0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

12 tips Menetralisir Panu Di Muka Secara Alami

Cara menetralisir panu di muka sebetulnya tidak sesulit yang kita bayangkan lho. Sebab pasalnya, bahan-bahan alami yang sering kau temui di dapur bisa turut dimanfaatkan selaku obat penghilang panu.

Cara menghilangkan panu di wajah secara alami

Bagi yang belum tahu, panu itu sendiri merupakan salah satu infeksi kulit yang diakibatkan oleh jamur dan biasanya menyerang pigmen kulit, sehingga akan timbulnya bercak berwarna putih atau bahkan lebih gelap dari warna permukaan kulit.

Pada biasanya, panu terjadi pada bab tubuh seperti punggung, dada, perut, lengan atas, atau leher. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bisa timbul di muka dan mengganggu performa. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir alasannya adalah penyakit kulit satu ini mampu diobati secara alami.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membicarakan tentang beberapa cara menghilangkan panu di paras cuma dengan menggunakan bahan-materi yang mampu kau temukan dengan mudahnya di dapur. Penasaran? Yuk simak saja pembahasan kita berikut ini.

Penyebab Panu di Wajah

Sebelum kita membahas wacana cara menghilangkan panu di muka, mungkin ada baiknya bila kita mengenali apalagi dahulu perihal penyebab dari penyakit panu itu sendiri. Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang acap kali ditemui di negara-negara beriklim tropis dan lembab, salah satunya seperti di Indonesia.

(Baca Juga: 14 Cara Menghilangkan Bekas Luka)

Penyakit ini diakibatkan oleh jamur Malassezia yang terdapat di permukaan kulit serta berkembang dengan cepat. Biasanya, cuaca lembab dan panas, buatan keringat berlebih, kulit yang berminyak, serta sistem kekebalan tubuh yang lemah bisa menjadi beberapa aspek munculnya panu tubuh, termasuk wajah.

Orang yang mengalami panu pada umumnya mengalami tanda-tanda mirip perubahan warna kulit menjadi putih, merah, bahkan cokelat, yang diikuti pula dengan rasa rasa gatal dan bersisik pada bagian kulit yang terkena panu tersebut.

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Walaupun panu bukan tergolong penyakit kulit yang berbahaya, namun tak jarang kehadirannya menciptakan orang merasa tidak tenteram, apalagi lagi kalau muncul di muka. Oleh karena itu, cara menetralisir panu di wajah perlu diketahui.

Nah, dilansir dari aneka macam sumber, terdapat sejumlah cara menetralisir panu di wajah yang mampu dilakukan dan dijadikan selaku penyelesaian, yakni diantaranya yaitu:

1. Kunyit

Kunyit - 12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

Cara menetralisir panu di paras yang pertama mampu kamu kerjakan adalah dengan menggunakan kunyit. Karena, kandungan volatile yang terdapat di rempah satu ini berguna selaku anti-inflamasi sehingga sungguh berguna dalam menangani peradangan pada kulit akhir abses jamur.

Tak cuma itu, kunyit juga mengandung kurkumin yang merupakan antioksidan yang bisa mengatasi radikal bebas penyebab panu. Cara menggunakan kunyit sebagai penghilang panu yakni dengan menumbuknya sampai halus dan tempelkan pada bagian tampang yang terdapat panu. Kemudian, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga higienis menggunakan air hangat.

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya - 12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

Ternyata, pengecap buaya tak hanya baik digunakan untuk kecantikan paras , melainkan juga mampu menangani panu. Sebab, pengecap buaya juga turut memiliki sifat anti-inflamasi serta anti-jamur yang sangat ampuh dalam menangani jamur pada muka. Selain itu, kandungannya juga dapat menghalangi pertumbuhan jamur yang kian menyebar di bab permukaan kulit yang lain.

Cara menghilangkan panu di wajah menggunakan pengecap buaya yakni dengan mengambil sepotong daging pengecap buaya yang bening dan tebal, kemudian oleskan pada permukaan kulit muka yang terdapat panu. Lakukan ini secara berkala setidaknya 2 kali sehari untuk hasil yang optimal.

3. Lengkuas

Lengkuas - 12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

Lengkuas mengandung senyawa kuersetin, amilum, dan flavonoid yang dikenal bisa menangani basil dan jamur pada tubuh, termasuk paras . Caranya terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu membelah lengkuas dan menggosoknya pada permukaan kulit yang terdapat panu sampai kulit menjadi sedikit memerah dan mulai terasa pedih.

Selain itu, kamu juga mampu menaburkan sedikit garam pada bagian kulit yang telah terasa pedih, dan gosok kembali. Lakukan cara ini secara rutin setidaknya 3 kali sehari hingga panu benar-benar menghilang dengan tepat.

4. Yogurt

Yogurt - 12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

Cara menetralisir panu di paras berikutnya yakni dengan memakai Yogurt. Sering dijadikan selaku salah satu sajian pembatasan makanan , yogurt memiliki kandungan probiotik yang juga sungguh berfaedah dalam membunuh dan menghalangi kemajuan jamur penyebab panu.

Caranya yakni dengan cukup mengoleskan yogurt pada kulit yang terinfeksi jamur. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 20-30 menit sebelum membilasnya dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

5. Bawang Putih

Bawang Putih - 12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

Bawang putih yang memiliki segudang faedah bagi kesehatan tubuh ini nyatanya juga mampu menjadi obat ampuh dalam menanggulangi panu di tampang. Bawang putih mempunyai senyawa anti-basil yang mampu membunuh jamur dan basil di kulit.

Jika ingin menggunakan bawang putih untuk menghilangkan panu, maka kamu cukup memangkas 1 siung bawang putih menjadi dua bab. Setelah itu, gosoklah bawang putih tersebut ke permukaan kulit yang terdapat panu beberapa menit sampai kulit terasa mulai memerah dan perih. Ulangi setidaknya 2 kali supaya basil dan jamur mati dengan sendirinya.

6. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis - 12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

Cara menetralisir panu di tampang ternyata juga mampu dijalankan menggunakan jeruk nipis. Sebab, buah satu ini mempunyai senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melindungi badan dari radikal bebas. Selain itu, kandungan asam sitrat yang terdapat di dalam jeruk nipis juga mampu menjadi antibakteri dan anti-jamur, begitu juga dengan kandungan vitamin C yang dinilai mampu membasmi panu.

Caranya, campurkanlah perasan jeruk nipis dan belerang. Hal tersebut dikarenakan belerang mengandung zat keratolitik yang bisa membunuh basil. Setelah mencampurkannya sampai berbentuk mirip krim, oleskan pada permukaan kulit yang terdapat panu. Diamkan hingga mengering dan bilaslah memakai air hangat.

7. Cuka Apel

Cuka Apel - 12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

Cara menetralisir panu di paras berikutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel itu sendiri memang dikenali memiliki sejumlah faedah, baik itu untuk kesehatan maupun keelokan, tergolong dalam menghilangkan panu di tampang.

Karena, kandungan antimikroba yang terdapat di dalam cuka apel dipercaya mampu membantu dalam meredakan jerawat jamur yang terjadi pada kulit. Kamu hanya perlu mengoleskan beberapa tetes cuka apel pada permukaan yang terdapat panu dan diamkanlah hingga mengering. Setelah itu, bilas menggunakan air hingga bersih.

8. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil - 12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

Tea tree oil atau yang dikenal selaku minyak pohon teh memiliki sifat anti-jamur yang sungguh bermanfaat dalam menghalangi penyebaran jerawat. Oleh sebab itu, memakai tea tree oil mampu menjadi salah satu penyelesaian dalam menghilangkan panu di paras .

Caranya ialah dengan teteskan tea tree oil tersebut pada area tampang yang terkena panu dan biarkan sampai mengering sebelum balasannya dibilas menggunakan air hangat sampai higienis. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit minyak zaitun untuk menunjukkan hasil terbaik.

9. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun - 12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

Campuran minyak zaitun dan madu dianggap merupakan obat penghilang panu yang cukup ampuh alasannya adalah keduanya mempunyai bagian yang mampu membasmi kuman dan jamur pada tubuh.

Caranya, ialah dengan mencampurkan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdm madu dengan tepat dan balurkan pada bab kulit yang terkena panu secara merata. Diamkan hingga mengering dengan sendirinya dan bilaslah sampai bersih memakai air. Lakukan kurang lebih 3 kali dalam sehari untuk memberikan hasil yang maksimal.

10. Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh - 12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

Cara menghilangkan panu di tampang berikutnya yakni dengan mempergunakan belimbing wuluh. Sebab, sifat anti-jamur yang dimiliki oleh buah satu ini mampu dalam menolong membasmi panu yang mengganggu.

Caranya, cukup dengan memangkas belimbing wuluh dan usapkan pada permukaan kulit tampang yang terdapat panu. Lakukan selama 5 menit dan diamkan beberapa saat hingga mengering. Setelah itu, barulah bilas dengan air sampai bersih.

11. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa - 12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

Minyak kelapa mengandung anti-kuman yang bisa menghambat pertumbuhan jamur yang mampu menyebar ke permukaan kulit yang lain. Karena hal itu, cara menetralisir panu di paras memakai minyak kelapa mampu dijadikan sebagai solusi.

Untuk menerima hasil yang dikehendaki, kau hanya perlu mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa pada permukaan wajah yang terkena panu. Kemudian, diamkan hingga mengering dan bilaslah sampai bersih. Lakukan setiap hari semoga menerima hasil yang maksimal.

12. Minyak Oregano

Minyak Oregano - 12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

Cara menetralisir panu di wajah yang terakhir yakni dengan menggunakan minyak oregano. Kandungan carvacrol yang terdapat di minyak satu ini dapat membasmi serta menghemat infeksi bakteri, jamur, virus, parasit, sampai alergi sekalipun.

Kamu cuma perlu mengoleskan minyak oregano pribadi ke permukaan kulit yang terdapat panu dan diamkan dengan sendirinya hingga mengering. Kemudian, barulah bilas memakai air sampai bersih.

(Baca Juga: 10 Obat Keputihan dari Bahan Alami)

Tahukah kau? jarang membersihkan kasur, mengganti sprei, serta handuk mampu menjadi beberapa aspek terjadinya panu pada wajah. Maka dari itu, ada baiknya kalau kau mulai memperbanyak membeli barang-barang perlengkapan tidur guna menangkal berkumpulnya jamur.

Nah, biar belanja menjadi lebih murah, lakukan saja transaksi menggunakan kartu kredit. Sebab, tak jarang kartu kredit justru menawarkan sejumlah promo dan diskon menarik yang menolong pengeluaran menjadi jauh lebih irit.

Belum punya kartu kredit? Jangan cemas! Segera olok-olokan saja melalui CekAja.com. Selain proses pengajuan yang dilakukan penuh secara online, di CekAja.com kau bahkan juga mampu melakukan perbandingan jenis kartu kredit terbaik yang sekiranya sesuai dengan keperluan dan gaya hidup. Makara, tunggu apa lagi? Yuk secepatnya ajukan kartu kredit pilihanmu cuma di CekAja.com.