0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

5 Tips Memilih Ikan Segar Untuk Penuhi Nutrisi Tubuh

Ikan menjadi salah satu materi masakan dengan kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh badan. Dalam mengolah kuliner dari hewan air ini, dibutuhkan kelihaian dalam membedakan mana ikan yang segar dan mana yang tidak di pasaran guna mendapatkan nutrisi yang optimal.

budidaya ternak ikan tongkol

Kandungan vitamin dan protein yang terdapat pada ikan diakui sungguh dibutuhkan oleh badan, utamanya demi mendukung tumbuh kembang anak. Karena itu, kampanye rutin mengonsumsi ikan perlu untuk terus digaungkan demi kala depan yang lebih baik.

Namun, saat berada di pasar atau di kawasan pemasaran ikan, menentukan ikan merupakan tantangan tersendiri. Sebab, kamu mesti mampu membedakan antara ikan yang masih segar dan yang sudah tak lagi segar.

Tingkat kesegaran ikan pastinya akan kuat kepada rasa kuliner kamu nantinya, pun kepada kandungan gizi yang diberikan oleh hewan tersebut.

Nah, semoga kuliner ikanmu nikmat dengan gizi yang tetap tersadar, berikut kiat memilih ikan segar yang bisa kau kerjakan:

1. Cek fisik

Jika kamu tiba ke pasar ikan, jangan memilih ikan cuma dengan menunjuk targetmu dari kejauhan. Untuk ikan yang sudah mati, kamu harus menyentuh fisiknya untuk mengenali apakah ikan yang ingin kau beli masih dalam kondisi segar atau malah sebaliknya.

Jika ikan masih bergerak, mampu tentukan bahwa ikan itu masih hidup dan sangat segar. Kamu tidak perlu ragu untuk memilih dan menjinjing pulang ikan ini.

(Baca juga: Mengenal Fugu, Ikan Beracun Yang Berbahaya)

Beda dongeng jika ikan telah tidak bergerak atau telah mati. Kamu harus memegangnya dan dikala kau melakukan itu, pastikan bahwa tubuh ikan tersebut masih dalam kondisi kaku. Hal itu mengindikasikan bahwa ikan masih dalam keadaan segar.

Namun, bedakan juga mana ikan yang kaku karena masih segar dan mana ikan yang kaku alasannya baru dikeluarkan dari freezer.

2. Daging kenyal

Warna daging ikan kadang tidak bisa dijadikan kriteria untuk memilih apakah ikan masih dalam kondisi segar atau tidak. Sebab, warna daging ikan berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.

Namun, kau mampu mengevaluasi kesegaran ikan dari keadaan dagingnya. Tekstur daging ikan yang kenyal ialah menunjukan bahwa ikan tersebut masih segar.

Pengecekan ini mampu kau kerjakan dengan menekan daging ikan di bagian perut dengan jarimu. Lakukan hal ini berulang kali. Jika daging ikan terasa kenyal atau lentur dan kembali ke bentuk semula sehabis kamu tekan, berarti ikan tersebut masih segar.

Sebaliknya, jangan mau berbelanja ikan yang dagingnya telah lembek atau kisut. Hal itu membuktikan bahwa ikan sudah tidak segar lagi.

3. Warna insang merah

Hal lain dan mungkin yang paling sering menjadi perhatian orang dikala hendak membeli ikan adalah menganalisa bab insang atau alat pernapasan ikan. Terdapat di bagian kepala, kau cukup membuka epilog insang untuk mengeceknya.

Insang merupakan bab dari badan ikan yang mudah membusuk. Bagian ini akan menghasilkan lendir jika ikan sudah tidak lagi dalam keadaan segar.

Tidak hanya soal lendir, ikan yang masih segar umumnya ditandai dengan insang yang berwarna merah. Adapun untuk ikan yang telah tidak segar, warna insangnya akan menjelma pucat.

Jadi, jikalau kamu mendapati ikan di pasaran dengan insang yang sudah berwarna pucat, berlendir, serta berbau tak sedap, berpikirlah dua kali sebelum menetapkan untuk membelinya.

4. Mata jernih

Bagian mata dari ikan juga bisa memberikan gosip terhadap pembeli apakah ikan yang dijual tersebut masih dalam keadaan segar atau sebaliknya. Jangan lupa untuk melaksanakan pengecekan pada bab ini supaya kau tidak salah dalam menentukan ikan selaku materi kuliner.

(Baca juga: Manfaat Konsumsi Ikan Gabus Setelah Operasi dan Cara Mengolahnya)

Ikan yang masih segar umumnya ditandai dengan mata yang mencolokdan mempunyai warna yang jernih seperti layaknya dikala masih hidup. Warna yang jernih ini tidak mampu senantiasa diartikan sebagai putih dan hitam yang bersih, alasannya ikan mempunyai banyak jenis dan memiliki mata dengan warna natural masing-masing. Mata yang jernih pada ikan dapat diartikan bahwa mata tersebut tidak berwarna keruh atau kusam atau keabu-abuan.

Selain itu, bab mata ikan yang tidak lembek dikala ditekan juga mengindikasikan bahwa ikan masih dalam kondisi segar. Makara, saat kamu menemukan ikan dengan mata yang lembek serta warna yang kusam, mampu jadi ikan tersebut telah tidak segar lagi, terlebih jika mata tersebut telah terlepas dari badan ikan.

5. Sisik kuat

Saat hendak berbelanja ikan untuk dimasak, kamu mungkin berhadapan dengan dua opsi jenis ikan, yakni ikan yang bersisik dan ikan yang tidak bersisik. Kondisi sisik ikan ini juga bisa menawarkan berita apakah ikan tersebut masih dalam kondisi segar atau tidak.

Jika kamu ingin membeli ikan yang bersisik, tentukan ikan tersebut masih mempunyai sisik yang besar lengan berkuasa menempel pada tubuhnya. Namun, bila sisik ikan mudah terlepas, bisa jadi ikan tersebut sudah tidak lagi segar alasannya telah cukup lama terpapar suhu luar sehingga lapisan kulit itu menjadi rapuh.

Sementara itu, bila kau ingin membeli ikan yang tidak bersisik, kamu mampu mengecek bagian kulit ikan tersebut. Pastikan kulit ikan masih kencang dan tidak kisut. Sebagaimana sisik, kulit ikan yang mudah terkelupas dari dagingnya menerangkan bahwa ikan tersebut tidak lagi segar.

Itu dia kiat yang gampang dipraktekkan ketika hendak menentukan ikan segar. Jangan lupa untuk berkala mengonsumsi ikan supaya badan menerima asupan gizi yang bagus, utamanya untuk mendukung berkembang kembang anak.

Manfaatkan kartu kredit Bank Mayapada untuk berbelanja ikan dan membeli kebutuhan sehari-hari kamu di supermarket langganan. Banyak potongan harga dan promo menawan yang pastinya bikin hemat biaya belanja kau.

Pilih, olok-olokan, dan miliki kartu kredit Mayapada melalui CekAja.com sekarang juga. Prosesnya cepat, syaratnya gampang, dan banyak untungnya.