0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

5 Olahraga Yang Direkomendasikan Ketika Puasa Beserta Waktu Terbaiknya

Menjalankan puasa Ramadhan bukan bermakna cuma berpangku tangan saja di rumah. Karena sebaiknya, momen ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk tetap produktif, salah satunya dengan berkala berolahraga. Lantas, apa saja sih olahraga yang dianjurkan saat puasa?

5 Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa Beserta Waktu Terbaiknya

5 Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa

Nah, dibandingkan dengan momen puasa Ramadhan cuma diisi dengan bersantai. Mending lakukan aneka macam hal produktif untuk menjaga badan tetap bugar, terlebih di tengah pandemi corona yang masih mengancam kesehatan dunia. Dan berikut 5 olahraga yang diusulkan dikala puasa, yuk simak!

1. Jogging

Jogging - 5 Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa Beserta Waktu Terbaiknya

Ini ialah acara olahraga yang direkomendasikan ketika puasa. Kamu bisa melakukannya di sore hari menjelang berbuka puasa, selama kurang lebih 30 menit saja. Gunakan metode ritme lari yang ringan dan santai biar tubuh tidak kehilangan cairan atau mengalami dehidrasi.

Sebelum memulai jogging, kerjakan pemanasan terlebih dahulu sebagai kode bagi tubuh untuk melaksanakan kegiatan fisik. Setelah itu, jangan lupa untuk mengakhirinya dengan pendinginan guna menurunkan secara berkala tingkat detak jantung dan tekanan darah. Gunakan senantiasa pernapasan hidung dan verbal, agar oksigen yang didapat ke otot cukup untuk menunjang kamu saat berlari.

2. Stretching ringan

Stretching ringan - 5 Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa Beserta Waktu Terbaiknya

Selain jogging, melakukan stretching ringan nyatanya juga termasuk dalam olahraga yang direkomendasikan saat puasa loh. Kamu mampu meluangkan waktu setidaknya 10 menit untuk melaksanakan aktivitas yang satu ini menjelang berbuka puasa, tepatnya diantara pukul 5 sampai 6 sore.

Melakukan stretching atau peregangan ringan dimaksudkan untuk menciptakan badan tetap bugar. Enggak cuma itu, stretching juga dianggap mampu menanggulangi stres atau kecemasan berlebih, menjaga dan meningkatkan kelonggaran tubuh, serta memperbaiki kualitas tidur.

3. Yoga

Yoga - 5 Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa Beserta Waktu Terbaiknya

Jika tidak sudah biasa melakukan stretching, pilihan olahraga yang diusulkan dikala puasa selanjutnya yang mungkin pantas kamu coba yakni yoga. Olahraga kalem ini tidak cuma bisa mempertahankan tubuh tetap sehat. Namun juga dapat membantu memperbaiki postur badan agar tampakideal.

Beberapa gerakan sederhana yoga yang bisa kau tirukan dirumah mirip cat-cow pose, downward dog, warrior one, forward fold, dan child pose. Usahakan untuk menggunakan matras khusus yoga atau setidaknya alas yang tenteram selama melaksanakan olahraga ini.

4. Bersepeda

Bersepeda - 5 Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa Beserta Waktu Terbaiknya

Bersepeda saat sore hari mampu jadi alternatif lainnya untuk mengisi waktu luang menjelang buka puasa. Dengan mencoba olahraga ringan yang satu ini, badan akan secara otomatis memperabukan 400 sampai 1000 kalori. Tak hanya itu saja, bersepeda juga sungguh dianjurkan bagi perempuan, guna meminimalkan rasa nyeri dikala haid sampai mencegah terbentuknya sel kanker payudara.

Supaya manfaat bersepeda yang kau mampu selama bulan mulia kian maksimal, sebaiknya kerjakan olahraga ini dengan teknik yang sempurna. Mulai dari memperhatikan irama kayuhan yang idealnya 60-80 putaran per meter, menentukan ukuran sepeda sesuai dengan postur badan, hingga memposisikan badan dengan benar semoga lebih rileks.

5. Naik turun tangga

Naik turun tangga - 5 Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa Beserta Waktu Terbaiknya

Olahraga yang diusulkan ketika puasa selanjutnya yakni naik turun tangga. Mungkin bagi sebagian orang, kegiatan mirip ini terkesan sepele. Padahal faktanya dengan rutin melaksanakan naik turun tangga selama 10 menit, kalori yang terdapat dalam badan bakal mengalami penurunan sebesar 178 kalori. Sehingga sangat cocok dijalankan bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Tapi yang perlu diingat, kerjakan olahraga ini dalam batas wajar .

Jika berlebihan dan dikerjakan dengan buru-buru, maka naik turun tangga kemungkinan bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Misalnya kekurangan cairan tubuh, keseleo, patah tulang kaki, radang sendi, dislokasi sendi kaki, dan cedera yang lain.

(Baca Juga: Tips Berolahraga Bersama Si Kecil Agar Tetap Bugar Saat Puasa)

Waktu Terbaik untuk Melakukan Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa

Olahraga saat puasa, kenapa tidak? Jika kau berpikir kalau acara tersebut justru membuat kau mudah lelah, anggapan ini salah. Sebab, puasa bukanlah halangan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

Namun memang, tidak semua olahraga yang direkomendasikan saat puasa. Intinya, tetap perhatikan waktu maupun intensitas ketika melakukan kegiatan yang satu ini. Jangan sampai hal-hal yang tidak diharapkan, salah satunya seperti kekurangan cairan tubuh terjadi dikala kau lalai menyesuaikan waktu berolahraga di tengah puasa.

Beberapa hebat beropini, waktu terbaik untuk melakukan olahraga saat puasa bantu-membantu tergantung dari kesanggupan masing-masing individu. Selama kamu tidak dalam kondisi lemas atau sakit kepala, olahraga bisa dikerjakan kapanpun. Namun idealnya, kamu mampu melaksanakan olahraga di waktu-waktu tertentu, mirip berikut ini.

  • Berolahraga sesudah sahur

Setelah menyantap sajian sahur, kau mampu mulai kerjakan olahraga ringan untuk bantu menjaga kebugaran tubuh selama puasa. Tetapi yang perlu diperhatikan, kegiatan ini baru boleh dijalankan 2 jam sesudah makan. Supaya asupan kuliner yang sebelumnya dikonsumsi, dapat tercerna dengan baik oleh badan.

  • Berolahraga sesaat sebelum berbuka puasa

Untuk menyingkir dari kondisi kelemahan cairan alias dehidrasi, semestinya lakukan olahraga ringan dengan usang waktu kurang dari 60 menit dikala menjelang buka puasa saja. Karena selain berguna untuk mengkremasi lebih banyak lemak dalam badan, olahraga sesaat sebelum buka puasa juga dianggap efektif bagi kau yang ingin menurunkan berat tubuh.

  • Berolahraga sesudah buka puasa

Ini ialah waktu terbaik untuk melakukan olahraga dengan intensitas cukup berat. Soalnya, tubuhmu telah kembali mendapatkan energi dengan mengonsumsi kuliner maupun minuman penunjang selama berbuka puasa. Namun pastikan untuk memberi jeda setidaknya 2 jam sesudah waktu berbuka puasa, supaya terhindar dari kondisi hernia diafragma.

Nah, itulah gugusan olahraga yang dianjurkan saat puasa. Selain menerapkan gaya hidup sehat, kamu juga mampu tambah proteksi untuk diri sendiri dan keluarga dengan menggunakan produk asuransi dari CekAja.com. Yuk, cek berita lengkapnya hanya di laman CekAja.com!