0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

5 Faktor Penentu Limit Kartu Kredit Bca Dan Kebijakannya

Bagi pengguna kartu kredit, perumpamaan “limit” pasti telah tidak ajaib didengar. Pasalnya, limit ialah batas optimal nominal, untuk penggunaan kartu kredit dalam bertransaksi. Setiap bank penerbit kartu kredit, umumnya menunjukkan limit yang berlainan untuk masing-masing produknya. Begitu pula dengan bank BCA, yang memperlihatkan limit terhadap setiap nasabahnya berlainan-beda. Lantas, apa saja aspek penentu limit kartu kredit BCA? Yuk, simak ulasan berikut!

Mengetahui 5 Faktor Penentu Limit Kartu Kredit BCA beserta Kebijakannya

1. Penghasilan

Faktor penentu limit kartu kredit BCA yang pertama yaitu penghasilan. Di mana, penghasilan menjadi aspek utama yang menentukan besarnya limit kartu kredit. Sebab, kian besar penghasilan, maka kian besar pula limit yang diberikan.

Tidak hanya itu, bank BCA umumnya memperlihatkan limit untuk nasabahnya tiga kali lebih besar dari penghasilan per bulan. Seperti misalnya, kau memiliki penghasilan per bulan sebesar Rp5 juta.

Maka, bank penerbit kartu kredit dalam hal ini BCA mampu memberikanmu limit sampai Rp15 juta. Namun perlu dikenang, bahwa BI sudah mempunyai kebijakan maksimum untuk plafon kartu kredit.

2. Status Kepemilikan Tempat Tinggal

Status Kepemilikan Tempat Tinggal

Status kepemilikan daerah tinggal atau rumah, nyatanya juga menjadi salah satu faktor penentu limit kartu kredit BCA. Sebab, pihak bank kadang-kadang menanyakan hal ini ketika nasabah ingin mengajukan kartu kredit.

Hal tersebut dikarenakan, seluruh bank penerbit kartu kredit termasuk bank BCA, akan lebih memprioritaskan nasabah dengan status kepemilikan rumah yang sudah jelas, atau kepemilikan sendiri dibandingkan nasabah yang masih kost atau mengontrak.

(Baca Juga: Cara Praktis Mengajukan Kenaikan Limit Kartu Kredit)

3. Domisili

Domisili

Berikutnya ialah domisili, yang menjadi faktor penentu limit kartu kredit. Seperti yang diketahui, ketika mengajukan pengerjaan kartu kredit, nasabah sudah niscaya diminta untuk mengajukannya sesuai dengan domisili atau tempat tinggal.

Hal itu dilaksanakan oleh pihak bank sebetulnya dengan tujuan, supaya kedepannya pihak bank dapat dengan gampang menemukan nasabah, bila sewaktu-waktu nasabah memiliki tunggakan pembayaran kartu kredit.

Selain itu, domisili juga menunjukkan pengaruh terhadap besar kecilnya limit yang diberikan. Karena, bila kamu tinggal di sebuah daerah dalam jangka waktu yang lama, maka limit yang hendak diberikan pihak kartu kredit berkemungkinan akan lebih besar.

Begitu pun sebaliknya, kalau kamu sering berpindah tempat tinggal, maka limit kartu kredit yang hendak kau peroleh pun mungkin lebih kecil nilainya.

4. Total Kartu Kredit yang Dimiliki

Total Kartu Kredit

Satu hal yang perlu kamu pahami, bahwa ternyata total atau jumlah kartu kredit yang kamu miliki jadi salah satu faktor penentu limit kartu kredit BCA juga, loh! Semakin banyak kartu kredit yang telah kau miliki, maka limit yang diberikan bank BCA pun mungkin akan lebih kecil.

Pasalnya, bank BCA dan bank-bank lainnya tentu lebih memprioritaskan nasabah yang belum memiliki kartu kredit sebelumnya. Terlebih bagi nasabah sendiri, sebisa mungkin tidak memiliki kartu kredit lebih dari dua.

Mengikuti hukum serta himbauan dari Bank Indonesia (BI), bahwa nasabah dengan penghasilan per bulan sekitar Rp3 – 10 juta, tidak boleh memiliki kartu kredit lebih dari dua jenis.

Aturan tersebut sejatinya dibuat untuk meringankan nasabah dan menangkal terjadinya tunggakan pembayaran cicilan kartu kredit.

5. Total Kredit

Total Kredit

Faktor penentu kartu kredit yang kelima yakni total kredit. Sebab, besarnya total kredit konsumtif yang dimiliki nasabah cuma akan memperkecil limit yang diberikan pihak bank.

Karena intinya, bank akan melihat apalagi dulu apakah nasabah sudah memiliki hutang atau tidak sebelumnya, baik hutang KPR, KTA dan lain sebagainya. Apabila nasabah bebas dari segala jenis hutang, maka bank bisa menunjukkan limit yang besar untuk kartu kredit mu.

Peraturan Kartu Kredit BCA terkait Pemberian Limit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa setiap bank penerbit kartu kredit mempunyai kebijakan atau peraturan khusus terkait tunjangan limit kartu kredit. Termasuk bank BCA, yang juga mempunyai peraturan tersendiri untuk derma limit kartu kredit.

Sejatinya, limit kartu kredit yang diberikan Bank BCA tidak mengacu pada nominal. Tetapi mengacu pada kesanggupan finansial para nasabahnya. Untuk itu, tak aneh jika bank BCA sampai saat ini tidak pernah mencantumkan nominal limit kartu kredit BCA.  

Hal itu dikarenakan, bank BCA hanya memutuskan batas-batas limit kartu kredit yang bisa digunakan per harinya sebesar 40 persen. Sehingga, jika kamu menggunakannya lebih dari 40 persen, maka kamu akan dikenakan ongkos over limit kartu kredit BCA.

Bank BCA sendiri akan mengenakan biaya over limit sebesar Rp40 ribu untuk setiap jenis kartu kredit, baik yang berlogo Visa atau Mastercard.

Jenis Kartu Kredit BCA dan Limit yang Diberikan

Setelah mengenali apa saja faktor penentu limit kartu kredit BCA dan peraturan yang diberikan, kini saatnya untuk kau mengenali jenis-jenis kartu kredit BCA beserta perkiraan limit yang diberikan.

Karena pada pembahasan sebelumnya telah disinggung, bahwa bank BCA tidak pernah secara lantang menyebutkan limit untuk setiap produk kartu kreditnya.

Oleh karena itu, di bawah ini CekAja.com akan mengulas berbagai jenis kartu kredit BCA dan kisaran besaran limitnya, yang telah dirangkum dari aneka macam sumber.

Jenis Kartu Kredit BCABesaran Limit
BCA Everyday CardRp3 Juta
BCA IndomaretRp3 Juta
BCA PlatinumRp20 Juta
BCA Mastercard MatahariRp3 Juta
BCA Mastercard PlatinumRp20 Juta
BCA Mastercard BlackRp20 Juta
BCA Visa PlatinumRp20 Juta
BCA Visa BatmanRp3 Juta
BCA Visa BlackRp20 Juta
BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa SignatureRp20 Juta
BCA Singapore Airlines PPS Club Visa InfiniteRp49 Juta
BCA SmartcashRp10 – 100 Juta
BCA Visa CorporateRp5 Juta
BCA Card RegularRp3 – 4 Juta
BCA Card GoldRp3 Juta
BCA Visa RegularRp3 Juta
BCA Mastercard RegularRp3 Juta
BCA Mastercard GoldRp3 Juta

(Baca Juga: Promo Terbaru Kartu Kredit BCA)

Itulah beberapa aspek penentu limit kartu kredit BCA, kebijakan serta limit yang diberikan untuk setiap produknya. Kaprikornus, bagi kau yang ingin mengajukan kartu kredit, tentukan kamu tidak berekspektasi terlalu tinggi terkait limit yang akan diberikan.

Sebab, bank BCA memberikan limit kartu kredit sesuai dengan besaran penghasilan yang kau miliki setiap bulannya. Untuk itu, jika kau ingin mendapatkan limit kartu kredit BCA yang besar, tentukan apalagi dahulu bahwa kau memiliki penghasilan yang besar pula.

Kini kamu sudah mengetahui bukan, faktor penentu besaran limit kartu kredit BCA? Makara tunggu apalagi, eksklusif saja ejekan kartu kredit BCA terbaik impianmu dengan gampang dan cepat di CekAja.com!