0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

5 Universitas Swasta Terbaik Di Surabaya Dan Ongkos Masuknya 2020

Sebentar lagi, tahun pedoman baru 2020/2021 akan dimulai. Para siswa lulusan Sekolah Menengan Atas pasti sedang sibuk memilih universitas terbaik untuk melanjutkan studinya. Berikut daftar universitas swasta terbaik di Surabaya dan biaya masuknya untukmu.

5 Universitas Swasta Terbaik di Surabaya dan Biaya Masuknya 2020

Pembagian Klaster Universitas oleh Kemenristekdikti

Setiap tahunnya, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi mengumumkan klasterisasi universitas atau akademi tinggi di Indonesia.

Tujuannya yaitu sebagai data evaluasi, agar pihak pengurus universitas senantiasa berbagi mutu pendidikan dan fasilitasnya. Sehingga setiap tahun selalu berkembang.

Penilaian untuk mengkategorikan suatu universitas ke klaster ini didasarkan oleh beberapa indikator. Seperti indikator Kinerja Input (kualitas dosen dan jumlah mahasiswa), Proses (akreditasi), Kinerja Output (jumlah postingan ilmiah dan prodi terakreditasi), dan Outcome (jumlah lulusan mahasiswa diterima melakukan pekerjaan dalam 6 bulan, dan lain-lain).

Ada lima klaster universitas atau akademi tinggi Indonesia dengan komposisi sebagai berikut:

  • Klaster 1 berjumlah 13 perguruan tinggi
  • Klaster 2 berjumlah 70 sekolah tinggi tinggi
  • Klaster 3 berjumlah 338 perguruan tinggi tinggi
  • Klaster 4 berjumlah 955 sekolah tinggi tinggi
  • Klaster 5 berjumlah 765 sekolah tinggi tinggi

(Baca Juga: Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta)

Universitas Swasta Terbaik di Surabaya dan Biaya Masuknya

Nah, berdasarkan pengkategorian klaster tersebut, berikut daftar universitas swasta terbaik di Surabaya dan biaya masuknya untuk tahun fatwa 2020/2021 ini.

1. Universitas Surabaya

Universitas Surabaya - 5 Universitas Swasta Terbaik di Surabaya dan Biaya Masuknya 2020

Klaster 2, peringkat 31 nasional

Universitas Surabaya diresmikan pada tahun 1966 oleh tokoh-tokoh penting di kalangan masyarakat, pendidik, pebisnis, dan pemerintah pada zamannya. Sebelumnya, namanya adalah Universitas Trisakti Surabaya. Sedangkan ketika ini, namanya lebih diketahui dengan sebutan Ubaya.

Terdapat bermacam-macam jurusan yang bisa kau pilih di universitas swasta terbaik di Surabaya ini. Seperti Farmasi, Hukum, Bisnis dan Ekonomika, Psikologi, Teknik, dan masih banyak yang lain. Selain acara S1, ada juga program D3 di Politeknik Ubaya.

Universitas Surabaya ialah salah satu universitas swasta terbaik di Surabaya dan biaya masuknya mulai dari Rp10 juta sampai Rp32,5 juta untuk program regular. Dan ongkos per semester mulai dari Rp10 juta-an sampai Rp18 juta-an.

Sedangkan untuk program internasional, biaya masuknya mulai dari Rp27,5juta dengan biaya per semester mulai dari Rp32,5juta.

Jurusan dengan biaya masuk paling mahal adalah di Jurusan Pendidikan Dokter dengan ongkos masuk sebesar Rp285 juta.

2. Universitas Katolik Petra

Universitas Kristen Petra - 5 Universitas Swasta Terbaik di Surabaya dan Biaya Masuknya 2020

Klaster 2, peringkat 43 nasional

Universitas yang berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Petra Surabaya ini sudah ada semenjak 1961. Yayasan Pendidikan Petra sendiri membuka sekolah untuk tingkat TK, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengan Atas, SMK, sampai Universitas.

Dengan pembuktian eksistensinya hingga sekarang, pantas saja jika Universitas Nasrani Petra disebut sebagai universitas swasta terbaik di Surabaya dan ongkos masuknya berkisar Rp7,5 juta sampai Rp31,5 juta.

Sedangkan ongkos per semester di sini dimulai dari harga Rp5 juta-an hingga Rp20 juta, belum termasuk biaya administrasi perhiasan lainnya yang wajib dibayar setiap semester. Jurusan dengan biaya masuk paling murah yakni Jurusan Pendidikan Guru, sedangkan yang termahal yakni Jurusan International Business Management.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Brawijaya Bidang Saintek dan Soshum)

3. Universitas Katolik Widya Mandala

Universitas Katolik Widya Mandala - 5 Universitas Swasta Terbaik di Surabaya dan Biaya Masuknya 2020

Klaster 2, peringkat 52 nasional

Universitas ini juga termasuk selaku kampus berumur tua, karena didirikan semenjak 1958. Gedung kampusnya sendiri berada di tiga lokasi berbeda di Surabaya. Yakni gedung kampus di Jalan Dinoyo 42 untuk Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Teknologi Pertanian.

Kemudian gedung kampus di Jalan Kalijudan 38 yang dihuni oleh Fakultas Teknik dan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan. Dan terakhir adalah gedung kampus Jalan Dinoyo 48 untuk Program Pascasarjana.

Universitas Kristen Widya Mandala yakni satu universitas swasta terbaik di Surabaya dan ongkos masuknya memiliki kisaran umum mulai dari Rp5 juta hingga Rp33,5 juta. Sedangkan untuk Fakultas Kedokteran, biaya masuknya memiliki level yang beda adalah sekitar Rp300 juta-an.

Untuk biaya per semester, universitas ini mematok harga mulai dari Rp6 juta sampai Rp30 juta.

4. Universitas 17 Agustus 1945

Universitas 17 Agustus 1945 - 5 Universitas Swasta Terbaik di Surabaya dan Biaya Masuknya 2020

Klaster 2, peringkat 57 nasional

Universitas 17 Agustus 1945  diketahui dengan nama UNTAG, dan sudah ada sejak tahun 1958. Universitas ini terletak di Jalan Semolowaru 45, dengan enam fakultas. Meliputi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Sastra.

Universitas swasta terbaik di Surabaya ini mematok biaya masuknya mulai dari Rp6,5 juta hingga Rp12,5 juta yang bisa dicicil setengahnya terlebih dahulu. Biaya per semester di sini juga terjangkau, sekitar Rp900.000 hingga Rp1 juta-an saja.

5. Universitas Ciputra

Universitas Ciputra - 5 Universitas Swasta Terbaik di Surabaya dan Biaya Masuknya 2020

Klaster 2, peringkat 72 nasional

Universitas yang satu ini mengedepankan nilai kewirausahaan. Sehingga setiap ilmu dari jurusan yang diajarkan akan dikaitkan dengan dunia bisnis, biar nantinya para mahasiswa yang lulus bisa meniti karir profesional maupun menjadi pengusaha handal.

Ada beberapa fakultas yang mampu kamu pilih, seperti Fakultas Manajemen dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Pariwisata, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Media Bisnis, Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Entrepreneurship dan Humaniora.

Universitas Ciputra juga masuk ke dalam daftar universitas swasta terbaik di Surabaya dan ongkos masuknya antara Rp29 juta hingga Rp340 juta, dan ongkos semester mulai dari Rp9 juta hingga Rp36 juta.

Itulah daftar universitas swasta terbaik di Surabaya beserta biaya masuknya tahun 2020 ini. Melanjutkan pendidikan sekarang kian mudah dengan sumbangan dana pendidikan yang mampu kau pilih dan usikan lewat CekAja.com. Yuk, cek kini juga!