0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

12 Masakan Pencegah Uban Penting Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Munculnya uban membuat semua orang menjadi tidak percaya diri. Tak hanya lansia, uban juga mampu muncul pada orang berusia muda. Yuk, halau perkembangan uban dengan mengonsumsi beberapa kuliner pencegah uban berikut ini.

12 makanan pencegah uban untukmu

Mengapa Uban Muncul?

Uban atau rambut berwarna abu-abu keputihan dulu dinilai selaku tanda-tanda penuaan. Namun, kini banyak orang yang belum measuki periode lansia yang memiliki uban.

Hal ini pasti sungguh menurunkan tingkat percaya diri seseorang, mengenang rambut merupakan bab tubuh yang paling terlihat.

Uban timbul karena berhentinya bikinan melanin oleh folikel rambut. Melanin sendiri ialah zat pewarna rambut asli yang bila produksinya menyusut, maka akan berakibat pada pergantian warna rambut menjadi debu-abu keputihan.

Penyebab uban timbul lainnya yakni karena aspek stres dan tekanan di dalam pikiran yang terjadi terus menerus, pola hidup yang tidak sehat karena tidak mengonsumsi makanan gizi seimbang (kekurangan Vitamin B12, B6, D, E, dan zat tembaga) faktor keturunan, serta pengaruh ras.

Pada orang Asia, munculnya uban secara dini memang cukup banyak terjadi pada orang-orang yang berusia 25 tahun-an. Sedangkan uban yang timbul secara normal lazimnya pada usia final 30 tahun-an.

(Baca Juga: 5 Fakta dan Mitos Uban Serta Kebenarannya)

Makanan Pencegah Uban

Jika kamu mulai menyaksikan tanda-tanda munculnya uban pada rambutmu, setidaknya cobalah untuk menghalau pertumbuhannya dengan mengonsumsi kuliner pencegah uban berikut ini. Tak susah untuk menemukan kuliner pencegah uban, alasannya pilihannya lumayan banyak.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan - 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Makanan pencegah uban yang pertama yaitu kacang-kacangan, mirip walnut, almond, kacang polong dan kacang mete. Kandungan tembaga yang tinggi pada kacang-kacangan akan membantu folikel rambut memproduksi melanin lebih banyak.

Kamu bisa mengonsumsinya sebagai adonan kuliner atau makanan ringan yummy rendah lemak di sela pembatasan makanan harianmu.

2. Brokoli

Brokoli - 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Brokoli ialah salah satu sayuran hijau yang tinggi akan kandungan asam lemak yang baik untuk pelengkapan nutrisi ibu hamil sekaligus mempertahankan kesehatan rambut. Munculnya uban di usia muda bisa dicegah jika kau rutin mengonsumsi brokoli.

3. Bayam

Bayam - 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Sayuran hijau yang lain seperti bayam atau kale juga cantik untuk dimakan selaku kuliner pencegah uban. Kandungan vitamin C dan E sangat baik untuk menjaga warna rambut aslimu.

Serta antioksidan bisa memperlancar pemikiran darah ke kulit kepala. Kulit kepala yang sehat akan menghalangi perkembangan uban lebih dini.

4. Jamur

Jamur - 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Jamur sering dijadikan sebagai masakan diet pengganti daging. Teksturnya yang lebut dan tebal serta rasanya yang enak, menciptakan siapapun tak akan menolak hidangan kuliner yang melibatkan jamur di dalamnya.

Rupanya, jamur juga masuk ke dalam daftar makanan pencegah uban, karena mengandung seng dan tembaga. Warna rambut dijamin akan lebih gelap sebab buatan melanin yang terbantu oleh konsumsi jamur.

5. Kimchi

Kimchi - 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Nggak cuma menyehatkan, kimchi juga merupakan masakan pencegah uban yang sungguh dianjurkan. Para andal kesehatan yakin bahwa makanan yang terfermentasi seperti kimchi mampu memperlancar metode pencernaan (usus) alasannya adalah kaya akan prebiotik baik.

Kesehatan usus yang tersadar kemudian akan membuat buatan vitamin B dan Biotin di dalam badan lebih banyak. Biotin sendiri berperan dalam mempertahankan warna dan kekuatan rambut.

6. Ayam

Ayam - 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Ayam sebagai kuliner pencegah uban sungguh kaya akan vitamin B9. Ini sangat baik untuk mencegah proses pergantian warna rambut. Sehingga warna rambut alami yang kau miliki akan lebih kuat bertahan.

Namun, kau juga perlu memilih bab daging ayam tanpa lemak dan memprosesnya dengan cara dipanggang atau direbus untuk menyingkir dari konsumsi lemak yang kurang baik untuk badan.

7. Udang

Udang - 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Makanan bahari seperti udang juga mengandung banyak seng yang menjaga kesehatan dan warna rambut. Selain itu, ada faedah tambahan yakni omega-3 yang akan menciptakan rambut lebih besar lengan berkuasa sehingga tak mudah rontok.

Jika kamu tak suka udang, faedah serupa bisa didapatkan dari kerang tiram.

8. Salmon

Salmon - 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Ikan yang lahir di air tawar dan lalu bermigrasi ke laut ini tinggi akan protein, omega-3, dan asam lemak yang baik untuk mempertahankan kesehatan kulit kepala serta memajukan pertumbuhan rambut.

Jika rambutmu menerima nutrisi yang menyuburkan, maka tak ada argumentasi untuk uban berkembang. Kamu bisa mengonsumsi makanan pencegah uban ini dalam keadaan mentah (dijadikan sashimi) atau dalam keadaan matang.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah)

9. Hati Sapi

Hati Sapi - 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Siapa sangka, salah satu jenis jeroan ini juga mampu dimakan sebagai makanan pencegah uban? Hati sapi mengandung seng dan tembaga yang baik untuk melindungi warna rambut orisinil. Vitamin B12, dan B9 alias asam lemak di dalamnya juga mengusir munculnya uban.

Tapi, perlu diingat pula untuk tidak mengonsumsi hati sapi secara berlebihan. Sebab, makanan yang satu ini juga tinggi akan kolesterol.

10. Telur

Telur - 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Sebagian dari kau mungkin sudah mengetahui bahwa telur sering dijadikan selaku nutrisi utama pada beberapa produk shampo. Telur mengandung vitamin B12 yang bisa menangguhkan hadirnya uban, melembutkan rambut, serta menguatkan akar rambut.

Untuk menerima keuntungannya secara optimal, tentukan kamu mengonsumsi bab putih dan bagian kuning telur, ya.

11. Jeruk Keprok

Jeruk Keprok - 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Jeruk keprok atau jeruk mandarin juga merupakan salah satu kuliner pencegah uban. Sebagai sumber vitamin C, jeruk juga bisa membuatkan protein kolagen yang akan memberi efek baik bagi kesehatan badan, tergolong kesehatan rambut.

12. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam - 12 Makanan Pencegah Uban Ini Akan Melindungi Warna Asli Rambutmu

Siapa bilang masakan pencegah uban cuma berisikan masakan berprotein, sayur-sayuran, dan buah-buahan saja? Cokelat hitam olahan juga termasuk di dalamnya, lho. Di dalam cokelat hitam terkandung zat besi dan tembaga yang bagus untuk menangkal hadirnya uban dan sebagai masakan pencegah penuaan.

Zat besi yang cukup akan terikat oleh protein ferritin di dalam badan, lalu menangkal timbulnya uban lebih cepat. Pastikan cokelat hitam yang kau konsumsi mengandung kadar gula yang rendah.

Cegah Uban dengan Perbaiki Gaya Hidup

Selain mengonsumsi makanan pencegah uban, kau juga harus memperhatikan pola hidup yang dijalani. Uban akan muncul akhir radikal bebas dan pola hidup yang tidak sehat.

Kamu direkomendasikan untuk tidak merokok, meminimalkan konsumsi gula, serta rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi setidaknya selama 20 menit untuk mendapatkan absorpsi vitamin D yang menyehatkan badan dan rambut.

Seiring bertambahnya umur, kau juga tidak bisa mengelak dari berbagai risiko kesehatan yang mampu saja terjadi di periode depan. Lindungi kesehatanmu dan keluarga dengan memiliki asuransi kesehatan.

Kamu bisa membandingkan aneka macam produk asuransi kesehatan di CekAja.com. CekAja.com akan membantumu memilih asuransi sesuai keperluan, dengan premi yang terjangkau dan nilai duit pertanggungan yang menawan.

Miliki secepatnya asuransi kesehatan yang mau melindungimu sekeluarga melalui CekAja.com!