0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

13 tips Mengecilkan Pori-Pori Paras Secara Alami Penting Kondusif Digunakan!

Mengetahui cara mengecilkan pori-pori wajah, menjadi hal yang sangat penting bagi perempuan. Pasalnya, mempunyai pori-pori yang besar di paras kadang-kadang menjadi duduk perkara yang besar, alasannya adalah mampu menurunkan rasa percaya diri seseorang, terutama perempuan.

13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah secara Alami ini Aman Digunakan!

Pori-pori yang besar intinya bukan suatu penyakit. Melainkan suatu pergeseran kondisi yang terjadi di permukaan paras , yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Meski begitu, tetapi pori-pori yang besar mampu menurunkan fungsi estetika muka, alasannya adalah pori-pori mampu dilihat langsung dengan mata telanjang.

Keinginan setiap perempuan untuk memiliki paras yang sehat, mulus dan halus pun menjadi salah satu aspek, yang mendorong mereka melaksanakan aneka macam cara mengecilkan pori-pori paras untuk mengatasinya.

Oleh alasannya adalah itu, pada peluang kali ini CekAja.com akan mengulas secara lengkap, beberapa cara mengecilkan pori-pori tampang yang sudah dirangkum khusus untuk kau. Simak bersama-sama, yuk!

Penyebab Pori-pori Wajah Membesar

Hal pertama yang hendak dibahas sebelum mengulas cara mengecilkan pori-pori paras ialah faktor penyebab membesarnya pori-pori paras . Seperti yang diketahui, pori-pori paras tentu tidak akan membengkak dengan sendirinya.

Melainkan ada beberapa aspek yang menyebabkannya menjadi membesar. Adapun beberapa faktor penyebab pori-pori wajah membengkak, ialah:

  • Produksi minyak yang berlebih pada kulit tampang
  • Jerawat
  • Elastisitas kulit di sekitar pori-pori menurun
  • Terkena paparan sinar matahari eksklusif
  • Faktor usia dan penuaan kulit
  • Penambahan volume folikel rambut
  • Hormon
  • Keturunan atau genetik
  • Jarang melaksanakan eksfoliasi sel-sel kulit mati
  • Penggunaan produk perawatan kulit yang mempunyai sifat komedogenik
  • Jarang membersihkan muka
  • Menggosok wajah dengan berangasan
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Wajah Berminyak)

13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

Setelah mengetahui apa saja penyebab pori-pori tampang membesar di pembahasan sebelumnya, maka sekarang saatnya untuk kamu mengetahui beberapa cara mengecilkan pori-pori paras .

Sejatinya, ada banyak cara mengecilkan pori-pori paras yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menggunakan materi alami, obat-obatan kimia sampai menggunakan terapi alternatif lainnya yang mampu mengecilkan pori-pori.

Namun, dalam pembahasan kali ini CekAja.com akan mengulas 13 cara mengecilkan pori-pori paras menggunakan bahan alami yang sudah dirangkum sebagai berikut.

1. Menggunakan Madu

Menggunakan Madu - 13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah secara Alami ini Aman Digunakan

Cara mengecilkan pori-pori tampang yang mampu kamu lakukan pertama yakni memakai madu. Seperti yang diketahui, madu mempunyai banyak kandungan antioksidan yang bisa menangani aneka macam macam penyakit kulit.

Tidak hanya itu, madu juga dinilai mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan begitu, madu sangat cocok untuk dipakai selaku pelembap tampang alami yang mampu mencerahkan kulit. Cara mengecilkan pori-pori dengan madu pun sungguh mudah.

Pertama, kau perlu mempersiapkan madu yang mau digunakan terlebih dulu. Setelah itu, tuang 1 sdm madu ke dalam wadah dan oleskan ke seluruh permukaan muka secara merata.

Jika sudah, diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas menggunakan air mengalir atau air hangat sampai bersih.

2. Menggunakan Es Batu

Menggunakan Es Batu - 13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah secara Alami ini Aman Digunakan

Cara mengecilkan pori-pori tampang yang berikutnya adalah memakai es kerikil. Cara yang satu ini menjadi salah satu cara mengecilkan pori yang paling terkenal, alasannya sudah digunakan oleh banyak orang.

Cara menggunakan es kerikil untuk mengecilkan pori-pori juga sangat gampang. Kamu hanya perlu mengambil beberapa bongkah es kerikil, kemudian membungkusnya dengan saputangan atau handuk kecil.

Setelah itu, kompres permukaan muka yang memiliki pori-pori besar dengan es batu selama 15 menit.

Usahakan kau tidak mengompres paras memakai es kerikil secara eksklusif. Untuk menerima hasil yang optimal, kau bisa rutin melakukannya setiap malam sebelum tidur.

3. Menggunakan Lemon

Menggunakan Lemon - 13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah secara Alami ini Aman Digunakan

Selain memakai dua cara mengecilkan pori-pori muka di atas, nyatanya kamu juga bisa menggunakan lemon untuk mengecilkan pori-pori.

Hal tersebut dikarenakan, lemon mempunyai kandungan antioksidan serta vitamin C yang sangat kaya.

Terlebih, terdapat kandungan asam alpha hidroksi yang mampu menghalangi radikal bebas dalam kulit.

Sehingga, penggunaan lemon untuk mengecilkan pori-pori, dianggap selaku salah satu cara efektif yang bisa dilaksanakan.

Kamu cukup menyediakan satu buah lemon yang diiris menjadi dua bagian. Setelah itu, peras kedua lemon tersebut hingga semua airnya keluar.

Jika sudah, kamu mampu mengoleskan seluruh permukaan paras atau beberapa bagian paras yang memiliki pori-pori besar.

Apabila sudah dioles secara merata, selanjutnya diamkan selama 15 menit lalu bilas memakai air mengalir.

Penggunaan air lemon secara rutin, mampu menciptakan pori-pori yang besar mengecil secara perlahan.

4. Menggunakan Jeruk Nipis

Menggunakan Jeruk Nipis - 13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah secara Alami ini Aman Digunakan

Di urutan keempat ada jeruk nipis. Cara mengecilkan pori-pori tampang yang satu ini juga sangat gampang, sama mirip memakai lemon.

Untuk menggunakan jeruk nipis, kamu hanya perlu mengoleskan seluruh bab paras dengan air perasan jeruk nipis selama kurang lebih 15 menit.

Setelah 15 menit, kamu mampu eksklusif membilas seluruh wajah menggunakan air mengalir hingga bersih.

Penggunaan jeruk ini ini tidak hanya mampu mengecilkan pori-pori wajah, tetapi juga mampu mencerahkan paras , menangkal timbulnya nanah, menangani minyak berlebih hingga mengangkat sel-sel kulit mati.

Semua hal tersebut mampu terjadi, karena jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat mengatasi semua permasalah kulit tampang.

5. Menggunakan Tomat

Menggunakan Tomat - 13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah secara Alami ini Aman Digunakan

Cara mengecilkan pori-pori paras yang kelima ialah menggunakan tomat. Pasalnya, tomat memiliki senyawa antioksidan bernama lycopene, yang terbukti bisa mencegah radikal bebas. Sehingga, tampang terbebas dari sel-sel kulit mati yang mampu menciptakan pori-pori membengkak.

Tidak cuma itu, tomat pun nyatanya dapat digunakan sebagai tabir surya alami, untuk menghemat kemungkinan rusaknya kulit tampang akibat paparan sinar UV dari matahari. Cara menggunakan tomat untuk mengecilkan pori-pori pun tidak sulit.

Kamu hanya perlu merencanakan satu buah tomat yang telah dicuci higienis, kemudian menumbuknya sampai halus layaknya bubur.

Setelah itu, olesi seluruh bagian muka menggunakan masker tomat yang sudah dibuat, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah, kamu bisa langsung membilasnya memakai air mengalir hingga bersih.

6. Menggunakan Gula dan Kopi

Menggunakan Gula dan Kopi - 13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah secara Alami ini Aman Digunakan

Gula dan kopi nyatanya juga bisa digunakan sebagai scrub untuk mengecilkan pori-pori paras . Caranya, kau hanya perlu mencampurkan satu sendok teh kopi dengan satu sendok gula ke dalam wadah.

Setelah itu, tuangkan sedikit air ke dalam wadah, kemudian aduk hingga tercampur rata dan membentuk scrub.

Kemudian, oleskan sedikit scrub kopi dan gula ke wajah, kemudian gosok secara perlahan. Jika sudah, bilas wajah menggunakan air mengalir hingga bersih.

Penggunaan kopi selaku scrub ini, sebab butiran-butiran yang dimiliki kopi mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Yang mana, sel-sel kulit mati ini menjadi salah satu aspek yang menimbulkan pori-pori tampang membengkak.

7. Menggunakan Air Rendaman Beras

Menggunakan Air Rendaman Beras - 13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah secara Alami ini Aman Digunakan

Cara mengecilkan pori-pori muka yang satu ini mungkin sungguh unik. Sebab, kau menggunakan air rendaman beras atau air bekas mencuci beras.

Hal tersebut dikarenakan, beras mempunyai kandungan asam ferulat dan allantoin yang bisa melindungi kulit supaya tetap sehat, serta mengecilkan pori-pori wajah yang membengkak.

Cara menggunakan air rendaman beras ini pasti sangat mudah. Kamu hanya perlu mencuci beras, lalu air bekas mencuci beras tersebut dibiarkan sementara waktu hingga mengendap.

Jika sudah, kau bisa pribadi mengoleskannya ke seluruh bab tampang sebagai masker. Bagaimana, sungguh mudah bukan?

8. Menggunakan Pepaya

Menggunakan Pepaya - 13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah secara Alami ini Aman Digunakan

Meski mempunyai aroma yang kurang sedap, tetapi pepaya mempunyai segudang khasiat yang mampu mengecilkan pori-pori muka.

Beberapa kandungan tersebut, di antaranya enzim, vitamin C, vitamin A serta vitamin E yang dapat digunakan sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori.

Semua kandungan tersebut, berfungsi selaku antioksidan yang menolong melembapkan serta menutrisi kulit muka sampai ke dalam.

Selain itu, enzim sendiri berperan dalam mempercepat regenerasi kulit, supaya kulit tetap kencang dan terhindar dari kusam.

Intinya, mempergunakan pepaya sebagai masker paras tidak hanya mampu mengecilkan pori-pori, namun juga mampu membersihkan kotoran pada muka, menghilangkan sel-sel kulit mati, sampai berfungsi selaku tabir surya alami untuk melindungi tampang dari paparan sinar UV. Adapun cara menciptakan dan menggunakan masker pepaya, yakni:

  • Siapkan satu buah pepaya
  • Kupas bersih pepaya dari kulit dan bijinya
  • Potong buah pepaya dengan ukuran kecil
  • Tumbuk pepaya hingga halus dan memiliki tekstur seperti bubur
  • Oleskan masker pepaya ke seluruh permukaan paras dan diamkan selama 30 menit
  • Jika sudah, bilas paras dengan air mengalir sampai bersih
  • Ulangi pemakaian untuk menerima hasil optimal.

9. Menggunakan Masker Tanah Liat

Menggunakan Masker Tanah Liat - 13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah secara Alami ini Aman Digunakan

Menjadi satu hal yang mempesona, sebab tanah liat nyatanya mampu dipakai selaku salah satu cara mengecilkan pori-pori.

Hal tersebut dikarenakan, masker tanah liat dianggap mampu menetralisir kotoran, abu, minyak, sel-sel kulit mati hingga mengecilkan pori-pori, apabila digunakan secara berkala .

Untuk bisa menggunakan masker tanah liat, kamu tidak perlu mengolah tanah liat yang mentah terlebih dulu untuk dijadikan masker.

Sebab, kau bisa pribadi berbelanja masker yang memakai tanah liat selaku materi pembuatannya.

Namun perlu diingat, kau tidak mampu memakai masker tanah liat di hari yang sama sehabis melakukan eksfoliasi kulit muka, alasannya mampu mengembangkan risiko iritasi kulit.

Selain itu, jikalau kau gres pertama kali memakai masker tanah liat, kau mampu menjajal mengoleskannya sedikit pada paras , untuk menyaksikan apakah wajahmu mengalami reaksi alerg atau tidak.

10. Menggunakan Masker Timun, Lidah Buaya dan Brown Sugar

Menggunakan Masker Timun Lidah Buaya Brown Sugar - 13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah secara Alami ini Aman Digunakan

Cara mengecilkan pori-pori muka yang ke-10 ialah dengan memakai masker timun, pengecap buaya dan brown sugar.

Masker ini sangat sesuai untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, alasannya adalah memiliki kandungan pengecap buaya yang mampu menenangkan kulit.

Cara menciptakan masker ini pun sungguh mudah, kamu cuma perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan lendir pengecap buaya seperlunya
  • Tuangkan lendir lidah buaya ke dalam wadah dan campurkan dengan timun yang telah dihaluskan dan brown sugar seperlunya, kemudian aduk sampai rata
  • Oleskan masker seluruh permukaan tampang secara merata
  • Jika telah, diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Setelah itu, bilas tampang memakai air mengalir hingga bersih
  • Untuk mendapatkan hasil yang opti