0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

17 Suku Di Indonesia Yang Wajib Diketahui

Tahukah kamu, kira-kira ada berapa suku di Indonesia? Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memang turut dikenal selaku salah satu negara dengan berjuta keanekaragaman dan kekayaan, salah satunya adalah dalam hal suku bangsa.

Suku di Indonesia

Bahkan, berdasarkan data resmi yang diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010 silam, Indonesia dianggap mempunyai sekitar 1.340 suku bangsa yang tersebar di seluruh daerah Indonesia. Banyak sekali, bukan? Dengan jumlah yang meraih angka ribuan, tak aneh bila sebagian besar penduduk Indonesia masih ada yang belum banyak mengetahui wacana suku-suku tersebut.

(Baca Juga: 10 Makanan Tradisional Indonesia)

Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membicarakan wacana beberapa suku di Indonesia, baik yang telah dimengerti maupun yang belum dimengerti. Apa sajakah itu? Yuk disimak bersama-sama.

Suku di Indonesia

1. Suku Jawa

Suku di Indonesia yang pertama adalah Suku Jawa yang mungkin telah banyak dimengerti oleh orang. Sebab, suku ini ialah suku paling besar yang ada di Indonesia dan juga di Pulau Jawa dengan jumlah yang diperkirakan mencapai 41 persen dari total populasi yang ada di Indonesia itu sendiri. Budaya yang dianut sangatlah kental dan populer begitu sakral.

2. Suku Sunda

Suku Sunda berasal dari daerah Jawa Barat dan berisikan 5,5 persen dari total penduduk Indonesia secara keseluruhan. Meskipun tersebar di banyak sekali daerah di Indonesia, namun sebagian besar penduduk Sunda paling banyak menempati wilayah Banten, Jakarta, dan Jawa.

3. Suku Batak

Suku di Indonesia satu ini berasal dari Sumatera Utara dan juga cenderung tersebar di banyak sekali wilayah di Indonesia dan berisikan 3,58 dari total masyarakatIndonesia secara keseluruhan. Suku Batak itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Batak Toba, Batak Mandailing, Batak Pakpak, dan Batak Karo.

4. Suku Betawi

Suku Betawi merupakan salah satu suku yang mana masyarakatnya ialah keturunan dari penduduk yang bertempat tinggal di Batavia sejak masa ke-17 dan ialah hasil perkawinan darah campuran dari aneka suku bangsa yang didatangkan oleh Belanda ke Batavia pada ketika itu. Disebabkan oleh itulah, suku Betawi juga turut disebut selaku penghuni orisinil kawasan Jakarta. Meski begitu, penduduk Betawi juga turut tersebar di daerah lainnya, mirip Bogor dan sekitarnya.

5. Suku Dayak

Suku di Indonesia berikutnya yaitu suku Dayak yang sebagian besar mendiami Pulau Kalimantan. Saat ini, terhitung jumlah masyarakat Dayak yakni sekitar 1,27 persen dari total masyarakatIndonesia secara keseluruhan.

6. Suku Asmat

Suku Asmat merupakan suku paling besar yang ada di wilayah Papua. Karena budaya mereka yang begitu menghormati alam serta kehidupan para leluhurnya, maka kearifan yang dimiliki oleh suku Asmat juga sangatlah hebat. Etnis satu ini terbagi menjadi dua, yaitu masyarakat pesisir dan mesyarakat pedalamana.

7. Suku Bugis

Suku Bugis merupakan salah satu suku di Indonesia yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan namun ketika ini juga sudah menyebar ke banyak sekali wilayah di Indonesia, seperti Papua, Jakarta, Kalimantan, hingga Riau. Disamping itu, penduduk Bugis juga mampu didapatkan di Malaysia dan Singapura. Ciri utama dari golongan etnis ini yaitu bahasa dan adab-istiadatnya. Sehingga, pendatang dari Melayu dan Minangkabau yang merantau ke Sulawesi sejak era ke 15 juga bisa dikategorikan selaku penduduk Bugis.

8. Suku Minahasa

Selain suku Bugis, wilayah Sulawesi juga memiliki suku Minahasa yang berasal dari Sulawesi Utara. Merupakan suku bangsa terbesar di provinsi ini, suku Minahasa juga turut disebut sebagai suku Manado, bagi orang awam. Sebab, Manado itu sendiri merupakan ibukota dari Sulawesi Utara. Suku di Indonesia satu ini ialah adonan dari beberapa sub suku atau sub-etnis, seperti Tombulu, Tondano, Tonsea, dan Tontemboan.

9. Suku Madura

Selain Jawa, suku Madura juga ialah salah satu suku terbesar di Indonesia dan berasal dari Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Pulau Madura dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Orang Madura itu sendiri terkenal sebab gaya hidupnya yang disiplin, ekonomis, tekun melakukan pekerjaan , serta cenderung blak-blakan dikala berbicara.

10. Suku Ambon

Suku Ambon merupakan gabungan antara Austronesia dan Papua dan berasal dari Pulau Maluku. Pada lazimnya , mereka memakai Bahasa Melayu Maluku atau yang umum disebut sebagai Bahasa Ambon. Bahasa tersebut digunakan untuk berkomunikasi antar masyarakat jual beli di Maluku. Namun, untuk bahasa komunitas lokalnya itu sendiri, terdapat lebih dari 200 bahasa setempat dengan satu bahasa ibu atau bahasa induk, yakni Bahasa Kapata.

11. Suku Minang

Suku di Indonesia selanjutnya adalah suku Minang yang merupakan salah satu etnis terbesar di Indonesia dengan jumlah kurang lebih 2,73 persen dari total masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Berasal dari Sumatera Barat, orang Minang juga kerap disamakan dengan orang Padang, alasannya Padang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatera Barat. Meski begitu, penduduk Minang justru menyebut golongan etnis mereka dengan sebutan urang awak, yang merujuk pada orang Minang itu sendiri.

12. Suku Baduy

Orang Kanekes atau yang biasa dikenal selaku penduduk Baduy merupakan golongan etnis yang berasal dari daerah Banten, lebih tepatnya di Lebak. Selain mempunyai iktikad yang dianggap tabu, suku Baduy juga diketahui alasannya gaya hidupnya yang mengisolasi diri dari dunia luar, utamanya untuk penduduk daerah Baduy Dalam. Meski begitu, penduduk Baduy nyatanya juga kerap kita jumpai di daerah perkotaan dengan keunikan yang begitu kental, ialah melintas di pinggir jalan tanpa alas kaki serta mengenakan baju kain yang sederhana.

13. Suku Bali

Suku di Indonesia selanjutnya yakni suku Bali yang juga telah banyak diketahui oleh penduduk secara luas. Sebab, kawasan Bali itu sendiri juga turut diketahui selaku salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat luar negeri. Meskipun telah menyebar ke berbagai kawasan di Indonesia, namun sebagian besar penduduk suku Bali berdomisili di pulau Bali, menggunakan Bahasa Bali untuk beraktivitas sehari-hari, dan tentunya mengikuti budaya Bali.

14. Suku Makassar

Suku Makassar ialah nama Melayu dari sebuah etnis yang mendiami pesisir selatan Pulau Sulawesi. Baju Bodo yang menjadi badu budbahasa khas Sulawesi Selatan itu sendiri juga berasal dari suku Makassar. Selain Bugis, Makassar juga merupakan salah satu suku terbesar di provinsi tersebut.

15. Suku Ternate

Suku di Indonesia berikutnya yaitu suku Ternate yang berasal dari provinsi Maluku Utara. Meskipun dikala ini telah banyak yang menyebar, namun sebagian besar penduduk dari suku ini berdomisili di Pulau Ternate. Orang Ternate memiliki bahasa sendiri, yaitu Bahasa Ternate yang sedikit banyak turut mempengaruhi bahasa Melayu Maluku Utara, bahasa Melayu di Tidore, dan bahasa Melayu di Tanah Minahasa (Manado). Bahkan, beberapa bahasa Melayu Maluku Utara juga diambil dari bahasa Ternate.

16. Suku Sumbawa

Suku Sumbawa atau Sumawa merupakan salah satu suku di Indonesia yang mendiami daerah bab Barat dan tengah Pulau Sumbawa. Masyarakat setempat menyebut dirinya sendiri sebagai Tau Samawa dan memakai bahasa Samawa dalam berkomunikasi sehari-hari. Sebagian besar masyarakat Sumbawa beragama Islam.

17. Suku Palembang

Terakhir ada suku Palembang yang merupakan salah satu etnis Melayu yang berdomisili di Kota Palembang dan sekitarnya. Bahasa yang digunakan mirip dengan bahasa Melayu Jambi dan Melayu Bengkulu. Sedangkan untuk mata pencaharian masyarakat lokalnya, sebagian besar dari mereka melakukan pekerjaan sebagai petani dan mayoritas beragama Islam, sedangkan sisanya beragama Budha.

Jadi, itulah sebagian kecil dari suku-suku yang ada di Indonesia dan setidaknya sudah cukup banyak diketahui oleh orang secara luas. Namun selain yang gres saja kita bahas, pasti masih banyak lagi suku lainnya yang belum sempat kita eksplorasi lebih dalam lagi. Ingin tahu dan mempelajari suku-suku yang ada di Indonesia? Yuk kita mulai menyiapkan perjalanan piknik dari sekarang.  

(Baca Juga: Pasar Terapung di Indonesia)

Walaupun ketika ini kita semua masih diharuskan untuk menahan diri jikalau ingin berjalan-jalan alasannya pandemi yang masih berjalan, tidak ada salahnya jikalau mulai membuat planning perjalanan dari kini, bukan? Bingung ingin mengawali perencanaan dari mana? Kamu mampu memulainya dengan mengajukan kartu kredit di CekAja.com.

Tak cuma ihwal pengajuan saja, di CekAja.com kamu bahkan mampu melakukan perbandingan wacana jenis kartu kredit manakah yang dirasa paling cocok dengan kebutuhan dan gaya hidup. Selain itu, pengajuannya pun dapat dilaksanakan sepenuhnya lewat online lho. Jadi, kamu tak perlu repot lagi untuk menyediakan waktu ke luar rumah. Mudah banget kan! Kaprikornus, tunggu apa lagi? Yuk segera usikan kartu kredit terbaikmu hanya di CekAja.com.