0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

5 Hal Yang Bikin Ac Mobil Cepat Rusak, Sering Tak Kita Sadari!

Beberapa hal yang bikin AC mobil cepat rusak ternyata sering tidak kita sadari. Bermula dari kebiasaan jelek dalam menggunakan kendaraan beroda empat, hal itu malah menjadi penyebab AC mobil rusak.

Dalam berkendara, ketentraman menjadi hal penting untuk penggunanya biar perjalanan yang dilalui tidak terlalu menciptakan tubuh lelah.

Mobil menjadi salah satu kendaraan pilihan banyak orang dalam bertransportasi, baik dalam jarak bersahabat maupun jauh.

Di Indonesia sendiri, banyak penduduk yang bepergian dengan kendaraan roda empat ini. Penggunaannya mulai dari perjalanan dalam kota, sampai antar kota dan antar provinsi.

Selain mampu memuat beberapa penumpang sekaligus, kendaraan beroda empat juga mempunyai kursi dan interior yang nyaman. Ada pula fasilitas pendingin udara atau air conditioner (AC) yang menjaga suhu di dalam kendaraan tetap sejuk.

Tapi, tahukah kamu jikalau ada hal yang membuatAC kendaraan beroda empat cepat rusak yang sering tidak kita sadari? Kebiasaan penggunaan kendaraan beroda empat dengan cara yang salah bisa menghancurkan AC tanpa kita pahami.

Komponen AC Mobil

Kamu mungkin mengajukan pertanyaan-tanya perihal bentuk mesin penghasil udara sejuk dari AC mobil. Di dalam sistem AC kendaraan beroda empat, terdapat beberapa komponen yang akhirnya bisa menghasilkan udara sejuk tersebut.

Berikut ini komponen-unsur di dalam tata cara AC mobil beserta fungsinya:

Kompresor

Fungsinya mengalirkan Freon ke dalam sistem AC mobil. Freon sendiri ialah senyawa kimia dalam bentuk permulaan gas yang berfungsi selaku pendingin.

Kompresor mampu dihidupkan atau dimatikan berkat mesin kendaraan beroda empat.

Kondensor

Fungsinya mencairkan gas Freon dengan cara melepaskan panas ke udara luar lewat bab sisinya.

Filter/dryer

Fugsinya mengubah Freon cair dari tekanan tinggi ke tekanan rendah dalam bentuk kabut.

Evaporator

Fungsinya mengambil udara panas yang ada di luar, lalu dialirkan ke segi evaporator yang hambar.

Sehingga udara sejuk di dalam mobil terasa, lalu udara dibuang ke luar kembali semoga terjadi sirkulasi udara yang baik.

(Baca Juga: Perbedaan Service Berkala dan Tune Up Mobil, Beserta Biayanya)

Cara Kerja AC Mobil

Selain itu, cara kerja AC mobil juga perlu diketahui, biar klarifikasi perihal hal yang membuatAC kendaraan beroda empat cepat rusak dapat dipahami sepenuhnya.

AC kendaraan beroda empat bekerja dengan peran mesin mobil, sumber tenaga dari aki mobil, dan bagian-komponen di atas.

Cara kerja AC mobil bermula dari mesin mobil yang menggerakkan kompresor untuk mengalirkan Freon ke sistem pendingin. Kemudian, Freon masuk ke kondensor untuk didinginkan.

Proses pendinginan dikerjakan dengan cara melepas panas ke udara melalui sirip kondensor. Di sini lah Freon dalam bentuk gas beralih menjadi bentuk cair.

Selanjutnya, Freon cair disaring oleh filter/dryer biar tidak ada kotoran yang terbawa ke dalam tata cara pendingin.

Selain itu, dalam proses ini Freon cair diturunkan tekanannya sehingga bersuhu masbodoh dan berubah bentuk menjadi kabut.

Freon dalam bentuk kabut ini disalurkan ke evaporator yang lalu menciptakan evaporator sendiri bersuhu acuh taacuh.

Evaporator yang acuh taacuh akan menguras udara panas di dalam mobil, dan merubahnya menjadi udara sejuk, lalu dikeluarkan kembali ke dalam kendaraan beroda empat.

Barulah lalu suhu di dalam mobil perlahan akan kian menurun dan hasilnya terasa sejuk.

Hal yang Bikin AC Mobil Cepat Rusak

AC kendaraan beroda empat akan melakukan pekerjaan dengan baik bila penggunanya merawat dan memakai mobil dengan cara yang baik pula.

Tanpa disadari, ada kebiasaan yang mampu menciptakan kinerja AC kendaraan beroda empat menurun bahkan rusak.

Berikut ini beberapa hal yang membuatAC mobil cepat rusak:

1. Merokok di Dalam Mobil

Hal yang bikin AC kendaraan beroda empat cepat rusak yang pertama yaitu kebiasaan merok di dalam mobil dalam kondisi AC menyala.

Abu rokok yang tersedot ke evaporator bisa menumpuk dan mengotori filter/dryer. Akibatnya, AC mobil akan bekerja lebih berat sehingga udara terasa tidak terlampau dingin.

Maka dari itu, merokok di dalam mobil sangat tidak direkomendasikan, baik dalam kondisi AC menyala maupun mati.

Merokok saat berkendara juga mampu mengakibatkan terjadinya kebakaran di dalam mobil, serta melanggar hukum alasannya debu rokok mengusik pengendara lain di jalan raya.

(Baca Juga: 10 Merk Pengharum Mobil Terbaik yang Menyegarkan)

2. Membuka Jendela Mobil Saat AC Menyala

Selain merokok, jendela mobil yang terbuka saat AC menyala juga menjadi hal yang bikin AC kendaraan beroda empat cepat rusak.

Jendela yang terbuka lama akan menciptakan kompresor mobil mesti bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu di dalam kendaraan beroda empat.

Jika kebiasaan ini terjadi terus menerus, maka daya hisap evaporator juga bisa melemah dan menciptakan AC mobil cepat rusak.

Saat AC menyala, tentukan semua jendela tertutup rapat.

3. Menggunakan Pewangi Berbentuk Gel

Hal yang membuatAC kendaraan beroda empat cepat rusak lainnya ialah soal penggunaan pewangi kendaraan beroda empat dalam bentuk gel. Pewangi gel umumnya dipilih alasannya aromanya lebih tahan lama dan baka dipakai.

Tapi, bentuk gel pada pewangi akan berubah menjadi gas. Jika masuk ke akses evaporator, gas ini akan mengkristal dan menjelma zat padat.

Hal ini akan mengganggu kerja evaporator, dan menimbulkan AC kendaraan beroda empat cepat rusak.

4. Mematikan Mesin Mobil Saat AC Menyala

Saat sedang berhenti sejenak di sebuah kawasan, pengguna mobil acap kali tetap menyalakan AC ketika mesin kendaraan beroda empat mati.

Tujuannya agar suhu di dalam mobil tetap terasa sejuk, sampai dikala penggunanya kembali ke kendaraan beroda empat tersebut.

Hal ini memang tidak eksklusif membuat kinerja AC melemah atau eksklusif rusak, tetapi jikalau dibiarkan dalam waktu lama, maka tetap saja ini yaitu hal jelek.

Mematikan dan lalu membangkitkan kembali mesin mobil akan membuat arus listrik pada aki tidak stabil.

Karena aki tetap harus mengalirkan energi untuk menciptakan AC tetap menyala. Ini pasti akan merusak banyak sekali bagian kendaraan beroda empat, tergolong AC.

Makara, jangan lakukan hal yang bikin AC mobil cepat rusak ini. Untuk mempertahankan kinerja mobil tetap baik, matikan AC dikala kau ingin mematikan mesin kendaraan beroda empat.

5. Kabin Mobil Kotor

Terakhir, kabin mobil yang tidak terjaga kebersihannya juga menjadi hal yang bikin AC mobil cepat rusak.

Debu yang ada di dalam kendaraan beroda empat yang jarang dibersihkan akan ikut mengotori filter/dryer AC.

Dalam jangka waktu yang usang, kotoran ini akan mengganggu kinerja komponen dalam tata cara AC dan membuat AC menjadi rusak.

Itulah hal buruk yang bisa mempercepat rusaknya AC mobil. Pastikan kau merawat mobil dan komponennya dengan baik untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Jangan lupa pula untuk berkala menservis mobil ke bengkel langgananmu secara terencana. Untuk pembayarannya, kau mampu memakai kartu kredit dengan cicilan ringan.

Tak usah gundah memilih kartu kredit yang sesuai untuk kebutuhanmu. Sistem perbandingan di situs CekAja.com akan membantumu mendapat anjuran kartu kredit terbaik.

Selain itu, kau juga bisa mengajukan kepemilikan kartu kredit secara mudah dengan mengisi formulir online. Dengan syarat yang mudah, kamu bisa mempunyai kartu kredit cicilan ringan dengan suku bunga kompetitif.

Semua transaksi di CekAja.com dijamin kondusif dan terpercaya, alasannya adalah CekAja.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, bandingkan dan ejekan kartu kredit untukmu sekarang juga!