0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

14 tips Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Cara menghilangkan bekas luka, ternyata juga bisa dilaksanakan dengan memakai bahan-materi alami loh, apalagi bisa kau peroleh dengan gampang di dapur. Biasanya, jenis luka baik itu ringan atau berat, pasti akan meninggalkan bekas di kulit.

14 Cara menghilangkan bekas luka

Nah, bila letak luka tersebut justru berada di lokasi-lokasi yang tidak tertutup oleh pakaian dan memiliki bentuk yang cukup besar, untuk sebagian orang bisa saja menjadi penyebab menurunkan rasa percaya diri.

Meskipun bekas luka sesungguhnya mampu dihilangkan dengan cepat, dengan pertolongan dokter spesialis kulit, namun pasti biaya yang diperlukan tidaklah sedikit. Maka dari itu, sebelum kau pasrah dan harus pergi ke dokter, bagaimana kalau kau menjajal cara menghilangkan bekas luka, dengan cara alami berikut ini dahulu?

Walaupun tentu saja akan memerlukan hasil yang tidak instan, setidaknya materi yang digunakan mampu kau peroleh begitu mudahnya di dapur, sehingga tidak butuhmengeluarkan ongkos besar.

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Dilansir dari banyak sekali sumber beberapa cara menetralisir bekas luka secara alami bisa dilihat sebagaimana berikut ini:

1. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis - 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Cara menetralisir bekas luka yang pertama adalah dengan memakai jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang diketahui bisa mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, serta mengembalikan elastisitas kulit.

Selain itu, materi ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin C, sehingga dapat menetralisir bekas luka lama, bahkan yang telah menghitam sekalipun.

Hanya saja, jeruk nipis menciptakan kulit menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Kaprikornus, ada baiknya jika tidak terlalu sering menggunakan ini pada kulit yang terdapat bekas luka.

Kamu hanya perlu membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, dan kemudian oleskan pada kulit secara merata. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air sampai higienis. Cukup mudah, bukan?

2. Lemon

Lemon - 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Cara menetralisir bekas luka berikutnya yakni dengan memakai buah lemon. Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang dikenal ampuh dalam menghilangkan sel kulit mati.

Tak hanya itu, buah berwarna kuning ini juga mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang terdapat di dalam kulit sehingga bekas luka mampu memudar seiring berjalannya waktu.

(Baca Juga: Obat Alami untuk Jerawat)

Cara menghilangkan bekas luka memakai lemon yaitu dengan cukup mengoleskan perasan buah lemon pada bekas luka, tunggulah beberapa menit hingga mengering, dan bilas dengan air hingga bersih. Secara perlahan bekas luka akan memudar alasannya mampu dikatakan bahwa lemon merupakan alat bleaching alami.

3. Putih Telur

Putih Telur - 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Ternyata, putih telur tak cuma ampuh dalam menghilangkan infeksi, namun juga ialah salah satu cara menetralisir bekas luka yang mampu kamu jadikan penyelesaian terbaik. Putih telur dipercaya mempunyai protein dan sumber mikronutrien yang mampu dipakai untuk menetralisir bekas luka dengan cepat.

Caranya pun cukup gampang dilaksanakan lho. Kamu hanya perlu memisahkan antara putih telur dan kuning telur ke dua wadah yang berlawanan. Kemudian, oleskan putih telur pada permukaan kulit yang mempunyai bekas luka.

Tunggulah beberapa menit hingga mengering sebelum kamu bilas dengan air sampai bersih. Nah, untuk menangkal timbulnya wangi bau, kamu mampu mengatasinya dengan menyertakan 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon.

4. Madu

Madu - 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Madu ialah salah satu bahan alami yang sering dipakai selaku pelembab kulit. Namun nyatanya, disamping itu bahan satu ini juga bisa dijadikan selaku penghilang bekas luka alami. Madu sendiri mengandung bahan-bahan yang mampu menolong mempercepat proses regenerasi kulit.

Cara menghilangkan bekas luka menggunakan madu ialah dengan cukup mengoleskan 1 sdm madu pada bekas luka, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum bisa dengan air hingga higienis.

5. Lidah Buaya

Lidah Buaya - 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Memang tampaknya sudah menjadi pengetahuan biasa bahwa lidah buaya memiliki segudang keuntungannya bagi badan, baik itu dalam kesehatan maupun keayuan. Nah, salah satunya yang mungkin masih banyak belum diketahui orang adalah bahwa lidah buaya bisa menjadi obat ampuh dalam menghilangkan bekas luka, termasuk luka yang sudah lama sekalipun.

Hal tersebut dikarenakan lidah buaya mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit serta membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bekas luka. Tidak hanya itu, pengecap buaya bahkan juga bisa meminimalkan pembengkakan serta memperbaiki kerusakan kulit.

Cara menetralisir bekas luka memakai lidah buaya adalah dengan mengoleskan daging lidah buaya secara merata pada kulit yang terdapat bekas luka. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air hingga higienis. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu mampu melakukan ini secara berkala pagi setelah bangkit tidur dan malam sebelum menjelang tidur.

6. Timun

Timun - 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Berbeda dengan jeruk nipis dan lemon yang bisa mengakibatkan iritasi pada kulit, timun justru dinilai jauh lebih kondusif, bahkan untuk orang yang memiliki kulit sensitif sekalipun. Timun mengandung mineral dan vitamin yang dinilai mampu menetralisir bekas luka secara cepat.

Tak hanya itu, banyak pula orang yang memakai timun untuk keayuan kulit muka mereka lho, alasannya timun juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mencerahkan serta mengenyalkan kulit tampang. Cara menetralisir bekas luka memakai timun adalah dengan irislah timun dengan tipis dan tempelkan pada kulit yang terdapat bekas luka. Diamkan selama 30 menit dan basuhkan dengan air sampai higienis.

7. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun - 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Minyak zaitun mengandung vitamin K dan vitamin E yang sangat baik bagi kulit. Selain itu, bahan yang sering dijadikan sebagai obat tradisional ini juga mengandung anti-oksidan yang dianggap efektif dalam menghilangkan bekas luka. Kandungan zat linoleic acid yang terdapat di dalamnya juga sangat memiliki kegunaan untuk memudarkan bekas luka yang sudah menghitam.

Cara menetralisir bekas luka memakai minyak zaitun juga sangat gampang dilakukan lho. Kamu cuma perlu mempersiapkan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdt madu. Kemudian, campurkan keduanya dan oleskan pada bekas luka. Lakukanlah secara berkala untuk menerima hasil yang optimal.

8. Mengkudu

Mengkudu - 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Buah mengkudu mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dinilai menjadi salah satu cara menetralisir bekas luka yang cukup ampuh dan cepat, bahkan untuk luka usang sekalipun.

Caranya cuma dengan menghaluskan buah mengkudu dan memasaknya hingga mempunyai tekstur yang lembut. Setelah itu, oleskan pada kulit yang terdapat bekas luka dan diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hingga higienis.

9. Teh Hijau

Teh Hijau - 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Teh hijau ialah salah satu jenis tanaman herbal yang menyimpan segudang manfaat, khususnya bagi kesehatan. Selain itu, ternyata teh hijau itu sendiri juga dinilai cukup efektif dalam menetralisir bekas luka pada badan lho.

Hal tersebut disebabkan flora ini mengandung Epigallocatechin Gallate (EGCG) atau katekin, ialah sebuah zat bersifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi sehingga terbukti sungguh ampuh dalam mengatasi persoalan pada kulit.

Cara menghilangkan bekas luka menggunakan teh hijau adalah dengan cukup menggosokkan ampasnya pada kulit yang terdapat bekas luka. Lakukanlah secara rutin untuk menunjukkan hasil yang maksimal.

10. Air Kelapa

Air Kelapa - 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Buah kelapa mengandung terlalu banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, mirip vitamin C, serat, protein, kalium, dan magnesium. Nah, vitamin C yang terkandung di dalamnya inilah yang dinilai cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka pada kulit, termasuk bekas luka yang sudah menghitam.

Cara menetralisir bekas luka memakai air kelapa adalah dengan cara membasuhnya pada permukaan kulit yang terdapat bekas luka. Kemudian, diamkanlah beberapa menit hingga mengering dan basuh sampai bersih memakai air.

11. Bawang Merah

Bawang Merah - 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Bawang merah mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat menghambat kolagen pada bekas luka, sehingga hal tersebut mampu turut dimanfaatkan untuk memudarkan bekas luka. Namun, jangan pernah sekalipun menetralisir bekas luka pada muka memakai materi ini, alasannya kulit tampang cenderung lebih sensitif dibandingkan bagian tubuh yang lain.

Namun jika kau ingin menetralisir bekas luka di kulit lainnya mirip tangan dan kaki, bawang merah mampu menjadi materi alami yang cukup efektif.

12. Daun Mint

Daun Mint - 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Ampuh Secara Alami

Daun mint memang diketahui memiliki harga yang cukup mahal. Namun, tentu tak perlu disangsikan lagi khasiatnya, utamanya bagi kesehatan. Selain sering dijadikan sebagai obat herbal untuk aneka macam penyakit, daun mint ternyata juga cukup efektif dalam menghilangkan bekas luka, tergolong luka lama yang sudah menghitam.

(Baca Juga: Manfaat Baby Oil untuk Wajah)

Kamu hanya perlu menumbuk halus 5 – 6 lembar daun mint, lalu oleskan hasil tumbukkan tersebut pada kulit yang memiliki bekas luka, diamkan beberapa menit sebelum membilasnya dengan air. Nah, untuk hasil yang semakin baik, kamu bisa melakukannya secara berkala setiap hari.

13. Kencur