0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

15 Kuliner Untuk Menanggulangi Tak Bisa Tidur Dijamin MembuatTidur Nyenyak

Makanan untuk mengatasi tak bisa tidur sungguh diperlukan bagi orang-orang yang mengalami gangguan tidur. Waktu tidur yang tidak teratur ini berbahaya, alasannya akan menjadi penyebab munculnya aneka macam penyakit yang mengganggu kondisi kesehatan.

Mengenal Insomnia

Tidur ialah aktivitas istirahat yang sangat penting untuk tubuh yang sudah sehari penuh beraktivitas.

Jam tidur terbaik bagi orang akil balig cukup akal setidaknya 7 jam hingga 8 jam sehari di malam hari, idealnya dijalankan pada pukul 10 malam sampai pukul 5 atau 6 pagi.

Kamu juga diusulkan untuk menyempatkan waktu tidur siang di sela kegiatan harian sekitar 30 menit, agar badan kembali bugar dan otak lebih berfokus.

Sayangnya, tidak siapa pun bisa cepat tertidur di dikala yang seharusnya yaitu pada malam hari.

Akibatnya, gangguan sulit tidur ini membuatmu tidur telat, dan jam tidur menjadi berkurang. Inilah yang dinamakan dengan insomnia.

Insomnia yang terjadi terus menerus akan menciptakan badan menjadi kurang bertenaga dikala menjalani kegiatan, otak yang merepotkan berfokus, menjadikan gangguan mental, dan rasa kantuk yang justru akan datang pada siang hari sehingga mengusik acara.

Insomnia dibedakan menjadi dua jenis. Yakni insomnia yang tidak berhubungan dengan keadaan medis lain atau disebut dengan sulit tidur primer, serta insomnia yang terkait dengan keadaan medis lain yang disebut sulit tidur sekunder.

Beberapa keadaan atau unek-unek medis yang berkaitan berisikan stress, asma, asam lambung, atau radang sendi.

Insomnia sekunder juga bisa disebabkan alasannya mengonsumsi obat-obatan tertentu atau alasannya adalah konsumsi alkohol.

Keluhan sulit tidur mampu diatasi dengan memeriksakan diri ke dokter, sehingga obat-obatan yang pas mampu dimakan sesuai dengan keadaan dan resep dokter.

Terapi perilaku kognitif juga mampu dilakukan jikalau analisa dokter memberikan tingkat insomniamu cukup parah. Agar pengobatan semakin efektif, kamu dianjurkan juga untuk mengonsumsi makanan untuk menangani insomnia.

(Baca Juga: 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu)

Makanan untuk Mengatasi Insomnia

Untuk menanggulangi insomnia, kamu dianjurkan untuk aktif berkegiatan di siang hari, sehingga badan akan merasa letih, lebih cepat rileks, lalu tertidur.

Hindari pula konsumsi minuman beralkohol dan berkafein.

Selain itu, semestinya kau tidak makan atau minum terlampau banyak sebelum tidur.

Lebih baik, konsumsi makanan ringan sehat yang juga ialah masakan untuk menanggulangi insomnia. Berikut ini daftar kuliner untuk menanggulangi tak bisa tidur yang wajib kamu coba.

1. Salmon

Salah satu penyebab sulit tidur adalah stres. Nah, salmon yang mengandung omega 3 akan menolong menenangkan asumsi, sehingga tidur akan lebih rileks.

2. Daging Ayam

Kedua, ada daging ayam yang juga membuat badan lebih rileks dan gampang tertidur nyenyak. Hal ini dikarenakan kandungan triptofan yang menciptakan hormon serotonin dan melatonin meningkat.

Kedua hormon ini menyebabkan situasi hati yang bagus dan menertibkan siklus tidur menjadi lebih teratur.

3. Oatmeal

Makanan untuk menanggulangi tak bisa tidur yang selanjutnya ialah oatmeal yang ialah olahan gandum.

Magnesium di dalamnya akan membuat otak lebih rileks, sehingga lebih gampang tertidur di malam hari. Coba deh untuk mengubah karbohidrat nasi dengan oatmeal.

4. Sayuran Hijau

Mau memilih masakan untuk menangani insomnia yang murah dan mudah ditemukan?

Konsumsi saja aneka sayuran hijau. Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, pok coy, dan lainnya kaya akan vitamin, serat dan magnesium yang mau menciptakan tidur lebih nyenyak.

5. Labu

Buah berwarna oranye ini juga menjadi makanan untuk menanggulangi insomnia. Kandungan omega 3, kalsium, magnesium, kromium, dan tembaga akan memperbaiki siklus tidur. Kamu pun bisa tidur di jam yang tepat dengan nyenyak.

6. Kacang Almond

Jenis kacang-kacangan yang berasal dari Timur Tengah ini mengandung magnesium dan triptofan yang berkhasiat untuk membuat otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks.

Buat kamu yang sedang berdiet, kudapan kacang almond dijamin nggak bikin berat tubuh bertambah, alasannya adalah ada kandungan potein, serat, dan lemak tak jenuh.

(Baca Juga: Makanan Terbaik Untuk Penderita Kanker)

7. Aneka Teh Herbal

Berbagai jenis teh herbal juga bisa kamu pilih sebagai makanan untuk menanggulangi insomnia.

Seduhan teh putih, teh hitam, teh hijau, serta teh chamomile akan membuat tubuh dan pikiran terasa rileks, dan lebih mudah tidur.

Hal ini terjadi karena aroma khas dan kandungan antioksidan dari teh herbal.

8. Jahe dan Kayu Manis

Campuran air rebusan jahe dan kayu elok juga mampu menjadi opsi biar kualitas tidur membaik.

Jahe mempunyai imbas menenangkan kecemasan, membuat mood lebih baik dan terpilih sebagai kuliner terbaik untuk menangani tak bisa tidur.

Sedangkan kayu manis akan menstabilkan kadar gula darah, sehingga mencegah kamu terbangun di tengah waktu tidur.

9. Susu

Kebiasaan minum susu hangat sebelum tidur kayaknya wajib banget kamu coba. Sebab, susu hangat akan membuat badan dan fikiran lebih rileks, dan hormon melatonin alias hormon tidur di dalam otak meningkat.

10. Pisang

Buah-buahan juga masuk ke dalam daftar makanan untuk menangani tak bisa tidur.

Pisang akan membantumu lebih rileks dikala beristirahat berkat kandungan magnesium, kalium dan triptofan yang meningkatkan produksi hormon serotonin.

Hormon ini akan membuat suasana hatimu menjadi bahagia dan terasa lebih baik.

11. Ceri

Buah lain yang juga menjadi kuliner untuk menanggulangi sulit tidur yang lain adalah ceri. Konsumsi buah merah yang lingkaran ini membuat buatan hormon melatonin di dalam otak akan meningkat.

12. Buah Beri

Aneka buah beri yang tinggi antioksidan juga bisa menjadi opsi kuliner untuk menangani insomnia.

Konsumsi buah beri secara berkala di malam hari akan mengurangi insomnia, sebab badan lebih rileks.

13. Jeruk

Selain buah beri, aneka jenis jeruk juga dapat membuat mutu tidurmu meningkat, lho.

Jeruk nipis, lemon, atau jeruk mandarin bisa kamu pilih selaku kudapan sehat sebelum tidur. Vitamin C di dalamnya akan menghemat stres dan memperbaiki gangguan tidur.

14. Kiwi

Kiwi yakni kuliner untuk menangani sulit tidur yang telah teruji klini. Dalam suatu penelitian yang dilansir Healthline, orang yang mengonsumsi dua buah kiwi setiap malam hari akan lebih singkat tidur.

Ini alasannya adalah kiwi merangsang kenaikan hormon serotonin, serta kandungan antioksidan dan aneka macam vitamin yang menciptakan tidur lebih nyenyak.

15. Alpukat

Makanan untuk menangani tak bisa tidur yang terakhir adalah alpukat. Buah ini mengandung vitamin B dan lemak yang membuat tidur malam menjadi lebih bermutu.

Jadikan alpukat sebagai camilan sehat, jus, atau lauk suplemen di dalam sandwich.

Tangani Insomnia dengan Layanan Kesehatan Terbaik dari Asuransi

Insomnia ialah gangguan tidur yang tidak sembarangan. Jika gejala tak bisa tidur terjadi terus menerus dan betul-betul mengusik, maka segeralah periksakan diri ke dokter.

Untuk menerima layanan kesehatan dari klinik dan rumah sakit terbaik, kamu diusulkan memiliki asuransi kesehatan.

Bandingkan terlebih dahulu beberapa produk asuransi kesehatan sesuai kebutuhan dan profil keuanganmu, lalu ajukan lewat CekAja.com.

CekAja.com adalah media pembanding dan mediator pengajuan produk asuransi kesehatan yang terpercaya, sebab telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Besaran premi mampu kamu sesuaikan dengan kebutuhan, dengan nilai duit pertanggungan yang menarik. Yuk, bandingkan dan usikan asuransi kesehatan lewat CekAja.com.