0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

5 Alasan Penting Makan Ikan Bagi Anak Di Kurun Pertumbuhan

Mengonsumsi ikan merupakan salah satu penyelesaian bagi orang renta yang ingin anaknya tumbuh dengan baik. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi ikan juga diyakini bisa meningkatkan kecerdasan sang anak.

Di balik pentingnya mengonsumsi ikan demi perkembangan anak, penduduk Indonesia tercatat masih kurang mengkonsumsi ikan. Padahal, Indonesia merupakan negara kepulauan paling luas di dunia dengan 70 persen daerahnya ialah maritim.

Karena itu, kampanye pentingnya mengonsumsi ikan mesti terus digaungkan, apalagi bagi anak yang dalam kurun perkembangan. Sebab, apa yang disantap anak kini ialah salah satu penentu kecerdasan dan tumbuh kembangnya kelak.

Yuk tidak ada salahnya kembali mengingat pentingnya mengonsumsi ikan bagi anak dalam periode pertumbuhan. Apa saja itu?

1. Bikin Anak Cerdas

Jika ingin mempunyai anak yang pandai, mengonsumsi ikan merupakan salah satu hal yang diusulkan. Sebab, ikan memiliki banyak kandungan yang sungguh berperan untuk pembentukan otak.

Baik ikan air maritim maupun ikan air tawar, keduanya memiliki kandungan protein yang sangat diperlukan untuk mendukung kala perkembangan. Hewan jenis ini mempunyai kandungan omega 3 yang mampu mensugesti pembentukan serta perkembangan sel otak pada anak. Kandungan pada ikan ini pasti sungguh bermanfaat untuk mendukung kecerdasan anak.

Dikutip dari laman resmi Universitas Gadjah Mada, andal gizi dari kampus ini Dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., RD, MPH. mengungkapkan bahwa salmon dan kakap merah ialah jenis ikan air laut dengan kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Adapun untuk ikan air tawar, kandungan omega 3 yang tinggi dapat dijumpai pada ikan lele dan ikan gabus.

Mengonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu dinilai bisa membuat anak memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding anak yang jarang mengonsumsi ikan.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur Anak

Sejalan dengan peningkatan kecerdasan, mengonsumsi ikan ternyata dapat membuat anak memiliki teladan tidur yang bagus pada malam hari.

Kualitas tidur seorang anak akan kuat terhadap kemampuan serta tampilan kognitifnya kelak. Di sinilah ikan mengambil tugas. Anak yang tidur dengan nyenyak memajukan kesanggupan otaknya dalam berpikir dan berguru.

Dengan kualitas tidur yang baik, pasti anak mampu tersadar dengan kondisi tubuh yang lebih bugar. Kondisi ini akan mengirimkan anak untuk lebih antusiasdan siap untuk menerima serta menyerap wawasan yang ditimbanya baik di sekolah maupun di lingkungan.

3. Mencegah Stunting

Stunting merupakan kondisi kurang gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang cukup usang. Kondisi ini pada alhasil mampu mengakibat gangguan pertumbuhan pada anak. Parameter seorang anak dinilai mengalami stunting yaitu saat sang anak memiliki tinggi badan yang lebih rendah dari kriteria usianya.

Pertumbuhan yang tidak optimal pada anak itu ternyata bisa dicegah dengan mengonsumsi ikan. Sebab, ikan mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh tulang.

(Baca juga: Asuransi Kesehatan Kunci Merdeka dari Kekurangan Gizi)

Protein pada ikan mempunyai kelebihan tersendiri. Kandungan pada binatang yang hidup di air ini dinilai lebih baik dan dapat diserap oleh tubuh dalam waktu cepat jikalau ketimbang protein lainnya.

Tidak perlu mengeluarkan kocek yang cukup banyak untuk menyuguhkan sajian dari jenis ikan. Beberapa ikan yang diyakini dapat mencegah stunting antara lain ikan lele, ikan mas, ikan patin, ikan tuna, serta ikan tongkol.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun atau metode kekebalan merupakan pelindung badan yang bisa menyaring sel-sel yang berkhasiat bagi badan dan sel yang mampu membahayakan tubuh. Dengan kata lain, tata cara imun yang kuat membuat tubuh mampu menghalangi serangan banyak sekali penyakit.

Untuk itu, tata cara imun ini perlu terus dijaga agar badan tidak gampang terserang penyakit. Salah satu cara yang disarankan yakni dengan mengonsumsi makan yang bergizi.

Mengonsumsi ikan merupakan salah satu ajuan semoga daya tahan tubuh senantiasa baik. Sebab, ikan mengandung omega 3 yang mampu menjaga tata cara kekebalan badan. Meski belum mampu dibuktikan bahwa kandungan ini mampu melawan infeksi, setidaknya omega 3 dapat melindungi badan dari gangguan atas sistem imun, mirip radang usus kronis dan peradangan pada usus besar.

Jenis ikan yang dianjurkan untuk mempertahankan dan mengembangkan metode imun badan yaitu jenis ikan berminyak, seperti makarel, salmon, sarden, dan tuna.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan juga sungguh bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian menawarkan bahwa mengonsumsi ikan yang kaya akan omega 3 bisa meminimalkan kadar lemak dalam darah. Hal itu mampu menciptakan seseorang memiliki risiko penyakit jantung yang kecil.

(Baca juga: Kendalikan Hipertensi Yuk, Biar Ga Kena Serangan Jantung)

Agar anak terhindar dari penyakit jantung ketika besar nanti, sering-seringlah menghidangkan makanan berbahan ikan. Ikan tuna dinilai sebagai jenis ikan yang baik untuk mencegaj penyakit yang mematikan tersebut sebab kandungan lemak sehatnya tinggi. Ikan tuna juga memiliki kandungan senyawa yang diyakini mampu mempertahankan kesehatan jantung.

Selain tuna, ikan salmon dan ikan sarden juga direkomendasikan untuk dimakan demi menjaga jantung semoga tetap sehat. Kandungan omega 3 pada ikan salmon dapat menurunkan risiko gangguan pada ritme jantung. Adapun sarden mampu menghemat risiko pembekuan darah.

Itu ia beberapa argumentasi pentingnya mengonsumsi ikan bagi anak dalam abad pertumbuhan. Biasakan anak untuk mengkonsumsi ikan sejak bayi dini demi kurun depannya yang lebih baik.

Penuhi keperluan protein anak dengan berbelanja ikan di swalayan terdekat dengan mempergunakan bermacam-macam potongan harga dan promo dari kartu kredit bank CIMB Niaga.

Pilih, usikan dan miliki kartu kredit CIMB Niaga lewat CekAja.com, prosesnya cepat dan syaratnya juga mudah loh. Ajukan sekarang!