0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

18 Faedah Daun Kelor, Tanaman Asing Yang Baik Untuk Kesehatan Dan Keayuan

Sudah mulai jarang ditemui, tak disangka bila faedah daun kelor sangat hebat. Dibalik bentuk daunnya yang kecil, ternyata menyimpan aneka macam zat, yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh hingga keelokan kulit.

18 Manfaat Daun Kelor, Tumbuhan Ajaib yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bahkan, bila daripada flora lain, mirip bayam, wortel, jeruk, sampai pisang, faedah daun kelor, masih lebih unggul.

Mengenal Daun Kelor si Tumbuhan Ajaib

Sebelum membahas terkait faedah daun kelor, ada baiknya kenalan dahulu dengan daun yang kaya akan kebaikan ini.

Daun kelor atau merunggai (Moringa oleifera) merupakan tumbuhan dari suku Moringaceae. Kelor juga dikenal dengan sebutan limaran, moringa, dan ben-oil (minyak yang berasal dari ekstrak biji kelor).

Tumbuhan kelor hidup dan tumbuh dengan segera, memiliki umur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan keadaan panas ekstrim.

Kelor juga tumbuh di tempat tropis dan subtropis di Asia Selatan, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, daun kelor biasa dipakai untuk materi pangan hingga obat obatan.

(Baca Juga: 9 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan)

Kandungan Daun Kelor

Siapa sangka, flora yang mempunyai daun kecil-kecil dan bercabang ini, ternyata mengandung zat-zat yang sangat penting untuk kesehatan badan, hingga kecantikan. Maka tidak heran, jikalau manfaat daun kelor sungguh banyak, dan sering disebut sebagai flora ajaib, yang telah mulai langka serta mahal.

Dilansir dari Liputan6.com, dalam 100 gram daun kelor, setidaknya terdapat beberapa zat, di antaranya adalah:

  • 92 kalori energi
  • 6.8 gram protein
  • 1.7 gram lemak
  • 12.5 gram karbohidrat
  • 0.9 gram serat
  • 6.78 mg vitamin A
  • 0.06 mg vitamin B1
  • 0.05 mg vitamin B2
  • 0.8 mg vitamin B3,
  • 220 mg vitamin C
  • Kalsium
  • Zat besi

18 Manfaat Daun Kelor

Nah, telah kenalan kan dengan daun kelor serta apa saja kandungan, yang ada di dalamnya? Selanjutnya, pribadi saja yuk simak gugusan manfaat daun kelor berikut ini:

1. Baik untuk Pertumbuhan

Manfaat daun kelor yang pertama yaitu sebagai asupan penting bagi perkembangan, khususnya pada anak. Pasalnya, daun kelor memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Zat besi sendiri sangat baik untuk keperluan badan, alasannya zat besi bisa membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh badan. Karena, jika seseorang kekurangan zat besi, maka tubuhnya akan lemas, cepat letih, tidak konsentrasi, dan lain-lain.

2. Menguatkan Tulang

Manfaat daun kelor yang berikutnya yaitu mampu menguatkan tulang. Pasalnya, daun kelor mengandung kalsium yang tinggi, bahkan kandungan lebih besar daripada susu.

Daun kelor mampu diolah menjadi sayur yang enak, dan digemari anak-anak. Penyerapan nutrisi daun kelor juga cepat, sehingga sangat baik untuk berkembang kembang anak.

3. Meningkatkan Massa Otot

Selanjutnya daun kelor juga berfaedah untuk memajukan massa otot. Kok bisa? Bukankah hanya sebuah daun?

Hal itu dikarenakan daun kelor mengandung protein yang terdiri dari bermacam-macam asam amino, dan asam amino yang ada di daun kelor cukup kaya.

Nah, asam amino ini sangat baik untuk pembentukan massa otot pada anak. Bukan menciptakan otot anak bertambah besar, tetapi lebih ke pemulihan energi dari kecapekan sehabis beraktivitas.

4. Meringankan Nyeri Haid

Manfaat daun kelor yang sering digunakan berikutnya ialah untuk meringankan nyeri haid. Sehingga, jika kau ingin mengatasi nyeri haid yang mahir, kamu mampu atasi dengan daun kelor secara alami.

Daun kelor mengandung materi alami, yang sangat berguna untuk meredakan nyeri serta peradangan, yang terjadi di area rahim, saat menstruasi.

5. Mencegah Risiko Terkena Kanker

Tak kalah ahli, manfaat daun kelor juga mampu menangkal risiko terkena penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan daun kelor memiliki kandungan isotiosianat, yang bisa menolong cegah inflamasi dan menghalangi kanker.

6. Menyehatkan Jantung

Tidak cuma kanker, penyakit akut mirip jantung juga mampu dicegah dengan daun kelor. Manfaat daun kelor yang satu ini bisa menyehatkan fungsi jantung.

Sebab, daun kelor bisa menghalangi kolesterol jahat dan terjadinya peradangan. Sehingga, jantung bisa lebih sehat dan segala gangguan jantung bisa disingkirkan.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Karena bersifat antioksidan, daun kelor juga mampu bantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan, faedah daun kelor juga bisa menetralisir tekanan darah dalam tubuh.

8. Mencegah Penyakit Kuning

Manfaat daun kelor berikutnya yaitu untuk menangkal penyakit kuning. Untuk mencegah penyakit ini, kau mampu mengkonsumsi daun kelor yang bisa diolah menjadi makanan atau minuman.

Pasalnya, daun kelor bisa menciptakan badan akan lebih kebal, kepada aneka macam virus yang menyebabkan penyakit kuning.

9. Mengatasi Diabetes

Kam mempunyai riwayat penyakit diabetes? atau mempunyai kadar gula darah yang tidak sebanding? Jika ia, netralkan dan atasi dengan daun kelor.

Manfaat daun kelor yang satu ini, bisa menstabilkan kadar gula darah secara alami. Caranya, konsumsi 150 mg daun kelor secara berkala , atau semoga lebih mudah, mampu beli dalam bentuk pelengkap.

10. Mengatasi Infeksi Bakteri

Manfaat daun kelor berikutnya juga diandalkan mampu membantu meredakan nanah akhir basil. Dengan kandungan yang bersifat antimikroba, menciptakan daun kelor mampu memusnahkan kuman, terutama kuman berjenis gram aktual.

11. Bantu Meredakan Peradangan

Manfaat daun kelor yang selanjutnya ialah membantu meredakan peradangan, yang terjadi di dalam badan. Hal tersebut dikarenakan daun kelor mengandung isotiosianat, yang mampu menjadi anti peradangan.

12. Baik untuk Daya Ingat

Mengandung antioksidan, anti peradangan serta zat lainya, yang membuat faedah daun kelor sangat baik untuk kesehatan otak dan memajukan daya ingat.

13. Mencegah Anemia

Daun kelor juga mengandung zat besi yang tidak hanya baik untuk perkembangan, namun juga baik untuk menghalangi penyakit anemia, atau kekurangan sel darah merah.

14. Bantu Menyamarkan Flek Hitam di Wajah

Setelah membahas manfaat daun kelor kesehatan, sekarang kita akan membahas faedah daun kelor untuk kecantikan, yang pertama, adalah bisa membantu menyamarkan flek hitam di tampang.

Flek hitam, bintik hitam atau freckles ialah sebuah keadaan kulit yang muncul karena paparan sinar matahari. Nah, untuk menyamarkannya kamu mampu konsumsi daun kelor, alasannya daun ini mengandung vitamin C.

Nah, vitamin ini lah yang mampu bantu mencerahkan kulit, alasannya vitamin C juga faedah untuk mengurangi pigmentasi melanin pada kulit.

15. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun kelor untuk keelokan yang berikutnya ialah membantu cegah penuaan dini. Dengan mengonsumsi daun kelor, maka garis-garis halus atau kerutan di wajah tidak akan muncul dengan cepat.

Kandungan antioksidan yang ada pada daun kelor, mampu memperlambat kerusakan jaringan kulit muka, balasan radikal bebas.

16. Bantu Mengecilkan Pori-pori

Daun kelor mengandung vitamin A dan vitamin C yang bagus untuk keayuan kulit paras . Apapun kedua vitamin ini bisa menolong mengangkat kotoran yang menyumbat di pori-pori, sehingga akan membuat pori-pori semakin mengecil.

17. Menghilangkan Mata Panda

Mata panda atau bulat hitam yang ada bawah mata membuat performa terganggu. Buat kamu tak suka memakai make up untuk menyamarkan mata panda, daun kelor bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan mata panda secara alami.

Manfaat mata panda sangat bagus untuk memudarkan bundar hitam di bawah mata, sebab mengandung vitamin A dan vitamin K. Caranya, kau mampu aplikasikan daun kelor di bawah mata, atau mampu juga dengan mengkonsumsinya.

18. Meremajakan Kulit

Manfaat daun kelor untuk kecantikan yang terakhir ialah bisa meremajakan kulit. Pasalnya daun kelor mengandung antioksidan yang mampu memproduksi kolagen.

Sehingga kulit menjadi lebi kencang, sehat, tanpa pori-pori, dan pastinya lebih anggun.

(Baca Juga: Ini Manfaat Biji Pepaya yang Jarang Diketahui)

Nah, itu dia beberapa manfaat daun kelor yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan keelokan. Namun, sayang sekali sebab tumbuhan ini sudah mulai sulit didapatkan, sehingga kamu harus mencarinya lewat toko online.

Adapun toko online menjualnya dengan kondisi yang sudah dikeringkan, atau sudah berbentuk komplemen. Selain itu, harga daun kelor dikala ini juga tergolong cukup mahal, yakni mulai Rp120.000/botol (50-100 kapsul).

Kamu sendiri mampu menerima ekstrak atau embel-embel daun kelor di toko obat, atau di toko online. Demi kesehatan, pastikan kamu menentukan produk yang berkualitas, meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Agar lebih gampang, gunakanlah kartu kredit sebagai alat pembayaran yang mudah dan menguntungkan. Karena, dengan kartu kredit, kamu tidak cuma mendapatkan kemudahan, tetapi juga bermacam-macam keuntungan, seperti promo, cashback, hingga rewards.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan di CekAja.com Saja!

Jangan cemas, kau mampu mengajukan kartu kredit dengan mudah dan cepat. Dari bermacam-macam produk kartu kredit, CekAja.com juga akan membantumu memilihkan produk kartu kredit yang tetap sesuai kebutuhanmu.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ejekan kartu kredit terbaik pilihanmu cuma di CekAja.com, dan beli embel-embel daun kelor sekarang juga!