0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

15 Tanaman Gantung Yang MembuatRumah Jadi Anggun Dan Estetik

Kamu suka mengoleksi tanaman hias untuk dipajang di rumah? Sepertinya kamu wajib punya 15 tumbuhan gantung berikut ini deh! Pasalnya, formasi flora hias yang digantung ini mampu membuat situasi rumah jadi terkesan natural, cantik dan estetik. 

15 tanaman gantung yang bikin rumah jadi cantik dan estetik

Keuntungan Punya Tanaman Gantung 

Tanaman hias sendiri ada banyak jenisnya, alasannya adalah tumbuhan hias tidak seluruhnya mampu ditanam, di pot gantung. Kehadiran flora hias yang digantung juga mampu memberikan laba bagi pemilik rumah, ketimbang flora hias di pot umumatau di halaman. 

Setidaknya ada enam keuntungan pilih tanaman hias gantung, untuk dijadikan dekorasi rumah berikut ini:

  • Bisa Menyegarkan Ruangan
  • Bisa Melancarkan Sirkulasi Udara di Ruangan
  • Bisa Membantu Cegah Penyakit
  • Memberikan Efek Menenangkan Sehingga Jauh dari Stres
  • Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur
  • Bisa Dijadikan Sebagai Aroma Terapi Alami

Wah, selain untuk menghiasruangan, tanaman gantung juga bisa berguna, untuk kesehatan lingkungan di dalam rumah ya. Tapi, kira-kira kamu telah tahu belum deretan tumbuhan hias gantung yang sekiranya bisa membuat rumahmu tampakestetik dan cantik? Yuk intip di sini:

(Baca Juga: 10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif)

15 Tanaman Gantung yang Estetik dan Cantik

1. Sedum Morganianum

Sedum Morganianum - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Tanaman gantung yang paling dianjurkan pertama adalah jenis Sedum Morganianum. Memiliki performa yang bagus, menciptakan sudut-sudut ruangan rumahmu menjadi lebih estetik. 

Tanaman yang satu ini, juga masih mempunyai kemiripan dengan tumbuhan kaktus. Dimana tumbuhan ini tidak membutuhkan banyak air, tetapi tetap mesti memerlukan cahaya matahari. 

Hal yang membuatnya menjadi mempesona dan estetik yakni warnanya yang hijau pucat. Sehingga, flora ini mampu menunjukkan variasi warna yang berbeda, dan warna tanaman lainnya, yang umumnya yaitu hijau pekat.

2. Jenggot Putih (Spanish Moss)

Jenggot Putih Spanish Moss - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Rekomendasi tumbuhan gantung yang kedua yakni Jenggot Putih atau Spanish Moss. Sama seperti namanya, tumbuhan hias gantung ini tumbuh bak jenggot berwarna putih yang menggantung panjang. 

Warna yang putih pucat dan bentuk daunnya yang runcing, membuat tumbuhan ini paling berlainan dengan flora hias gantung lainnya, yang rata-rata berwarna hijau. 

Jenggot Putih juga gampang untuk dirawat, sehingga kau tak terlalu repot dalam mengurusnya.

3. Bunga Begonia

Bunga Begonia - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Jika kamu bosan dengan flora gantung yang cuma memiliki daun saja, tumbuhan hias Bunga Begonia, mungkin bisa jadi opsi sempurna. Hal tersebut dikarenakan flora ini mempunyai bunga yang bagus dan berwarna oren, merah, pink cerah, hingga pink  muda.

Kaprikornus sangat cocok untuk melengkapi keindahan, di setiap sudut ruangan. Selain itu, tumbuhan hias ini juga sungguh gampang ditanam, sebab mampu mengikuti keadaan dengan aneka macam jenis tanah. Jadi buat kau para pemula, cocok banget buat punya flora Bunga Begonia ini. 

4. Zygocactus

Zygocactus - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Tanaman gantung yang satu ini, diketahui dengan tingkat kesuburannya yang sangat bagus, terlebih pada iklim tropis yang memiliki temperatur tinggi. 

Tanaman Zygocactus sendiri ialah flora kaktus berbunga, yang mudah sekali dirawat. Tanaman ini juga tahan panas, sehingga kau tak perlu kuatir tanaman ini layu.

5. Lili Paris

Lili Paris - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Tidak menjuntai ke bawah, flora hias gantung yang satu ini justru berkembang ke atas. Meski begitu, flora hias ini tetap terlihat bagus walau digantung. 

Memiliki warna hijau dan putih di bab tepi daun, membuat tumbuhan ini memiliki pesona visual yang sangat bagus. Untuk bentuknya, daun Lili Paris berkembang memanjang dan meruncing. Kaprikornus sangat mudah untuk dirawat, alasannya adalah tak menjuntai-juntai.

6. Pakis Boston

Pakis Boston - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Tanaman gantung Pakis Boston ialah tanaman yang memang berasal dari Boston, Amerika Serikat. Tanaman hias ini terlihat sangat praktis tetapi tetap memberikan natural. 

Pasalnya, warna hijau dan bentuknya yang bergerigi panjang ini, membuatsegar siapapun yang melihatnya. Agar tanaman ini terus segar, kau perlu berkala merawatnya, dengan menyiramnya.

7. Dischidia Nummularia Variegeta

Dischidia Nummularia Variegeta - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Memiliki daun yang kecil dan bulat, menjadikan tanaman hias gantung ini sangat elok dan estetik, jika di taruh di dalam rumah. Selain itu, meski tumbuhan ini gampang perawatannya, kau juga dilarang menyepelekannya. 

Sesekali jemur flora ini biar mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tidak lupa untuk rutin disiram, dan setelah itu, bisa dipajang di dalam rumah kembali.

8. Sirih Blaster Heart

Sirih Blaster Heart - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Jika dilihat dari namanya, tanaman gantung ini memang mirip dengan daun sirih, tetapi jelas flora ini tidak mampu dipakai untuk kesehatan seperti daun sirih. Sirih Blaster Heart juga tergolong tumbuhan hias yang tak memiliki bunga. 

Selain bentuknya yang mirip sirih dan seperti dengan lampang hati, Sirih Blaster Heart juga mempunyai warna yang hijau yang cerah dan daun yang agak mengkilap.

9. Tradescantia

Tradescantia - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Memiliki warna yang nyaris seperti dengan Lili Paris, tumbuhan hias Tradescantia ini mempunyai bentuk lonjong, seperti daun pada umumnya. Namun, dia memiliki batang berwarna ungu yang terlihat makin unik. 

Meski tanaman ini mampu berkembang dengan banyak sekali kondisi lingkungan, namun kau tetap perlu menjaga akarnya biar tetap subur, dan tidak terlampau lembab. 

10. Peperomia Hope

Peperomia Hope - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Tanaman gantung yang mempunyai nilai estetika berikutnya yakni Peperomia Hope. Daunnya yang berupa bulat hampir sempurna, dan agak cekung ke dalam mirip sendok ini, bisa jadi usulan tumbuhan hias gantung untuk pajangan rumah. 

Perawatan yang mudah juga ada di tanaman ini. Kamu cukup simpan flora ini di lokasi teduh, berangin dan sedikit cahaya atau jangan terpapar langsung sinar matahari. Selain itu, cukup siram tanaman ini sepekan dua kali.

11. Wijaya Kusuma

Wijaya Kusuma - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Ada yang unik dari flora gantung bernama Wijaya Kusuma ini. Daunnya yang mirip Zygocactus juga mempunyai bunga. 

Uniknya, bunga dari tumbuhan wijaya kusuma ini hanya mampu mekar pada tengah malam. Jika pagi telah tiba, bunga akan kembal kuncup. 

Dalam merawatnya, flora ini cuma cukup disiram setiap seminggu sekali.

12. Sirih Marble

Sirih Marble - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Jika flora gantung sebelumnya juga ada yang mirip daun sirih, tanaman berikutnya ini juga seperti dengan daun sirih namun tidak dengan warnanya. 

Seperti namanya, bentuk daunnya memang seperti sirih, namun warnanya mirip seperti corak marble yang absurd. 

Dengan begitu, membuat tanaman ini terlihat estetik, untuk dijadikan pajangan di setiap sudut rumah.

13. Baby Tears Plant

Baby Tears Plant - 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik dan Estetik

Tanaman gantung yang tepat untuk dipajang di dalam rumah berikutnya adalah Baby Tears Plant. Memiliki daun yang amat kecil ini, sangat elok bila dilihat secara keseluruhan. 

Untuk cara perawatannya, kamu cukup letakan saja di lokasi dengan keadaan sinar yang cukup. Baby Tears Plant pun akan berkembang subur.

14. Scindapsus