0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

5 Sma Swasta Terbaik Di Depok Berdasarkan Hasil Un 2019

Kota yang diketahui selaku kota Belimbing ini, nyatanya memiliki banyak sekolah terbaik loh, baik negeri maupun swasta. Mungkin sebagian dari kau hanya mengenali beberapa SMA Negeri favorit, mirip SMAN 1 Depok, SMAN 2 Depok dan SMAN 3 Depok. Namun bekerjsama, ada banyak SMA swasta terbaik di Depok yang juga tak kalah favorit dari SMA Negeri. Lantas, apa saja SMA swasta tersebut? Yuk, simak bersama-sama ulasan berikut ini.

Mengetahui 5 SMA Swasta Terbaik di Depok Berdasarkan Hasil UN 2019

5 Sekolah Menengan Atas Swasta Terbaik di Depok

Jika berbicara wacana SMA swasta terbaik di Depok, sejatinya ada banyak sekali sekolah yang menjadi favorit dan incaran para pelajar.

Hanya saja, di pembahasan kali ini CekAja.com akan mengulas lima Sekolah Menengan Atas swasta terbaik di Depok, berdasarkan hasil UN 2019 yang telah diperingkatkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lima Sekolah Menengan Atas swasta tersebut nantinya mampu kau jadikan tumpuan, dalam memilih sekolah yang cocok untuk anak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Maka dari itu, di bawah ini merupakan lima SMA swasta terbaik di Depok yang berhasil CekAja.com rangkum, di antaranya:

1. SMA IT Nurul Fikri

SMA IT Nurul Fikri

Alamat: Jl. H. Sairi No.145 RTM Kelapa Dua, Kel. Tugu, Kec. Cimanggis, Depok

Website: https://smait.nurulfikri.sch.id/

Akreditasi: A

Bukan sesuatu yang mengagumkan, kalau SMA IT Nurul Fikri masuk ke dalam salah satu Sekolah Menengan Atas swasta terbaik di Depok.

Pasalnya, sekolah Islam yang satu ini tidak hanya unggul dalam segi agama, namun juga unggul dalam bidang akademik.

Jika melihat data yang dilansir Kemendikbud, SMA IT Nurul Fikri berhasil menduduki peringkat satu dengan rata-rata nilai UN 2019 mencapai 77,6 untuk acara studi IPA dan 75,6 untuk acara studi IPS.

Didapatnya hasil UN 2019 yang memuaskan tersebut, membuat SMA IT Nurul Fikri terus mengasah dan menyebarkan potensi siswa-siswinya melalui penyediaan akomodasi sekolah yang bermutu yang dapat dinikmati.

Mulai dari lab e-learning, lab fisika, lab kimia, art gallery, perpustakaan, ruang konseling, ruang tahfidz, green house, klinik, lab komputer, hotspot area, masjid, kantin sehat dan lain sebagainya yang bisa siswa-siswi gunakan.

(Baca Juga: Sekolah Menengan Atas Swasta Terbaik di Bandung)

2. SMA Lazuardi Global Islamic School

SMA Lazuardi Global Islamic School

Alamat: Jl. Kampus Pakis – Jalan Raya Sawangan, Kel. Rangkapan Jaya Baru, Kec. Pancoran Mas, Depok

Website: https://lazuardi-high.sch.id/

Akreditasi: A

Sekolah yang mempunyai tagline Sekolah Islam Berwawasan Welas Asih ini, nyatanya juga menjadi Sekolah Menengan Atas swasta terbaik di Depok.

Terlihat dari rata-rata capaian hasil UN 2019 yang didapat SMA Lazuardi Global Islamic School, ialah sebesar 74,8 untuk acara studi IPA dan 67,8 untuk acara studi IPS.

Meski sudah dibuktikan unggul dalam bidang akademik, tetapi SMA swasta yang satu ini juga menawarkan suplemen acara unggulan yang sudah menjadi agenda wajib selama bersekolah, yaitu quantum pelatihan, infield camp, entrepreneur project, research, life skills, keputrian serta kegiatan dhuha bareng dan coffee morning.

Tidak hanya itu, ada pula acara ekstrakurikuler yang mampu diikuti siswa-siswi untuk mengasah kemampuan non akademik, mirip tahfidz quran, futsal, basket, aerobic, yoga, IT club, creative club, fotografi, fun cooking dan lain sebagainya.

3. Sekolah Menengan Atas Islam Dian Didaktika

SMA Islam Dian Didaktika

Alamat: Jl. Rajawali Blok F No.10, Cinere Estate, Depok

Website: https://diandidaktika.sch.id/

Akreditasi: A

SMA swasta terbaik di Depok yang berikutnya yaitu Sekolah Menengan Atas Islam Dian Didaktika. Sekolah yang berlokasi di tempat Cinere ini ialah salah satu sekolah unggulan yang sudah meluluskan siswa-siswi terbaik.

Pasalnya, 70 persen lulusan Sekolah Menengan Atas ini berhasil masuk ke beberapa Perguruan Tinggi Negeri Favorit, seperti UI, UGM, UNPAD, UNDIP, IPB, UNIBRAW, ITS, IPB dan Perguruan Tinggi yang lain.

Oleh sebab itu, tidak aneh bila hasil UN 2019 yang didapat SMA Islam Dian Didaktika sangat membuat puas, yaitu sebesar 70,3 untuk acara studi IPA dan 67,8 untuk acara studi IPS.

Selain itu, sekolah ini juga menggunakan Kurikulum Nasional yang ditambah dengan Kurikulum Dian Didaktika. Karena dalam kurikulum tersebut terdapat pendidikan kecerdikan pekerti yang menjadi ciri khas dari Kurikulum Pendidikan Dian Didaktika.

4. Sekolah Menengan Atas Pribadi

SMA Pribadi

Alamat: Jl. Margonda Raya No. 229, Kel. Kemiri Muka, Kec. Beji, Depok

Website: https://pribadidepok.sch.id/

Akreditasi: A

Sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Yenbu Indonesia ini, nyatanya tidak cuma menjadi salah satu Sekolah Menengan Atas swasta terbaik di Depok saja, namun juga menjadi sekolah swasta terbaik di Depok bertaraf internasional.

Terlihat dari metode pembelajaran yang diterapkan sekolah ini berbeda dari sekolah lainnya, alasannya telah memakai media digital.

Di mana, siswa-siswinya nanti akan diberikan sebuah Chromebook, sebagai media pembelajaran yang menggantikan fungsi buku pelajaran.

Tidak hanya itu, SMA Pribadi juga memadukan Kurikulum Nasional dengan Kurikulum Cambridge.

Dengan keinginan, nantinya para lulusan SMA Pribadi mampu berkompetisi dan bertahan di dunia yang terus meningkat .

Namun tampaknya, harapan tersebut telah tercapai bertahap. Melihat rata-rata hasil UN 2019 yang didapat SMA Pribadi cukup memuaskan, ialah sebesar 69,9 untuk program studi IPA.

5. SMA Ibnu Hajar Boarding School

SMA Ibnu Hajar

Alamat: Jl. Bungur 2, Kel. Harjamukti, Kec. Cimanggis, Depok

Website: https://ihbs.sch.id/

Akreditasi: A

Terakhir ada SMA Ibnu Hajar Boarding School, yang menjadi SMA swasta terbaik di Depok model CekAja.com.

Yang mana, Sekolah Menengan Atas ini mendapatkan rata-rata hasil nilai UN 2019 sebesar 69,6 untuk program studi IPA dan 65,5 untuk acara studi IPS.

Rata-rata nilai tersebut sangat masuk akal dicapai oleh Sekolah Menengan Atas Ibnu Hajar Boarding School, sebab pada dasarnya siswa-siswi SMA ini memang sudah banyak meraih prestasi dari aneka macam lomba. Mulai dari MHQ, futsal, taekwondo, English speech, archery, khitobah, science dan lain sebagainya.

Pencapaian itu juga ditunjang dengan adanya beberapa acara unggulan yang tersedia, mirip tahfidz Al-Alquran bersanad, takhassus bahasa Arab, acara Timur Tengah, ekstrakurikuler wajib panahan, ekstrakurikuler wajib taekwondo, ekstrakurikuler kedisiplinan dan yang lain yang menolong meningkatkan keahlian non akademik siswa-siswi SMA Ibnu Hajar Boarding School.

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Masuk Sekolah Menengan Atas

Jika di pembahasan sebelumnya kau telah mengenali lima SMA swasta terbaik di Depok, maka di pembahasan kali ini kau akan mengenali beberapa persiapan yang harus dilaksanakan sebelum masuk Sekolah Menengan Atas.

Khususnya bagi kau yang sedang mengurus persiapan masuk sekolah anak, ada baiknya jikalau mengenali terlebih dahulu beberapa hal yang harus kamu dan anak rencanakan sebelum era masuk sekolah dimulai, yang di antaranya:

Berkas daftar ulang

Hal pertama yang harus kau rencanakan, setelah menerima pengumuman jika kau diterima di sebuah SMA adalah berkas daftar ulang.

Biasanya berkas-berkas tersebut terdiri dari formulir data diri, pas foto hingga dokumen-dokumen penting yang lain terkait manajemen.

Pastikan kamu memiliki lembar salinan (fotokopi) dari semua dokumen tersebut, yang berkhasiat selaku cadangan bila sewaktu-waktu diharapkan.

Aktif bersosialisasi di lingkungan sekolah

Hal berikutnya yang perlu kau lakukan ialah bersikap aktif di lingkungan sekolah. Ketika telah masuk, pastikan kau keluar dari zona tenteram dan mencoba bersosialisasi dengan lingkungan gres.

Kamu bisa coba berkenalan dengan sobat baru, abang kelas, guru-guru sampai pedagang dan penjaga sekolah. Hal tersebut perlu dilakukan biar nantinya kamu memiliki banyak teman.

Karena, dengan memiliki banyak sobat kau akan sungguh terbantu dalam banyak hal, mulai dari pelajaran sampai kegiatan non akademik yang lain.

Memahami kurikulum yang diterapkan sekolah

Nyatanya mengerti kurikulum pendidikan yang diterapkan sekolah sungguh penting. Sebab, hal itu akan membantumu dalam mengetahui tata cara dan cara pengajaran guru-guru di sekolah.

Jika kurikulum pendidikan telah kamu mengerti, maka nantinya kamu pun akan gampang mengikuti keadaan dengan cara mencar ilmu di sekolah beserta bahan pelajarannya.

Gabung dengan ekskul yang disukai

Untuk memperbesar korelasi dan mengasah keahlian yang kau miliki, ada baiknya jika kamu bergabung dengan ekskul.

Biasanya, setiap sekolah menyediakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang mampu dibarengi oleh semua siswa-siswinya.

Mulai dari ekstrakurikuler yang berkutat di bidang olahraga, akademis, seni, musik dan lain sebagainya.

Dari semua klasifikasi tersebut, kamu bisa menentukan satu aktivitas ekstrakurikuler yang cocok dengan minat talenta.

Dengan begitu, kamu tidak hanya menambah hubungan, tetapi kamu juga melatih keterampilan yang telah kamu miliki sebelumnya.

Persiapkan biaya masuk sekolah

Dari empat antisipasi di atas, sesungguhnya yang paling utama dan paling penting untuk kamu rencanakan yaitu ongkos masuk sekolah.

Seperti yang dikenali, ongkos masuk sekolah khususnya SMA swasta terbaik condong mahal.

Terlebih, ada biaya-ongkos tak terduga yang lain yang perlu kau persiapkan. Seperti misalnya biaya untuk acara field trip, study tour, campus tour, expo, dan acara-aktivitas yang lain yang membutuhkan ongkos besar.

(Baca Juga: Rekomendasi SMP Swasta Terbaik di Bandung)

Hal itu pasti menciptakan pusing kalau kau tidak memiliki dana darurat. Tapi, kini telah bukan saatnya untuk kau berpusing-sakit kepala mempertimbangkan bagaimana cara membayar semua biaya tersebut.

Sebab, ada CekAja.com yang menyediakan tunjangan dana pendidikan dengan proses pengajuan yang gampang dan cepat.

Selain itu, mengajukan dukungan di CekAja.com juga dijamin aman, alasannya adalah telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kau sudah tidak butuhmerasa khawatir dan ragu lagi bila ingin mengajukan santunan dana tunai (KTA). Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, usikan kini juga!