0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

14 Tumbuhan Merambat Berbunga Yang Cantik Dan Segudang Pengobatannya

Tanaman merambat sejatinya berisikan dua jenis, ialah tanaman merambat berbunga dan tumbuhan merambat daun. Untuk tanaman merambat berbunga sendiri, umumnya dipakai untuk menutupi dan memperindah dinding bagian luar rumah, pagar bahkan kanopi.

14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Banyaknya jenis flora merambat berbunga, kerap kali membuat bingung banyak orang yang gres ingin mencoba menanam tanaman merambat.

Sebab, ada beberapa jenis flora merambat berbunga yang menjadi incaran banyak orang, seperti bougenville, mandevilla, alamanda, begonia, sampai tumbuhan merambat flame of Irian yang terbilang cukup susah ditemukan.

Ciri-ciri Tanaman Merambat Berbunga

Sebelum membicarakan lebih jauh perihal tumbuhan merambat berbunga, ada baiknya kamu mengetahui apalagi dulu ciri-ciri dari flora merambat berbunga itu sendiri. Adapun ciri-ciri dari tanaman merambat berbunga, yaitu:

  • Tumbuh akar pada bab batang tanaman
  • Pada awal perkembangan, batang akan terlihat mirip terlilit alasannya adaptasi
  • Memiliki daun yang telah termodifikasi menjadi tendril daun atau sulur
  • Bergantung pada pohon yang lain, karena memiliki batang yang lemah

(Baca Juga: 10 Jenis Tanaman di Dalam Air)

14 Tanaman Merambat Berbunga

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengenali ciri-ciri tanaman merambat berbunga, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengenali apa saja tumbuhan merambat berbunga, yang dapat mempercantik bagian luar rumah.

Oleh sebab itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 14 tumbuhan merambat berbunga dan akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kau. Simak tolong-menolong, yuk!

1. Wisteria

Wisteria - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Tanaman merambat berbunga yang pertama ialah Wisteria. Tanaman merambat yang satu ini mempunyai kesanggupan bertahan hidup sampai ratusan tahun, jika dirawat secara rutin dengan baik dan benar.

Namun sayangnya, Wisteria mempunyai cara perawatan khusus yang terbilang tidak mudah. Hal tersebut dikarenakan, Wisteria ialah flora subtropis yang harus dirawat dengan benar dan teliti, mulai dari proses pembibitan sampai pemindahannya ke tanah.

Maka dari itu, tidak heran jika tumbuhan merambat berbunga ini mempunyai harga yang cukup mahal di pasaran. Terlebih, Wisteria juga dapat berkembang hingga sepanjang 20 m.

2. Alamanda

Alamanda - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Di urutan kedua ada Alamanda yang menjadi flora merambat berbunga. Selain menjadi tanaman hias yang tahan panas, alamanda nyatanya juga menjadi salah satu tumbuhan yang populer selaku tanaman rambat pagar.

Meski begitu, tanaman yang mempunyai bunga berbentuk lonceng berskala besar ini, juga sangat cocok dipakai untuk mempercantik kanopi. Hanya saja, kamu perlu menentukan bahwa kanopi mu terpasang besar lengan berkuasa.

Pasalnya, Alamanda mempunyai daun yang lebat, walaupun bunga yang dihasilkan tanaman rambat ini tidak banyak dan letaknya jarang-jarang.

Selain itu, tanaman ini nyatanya juga memiliki nama istilah lain selain Alamanda, yakni bunga terompet emas, bunga buttercup dan bunga lonceng.

3. Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Berikutnya ada Air Mata Pengantin selaku flora merambat berbunga model CekAja.com. Tanaman merambat yang memiliki nama latin Antigonon Leptopus ini memiliki bunga dengan kombinasi warna merah jambu dan putih.

Tanaman yang berasal dari Meksiko ini sungguh terkenal di Indonesia, alasannya tidak hanya unggul dalam keelokan visualnya, tetapi juga memiliki kemampuan bertahan hidup yang cukup lama.

Tidak hanya itu, tumbuhan ini pun tidak memiliki perawatan yang khusus. Sebab, tumbuhan ini masuk ke dalam klasifikasi gulma, yang hendak tetap berkembang subur meski tidak dilaksanakan perawatan khusus secara rutin.

4. Mandevilla

Mandevilla - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Sebagai tanaman merambat berbunga, Mandevilla seringkali digunakan untuk menghias dinding bab luar rumah dan pagar.

Hal tersebut dikarenakan, Mandevilla mempunyai bunga dengan warna yang beragam, mulai dari warna putih, merah jambu hingga warna merah.

Namun sayangnya, batang dari tumbuhan merambat ini tidak terlampau berpengaruh. Sehingga, untuk menerima hasil yang diharapkan, kau perlu mengikat beberapa bagian sudutnya agar tumbuhan ini merambat dengan sempurna.

Mandevilla akan lebih singkat berkembang, apabila diletakkan di daerah yang menerima cukup cahaya matahari. Tetapi, Mandevilla sangat rentan dengan cacing tanah.

Oleh alasannya adalah itu, jika kamu bermaksud untuk menanam tanaman merambat Mandevilla, tentukan bahwa kamu memakai media tanam selain tanah, seperti misalnya arang kelapa.

5. Morning Glory

Morning Glory - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Di urutan kelima ada flora merambat Morning Glory. Tanaman yang mempunyai bentuk bunga layaknya terompet ini memiliki ciri khas, ialah bunga-bunganya akan selalu bermekaran di pagi hari.

Lebih dari itu, bunga-bunga dari tanaman ini juga akan mengalami pergantian warna menjadi ungu jelas, bila menerima cukup cahaya matahari dan berubah kembali menjadi warna biru, kalau kekurangan cahaya matahari.

Bunga yang memiliki 1.000 jenis kombinasi warna ini, tidak mempunyai perawatan khusus untuk mempertahankan kesegarannya.

Kamu hanya perlu menyiramnya setiap 5-7 hari sekali dan melaksanakan pemupukan setiap 2-2,5 bulan sekali. Bagaimana, sungguh gampang bukan?

Tetapi, bunga ini mempunyai kekurangan yang terletak pada kesanggupan bertahan hidupnya. Karena, tumbuhan merambat morning glory cuma mampu bertahan selama kurang dari satu tahun.

6. Flame of Irian

Flame of Irian - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Tanaman merambat berbunga yang selanjutnya datang dari daratan Papua, yaitu Flame of Irian. Tanaman yang terbilang langka ini, sangat sesuai untuk ditanam di daerah tropis.

Bagaimana tidak, tanaman ini pasalnya memiliki perkembangan yang sangat cepat, tanpa mesti dikerjakan perawatan khusus.

Meski begitu, tumbuhan dengan bunga berwarna jingga dan biru ini memiliki harga yang sangat tidak murah. Tentu, alasannya adalah keberadaannya yang sudah sangat langka ketika ini.

Dengan begitu, orang-orang yang memiliki tanaman merambat Flame of Irian, harus menjaga dengan baik dan semaksimal mungkin.

Tanaman rambat ini juga mampu memperlihatkan situasi yang teduh dan sejuk. Sehingga, acap kali dijadikan tumbuhan untuk menghias kanopi atau tiang-tiang flora.

7. Soapwort

Soapwort - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Soapwort ialah salah satu jenis tanaman merambat berbunga yang memiliki banyak bunga dan kala pertumbuhan yang cepat. Bunga-bunga yang dihasilkan soapwort pun sungguh manis dan mungil.

Memiliki warna merah jambu, bunga dari tanaman soapwort ini menunjukkan aroma harum yang semerbak. Maka, tak aneh jika flora yang satu ini menjadi incaran banyak orang.

Tidak hanya itu, tumbuhan dengan nama latin Saponaria Ocymoides ini juga kadang kala dijadikan sebagai materi pembuatan sabun yang digunakan untuk mencuci dan membersihkan kain yang halus.

8. Bougenville

Bougenville - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Kedelapan ada Bougenville yang masuk ke dalam tumbuhan merambat berbunga versi CekAja.com. Tanaman yang mempunyai bunga dengan kelopak setipis kertas ini, nyatanya juga menjadi salah satu flora hias yang tahan panas, loh!

Terlebih, tanaman ini tidak mempunyai perawatan khusus untuk membuatnya bertahan lama dan tersadar kesegaranya. Karena, bougenville tetap mampu berkembang secara wajar meski tidak disiram setiap hari.

Tanaman yang sangat populer di Indonesia ini memiliki variasi warna bunga yang sungguh beragam, mulai dari warna merah jambu, ungu sampai kuning. Namun sayangnya, bougenville hanya mampu berkembang sampai sepanjang 1 m saja.

9. Clematis

Clematis - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Menjadi salah satu tanaman merambat berbunga yang berfungsi sebagai peneduh, Clematis mempunyai ragam warna bunga yang sangat bagus, mirip ungu, biru, kuning, putih, merah muda dan merah tua seperti warna merah bunga mawar.

Tanaman yang kadang-kadang disebut dengan queen of the climbers ini, bisa berkembang sampai mencapai ketinggian 12 m dengan lebar yang beraneka ragam, adalah antara tiga hingga empat kaki.

Tanaman yang sangat sesuai ditanaman di kawasan berudara sejuk ini, akan menghasilkan banyak bunga saat waktu berbunga telah tiba. Tidak cuma itu, Clematis juga menciptakan aroma yang semerbak.

10. Begonia

Begonia - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Di urutan kesepuluh ada Begonia. Tanaman berbunga yang bisa bertahan di cuaca panas ini, mempunyai 1.700 jenis yang tersebar di seluruh dunia.

Memiliki bunga warna merah muda dengan putik berwarna kuning ini, membuat Begonia sangat cocok untuk dijadikan hiasan pagar atau dinding bab luar rumah.

Banyaknya jenis begonia, seringkali membuat galau orang-orang yang ingin menentukan jenis begonia untuk dijadikan hiasan rumah. Namun, salah satu jenis begonia yang paling banyak dicari yaitu Scandent Begonia.

11. Dipladenia

Dipladenia - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Sebagai flora merambat berbunga, Dipladenia menjadi salah satu pilihan yang sempurna untuk kau jadikan dekorasi atau dekorasi pagar, kanopi dan dinding bagian luar rumah.

Tanaman yang masih satu famili dengan tumbuhan Mandevilla ini, mempunyai nama latin ialah Mandevilla Red Riding Hood.

Tanaman ini juga mempunyai bentuk bunga mirip Adenium, dengan warna merah menyala serta daun yang berukuran kecil.

12. Bunga Ivy