untuk kau yang ingin menambah pengetahuan perihal agama selama bulan suci Ramadhan ini. Nah, beberapa kelebihan yang mampu kau dapatkan di aplikasi ini ialah:

  • Pencarian artikel berdasarkan keyword tertentu
  • Mencari dan mendapatkan artikel berdasarkan kategori
  • Menyimpan artikel ke dalam folder favorite sehingga kamu mampu membukanya kembali sewaktu-waktu
  • Auto-update artikel
  • Offline mode sehingga dapat diakses dimanapun dan kapanpun

Sembari ngabuburit di rumah, dari pada kau cuma berbaring tanpa tahu harus melaksanakan apa, yuk baca saja banyak sekali informasi terbaru perihal finansial, kesehatan, serta lifestyle di CekAja.com.