0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

5 Universitas Swasta Terbaik Di Bandung Dan Ongkos Masuknya

Tahun pedoman baru 2020/2021 akan segera dimulai. Itu memiliki arti buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Kota Kembang, wajib kepoin info berikut terkait universitas swasta terbaik di Kota Bandung dan biaya masuknya.

Universitas Swasta Terbaik di Bandung dan Biaya Masuknya

Indikator Penilaian Pemeringkatan Perguruan Tinggi dan Klasterisasinya

Tiap tahunnya Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) senantiasa merilis indikator evaluasi pemeringkatan sekolah tinggi tinggi atau universitas beserta klasterisasinya.

Hal ini bermaksud untuk mendorong masing-masing pihak pengelola universitas untuk selalu mengedepankan kualitas pendidikan.

Pada 2019 kemudian, pihak Kemenristekdikti merilis daftar modern indikator penilaian pemeringkatan akademi tinggi yang berfokus pada evaluasi berbasis output-outcome base. Berikut klarifikasi lengkapnya.

  • Kinerja input (15%): Dosen pendidikan S3, dosen guru besar, jumlah dosen dan mahasiswa, jumlah mahasiswa asing dan dosen abnormal.
  • Kinerja output (25%): Jumlah prodi terakreditasi internasional, kinerja observasi dan mahasiswa, jumlah postingan ilmiah terindeks per dosen.
  • Proses (25%): Kerjasama universitas, akreditasi PT dan prodi, pembelajaran daring, kelengkapan laporan dan laporan keuangan.
  • Outcome (35%): Kinerja inovasi, jumlah sitasi per dosen, kinerja pengabdian penduduk , jumlah mahasiswa diterima melakukan pekerjaan dalam periode waktu 6 bulan, dan jumlah paten per dosen.

Dari penilaian tersebut, masing-masing universitas baik negeri maupun swasta di Indonesia dikategorikan dalam klaster yang berbeda.

Menurut data Kemenristekdikti pada 2019, terdapat setidaknya 5 klaster sekolah tinggi tinggi Indonesia dengan komposisi,klaster 1 berjumlah 13 sekolah tinggi tinggi, klaster 2 berjumlah 70 akademi tinggi, klaster 3 berjumlah 338 perguruan tinggi tinggi, klaster 4 berjumlah 955 sekolah tinggi tinggi, dan klaster 5 berjumlah 765 sekolah tinggi tinggi.

(Baca Juga: 5 Universitas Swasta Terbaik di Surabaya dan Biaya Masuknya 2020)

5 Universitas Swasta Terbaik di Bandung dan Biaya Masuknya

Nah, dari hasil indikator evaluasi pemeringkatan perguruan tinggi tinggi 2019 dan klasterirasinya, berikut universitas swasta terbaik di Bandung dan ongkos masuknya untuk tahun ajaran 2020/2021.

1. Universitas Telkom

Telkom University - 5 Universitas Swasta Terbaik di Bandung dan Biaya Masuknya

Biaya Masuk: Mulai dari Rp17 Juta

Sebelum menjadi Telkom University, universitas swasta terbaik di Bandung ini dulunya dikenal sebagai STT Telkom. Namun pada 14 Agustus 2013, universitas ini mengubah nama dan memadukan empat PTS yang dimiliki, ialah Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom, serta Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom.

Universitas Telkom atau lebih diketahui Tel-U memiliki 42 acara studi baik untuk tingkatan jenjang D3, S1, dan S2, dimana hampir semua program studi yang dimiliki mendapatkan capaian akreditasi A.

Makanya enggak heran jikalau, universitas ini masuk dalam klaster kedua dan menduduki peringkat 14 dalam daftar seratus perguruan tinggi tinggi non-vokasi di Indonesia versi Kemenristekdikti.

Terdapat beberapa jurusan populer di Tel-U yang mampu jadi pilihan untuk kamu, mulai dari Jurusan Teknik Telekomunikasi, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Industri, Jurusan Informatika, Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, sampai Jurusan Ilmu Komunikasi.

2. Universitas Kristen Parahyangan

Universitas Parahyangan Katolik - 5 Universitas Swasta Terbaik di Bandung dan Biaya Masuknya

Biaya Masuk: Mulai dari Rp12,2 Juta

Universitas Katolik Parahyangan atau biasa disebut UNPAR merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Bandung yang sudah ada sejak 1955 silam.

Universitas ini meraih akreditasi A dari BAN-PT sekaligus masuk dalam kategori klaster dua, dan menempati peringkat ke-26 nasional dalam daftar seratus sekolah tinggi tinggi non-vokasi di Indonesia model Kemenristekdikti.

Kampus khususnya berada di Jalan Ciumbuleuit Nomor 94. Sementara kampus lainnya ada di Jalan Merdeka, Jalan Aceh dan Jalan Nias.

Untuk fakultasnya sendiri, UNPAR memiliki 8 fakultas unggulan yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung. Mulai dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, Fakultas Teknologi Industri, serta Fakultas Filsafat.

3. Universitas Islam Bandung

Universitas Islam Bandung - 5 Universitas Swasta Terbaik di Bandung dan Biaya Masuknya

Biaya Masuk: Mulai dari Rp8,8 Juta

Didirikan pada 15 November 1958, Universitas Islam Bandung awalnya berjulukan Perguruan Islam Tinggi. Kemudian pada 1967 terjadi pergantian nama menjadi Universitas Islam Kiansantang, dan di tahun 1969, universitas ini akhirnya resmi memakai nama Universitas Islam Bandung atau UNISBA.

Dengan visi universitas, ‘Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang Mandiri, Maju, dan Terkemuka di Asia Pada Tahun 2025’, UNISBA mampu dibilang selaku salah satu universitas swasta terbaik di Bandung, sebab capaiannya yang berhasil menduduki peringkat ke-44 nasional dalam daftar pemeringkatan perguruan tinggi model Kemenristekdikti.

Universitas yang ada di Jalan Tamansari Nomor 20 ini mempunyai setidaknya 19 program studi, baik untuk bidang Saintek, Soshum, maupun Ilmu Agama.

Beberapa yang ditawarkan dan mungkin bisa jadi pilihan untuk kau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, yaitu program studi Syariah-Hukum Ekonomi Syariah, Teknik Pertambangan, Teknik Industri, Kedokteran, Ilmu Komunikasi, atau Ekonomi-Manajemen.

(Baca Juga: Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dan Biaya Masuknya)

4. Universitas Pasundan

Universitas Pasundan - 5 Universitas Swasta Terbaik di Bandung dan Biaya Masuknya

 Biaya Masuk: Mulai dari Rp10,6 Juta

Didirikan sejak 1960, Universitas Pasundan atau lebih dikenal UNPAS kini selalu menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Bandung dan ongkos masuknya juga masih terjangkau, untuk beberapa jurusan tertentu, salah satunya Jurusan Pendidikan Ekonomi.

Universitas ini tidak hanya menerima mahasiswa Indonesia saja, namun juga mahasiswa gila dari berbagai negara, mirip Thailand, Singapura, Somalia, Polandia, Taiwan, Turki, Korea Selaran, Jerman, dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, UNPAS telah memiliki 7 fakultas dengan masing-masing program studi menyesuaikan tingkatan gelar, ialah 25 program studi untuk S1, 7 program studi untuk Pascasarjana (S2), dan 3 acara studi untuk Doktor (S3).

Letak kampusnya sendiri tersebar di lima lokasi, mulai dari kampus 1 di Jalan Lengkong Besar No. 68, kampus 2 di Jalan Tamansari No. 6-8, kampus 3 di Jalan Wartawan IV No. 22, kampus 4 di Jalan Dr. Setiabudi No. 193, serta kampus 5 di Jalan Sumatera No. 41.

5. Universitas Komputer Indonesia

Universitas Komputer Indonesia - 5 Universitas Swasta Terbaik di Bandung dan Biaya Masuknya

Biaya Masuk: Mulai dari Rp11,5 Juta

Universitas swasta terbaik di Bandung yang terakhir yaitu Universitas Komputer Indonesia. Universitas ini terletak di Jalan Dipatiukur Nomor 112-116. Jenjang gelar yang disediakan oleh UNIKOM sendiri yakni Sarjana dan Pascasarjana.

Untuk program Sarjana, UNIKOM mempunyai enam fakultas, diantaranya Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Desain, serta Fakultas Sastra.

Sementara untuk Pascasarjana, UNIKOM menyediakan tiga program, adalah Magister Sistem Informasi, Magister Desain, dan Magister Manajemen.

Itulah daftar universitas swasta terbaik di Bandung dan ongkos masuknya untuk tahun pemikiran 2020/2021. Jika dana menjadi faktor utama penghambat untuk menjangkau gelar, kamu bisa mengajukan perlindungan dana pendidikan dengan bunga rendah dan metode cicilan ringan melalui CekAja.com. Yuk, cek sekarang juga guna menjangkau kala depan yang lebih baik!