0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

5 Jenis Masakan Diet Yang Aman Bagi Penderita Maag

Untuk mendapatkan badan ideal, banyak orang melaksanakan pembatasan makanan . Tapi, pembatasan makanan yang dijalani para penderita maag memerlukan asupan makanan yang aman bagi lambung. Berikut lima makanan pembatasan makanan yang kondusif bagi penderita maag yang wajib kamu ketahui.

5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

Diet Aman untuk Penderita Maag

Anggapan bila pembatasan makanan mesti memaksakan diri untuk makan sesedikit mungkin bisa menjadi momok bagi para penderita maag. Bayangan saat itu juga perut akan mulas gara-gara asam lambung yang naik karena makan telat dengan porsi yang sungguh sedikit bisa membuatmerinding dan semakin ogah untuk melaksanakan pembatasan makanan .

Padahal, dengan pengaturan diet yang betul, orang yang sakit maag juga boleh pembatasan makanan kok!

Tipe makanan pembatasan makanan yang kondusif untuk para penderita maag yakni kuliner yang dapat dicerna dengan mudah dan lunak, tidak merangsang naiknya asam lambung mirip masakan asam dan pedas, serta asupan makan yang terorganisir.

Makara, buat kamu yang menderita sakit maag tapi ingin pembatasan makanan , wajib menentukan jam makan yang terencana dan tidak menangguhkan -nundanya sebab mampu menimbulkan iritasi pada lambung kau, lho!

Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

1. Makanan Dengan Kadar Karbohidrat yang Pas

Makanan Dengan Kadar Karbohidrat yang Pas

Apa kamu pernah menonton film Imperfect yang tayang pada tahun 2019 kemudian? Dalam film itu, Rara, dimainkan oleh Jessica Mila, jatuh sakit sebab kekurangan karbohidrat! Nah, kamu enggak mau, kan, datang-datang pingsan gara-gara menghindari zat gizi utama tubuh ini?

Kebanyakan orang yang lagi diet menghindari karbohidrat, padahal kamu memerlukan variasi protein, lemak, dan karbohidrat sebagai sumber utama energi.

Kalau kamu ragu untuk mengonsumsi nasi putih mirip biasa, kau bisa mengubahnya dengan oatmeal, roti gandum, atau nasi merah. Makanan alternatif ini mampu menstabilkan kadar asam lambung dan bikin kau merasa kenyang lebih lama.

Kentang rebus atau biji-bijian juga masuk ke dalam makanan pembatasan makanan yang kondusif bagi penderita maag. Jika jenuh dengan sumber karbohidrat yang itu-itu saja, kamu bisa menggantinya sesuai selera.

Nah, mumpung kamu lagi melaksanakan acara diet, hindari juga konsumsi karbohidrat yang berlebihan. Terutama karbo yang berasal dari kuliner manis seperti donat dan kue.

Mereka memang sungguh yummy, namun gula rafinasi yang terdapat di kuliner cantik mampu menyebabkan gula darah meningkat. Jika sampai ini terjadi, perut kau bakal kian perih.

(Baca Juga: Resep Sandwich Tempe dan Kurma yang Ampuh Atasi Maag)

2. Daging dan Ikan Tanpa Lemak

Daging dan Ikan Tanpa Lemak - 5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

Seperti disebutkan di atas, protein ialah nutrisi yang sungguh diperlukan tubuh. Tapi, bagi penderita maag diusulkan pula untuk merenggangkan beban kerja lambung dengan makan. Hal ini bisa kamu jalani sekaligus dengan mengonsumsi daging dan ikan tanpa lemak.

Apa saja sih ikan yang sesuai untuk penderita maag? Ada banyak kok! Kamu bisa makan ikan seperti salmon, tuna, kod, dan sarden.

Semua itu ialah kuliner pembatasan makanan yang aman bagi penderita maag, sebab rendah lemak tetapi tinggi protein. Mengonsumsinya berguna untuk pembentukan sel pada tubuh dan cocok untuk perut sensitif kamu.

Sedangkan untuk daging, kau diperbolehkan mengkonsumsi daging sapi dan ayam tanpa lemak atau kulit. Putih telur juga menjadi kuliner diet yang aman untuk penderita maag.

Meskipun kau sudah percaya bahwa daging yang mau kamu konsumsi memiliki kadar lemak yang rendah, pastikan kamu juga mengolahnya dengan tepat, ya.

Olahan bersantan kental mirip gulai, kare, dan opor atau bumbu pedas yang pakai sambal, saus cabai, atau merica yang berlebihan, malah mampu mengiritasi dinding lambung kau!

3. Sayuran Rendah Asam

Sayuran Rendah Asam - 5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

Ternyata, tidak semua sayuran masuk ke dalam kuliner pembatasan makanan yang aman bagi penderita maag. Kamu wajib makan sayuran yang tidak mengandung gas dan memiliki kadar asam yang rendah supaya tidak menyebabkan asam lambung naik.

Asparagus, kacang hijau, seledri, dan brokoli yakni makanan pembatasan makanan yang aman untuk penderita maag. Sebab, sayuran hijau tersebut tingkat keasamannya termasuk rendah dan punya banyak serat yang mampu bikin usus tetap sehat.

Brokoli sendiri terbukti ampuh mengurangi rasa sakit di lambung akhir maag. Si hijau yang satu ini berperan sebagai antibakteri yang mengandung zat sulforaphane, fungsinya mampu melawan helicobacter pylori, kuman jelek di susukan pencernaan kita yang sifatnya negatif.

Sayuran umbi akar juga menjadi masakan pembatasan makanan yang aman untuk penderita maag alasannya adalah minim gas. Misalnya seperti kentang, wortel, dan bit.

Namun, ada pula beberapa sayur yang malah membuatperut kamu nyeri alasannya adalah asam lambung naik. Yakni sayuran dengan kandungan gas tinggi semacam kembang kol, sawi, dan kubis. Sayuran yang dimasak menjadi makanan dengan tingkat keasaman tinggi mirip acar dan asinan mesti dikesampingkan.

(Baca Juga: 7 Obat Alami Penderita Maag Herbal)

4. Buah-buahan Rendah Asam

Buah-buahan Rendah Asam - 5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang mampu berfungsi untuk pembentukan energi dan mengembangkan metabolisme dalam badan.

Sama mirip sayuran, buah-buahan yang masuk selaku masakan pembatasan makanan yang aman bagi penderita maag ialah buah yang tidak memiliki tingkat keasaman tinggi.

Kamu mesti menghindari buah dengan tingkat keasaman tinggi mirip lemon, jeruk, dan tomat. Walau mengandung vitamin C yang bisa menjaga daya tahan badan, kamu tetap tak boleh mengonsumsinya secara berlebihan biar maag tidak kambuh.

Juga, tinggalkan jauh-jauh buah-buahan dengan kadar gas tinggi mirip nangka, kedondong, dan pisang ambon. Buah-buahan yang memproduksi gas setelah kamu makan mampu mengakibatkan naiknya asam lambung.

5. Tanaman Herbal

Tanaman Herbal - 5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

Tanaman herbal pastinya menjadi salah satu masakan diet yang kondusif bagi penderita maag. Seperti jahe yang mampu menertibkan rasa lapar dan mempercepat pembakaran lemak badan. Di sisi lain, jahe juga berguna mengatasi iritasi lambung.

Selain selaku bumbu dapur, olahan jahe yang lezat dimakan ialah wedang jahe hangat atau ronde dan tahwa.

Untuk cemilan, pengecap buaya yang berkhasiat melancarkan pencernaan bisa disantap mentah atau dijus. Dengan catatan harus direndam semalaman biar rasa pahit dan lendirnya hilang.

Lidah buaya ampuh menghalangi buatan asam lambung yang berlebihan dan menjadikan peradangan.

Setelah mengetahui kuliner pembatasan makanan yang aman untuk penderita maag, kamu wajib juga menyingkir dari kuliner bersantan, berlemak tinggi dan yang punya level kepedasan tinggi. Semuanya demi keberhasilan pembatasan makanan yang dijalani.

Selain berdiet, kesehatan tubuh juga perlu dilindungi dengan asuransi. Bandingkan dan ejekan asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu hanya melalui tahapan gampang di CekAja.com.