0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

21 Julukan Kota Di Indonesia Beserta Maknanya

Julukan banyak sekali kota di Indonesia memang sangatlah banyak dan beragam. Bahkan, meraih sampai ratusan lho.

Indonesia yang merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia memang dikenal memiliki keberagaman yang luar biasa.

Bukan cuma keragaman bahasa, makanan, budaya, suku, dan bangsa, tetapi juga keberagaman dalam hal julukan kota-kota yang tersebar di banyak sekali provinsi yang ada.

Namun yang membuatnya unik, kota-kota yang akan kita bahas kali ini tidak diberikan julukan secara hanya-cuma lho, melainkan adanya makna yang terdapat di dalamnya.

Penasaran? Yuk kita simak gotong royong ihwal sejumlah julukan kota di Indonesia beserta maknanya.

Julukan Kota di Indonesia

Dilansir dari banyak sekali sumber, berikut beberapa julukan kota di Indonesia yang unik tetapi turut merepresentasikan ciri khas yang ada di kawasan itu sendiri, yakni yaitu:

1. Jakarta – Kota Metropolitan

Pertama, ada Jakarta yang memang sudah diketahui luas dengan julukannya selaku Kota Metropolitan.

Tingkat kepadatan penduduk yang dianggap paling tinggi diantara kota lainnya serta menjadi pusat industri, perekonomian, dan pemerintahan, merupakan beberapa alasan mengapa Ibu Kota Indonesia ini menerima julukan tersebut.

2. Bandung – Kota Kembang

Julukan Kota di Indonesia selanjutnya yaitu Bandung yang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat.

Disebut selaku Kota Kembang alasannya kamu mampu menemukan beraneka ragam bunga yang tumbuh subur dan indah di kota ini, misalkan mirip Kebun Begonia Lembang, Taman Bunga Lembang, Kampoeng Tulip, Taman Pustaka Bunga, dan masih banyak lagi.

3. Yogyakarta – Kota Pelajar

Yogyakarta disebut selaku Kota Pelajar sebab mempunyai jumlah Perguruan Tinggi dan rekreasi edukasi yang sangat banyak.

Bahkan, pada tahun 2017 saja telah terdapat sekitar 40 Perguruan Tinggi yang sudah terakreditasi.

Selain itu, aneka macam wisata edukasi juga bisa menjadi pilihan saat sedang berkunjung bersama keluarga lho, seperti Taman Pintar, Museum Anak Kolong Tangga, Kampung Edukasi Watu Lumbung, dan lain-yang lain.

4. Surabaya – Kota Pahlawan

Guna mengenang peristiwa 10 November 1945 yang paling bersejarah, Surabaya mendapatkan julukan selaku Kota Pahlawan.

Ketika itu, para cowok setempat di kota ini berjuang keras untuk melawan penjajah demi kemerdekaan Indonesia.

Sehingga, Presiden pertama RI, Soekarno, pada tahun 1950 menobatkan Surabaya selaku Kota Pahlawan.

5. Medan – Kota Melayu Deli

Dahulu era, terdapat Kesultanan Deli di Medan yang berkuasa hingga Perang Dunia II berakhir.

Nah, meskipun Kesultanan Deli itu sendiri masih ada sampai kini, namun telah tidak berkuasa lagi.

Meski begitu, karena nilai historisnya yang cukup berpengaruh, Medan pun mendapatkan julukan sebagai Kota Melayu Deli.

(Baca Juga: Permainan Tradisional Indonesia)

6. Malang – Kota Apel

Julukan Kota di Indonesia selanjutnya ialah Malang yang mendapatkan julukan sebagai Kota Apel.

Sesuai dengan namanya, Kota ini ialah salah satu penghasil buah apel paling besar di Indonesia.

Selain itu, Malang juga sering kali disebut sebagai Kota Wisata alasannya banyaknya destinasi rekreasi unik yang bisa dikunjungi.

7. Makassar – Kota Daeng

Sebelum berubah nama menjadi Makassar pada tahun 1999, kota ini dahulunya bernama Ujung Pandang dan merupakan salah satu kota metropolitan di kawasan Indonesia Timur.

Oleh alasannya adalah itu, kita ini dijuluki selaku Kota Metropolitan dari Timur. Namun disamping itu, Makassar juga turut disebut selaku Kota Daeng.

Julukan Kota di Indonesia satu ini didapat sebab masyarakat setempat memakai kata “Daeng” untuk berinteraksi, utamanya dalam memanggil orang bau tanah atau orang yang dituakan.

8. Palembang – Kota Pempek

Nah, julukan Kota di Indonesia ini pastinya sudah tidak aneh lagi ditelinga kita sebagai masyarakat Indonesia, bukan?

Sesuai dengan namanya, Pempek merupakan salah satu makanan khas yang terdapat di kota ini.

Biasa disajikan berbarengan dengan saus kuah berwarna hitam kecoklatan, kamu bahkan bisa menemukan banyak sekali jenis masakan pempek saat tengah berkunjung ke Palembang, sepert pempek kapal selam, pempek kulit, pempek udang, dan masih banyak lagi.

9. Aceh – Kota Serambi Makkah

Terdapat lima argumentasi mengapa Aceh mendapatkan julukan terhormat satu ini. Pertama, alasannya Aceh merupakan daerah perdana masuknya Islam di Nusantara, lebih tepatnya di kawasan pantai Timur, Peureulak, dan Pasai.

Kedua, alasannya adalah Aceh pernah menjadi kiblat dari ilmu pengetahuan di Nusantara, dengan hadirnya Universitas Baiturrahman yang turut dilengkapi pula dengan banyak sekali fakultas.

Sehingga, menciptakan banyak mahasiswa dari aneka macam tempat di penjuru dunia, seperti Turki, Palestina, India, Bangladesh, sampai Brunei, yang datang ke Aceh untuk menuntut ilmu.

Selain itu, julukan Kota di Indonesia satu ini juga didapat alasannya adalah Kerajaan Aceh Darussalam pernah menerima akreditasi Syarif Makkah atas nama Khalifah Islam di Turki bahwa Kerajaan Aceh merupakan “pelindung” dari kerajaan-kerajaan Islam yang lain yang ada di Nusantara.

Keempat, daerah Aceh pernah menjadi pangkalan atau pelabuhan Haji untuk seluruh penduduk Nusantara.

Para umat muslim yang hendak naik haji ke Makkah menggunakan kapal bahari maka harus menghabiskan waktu hingga enam bulan di Aceh sebelum mereka mengarungi Samudra Hindia.

Dan alasan yang terakhir yang membuat Aceh mendapatkan julukan selaku Serambi Makkah alasannya banyaknya kesamaan antara Aceh dengan kota Makkah, yaitu mirip sama-sama beragama Islam, bermazhab Syafi’I, berbudaya Islam, berpakaian Islam, berhiburan Islam, serta berlandasan hukum Islam. Bahkan, seluruh orangnya juga beragama Islam.

10. Denpasar – Kota Parijs Van Bally

Julukan kota di Indonesia ini telah menempel sekali dengan Denpasar, bahkan sejak zaman penjajahan Belanda.

Arti dari “Parijs van Bally” itu sendiri berarti Parisnya Bali, yang disebabkan alasannya adalah Denpasar merupakan sentra perbelanjaan dari berbagai model busana, baik itu tradisional maupun modern.

Tak cuma itu, Denpasar juga memiliki menara layaknya yang ada di Paris lho, ialah Bajra Sandhi.

11. Bogor – Kota Hujan

Sebutan Bogor selaku Kota Hujan pastinya sudah tidak terlampau aneh, bukan? Nah, hal ini disebabkan oleh beberapa argumentasi, salah satunya yakni alasannya adalah Bogor memang dikenal memilih curah hujan yang sungguh tinggi, jika ketimbang daerah lainnya, bahkan dikala Indonesia dilanda demam isu kemarau sekalipun.

Sebenarnya terdapat argumentasi mengapa Bogor sering kali diguyur hujan, yakni karena kota ini dikelilingi oleh pegunungan, seperti Gunung Salak, Pangrango, dan Gunung Gede. Sehingga, banyaknya gunung tersebut membuat Bogor juga mempunyai sebaran hutan yang banyak dan luas.

12. Sabang – Kota Seribu Benteng

ulukan Kota di Indonesia selanjutnya yaitu Sabang yang turut disebut selaku Kota Seribu Benteng.

Hal tersebut sebab banyaknya benteng peninggalan Jepang di kota ini. Ketika Perang Dunia II, Sabang sempat menjadi kawasan pelabuhan militer Jepang untuk menghalau lawan.

Oleh sebab itu, Jepang membangun ribuan benteng dan bunker yang masih mampu kamu lihat sampai saat ini kalau berkunjung ke Sabang yang terletak di Aceh.

13. Manado – Kota Tinutuan

Sama halnya dengan Palembang, Manado mendapatkan julukan ini menurut kuliner khas yang ada di kota ini, yaitu Tinutuan.

Bagi yang belum tahu, Tinutuan merupakan bubur khas Manado yang berasal dari gabungan aneka macam sayuran, tanpa adanya perhiasan daging apapun.

Biasanya untuk masyarakat lokal Manado, masakan ini kadang kala menjadi sajian sarapan yang sangat nikmat.

14. Indramayu – Kota Mangga

Bagi pecinta buah, pastinya kamu sering mendengar tentang mangga Indramayu, bukan? Nah, sesuai dengan namanya, buah Mangga di Indramayu memang diketahui berkembang dengan begitu suburnya.

Kamu bisa memperoleh buah yang disebut Pelem ini di halaman rumah penduduk, kebun, bahkan berkembang sendiri di bantaran sunga-sungai yang ada.

Oleh alasannya adalah itu, tidak aneh jika Indramayu turut dijuluki sebagai Kota Mangga. Sebab, banyaknya buah mangga yang tumbuh, hingga tak terhitung lagi berapa jumlahnya.

15. Kupang – Kota Kasih

Kupang mendapatkan julukan sebagai Kota Kasih sebab tingkat toleransinya yang cukup tinggi.

Masyarakat antar umat beragama di Kupang itu sendiri hidup secara berdampingan tanpa membeda-bedakan satu sama lain.

Oleh sebab itu, muncullah julukan Kupang selaku Kota Kasih, untuk menghargai rasa kekeluargaan antar agama di Kupang.

16. Ambon – Kota Manise

Julukan Kota di Indonesia selanjutnya yaitu Ambon yang diberi julukan sebagai Kota Manise. “Manise” itu sendiri dapat diartikan selaku cantik atau indah.

Sebab, keindahan alam di sangatlah berlimpah, sehingga tak heran jika Ambon mendapatkan julukan ini.

Beberapa rekreasi yang menunjukan keindahan alam Ambon dan tentunya sungguh disarankan untuk kau datangi yakni Pantai Pintu Kota, Natsepa, Liang, dan masih banyak lagi.

17. Tanjung Pinang – Kota Gurindam

Sebutan Kota Gurindam pada awalnya timbul sebab Tanjung Pinang merupakan tempat kelahiran dari Gurindam 12 dan Bustanul Katibin milik Raja Ali Haji.

Kedua karya tersebut juga sebagai titik permulaan terciptanya Bahasa Melayu Modern yang ketika ini kita kenal selaku Bahasa Indonesia.

Oleh alasannya itulah, kota yang terletak di Kepulauan Riau ini menerima julukan selaku Kota Gurindam.

18. Banyuwangi – The Sunrise of Java

Banyuwangi terletak di ujung Timur Pulau Jawa. Oleh karena itu, kota ini ialah spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit.

Ketika sudah waktunya matahari terbit, maka perpaduan warna biru dan jingga betul-betul menyuguhkan pemandangan yang memukau sehingga susah untuk dilupakan. Maka dari itu, tak aneh pula bila Banyuwangi mendapatkan julukan the Sunrise of Java.

19. Pontianak – Kota Khatulistiwa

Julukan kota di Indonesia selanjutnya ialah Pontianak yang disebut selaku Kota Khatulistiwa.

Sebab, kota ini dilewati oleh garis lintang nol derajat, yang bisa disebut juga selaku garis khatulistiwa.

Selain itu, di sini kamu juga mampu mendapatkan Tugu Khatulistiwa yang menjadi tonggak garis khatulistiwa itu sendiri. Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, matahari akan muncul sempurna di atas kepala.

20. Balikpapan – Kota Minyak

Sesuai dengan namanya, Balikpapan disebut selaku Kota Minyak alasannya adalah tempat ini merupakan salah satu penghasil minyak terbesar di Indonesia.

Bahkan di kota ini, terdapat kawasan pembuatan sekaligus pengumpulan minyak, alasannya adalah banyaknya perusahaan yang membangun kilang minyak balasan kekayaan minyak yang berlimpah.

21. Kaimana – Kota Senja

Julukan Kota di Indonesia yang terakhir ialah Kaimana yang disebut selaku Kota Senja. Alasan utama dari munculnya julukan tersebut adalah sebab kau mampu menikmati keindahan sunset yang begitu hebat di kota yang terletak di Papua Barat ini.

Tanpa lewat aplikasi photo editing saja, mampu dipastikan kau bisa menerima hasil foto sunset terbaik yang turut dibarengi dengan gradasi warna yang menciptakan seluruh mata merasa takjub.

(Baca Juga: Jenis dan Makna Motif Batik Indonesia)

Makara, itulah beberapa julukan kota di Indonesia yang unik tetapi bisa sekaligus menggambarkan kekayaan yang dimiliki oleh Tanah Air kita ini.

Walaupun saat ini kita belum mampu melakuan perjalanan piknik karena pandemi yang masih mewabah, namun tak ada salahnya jika mulai mempersiapkan rencana piknik dari kini, bukan?

Sehingga, saat pandemi selsai, kamu bisa pribadi berangkat berlibur ke destinasi yang sudah ditentukan.

Nah, selain mempersiapkan fasilitas dan berbagai peralatan lain yang sekiranya dibutuhkan, mempunyai kartu kredit juga merupakan salah satu hal yang tak boleh ketinggalan.

Sebab, datangnya kartu kredit akan memberikanmu akomodasi dalam bertransaksi selama piknik.

Selain dapat dijadikan selaku tata cara pembayaran yang efektif, banyak sekali kartu kredit juga memberikan promo dan potongan harga mempesona yang membuat pengeluaran selama perjalanan menjadi lebih ekonomis. Untuk mendapatkan keuntungan yang lain, secepatnya olok-olokan saja kartu kredit di CekAja.com.

Selain kamu bisa membandingkan perihal jenis kartu kredit manakah yang paling sesuai dengan keperluan dan pola hidup, lewat CekAja.com kamu bahkan bisa melaksanakan pengajuan pengerjaan kartu kredit tanpa perlu ke luar rumah barang semeter pun lho.

Sebab, sepenuhnya dilakukan secara online. Bahkan, kartu kredit yang telah disetujui mampu langsung dikirim ke tempat tinggal atau kantor yang tepat dengan alamat yang telah kamu berikan pada saat pengajuan.

Mudah banget kan! Kaprikornus, tunggu apa lagi? Yuk segera usikan kartu kredit cuma di CekAja.com.