0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

20 Daftar Tumbuhan Obat Beserta Pengobatannya Untuk Kesehatan

Penyembuhan penyakit kerap kali mesti dengan konsumsi obat yang mahal. Alih-alih mengonsumsi obat yang menawarkan imbas samping, sebaiknya kau juga melirik daftar tumbuhan obat berikut ini. Yuk, simak manfaat lengkapnya!

20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

1. Mengkudu

Mengkudu - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Urutan pertama dari daftar tumbuhan obat yaitu mengkudu. Di balik rasa pahit dari buah yang memiliki nama latin Morinda citrifolia ini, tersimpan segudang faedah untuk kesehatan.

Mengkudu menjadi diam-diam keelokan kulit artis Korea Selatan, salah satunya Joy personil girlband Red Velvet yang mengatakan bahwa jus mengkudu membuat kulitnya bersinar cerah dan kencang.

Selain itu, faedah mengkudu ialah bisa membunuh basil jahat, melancarkan sistem peredaran darah, menjadi zat anti kanker, dan menangani radang pada lambung dan usus,

2. Kunyit

Kunyit - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Siapa sih yang tak tahu bahwa bumbu dapur Indonesia mempunyai khasiat kesehatan? Kunyit masuk ke dalam daftar tanaman obat karena mampu menurunkan tekanan darah tinggi, menolong menetralisir busuk tubuh, menolong melancarkan siklus menstruasi, meredakan demam, mencerahkan kulit, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Temulawak

Temulawak - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kamu mungkin mengajukan pertanyaan-tanya tentang perbedaan temulawak dengan kunyit. Well, bahwasanya temulawak memiliki ukuran yang lebih besar dan bulat dibandingkan dengan kunyit yang cenderung panjang dan ramping. Selain itu, warna temulawak lebih jingga.

Salah satu dari daftar tanaman obat ini memiliki kandungan kurkumin, kalium, dan kalsium yang mampu dijadikan zat anti radang, pencegah penggumpalan darah, penambah nafsu makan, mengurangi pegal-pegal, mengatasi maag, kembung, diare, dan sakit jantung,

4. Kencur

Kencur - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kaempferia galangal alias kencur juga dikenal penduduk Indonesia sebagai salah satu dari daftar flora obat yang sering dijadikan jamu.

Air rebusan kencur yang dihaluskan dipercaya bisa meredakan masuk angin dan gejala flu (pusing, demam, batuk, pilek, dan bersin), meredakan perut yang sakit akhir diare, mencegah penyakit batu ginjal, serta meredakan bab badan yang terkilir.

5. Jahe

Jahe - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Daftar flora obat selanjutnya adalah Jahe. Saat meminum sari tanaman obat ini, kau akan mencicipi sensasi hangat di dalam perut. Kandungan jahe terdiri dari karbohidrat, serat, fosfor, aneka vitamin, enzim proteolik, senyawa fenolik, dan masih banyak lagi.

Semua kandungan itu bisa menjadi obat herbal untuk menanggulangi rasa mual, sakit perut, diare, nyeri dada, nyeri otot dan sakit punggung, serta mengobati penyakit bengkak saluran pernapasan.

6. Kayu Manis

Kayu Manis - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kayu elok yang sering dimanfaatkan selaku bumbu kuliner, penambah rasa pada minuman, serta selaku daftar tumbuhan obat sebetulnya ialah kulit bab dalam yang kering.

Tanaman dengan nama latin Cinnamomum verum ini berfaedah sebagai zat anti inflamasi atau peradangan, mengobati nanah, selaku sumber antioksidan yang menangkal banyak sekali penyakit berbahaya, meredakan sakit jantung, meredakan radang sendi, rematik, mengatasi perut kembung, dan menjadi obat untuk penyakit infeksi jalan masuk pernapasan.

7. Jintan Hitam

Jintan Hitam - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Salah satu dari daftar tumbuhan obat jenis rempah-rempah ini mulai sukar didapatkan di pasaran. Maka dari itu, ada baiknya bila kamu menanam sendiri di rumah.

Sebab, jintan hitam asam lemak tak bosan dan minyak atsiri yang bermanfaat sebagai obat banyak penyakit. Seperti obat diabetes, kanker usus besar, alergi, gangguan pencernaan, asma, dan masih banyak lagi.

Jintan hitam dipakai selaku obat sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Cara mengolahnya yaitu dengan merebus bijinya apalagi dulu, lalu haluskan dengan alat penggiling kopi atau rempah. Bubuk jintan hitam inilah yang mampu kau manfaatkan untuk dimakan selaku obat.

8. Kapulaga

Kapulaga - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kapulaga yakni biji kering yang lazimnya dipakai selaku salah satu bumbu masakan. Di samping itu, kapulaga juga masuk ke dalam daftar tanaman obat yang berkhasiat untuk mengobati hipertensi, pencegah persebaran sel kanker, melancarkan sirkulasi darah, serta menangani sukar BAB alias sembelit.

(Baca Juga: 8 Cara Mengobati Masuk Angin Tanpa Kerokan)

9. Lengkuas

Lengkuas - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Jenis umbi-umbian yang memilikin tekstur keras dan kaya akan serat ini terbilang mudah ditanam di rumah selaku daftar tumbuhan obat.

Nggak cuma menjadi bumbu masakan, lengkuas alias laos juga mempunyai manfaat untuk menurunkan demam, melancarkan pencernaan, meredakan rasa mual, sakit perut, menghalangi kanker, menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

10. Binahong

Binahong - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Salah satu dari daftar tumbuhan obat yang mempunyai nama ilmiah Anredera cordifolia ini memiliki manfaat kesehatan. Padahal, sebelumnya cuma dianggap sebagai tumbuhan hias belaka.

Bagian daun binahong yang direbus dan diminum sarinya bisa menjadi obat gusi berdarah, menyembuhkan luka, mengobati batuk dan muntah darah, diabetes, mimisan, TBC, gagal ginjal, ricuh otak, dan masih banyak lagi yang lain.

11. Lidah Buaya

Lidah Buaya - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Daftar tumbuhan obat berikutnya adalah pengecap buaya atau yang berjulukan ilmiah Aloe vera. Ini merupakan jenis tumbuhan tropis berdaun tebal dan berduri yang berkembang sepanjang tahun.

Manfaat lidah buaya antara lain mengobati radang dan iritasi, menurunkan kadar gula darah, menangani rambut rontok, melancarkan pencernaan, melembabkan kulit, dan mempertahankan kesehatan ekspresi.

Lidah buaya sangat gampang ditanam di rumah, karena tak membutuhkan perawatan khusus, serta harga bibitnya cukup murah. Cocok banget untuk dijadikan tumbuhan hias sekaligus tumbuhan obat.

12. Seledri

Seledri - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Sejak dua tahun terakhir, jus seledri cukup terkenal selaku obat aneka macam penyakit. Mulai dari obat pencegah kanker, menetralisir bekas abses, memperlancar pencernaan, mengobati asma, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati diabetes, rematik maupun nyeri sendi, dan masih banyak lagi.

Seledri organik mampu kau tanam dengan cara menyemai bibit bijinya di pot. Sedangkan untuk mengonsumsinya, kamu mampu mengolah seledri menjadi jus atau salah satu bahan salad yang menyehatkan.

13. Lemon

Lemon - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Si kuning dengan rasa asam ini mempunyai segudang faedah yang sudah dipercaya semenjak dulu. Mulai dari menurunkan risiko stoke, menghalangi kanker, meningkatan daya tahan tubuh terhadap penyakit, menurunkan tekanan darah tinggi, mencerahkan kulit, membantu tubuh menyerap zat besi secara maksimal, dan lain-lain.

Lemon mengandung vitamin C, B kompleks, asam folat, mineral, serta senyawa penting lainnya. Kamu disarankan meminum the dengan perasan lemon dan sesendok madu setiap pagi.

14. Sereh

Sereh - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Sereh memiliki aroma khas dan batang mudanya bisa digunakan selaku tumbuhan obat. Sifat salah satu daftar flora obat ini memberi faedah sebagai zat anti inflamasi, zat detoks yang mencampakkan racun-racun di dalam tubuh, zat anti mikroba, dan sumber antioksidan.

Manfaat sereh antara lain mengobati gangguan metode pencernaan, membantu menurunkan berat tubuh, menghalangi aneka macam penyakit berbahaya, dan lain sebagainya.

15. Manggis