0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

5 tips Meningkatkan Pahala Ramadan Di Tengah Pandemi

Bulan bulan pahala merupakan bulan yang paling dinantikan-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Sayangnya, bulan rahmat kali ini mesti dijalani di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Namun, hal itu tentu bukan penghalang untuk terus menguruk pahala di bulan suci.

Merebaknya penyebaran virus Corona telah membuat orang-orang “dilarang” untuk beramai-ramai di satu titik kumpul. Masyarakat diimbau untuk melakukan physical distancing semoga mampu memutus mata rantai penyeberan virus Corona. Kampanye #DiRumahAja pun terus digaungkan.

Penerapan hal itu pasti memiliki efek pada acara keagamaan yang identik dengan berkumpulnya banyak orang di satu kawasan. Umat muslim yang berada di zona merah diimbau untuk tidak dahulu melaksanakan acara keagamaan yang melibatkan banyak orang, termasuk salat berjemaah baik di masjid maupun musala.

Begitu juga dengan salat Tarawih yang identik dengan ibadah selama bulan bulan puasa. Dalam rangka mencegah penularan Covid-19, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan salat Tarawih di rumah saja. Hal itu sejalan dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 14 Tahun 2020.

Meski demikian, bukan bermakna pahalamu berkurang karena anjuran di rumah saja tersebut. Justru, kondisi ini bisa kamu manfaatkan untuk memperbanyak pahala. Yuk, optimalkan pahala bulan pahala di tengah pandemi Corona dengan 5 cara ini.

1. Salat Berjemaah Bersama Keluarga

Salat Berjemaah Bersama Keluarga - 5 Cara Meningkatkan Pahala Ramadan di Tengah Pandemi

Di rumah saja artinya kamu punya waktu yang lebih banyak untuk berkumpul bersama keluarga dibanding hari umumnya. Manfaatkan momen di rumah saja ini untuk meningkatkan pahala bareng keluarga.

Salah satu caranya ialah dengan selalu melaksanakan salat berjemaah. Lakukan salat lima waktu secara berjemaah bersama anggota keluarga.

Sebagaimana diketahui salat berjemaah mempunyai derajat pahala yang lebih tinggi dibanding salat sendirian. Ditambah lagi kalau hal itu dilakukan di bulan bulan rahmat, di mana pahala ibadah akan berlipat ganda kalau ketimbang bulan-bulan yang lain.

Hal itu juga termasuk untuk salat Tarawih. Meski “dilarang” untuk berjemaah di masjid atau musala, ibadah ini tetap bisa kamu lakukan di rumah secara berjemaah.

2. Intens Membaca Al Quran

Intens Membaca Al Quran - 5 Cara Meningkatkan Pahala Ramadan di Tengah Pandemi

Dengan di rumah saja, walaupun kau menerapkan work from home (WFH), setidaknya kau memiliki waktu yang lebih banyak untuk melaksanakan hal-hal yang bersifat eksklusif. Manfaatkan sela-sela waktumu untuk mengembangkan pahala di bulan rahmat.

Meningkatkan intensitas membaca Al Alquran ialah salah satu acara yang dianjurkan di bulan Ramadan. Dengan membaca Al Quran di bulan suci ini, kamu akan menerima pahala yang berlipat ganda.

(Baca juga: 8 Cara Mengajarkan Anak Puasa bulan ampunan. Pelan Tapi Pasti!)

Bulan bulan mulia juga diketahui selaku bulan di mana Al Alquran diturunkan. Karena itu, jangan melalui ibadah yang satu ini mumpung kamu di rumah saja. Dengan intens membaca Al Quran, baik sendirian atau tadarus bersama anggota keluarga, siapa tahu kamu mampu mengkhatamkan Al Alquran begitu bulan puasa rampung.

3. Perbanyak Salat Sunah

Perbanyak Salat Sunah - 5 Cara Meningkatkan Pahala Ramadan di Tengah Pandemi

Salat sunah ialah salah satu ibadah selaku sumber pahala yang mampu kau optimalkan. Salat sunah memang bukan salat yang wajib untuk dilakukan, tapi jikalau mengerjakannya kau akan menerima pahala.

Memperbanyak ibadah salat sunah di bulan bulan ampunan pasti mampu mengembangkan pahala. Sebab, amalan dan ibadah apapun yang dijalankan pada bulan suci ini akan menerima pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Salat Tarawih merupakan salah satu salat sunah yang mampu dikerjakan selama bulan bulan mulia. Meski salat ini mampu dilakukan sendirian, melakukan salat Tarawih secara berjemaah tentu menunjukkan nilai yang lebih.

Selain Tarawih, kamu mampu melakukan salat sunah yang lain, baik yang sebelum maupun sesudah salat wajib lima waktu. Tidak hanya itu, melakukan salat malam atau salat sunah tahajud juga dianjurkan biar ibadah bulan ampunan kau semakin lengkap dan pahala yang kamu dapatkan makin besar.

4. Meningkatkan Ukhuwah

Meningkatkan Ukhuwah - 5 Cara Meningkatkan Pahala Ramadan di Tengah Pandemi

Merebaknya penyebaran virus Corona mampu dijadikan saat-saat pembuktian bahwa kita mempunyai rasa persaudaraan yang tinggi (ukhuwah). Rasa persaudaaraan ini bisa kerjakan dengan berlomba-lomba dalam melaksanakan kebaikan.

Kebaikan yang dilaksanakan dalam bulan suci bulan mulia pasti akan menerima pahala yang berlipat ganda, baik itu kebaikan dalam persaudaraan sesama muslim (ukhuwah Islamiyah), kebaikan dalam persaudaraan sebangsa dan setanah air (ukhuwah wathoniyah), maupun kebaikan dalam persaudaraan sesama manusia (ukhuwah basyariyah).

Virus Corona turut menggerogoti sendi-sendi ekonomi. Tidak sedikit orang yang mengalami pengurangan penghasilan bahkan kehilangan mata penelusuran. Menyikapi hal tersebut, tidak ada salahnya kau mengulurkan tangan untuk menolong orang-orang yang terdampak secara finansial.

Mumpung kau lagi di rumah saja, ini saatnya kau untuk lebih tahu keadaan orang-orang di sekitarmu. Jika mendapati tetangga yang terimbas finansialnya akhir Corona, bantulah mereka semampumu, apalagi di bulan bulan mulia.

5. Memperbanyak Sedekah

Memperbanyak Sedekah - 5 Cara Meningkatkan Pahala Ramadan di Tengah Pandemi

Sedekah bisa menjadi salah satu pintu untukmu mendapatkan pahala. Sedekah ialah salah satu amalan yang ditekankan oleh Nabi Muhammad SAW selama bulan bulan pahala. Memperbanyak sedekah di bulan bulan rahmat pasti akan memberikan pahala yang berlipat ganda pula.

Kamu bisa melakukan amalan ini meski di rumah saja. Sisihkan sebagian hargamu untuk berinfak.

(Baca juga: bisnis-kuliner-di-bulan-ramadan/” rel=”bookmark”>Kiat Jitu Tingkatkan Bisnis Kuliner di Bulan bulan pahala)

Kendati demikian, perlu dicatat bahwa sedekah tidak melulu soal menunjukkan sesuatu dalam bentuk uang. Kamu juga mampu berzakat dengan cara memberikan masakan terhadap orang-orang yang membutuhkan.

Bukankah memberi makan orang yang berpuasa juga disarankan? Dengan melaksanakan hal itu, pasti kau akan mendapatkan pahala mirip orang yang berpuasa tersebut tanpa meminimalkan pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.

Itu ia beberapa hal yang bisa kau lakukan untuk memajukan pahala selama bulan rahmat. Yuk, manfaatkan momen di rumah saja untuk mengembangkan amalan dan ibadah serta membuatkan kebaikan!