0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

15 Daftar Bumbu Dapur Khas Indonesia Beserta Keuntungannya!

Buat kau yang merasa orang Indonesia, pasti tahu dong daftar bumbu dapur khas Indonesia, yang banyak dipakai untuk menambah cita rasa masakan, sekaligus untuk pengobatan.

Bahkan, saking banyaknya bumbu dapur alias rempah-rempah Indonesia, negara lain pun ikut iri dengan kekayaan hasil bumi kita.

Jadi, jangan hingga kau tidak tahu daftar bumbu dapur khas Indonesia, beserta manfaat yang ada di dalamnya.

Pasalnya, daftar bumbu dapur khas Indonesia ini, juga wajib ada di laci dapur kamu. Karena, masakan tanpa bumbu-bumbu dapur ini, akhirnya akan sungguh berbeda.

Selain untuk menambah cita rasa dan aroma masakan, bumbu-bumbu dapur ini, juga mampu disulap menjadi ramuan obat tradisional.

Adapun pastinya, mampu berfaedah untuk mengobati dan mencegah aneka macam macam penyakit.

(Baca Juga: Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur)

Nah, buat kamu yang belum tahu, berikut kami rangkum daftar bumbu dapur khas Indonesia, yang wajib dikenali beserta manfaatnya.

15 Daftar Bumbu Dapur Khas Indonesia

1. Jahe

Daftar bumbu dapur khas Indonesia yang pertama dan wajib punya yakni jahe atau ginger.

Tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur, jahe juga sering dipakai selaku bahan pengobatan tradisional, khususnya jahe merah.

Biasanya, jahe dipakai untuk berbagai masakan, untuk menciptakan rasa pedas dan hangat. Aroma jahe pun sungguh khas, terlebih bila digeprek lalu di masak.

Jahe juga sungguh mudah didapatkan, di pasar tradisional, maupun di supermarket. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau.

Manfaat jahe selaku obat: Meringankan rasa sakit, masuk angin, mual, melancarkan sistem pernapasan hingga pencernaan.

2. Kunyit

Selain jahe sebagai bahan dapur terpenting, kunyit juga masuk ke dalam daftar bahan dapur khas Indonesia yang wajib dimiliki.

Kunyit atau tumeric ialah bumbu dapur yang sering dipakai untuk mengolah masakan, maupun dijadikan obat tradisional.

Untuk kuliner, kunyit paling kerap dipakai untuk kuliner yang bisa membuat warna kuning, seperti soto, kari, rendang.

Selain mampu membuat warna kuning yang unik dan alami, cita rasa pada kunyit juga sungguh khas, dan pastinya bisa sekaligus berfaedah bagi kesehatan.

Pasalnya, kunyit dipercaya mampu mengobati dan menghalangi banyak penyakit. Kunyit mampu dikonsumsi dengan cara meminum perasan airnya, selaku jamu.

Manfaat kunyit sebagai obat: Sebagai antibiotik alami, penyakit pencernaan, meredakan peradangan, mencegah penyakit kanker, dan lain-lain.

3. Lengkuas

Masih tergolong dalam umbi batang, lengkuas juga masuk ke dalam daftar bumbu dapur khas Indonesia, yang wajib dimiliki dan memiliki banyak manfaat.

Lengkuas atau galangal, memiliki ciri khas berwarna merah muda pada kulitnya, dan berwarna putih pada bagian dalamnya.

Buat kamu yang hobi makan rendang, mungkin sering tertipu dengan rempah yang satu ini bukan?

Karena lengkuas, biasa diolah dengan ukuran bonggolan, sehingga sering menyaru seperti daging, hehe.

Tidak hanya rendang, lengkuas juga menjadi bumbu penting pada masakan soto, kari, sampai sayur asem. Karena tanpanya, masakan jadi kurang nikmat.

Lengkuas juga sangat mudah didapatkan di pasar tradisional hingga swalayan. Bahkan, kini lengkuas juga dijual dalam bentuk debu, supaya memasak lebih praktis.

Selain selaku bumbu dapur, lengkuas juga memiliki manfaat yang hebat untuk kesehatan.

Manfaat lengkuas sebagai obat: Untuk menghalangi kanker, menghentikan diare, mengendorkan asma, mengobati luka bakar, dan lainnya.

4. Kemiri

Berbentuk seperti kacang hazelnut, daftar bumbu dapur khas Indonesia yang satu ini, biasa dipakai sebagai bumbu uleg, yaitu kemiri.

Kemiri biasa dipakai pada masakan soto ayam, soto betawi, laksa, sop ayam, dan masakan yang lain.

Kemiri atau candlenuts, mempunyai aroma yang khas dan busuk, apalagi ketika dibakar. Ketika dibakar, kemiri akan mengeluarkan minyak, yang mempunyai manfaat hebat.

Sudah menjadi ramuan turun temurun, minyak kemiri, dipercaya untuk banyak sekali macam perawatan rambut.

Sama seperti lengkuas, kemiri juga tersedia juga dalam bentuk bubuk untuk mengolah makanan, dan bentuk minyak untuk perawatan rambut.

Manfaat kemiri sebagai obat: Menyuburkan rambut, menghitamkan rambut, menguatkan rambut, dan lainnya.

5. Temu Kunci

Daftar bumbu dapur khas Indonesia, yang juga tak kalah diharapkan untuk mengolah makanan, masakan Indonesia yakni temu kunci.

Temu kunci biasa dipakai untuk memasak sayur bening, alasannya bisa membuat aroma dan rasa yang sangat khas.

Rempah-rempah ini berupa meruncing dan panjang, dan mempunyai mata inti jika diiris. Makara, sangat mudah untuk membedakannya dengan rempah yang lain.

Selain untuk mengolah makanan, temu kunci juga berkhasiat untuk mengobati dan mencegah aneka macam penyakit.

Manfaat temu kunci sebagai obat: Mengatasi gangguan pencernaan, kaya antioksidan, antibakteri, menanggulangi gangguan gigi dan lisan, dan masih banyak lagi.

6. Merica

Merica atau bisa juga disebut lada, merupakan daftar bumbu dapur khas Indonesia yang wajib punya.

Merica atau Piper nigrum mempunyai dua jenis ialah merica putih dan merica hitam, yang sama-sama memiliki kandungan nyaris sama.

Di antaranya kandungan kimia, minyak lada, minyak lemak, dan pati. Ciri-ciri merica juga memiliki sedikit rasa pahit dan pedas.

Merica juga sangat penting dimiliki untuk kepentingan mengolah masakan, apapun masakannya. Bahkan, ketika kau ingin menggoreng telur mata sapi sekalipun.

Tidak cuma untuk memasak, merica juga mempunyai faedah untuk kesehatan, yang telah diketahui semenjak puluhan masa lalu.

Manfaat merica sebagai obat: Sebagai antipiretik, mengobati asam urat, menetralisir bekas jerawat, meredakan hidung tersumbat, dan lainnya.

7. Ketumbar

Sering tertukar karena serupa dengan merica, ketumbar mempunyai bentuk yang lebih kecil dan bergaris di permukaannya.

Ketumbar juga masuk ke dalam daftar bumbu dapur khas Indonesia yang wajib dimiliki loh.

Karena, ketumbar banyak dibutuhkan pada resep-resep masakan Indonesia. Seperti untuk menggoreng ayam, tempe, tahu, ikan dan lainnya.

Ketumbar juga mempunyai aroma yang lebih bau. Ketumbar juga sekarang tersedia dalam bentuk bubuk, sehingga lebih mudah untuk mengaplikasikan ke kuliner.

Manfaat ketumbar: Menurunkan kadar gula darah, merenggangkan peradangan, menyehatkan metode pencernaan, hingga menambah nafsu makan.

8. Cengkeh

Memiliki aroma khas, cengkat juga tergolong dalam daftar bumbu dapur khas Indonesia, yang dihentikan terlewatkan.

Biasa dipakai pada jenis kuliner berkuah, mirip sup, cengkeh akan menawarkan aroma dan rasa yang lebih lezat.

Tidak hanya untuk kuliner sehari-hari, cengkeh juga sering digunakan untuk dekorasi kue nastar, meski tidak untuk dikonsumsi.

Kini cengkeh juga telah tersedia dalam bentuk debu, semoga bisa menjadi campuran yang lebih lezat di masakan atau minuman.

Manfaat cengkeh sebagai obat: Untuk mengembangkan imun tubuh, membunuh bakteri, menanggulangi sakit gigi, meredakan nyeri, menangkal rambut rontok, dan lain-lain.

9. Biji Pala

Memiliki bacin yang tidak mampu dikalahkan oleh rempah yang lain, biji pala, juga penting masuk dalam daftar bumbu dapur khas Indonesia yang wajib ada.

Bagian buah pala biasa digunakan untuk manisan, dan mempunyai biji yang mampu dijadikan bumbu dapur, paling beraroma.

Bahkan, saking bermanfaatnya rempah yang satu ini, bangsa Eropa ingin menguasai hasil bumi Indonesia tergolong pala, dikala dijajah dahulu.

Pala lazimnya digunakan untuk aneka macam masakan khas Indonesia, dengan cara dipotong, digeprek, dan diparut bagian tengahnya.

Manfaat biji pala: Mencegah kanker, menurunkan kadar gula darah, mengobati tak bisa tidur, meredakan nyeri dan yang lain.

10. Serai

Serai, sereh, atau lemongrass, ialah salah satu bumbu dapur yang juga tak kalah penting, memberikan kenikmatan pada kuliner, khas Indonesia.

Sebut saja, seperti saat kamu membuat nasi uduk. Serai menjadi salah satu komponen bumbu yang wajib dimasukan.

Sereh akan menghasilkan busuk serta rasa yang khas, pada nasi dan membuatnya yummy meski disantap tanpa lauk.

Tidak hanya untuk kuliner, serai juga mampu dipakai untuk penambah rasa dan aroma di minuman, serta mampu berguna untuk kesehatan juga.

Manfaat serai: Menurunkan kolesterol, mengobati arthritis, menurunkan tekanan darah, sebagai anti inflamasi, anti septik, dan faedah lainnya.

11. Daun Salam

Jangan salah, meski hanya selembar daun, bumbu dapur khas Indonesia yaitu daun salam ini, juga sangat berpengaruh terhadap rasa dan aroma masakan kamu loh.

(Baca Juga: Obat Alami Untuk Menangkal Virus Corona, dari Rempah)

Di Indonesia sendiri, pohon salam dengan sungguh mudah dijumpai. Untuk penggunaannya sendiri, daun salam mampu digunakan baik dalam bentuk masih segar, maupun kering.

Namun, banyak yang bilang justru yang kering jauh lebih menunjukkan aroma dan rasa yang lezat.

Daun salam biasa digunakan dalam kuliner mirip sayur asem, rendang, semur, dan kuliner khas Indonesia yang lain.

Manfaat daun salam: Bisa meminimalkan tanda-tanda diabetes, sampai penyakit jantung.

12. Kencur

Siapa di sini yang doyan makan seblak? Tahukah kamu, tanpa kencur, seblak tidak akan seenak itu. Sehingga, kencur juga masuk dalam, daftar bumbu dapur khas Indonesia yang wajib dimiliki.

Untuk penggunaanya, kencur umumdiulek, atau diparut, untuk dimasukan ke dalam masakkan. Kencur juga dikala ini sudah tersedia dalam bentuk debu, yang mudah.

Manfaat kencur: Sebagai obat radang tenggorokan, dan duduk perkara jalan masuk pernapasan lain, sampai meredakan peradangan di kulit.

13. Kayu Manis

Daftar bumbu dapur khas Indonesia yang juga tak kalah penting dimiliki, ialah kayu manis, atau cinnamon.

Selain untuk kuliner sehari-hari, kayu bagus juga sering digunakan sebagai tambahan kue dan minuman.

Kayu manis akan dihaluskan, lalu diaduk ke campuran, sehingga mampu menciptakan rasa dan aroma kue yang pastinya sangat khas.

Manfaat kayu anggun: Kaya antioksidan, memperlancar sirkulasi darah, menjaga kadar gula darah.

Namun, dalam penggunaannya, kayu cantik tidak oleh terlalu banyak, karena bisa mensugesti kesehatan.

Hal tersebut dikarenakan, kayu manis memiliki kandungan coumarin.

14. Daun Jeruk purut

Selain daun salam, daun jeruk purut juga sungguh diharapkan untuk mempernikmat kuliner, khas Indonesia.

Biasanya, daun jeruk sering dipakai untuk mengolah masakan kuliner seperti ikan, daging, ayam, seafood, dan masakan yang menciptakan bacin lainnya.

Dengan memakai daun jeruk, bacin yang ada pada masakan tersebut, bisa hilang dan amis.

Manfaat daun jeruk purut: Mencegah bakteri, menangani bacin lisan, meredakan influenza, dan lainnya.

15. Asam Jawa

Daftar bumbu dapur khas Indonesia yang selanjutnya yaitu asam jawa atau tamarin, yang sering dijumpai pada sayur asem.

Asam jawa sendiri memang sering dipakai untuk menciptakan rasa asam alami, pada kuliner. Sehingga, mampu meminimalkan penggunaan cuka.

Cara menggunakannya, asam jawa bisa direndam dengan air panas, kemudian diremas-remas, hingga dagingnya lepas.

Selain untuk masakan, asam jawa juga sangat berguna untuk kesehatan, dan mampu dijadikan minuman tradisional, yang lezat.

Manfaat asam jawa: Memperlancar metode pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mengendalikan kadar gula darah, menolong melindungi hati, dan bantu menurunkan berat badan.

Nah, itu dia sederet daftar bumbu dapur khas Indonesia, yang wajib dimiliki dan wajib dikenali, terutama bagi para ibu rumah tangga.

Sehingga, saat kamu ingin memasak, kamu sudah tahu perbedaan antara bumbu yang satu dengan yang lainnya, beserta manfaatnya.

Adapun, bumbu dapur tersebut juga mampu dijadikan ramuan herbal, saat keadaan kesehatan sedan drop. Kaprikornus, jangan dahulu buru-buru minum obat dokter, dan cobalah yang alami dahulu.

Berbagai bumbu dapur tersebut, nyatanya juga mempunyai banyak faedah, selain untuk memasak, terlebih untuk kesehatan.

Bahkan, sekarang bumbu-bumbu dapur tersebut dijual online, untuk mempermudah para ibu rumah tangga, di banyak situs web penjual sayur online.

Sebut saja mirip Sayurbox, Tanihub, Brambang, dan masih banyak lagi. BIar lebih praktis, kau juga membeli di pedagang sayur online menggunakan kartu kredit loh.

Pasalnya selain mudah, melaksanakan pembelian banyak sekali macam bumbu dapur memakai kartu kredit, mampu lebih menguntungkan.

Karena, kamu mampu berkesempatan mendapatkan promo menarik, mirip diskon, cashback, hingga, rewards.

Ajukan Kartu Kredit Terbaik Pilihanmu Hanya di CekAja.com

Mengapa di Di CekAja.com? Karena, kamu mampu dengan gampang, mengajukan kartu kredit melalui CekAja.com, secara online.

CekAja.com juga menawarkan banyak kartu kredit terbaik, dari banyak sekali bank ternama di Indonesia.

Selain itu, kau juga dengan gampang membandingkan produk kartu kredit yang satu dengan kartu kredit yang yang lain.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ejekan kartu kredit terbaik pilihanmu, cuma di CekAja.com, dan beli semua keperluan bumbu masak dengan gampang dan mudah.