0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

5 Bahaya Tidur Dengan Lampu Terang, Tim Takut Gelap Wajib Penting Penting!

Sejauh ini, ada dua tipe orang yang mampu dilihat dari kebiasaannya ketika tidur, ialah tidur dalam kondisi lampu mati dan menyala. Tapi tahukah kau, bahwa tidur dengan lampu mati ternyata lebih sehat, dibandingkan dengan lampu menyala dengan terperinci. Penasaran kenapa hal itu bisa terjadi? Yuk intip gosip berikut ini, terkait ancaman tidur dengan lampu terperinci.

bahaya tidur dengan lampu terang, tim takut gelap wajib baca ini

Namun, sebelum kita membicarakan terkait ancaman tidur dengan lampu jelas, seharusnya simak apalagi dahulu sekilas gosip terkait lampu, sampai bantuan sebuah cahaya kepada tubuh manusia. 

Beda Warna Lampu, Beda Efek

Seperti yang diketahui bahwa lampu memiliki jenis warna yang bermacam-macam, mulai dari warna putih, kuning, biru, dan lain-lain. Nah, setiap warna cahaya yang dihasilkan lampu, ternyata juga mampu menyebabkan efek kepada badan yang berbeda. 

Misalnya, lamp dengan cahaya warna biru pada siang hari, mampu menunjukkan efek kasatmata pada suasana hati, hingga mampu memajukan konsentrasi. Namun, beda lagi efeknya kalau kamu menyaksikan lampu dengan cahaya warna biru dikala malam hari. 

Pasalnya, sinar warna biru di malam hari, justru bisa menunjukkan efek negatif pada tubuh, ketika badan telah waktunya beristirahat.

(Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menghemat Energi, Pakai Lampu LED Salah Satunya)

Sinar Terang Bisa Menghambat Pembentukan Hormon Melatonin

Hormon melatonin sendiri merupakan hormon yang bisa memengaruhi irama sirkadian tubuh atau irama biologis tubuh, yang berlangsung selama 24 jam. Akan namun, pembentukan hormon melatonin bisa terhambat jika tubuh terkena pancaran sinar terperinci dikala tidur malam atau ketika badan sudah waktunya beristirahat. 

Apa jadinya bila badan kekurangan hormon melatonin? Kekurangan melatonin pada badan, bisa berakibat adanya gangguan tidur dan gangguan kesehatan secara biasa . 

Bahkan, hormon melatonin sering dipakai sebagai obat tidur, untuk menolong orang yang tak bisa tidur, sehingga dia mudah terlelap. 

Pasalnya, dengan tidur yang nyenyak, akan menciptakan tubuh menjadi segar kembali dikala pagi hari. Sehingga, para mahir pun menyarankan untuk tidur mulai dari tujuh sampai sembilan jam, biar badan bisa mendapatkan energi dan tetap sehat. 

Nah, buat kau yang masih umumtidur dengan lampu menyala, seharusnya pahami bahaya tidur dengan lampu jelas berikut ini deh.

Bahaya Tidur dengan Lampu Terang

1. Insomnia atau Gangguan Siklus Tidur

insomnia - 5 Bahaya Tidur dengan Lampu Terang Tim Takut Gelap Wajib Baca Ini

Bahaya tidur dengan lampu terang menyala yang pertama adalah sulit tidur atau gangguan siklus tidur. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, paparan cahaya berlebihan akan menghambat pembentukan hormon melatonin, sehingga mutu tidur menjadi jelek. 

Hal tersebut bisa memengaruhi siklus tidur normal, yang umumnya kamu jalani. Pola tidur pun mampu berbalik, malam jadi tidak mampu tidur, dan ketika siang hari, kau akan mengantuk sebab capek. 

Kejadian tersebut mampu disebut dengan sulit tidur, di mana pengaruh ini adalah yang paling lazim terjadi, pada orang yang sering tidur dengan lampu menyala.

2. Bangun Tidur Tidak Berenergi

Bangun Tidur Tidak Berenergi - 5 Bahaya Tidur dengan Lampu Terang Tim Takut Gelap Wajib Baca Ini

Bahaya tidur dengan lampu jelas juga akan menyebabkan tubuh menjadi letih dan kurang berenergi saat berdiri tidur. Hal tersebut terjadi sebab pada malam hari, badan tidak beristirahat dengan baik, sehingga energi sulit terkumpul.

Selama kau tidur dengan keadaan lampu menyala, otak akan terus berjalan dan melakukan pekerjaan , sehingga bisa mengusik kualitas tidur. Tidak hanya otak, irama dasar tubuh juga akan terlibat saat terpapar cahaya. 

3. Depresi

Depresi - 5 Bahaya Tidur dengan Lampu Terang Tim Takut Gelap Wajib Baca Ini

Depresi juga mampu menjadi salah satu ancaman tidur dengan lampu terang. Mengapa? Tidak cuma energi, paparan cahaya juga akan memengaruhi suasana hati, bahkan paparan cahaya ini tidak hanya berlaku pada lampu, namun juga cahaya yang dihasilkan dari layar gadget dan komputer. 

Nah, gangguan tidur ini juga tidak cuma menjadikan capek pada fisik, tetapi juga berisiko terjadinya stress. Siklus tidur yang acak-acakan mampu memengaruhi teladan gelombang otak, produksi hormon, dan pengaturan sel. 

Bukannya, berenergi, senang, bersemangat, kamu malah bisa bangkit dengan kondisi capek, murung, rentan murka, dan jadi hiperaktif.

4. Peningkatan Risiko Penyakit Kronis

Peningkatan Risiko Penyakit Kronis - 5 Bahaya Tidur dengan Lampu Terang Tim Takut Gelap Wajib Baca Ini

Tidak berhenti di capek fisik, penyakit psikologis adalah depresi, ancaman tidur dengan lampu terang dalam jangka panjang juga berisiko terkena penyakit kronis. Mulai dari hipertensi, jantung, diabetes tipe 2, sampai kanker payudara. 

Pasalnya, hormon melatonin juga sangat berperan aktif untuk menekan sel kanker. Nah, kesudahannya perempuan yang memiliki kebiasaan tidur dengan lampu terperinci, mampu berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Tidak hanya menyerang perempuan, risiko terkena penyakit kronis mirip kanker, juga bisa terjadi pada pria. 

(Baca Juga: Cara Klaim Token Listrik Gratis Terlengkap)

5. Obesitas

Obesitas - 5 Bahaya Tidur dengan Lampu Terang Tim Takut Gelap Wajib Baca Ini

Ada banyak ancaman tidur dengan lampu jelas, dan kali ini duduk perkara terkait metabolisme tubuh. Pasalnya menurut sebuah studi, paparan cahaya lampu ternyata juga kuat, pada lambatnya bikinan hormon melatonin.

Hal tersebut akan mengusik metabolisme dan contoh makan. Susah tidur juga akan membuat badan terus bekerja dan sering merasa lapar. 

Hal inilah yang mampu mengakibatkan diri untuk ngemil bahkan makan berat pada larut malam. Tentu saja hal tersebut memiliki potensi menaikan berat tubuh.

Nah, kesudahannya, indeks massa badan, pinggang, dan sisi badan lainnya akan menjadi lebih besar, atau bisa disebut obesitas. 

Itu ia beberapa info terkait bahaya tidur dengan lampu terperinci. Kalau kamu sendiri, biasa tidur dengan kondisi gelap atau terperinci? 

Takut Gelap dan Masih Tidur Dengan Lampu Menyala? Coba Lakukan Hal Ini!

Jika kau masih sudah biasa tidur dengan lampu jelas, apalagi di sisi lain kamu merupakan orang yang takut gelap, mirip bawah umur, lebih baik intip penyelesaian berikut ini.

  • Pakai lampu tidur dengan memakai bohlam warna merah atau oranye
  • Pastikan cahaya tidak terlampau terperinci, dan agak redup
  • Saat bangkit tidur, secepatnya menjemur diri di bawah sinar matahari
  • Melakukan peregangan di permulaan hari dan sore hari
  • Mengkonsumsi masakan sehat

Jika dilihat dari bahayanya, tidur dengan lampu menyala memang sangat berisiko. Selain melaksanakan solusi di atas untuk yang masih suka tidur dengan keadaan terperinci, lebih baik coba latihan tidur dengan keadaan gelap. 

Mematikan lampu dikala tidur atau malam hari juga bisa sekaligus menghemat energi dan listrik. Makara bisa menguntungkan dari segi kesehatan dan kantong.

Lakukanlah secara sedikit demi sedikit, dan tidak lupa untuk tetap miliki asuransi kesehatan terbaik, selaku alat perlindunganmu. Pasalnya, kita tidak pernah tahu kapan dampak dari bahaya tidur dengan lampu terang akan muncul.

Sebelum terlambat, alasannya bahayanya sangat berisiko, asuransi kesehatan bisa menjamin semua ongkos pengobatan dan perawatan rumah sakit. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir dan terlalu menimbang-nimbang soal ongkos. 

Keluarga dan saudara juga tidak merasa disibukkan, saat kau datang-datang jatuh sakit. Sudahkah kau mendaftarkan diri dan keluarga asuransi kesehatan? Jika belum, segeralah usikan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu sekarang juga, hanya di situs CekAja.com!