0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

21 tips Hidup Sehat Yang Sederhana Mulai Dari Sarapan Sampai Tertawa

Mewabahnya penyakit mematikan, yakni virus corona menyadarkan kita akan artinya hidup sehat. Betapa mahalnya kesehatan kalau kita membelinya dengan duit, terlebih jika sudah terjangkit sebuah penyakit. Sehingga, sebelum kamu terinfeksi sebuah penyakit, ada baiknya untuk menerapkan cara hidup sehat mulai dari sekarang.

cara hidup sehat

Untuk menerapkan cara hidup sehat bahwasanya sangat sederhana, alasannya kamu cuma dituntut untuk melaksanakan kebiasaan-kebiasaan hidup yang sehat. Selain itu, penerapan teladan hidup sehat juga mampu dengan mudah dijalankan oleh siapa pun dan di mana saja.

Tidak cuma untuk diri sendiri, dalam menerapkan cara hidup sehat kamu juga bisa membuatkan kebaikkan ini untuk orang sekitar. Misalnya, mengajak berolahraga, membersihkan lingkungan, dan masih banyak lagi.

Manfaat Menerapkan Hidup Sehat

Namun, kira-kira apa saja sih manfaat yang bisa kita peroleh dari mengerjakan cara hidup sehat? Sedangkan masih banyak orang-orang yang mungkin belum menjalankan hidup sehat dengan baik, namun tampaksehat-sehat saja.

Pasalnya, penyakit lazimnya akan tiba, ketika tubuh kita sedang dalam keadaan yang lemah. Selain itu, hadirnya penyakit juga tidak mampu diprediksi. Jadi, lebih baik mencegahnya dengan menerapkan cara hidup sehat mulai dari sekarang bukan?

Nih Intip manfaat dari melaksanakan cara hidup sehat:

  • Tubuh akan terasa bugar bertenaga
  • Kamu akan merasa lebih percaya diri, hidup sebanding, hingga bisa menikmati tidur yang bermutu
  • Merasa lebih tentram, kondusif dan tenteram
  • Menjadi salah satu kunci sukses dalam pekerjaan di kantor maupun di sekolah
  • Lebih konsentrasi dan fokus
  • Bisa menikmati kehidupan sosial di lingkungan keluarga, maupun di luar

(Baca Juga: Cara Mengetahui Obat Dan Penyakit Yang Ditanggung Asuransi Kesehatan)

Cara Hidup Sehat yang Sederhana

Bagaimana? Hidup sehat itu enak bukan? Namun, dalam menjalankan cara hidup sehat, kau perlu janji yang serius jangka panjang. Nah, berikut ini deretan cara hidup sehat yang sederhana, demi mampu menerima hidup yang bermutu:

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Cara hidup sehat yang pertama dan yang paling kerap dilewatkan adalah sarapan. Mungkin beberapa orang sudah biasa tidak sarapan dengan alasan sakit perut, mual, dan lain-lain.

Tapi, akan lebih bahaya lagi kalau kamu melupakan sarapan setiap pagi. Pasalnya, sarapan pagi akan menciptakan badan kau memiliki banyak tenaga, untuk mengawali acara atau aktivitas di luar rumah.

Selain wajib sarapan, kau juga harus menentukan jenis sarapan yang sehat dan bergizi tinggi. Jika kamu sarapan dengan gorengan atau mie instant, bukan sehat yang kau dapatkan, namun timbunan penyakit.

2. Pilih Makanan Sehat dengan Pola yang Seimbang

Selain sarapan, cara hidup sehat yang juga penting dijalankan ialah memilih makanan sehat dengan pola yang seimbang. Itu artinya, kau harus makan 3 x sehari dengan kuliner yang sehat.

Jika kamu meninggalkan salah satunya, mirip tidak sarapan, makan siang, atau makan malam, kau akan kehilangan sebagian dari energy yang semestinya diterima oleh tubuhmu.

Kaprikornus, mulai lakukan contoh makan sehat dan sepadan mulai dari sekarang ya!

3. Banyak Minum Air Putih

Selain makan, pastinya kamu juga wajib minum. Bukan sembarang minum, badan manusia yang 70 persennya berisikan air ini, juga harus kau penuhi dengan minum 1,8 liter sehari.

Kamu bisa kontrol sendiri kebutuhan minum setiap harinya. Intinya, jangan hingga tubuhmu kelemahan cairan, sampai menyebabkan kehilangan cairan tubuh .

4. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Cara hidup sehat berikutnya yang juga tidak kalah penting kau lakukan ialah, seimbangi konsumsi masakan sehat dengan buah dan sayur segar. Pasalnya, buah dan sayur mengandung banyak vitamin, mineral, serat hingga kandungan yang lain yang sangat dibutuhkan tubuhmu.

Kamu mampu memilih buah-buahan segar seperti apel, buah jenis berry, pisang, anggur, dan lain-lain, serta sayur-sayuran segar seperti wortel, brokoli, buncis, bayam, tomat, selada, dan lain-lain.

5. Bangun Pagi

Tidak cuma dari kuliner atau minuman yang dimakan saja, kebiasaan hidupmu juga mampu memengaruhi kesehatanmu. Salah satu kebiasaan supaya kau bisa hidup sehat yakni dengan bangkit pagi.

Terdengar sangat sederhana, kebiasaan bangkit pagi mungkin akan terasa susah bagi kau yang tidak biasa bangun pagi. Padahal, ada banyak keuntungan kalau kau biasakan bangkit pagi.

Mulai dari mampu menghirup udara segar, mendapatkan matahari pagi yang sehat, memiliki waktu lebih banyak untuk beraktivitas, dan masih banyak lagi.

6. Menghirup Udara Bersih dan Segar

Kebersihan lingkungan, terutama kualitas udara yang bersih dan segar memang sangat bagus untuk membantu menerapkan cara hidup sehat. Kamu mampu menerima udara higienis dan segar di pagi hari.

Kamu juga mampu sesekali pergi ke kawasan yang memang bebas dari polusi, mirip di kaki gunung, ke persawahan, atau kebun. Selain sehat, menghirup udara bersih dan segar juga mampu menciptakan fikiran kau lebih hening.

7. Kurangi Minuman Bersoda, Beralkohol Berkafein, dan Berpengawet

Meski minuman bersoda, beralkohol, dan berkafein mampu memberikan sensasi kesejukan yang hebat, namun minuman-minuman tersebut sangat tidak diusulkan, karena akan mengakibatkan banyak duduk perkara kesehatan tubuh.

Apalagi, jikalau kamu mengkonsumsinya dalam jumlah banyak atau dalam jangka panjang. Selain memiliki efek yang jelek, kebanyakan minuman-minuman tersebut juga mengandung banyak gula, yang bisa menjadikan kegemukan. Bahan pengawet juga mampu bisa menghancurkan organ dalam badan secara perlahan.

8. Selalu Berpikir Positif

Cara hidup sehat yang sungguh sederhana selanjutnya adalah selalu berpikir kasatmata. Dengan begitu, kamu jadi dijauhkan dari hal-hal negatif yang mampu menyebabkan banyak problem. Entah dari sisi pikiran, emosional, hingga nafsu makan.

9. Rajin Membersihkan Lingkungan

Lingkungan yang higienis mencerminkan hidup yang sehat. Sehingga rajin membersihkan lingkungan ialah salah satu cara untuk menerima hidup yang sehat.

Selain kau, orang lain yang ada di sekitarmu juga mampu ikut sehat. Sehingga, faedah dari lingkungan yang bersih, bisa dinikmati oleh banyak orang.

10. Istirahat Cukup dan Jangan Begadang

Kebiasaan yang juga mampu membuatmu hidup sehat yaitu dengan istirahat yang cukup dan jangan begadang. Dengan istirahat yang cukup, tenagamu bisa pulih untuk melakukan kegiatan kembali.

Selain itu, minimalkan atau jika bisa jangan begadang. Karena begadang mampu meminimalisir waktu tidurmu. Begadang juga membuat kegiatanmu saat siang hari jadi terganggu sebab kurang tidur.

11. Rutin Olahraga

Olahraga juga ialah salah satu cara hidup sehat yang elok sekaligus menggembirakan. Kamu mampu melakukan gerakan olahraga yang sederhana, mudah, dan murah di rumah.

Sebut saja seperti lari pagi, angkat beban, push up, sit up, renang, senam, sampai lompat tali. Namun, untuk menerima hasil yang baik, seharusnya kamu kerjakan olahraga secara rutin.

12. Berjemur atau Setidaknya Terkena Matahari Pagi

Vitamin tidak hanya bisa ditemukan dari masakan yang kita konsumsi, tapi juga bisa dari sinar matahari. Namun, tidak semua sinar matahari mampu menunjukkan vitamin, jadi pastikan kamu peroleh sinar matahari pada pagi hari.

Di dalam sinar matahari pagi, terdapat vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang, risiko penyakit jantung, stroke dan lain-lain. Agar optimal, kamu mampu menerima vitamin D dari makanan seperti ikan salmon, telur, jamur, hati sapi, hingga yoghurt.

13. Tertawa Lepas

Tahukan kau bahwa tertawa, disebut-disebut mampu membuat kau jadi infinit muda. Hal tersebut memang benar adanya. Karena dengan tertawa lepas, badan mampu memperabukan kalori tanpa disadari.

Bahkan, tertawa juga bisa menyehatkan jantung, sebab bisa melatih otot diafragma. Cara hidup sehat yang satu ini sungguh sederhana dan menggembirakan bukan?

14. Hindari Makanan yang Bisa Memicu Penyakit

Mengonsumsi kuliner yang tidak sehat, ternyata bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit. Terlebih, jika ditambah kondisi daya tahan badan yang lemah.

Misalnya, kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung garam, padahal kamu punya riwayat penyakit tekanan darah tinggi. Maka semestinya minimalisir asupan garam, begitu kandungan kuliner yang lain, mirip mengandung pengawet atau bahan kimia berbahaya.

15. Memilih Makanan yang Lebih Sehat

Meski makanan yang kau kuliner sudah memiliki kandungan yang pas, namun akan lebih baik lagi jikalau diseleksi lagi. Misalnya, ganti nasi putih dengan nasi merah, cara masaknya dibakar atau direbus, minimalkan penggunaan MSG, mengonsumsi sayuran mentah, tidak mengonsumsi daging mentah, dan lain-lain.

16. Kendalikan Gula

Dalam menerapkan cara hidup sehat, menghindari gula memang menjadi pantangan yang sulit. Pasalnya, rata-rata makanan yang lezat pasti mengandung gula.

Di sini, kamu tidak harus setop mengonsumsi gula, melainkan cuma mengendalikannya saja, biar tidak berlebihan dan juga tidak kelemahan.

17. Mulai Konsumsi Makanan Organik

Kini tren makanan organik sedang marak. Bukan bermakna masakan non organik tidak sehat, tetapi masakan organik lebih memiliki kandungan vitamin yang lebih baik.

Karena, kuliner organik umumnya dihasilkan tanpa adanya gabungan materi kimia. Misalnya, tidak memakai pestisida, tidak menggunakan pupuk kimia dan lain-lain.

Namun, umumnya masakan organik memang cenderung lebih mahal, daripada masakan non organik. Rasanya juga lebih lezat, segar, dan pastinya lebih sehat.

18. Tidak Merokok, dan Hindari Perokok

Seperti yang kita tahu, kegiatan merokok bukanlah hal yang menyehatkan. Sehingga, untuk menerima hidup yang sehat, hindari merokok.

Merokok dapat membuat kamu kecanduan, belum lagi asap yang masuk ke dalam paru-paru, yang bisa menciptakan sesak. Sudah banyak masalah penyakit yang disebabkan oleh merokok, sehingga patut untuk disingkirkan.

Tidak cuma merokok, kamu juga mesti hindari perokok. Pasalnya, menghirup asap rokok, juga bisa menjadikan paru-paru kau terganggu, meski kau bukan perokok aktif.

19. Mulai Menjadi Vegan

Cara hidup sehat lainnya yang telah sering dijalankan banyak orang yakni dengan menjadi vegan. Dengan menjadi vegan kamu bisa meminimalisir banyak sekali lemak, dan cuma mengonsumsi sayuran, buah, atau protein nabati saja.

Kamu mampu tetap sehat meski tanpa lemak dari protein hewani atau daging. Sebagai penggantinya, kau bisa mengonsumsi tahu, tempe, jamur, dan lain-lain.

20. Bertemanlah dengan Orang yang Sehat dan Positif dalam Hal Apapun

Tahukah kau lingkungan sosial ternyata juga sangat berpengaruh pada cara hidup sehat kamu. Nah, kalau kau berteman dengan orang yang sehat dan faktual, maka kamu juga akan menjadi sehat dan kasatmata juga.

Misalnya seperti bisa olahraga bareng , mengajak makan sehat, sampai bercerita wacana hal-hal positif yang mampu membangun mental dan psikis.

21. Hindari Stres

Sehat bukan cuma dilihat dari fisik atau tubuh saja, alasannya adalah sehat secara pikiran juga sungguh diharapkan. Jika kau stres, maka tubuh pun juga akan menawarkan sinyal buruk.

Maka dari itu, banyak orang yang stres yang kurang nafsu makan, bahkan mampu juga kebalikannya, ialah mesti makan, tanpa terkontrol.

Makara, kesehatan fisik dan pikiran mesti sepadan ya!

Itulah info terkait cara hidup sehat yang sederhana, yang mungkin bisa berguna untuk kau. Selain menerapkan contoh hidup sehat, kamu juga butuh asuransi untuk melindungi diri dan keluarga dari aneka macam macam ancaman.

Asuransi kesehatan sampai jiwa, sekiranya sangat penting untuk dimiliki di setiap keluarga. Pasalnya, akan ada banyak benefit yang mampu kamu rasakan dengan mempunyai asuransi.

Yuk, secepatnya daftarkan diri kamu dan keluarga di asuransi pilihanmu. Berbagai info produk asuransi juga mampu kau peroleh di situs Cekaja.com. Yuk, tunggu terlebih, secepatnya buka situs Cekaja.com, dan cari asuransi terbaikmu!