0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

5 Crazy Rich Yang Gelontorkan Uang Untuk Penanganan Corona Di Indonesia

Penyebarannya yang begitu cepat menciptakan virus Corona atau Covid-19 begitu angker. Belum ditemukannya vaksin membuat banyak tenaga kesehatan seperti dokter dan suster kerepotan mengatasi para korban yang aktual terinfeksi Covid-19.

Prajogo Pangestu

Di segi lain, minimnya ketersediaan alat pelindung diri atau APD bagi tenaga medis menjadi duduk perkara tersendiri dalam penanganan para korban virus Corona. Tanpa APD yang memadai, pergi merawat para korban virus Corona sama dengan bunuh diri bagi para tenaga medis.

Tak heran jika lalu banyak pinjaman diberikan guna memenuhi keperluan APD bagi para tenaga medis. Selain itu, banyak juga bantuan diberikan bagi masyarakat yang tidak bekerja alasannya adalah terpaksa harus ada di rumah sesuai dengan imbauan pemerintah.

Beberapa crazy rich individual atau lewat perusahaannya tercatat banyak menunjukkan bantuan untuk penanganan virus Corona di Indonesia. Berikut daftar crazy rich yang menyumbang duit untuk penanganan virus Corona di Indonesia.

1. Zhang Yi Ming, Bos TikTok

Zhang Yi Ming Bos TikTok - 5 Crazy Rich yang Gelontorkan Uang untuk Penanganan Corona di Indonesia

Zhang Yi Ming merupakan pengusaha asal China dibalik populernya aplikasi TikTok. Zhang ialah pendiri ByteDance yang merupakan induk dari aplikasi TikTok.

Melalui aplikasi yang tengah digandrungi penduduk tersebut, Zhang memperlihatkan pertolongan sebesar Rp100 miliar terhadap Gugus Tugas Covid-19 sementara waktu lalu. Bantuan tersebut diberikan Zhang untuk memperbesar persediaan segala jenis perlengkapan medis yang diharapkan guna memerangi Covid-19.

Dengan meroketnya aplikasi TikTok, Zhang sekarang menduduki peringkat ke-61 orang terkaya dunia versi Forbes. Adapun kekayaannya tercatat mencapai US$16,2 miliar atau setara dengan Rp243 triliun. Zhang juga sekarang menjadi satu dari 10 orang terkaya di China.

2. Dato Sri Tahir, Bos Mayapada Group

Dato Sri Tahir Bos Mayapada Group - 5 Crazy Rich yang Gelontorkan Uang untuk Penanganan Corona di Indonesia

Crazy rich selanjutnya yang menyumbang pertolongan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia yakni Dato Sri Tahir. Pria pemilik Mayapada Group dan juga Tahir Foundation.

Tahir menyumbang duit sebesar Rp52 miliar yang dialokasikan ke sejumlah daerah. Bantuan sebesar Rp22 miliar diberikan ke warga DKI Jakarta melalui Masjid Istiqlal. Kemudian Rp30 miliar sisanya didistribusikan merata ke Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

(Baca juga: 4 Fakta Menarik Crazy Rich Indonesian Versi Forbes)

Adapun kekayaan Tahir tercatat sebesar US$4,1 miliar atau setara dengan Rp66 triliun. Angka tersebut membuatnya selaku orang terkaya nomor 4 di Indonesia dan nomor 437 di dunia.

3. Astra International

Astra International - 5 Crazy Rich yang Gelontorkan Uang untuk Penanganan Corona di Indonesia

Salah satu perusahaan besar yang turut menyumbang dana untuk memerangi Covid-19 ialah PT Astra International Tbk. Perusahaan-perusahaan yang berada di bawah naungan Grup Astra tersebut melaksanakan penggalangan dana dan sukses menghimpun perlindungan hingga Rp63 miliar.

Bantuan tersebut diserahkan lewat Yayasan Nurani Astra dalam bentuk alat-alat yang mampu dipakai untuk menghalangi penyebaran Covid-19 mirip alat uji, APD, hand sanitizer, sampai desinfektan.

Bukan cuma itu, bantuan lainnya juga berupa 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up, dan 10 unit truk kepada Palang Merah Indonesia (PMI) guna operasional penyemprotan desinfektan.

4. Prajogo Pangestu, Pendiri Barito Pacific Group

Prajogo Pangestu Pendiri Barito Pacific Group - 5 Crazy Rich yang Gelontorkan Uang untuk Penanganan Corona di Indonesia

Prajogo Pangestu ialah pendiri Barito Pacific Group. Orang terkaya nomor 5 di Indonesia dengan total kekayaan Rp56 triliun ini tercatat menggelontorkan bantuan senilai Rp40 miliar guna penanganan Covid-19 di Indonesia.

Bantuan dengan nilai tersebut datang dari beberapa anak perusahaan Barito Pacific seperti Chandra Asri, Star Energy, dan Yayasan Bhakti Barito. Bantuan dalam bentuk alat-alat kesehatan itu beberapa di antaranya diantarkan ke Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri yang lalu disalurkan ke tempat tinggal sakit yang dikontrol oleh BUMN.

5. Wardah

Wardah - 5 Crazy Rich yang Gelontorkan Uang untuk Penanganan Corona di Indonesia

Wardah lewat perusahaan yang menaunginya yakni PT Paragon Technology and Innovation (Paragon) juga turut menyumbang untuk memerangi penyebaran virus Corona di Indonesia.

Mereka diketahui menawarkan derma senilai Rp40 miliar dalam bentuk alat kesehatan ke sejumlah rumah sakit. Alat-alat kesehatan itu diberikan Paragon ke RS Persahabatan, RS Pelni, dan RSPI Sulianto Saroso.

Adapun alat-alat kesehatan yang diberikan oleh Paragon ke tempat tinggal sakit tersebut di antaranya adalah alat swab, mobile x-ray, ventilator, dan yang lain.

Itu tadi golongan crazy rich yang berkat kekayaan yang dimilikinya mampu berbuat kebaikan untuk menolong sesama. Namun, untuk membantu orang lain yang memerlukan tidak mesti menunggu diri kamu menjadi crazy rich juga gaes.

(Baca juga: Tetap Sederhana Meski Duit Tak Berseri, Ini Gaya 4 Crazy Rich Termasuk Ciputra)

Sekecil apapun bantuan yang kamu berikan, asalkan nrimo dan nrimo pasti bermanfaat bagi kerabat-saudara kita yang kurang beruntung.

Misalnya, kau mampu saja membagikan paket sembako ke orang-orang di lingkungan kamu yang membutuhkan. Kalau dana yang kau miliki kini kurang, olok-olokan pinjaman terhadap bank CTBC berupa Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Nanti sehabis kamu gajian atau memperoleh penghasilan, segera lunasi utang tersebut. Ingat, mengajukan KTA CTBC-nya lewat CekAja.com ya.