0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

12 Kuliner Penyebab Kista Ovarium, Para Wanita Harus Tahu!

Makanan penyebab kista ovarium wajib dimengerti para wanita supaya kesehatan organ reproduksinya semakin terjaga. Sebab, bila gaya hidup tak sehat ditambah dengan mengonsumsi makanan-masakan berikut, maka kista ovarium dapat muncul.

Mengenal Kista Ovarium

Kista ialah benjolan berisi cairan, udara atau zat padat lain yang ada di bawah kulit. Letak kista bisa di mana saja, seperti di payudara, bagian belakang lutut, sisi leher, area persendian, hingga pada ovarium.

Penyebab kista bermacam-macam, mulai dari jerawat, aspek keturunan, perkembangan sel yang tidak normal, radang, atau alasannya masakan penyebab kista.

Benjolan ini sebetulnya bisa timbul dalam ukuran kecil dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu. Sehingga tak memerlukan pengobatan medis yang serius.

Namun, jikalau kista terus tumbuh menjadi kuran yang besar, maka keberadaannya tentu saja menyebabkan rasa sakit di area sekitarnya.

Kista ovarium sendiri merupakan benjolan berisi cairan yang berada di organ reproduksi perempuan, yaitu di area indung telur atau ovarium.

Di rahim, ada dua indung telur yaitu pada bagian kanan dan kiri yang bertugas menghasilkan sel telur, hormon estrogen dan progesteron.

Kista ovarium mampu muncul tanpa menimbulkan tanda-tanda dan mampu hilang dengan sendirinya.

Tetapi, kista ovarium yang membesar akan menimbulkan kembung, rasa nyeri pada panggul, punggung bagian bawah, dan paha. Pada keadaan terburuk, kista akan pecah dan ini memerlukan penanganan medis serius.

(Baca Juga: 12 Makanan untuk Membakar Lemak, Bantu Turunkan Berat Badan)

Makanan Penyebab Kista Ovarium

Keberadaan kista ovarium kadang-kadang tidak dirasakan penderitanya karena tidak menjadikan tanda-tanda. Keberadaan kista ovarium umumnya gres terdeteksi lewat investigasi USG.

Sebisa mungkin, kita mesti menangkal munculnya kista ovarium ini. Hindari beberapa masakan penyebab kista ovarium yang wajib kau pahami.

Sebab, bisa saja seseorang mempunyai kista ovarium kecil yang belum terdeteksi kemudian kondisinya semakin memburuk alasannya adalah mengonsumsi masakan penyebab kista.

Berikut ini daftar kuliner penyebab kista ovarium selengkapnya.

1. Fast Food

Fast food alias masakan siap saji di restoran dan makanan instan bungkusan juga merupakan masakan penyebab kista ovarium. Kandungan pengawet serta lemak bosan cukup mengancam kesehatan organ reproduksi.

Hindari lah konsumsi mie instan, aneka sajian di kedai makanan siap saji seperti burger, ayam goreng, pizza, dan lain-lain. Lebih menyehatkan lagi bila kamu memasak sendiri makanan yang akan dikonsumsi di rumah.

2. Daging Merah

Sejak dahulu, konsumsi daging merah seperti daging sapi, daging kambin dan daging kerbau memang semestinya dibatasi.

Konsumsi daging merah secara berlebihan akan mengganggu kemajuan hormon di dalam tubuh yang berakibat pada munculnya kista. Maka dari itu ini merupakan salah satu kuliner penyebab kista ovarium.

Sedangkan untuk konsumsi daging putih seperti daging ayam, daging belibis, dan ikan air tawar masih terbilang kondusif.

Usahakan biar pengolahannya dipanggang atau direbus, atau digoreng dengan minyak higienis bukan minyak bekas (minyak jelantah).

3. Seafood

Makanan berkolestrol tinggi juga mampu membuat kesehatan rahim terusik sehingga menyebabkan kista. Kamu boleh saja mengonsumsi seafood selama dalam porsi dan intensitas yang wajar.

Sebagai opsi lain, kamu juga bisa memilih beberapa seafood yang mengandung kadar kolesterol rendah. Seperti ikan tuna, tiram, dan ikan kod.

4. Makanan Manis

Siapa sih yang tidak menggemari masakan bagus? Konsumsi kuliner tinggi gula memang boleh saja asalkan dalam takaran masuk akal dan tidak terlampau sering.

Sebab ini ialah salah satu dari makanan penyebab kista ovarium.

Gula yang masuk ke dalam badan akan menciptakan buatan insulin meningkat, sehingga kadar gula ikut tinggi. Ini akan menyebabkan hadirnya kista atau memperburuk keberadaan kista yang sudah ada.

Tidak cuma dessert, karbohidrat tinggi gula seperti nasi putih juga seharusnya kau ganti dengan nasi merah, ubi, atau oat.

5. Gandum

Gandum memang ialah sumber karbohidrat kompleks, namun kandungan asam fitat membuatnya selaku masakan penyebab kista ovarium.

Asam fitat akan mengikat mineral di dalam badan yang kemudian menciptakan kista mampu saja timbul.

Selain gandum, sumber karbohidrat yang juga menjadi masakan penyebab kista ialah roti tawar dan kentang.

(Baca Juga: 8 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari)

6. Alkohol

Alkohol juga ialah salah satu masakan penyebab kista ovarium. Konsumsi berlebih akan memajukan hormon estrogen.

Ketidakseimbangan hormon lalu akan mengakibatkan kista muncul atau memperburuk keberadaannya.

7. Soda

Kandungan soda yang tinggi akan gula telah terang menjadikannya masuk ke dalam daftar makanan penyebab kista ovarium.

Sama mirip alkohol, soda juga memajukan bikinan hormon estrogen secara berlebihan. Sehingga keadaan ini tak baik untuk tubuh.

8. Kafein

Kafein yang terkandung dalam kopi, teh, dan kuliner atau minuman lainnya juga mesti dikurangi.

Karena kafein juga dapat menciptakan kondisi hormon terganggu dan tidak sebanding. Kista dapat timbul alasannya adalah penyebab tersebut.

9. Nanas

Nanas ialah buah dengan rasa asam yang kurang baik untuk pencernaan dan organ reproduksi wanita. Konsumsi nanas terlalu sering dalam jumlah yang banyak akan menimbulkan atau memperburuk eksistensi kista pada ovarium.

10. Nangka

Makanan penyebab kista ovarium selanjutnya adalah nangka. Kandungan alkohol pada buah ini kurang baik untuk kesehatan ovarium dan dapat memunculkan kista atau memperburuk kista yang sebelumnya sudah ada.

Buah tinggi alkohol lain juga sebaiknya kamu minimalisir konsumsinya. Seperti durian dan anggur.

11. Sawi Putih, Tauge, dan Cabe

Sayuran memang baik untuk kesehatan, namun tidak halnya dengan tiga jenis sayuran ini. Sawi putih, tauge, dan cabai mengandung kadar alkohol tinggi yang menyebabkan hadirnya kista.

Pengidap kista juga tidak direkomendasikan mengonsumsi ketiga sayuran itu alasannya mampu memperburuk kondisi. Sebaliknya, mengonsumsi sayuran berwarna hijau justru cantik untuk pengidap kista.

12. Keju

Menurut riset dari European Journal of Obstetrics, Gynecology and Reproductive Biology pada tahun 2003, konsumi keju berlebihan dapat mengembangkan risiko timbulnya kista ovarium. Sebab, keju mengandung lemak yang mendorong munculnya kista.

Itulah beberapa kuliner yang mampu menyebabkan timbulnya kista pada ovarium. Selain menjaga asupan gizi seimbang dan gizi yang sempurna, jaminkan juga kesehatan dirimu dengan asuransi kesehatan.

Bagaimanapun juga, kesehatan diri yakni aset terpenting dalam hidup. Segala risiko sungguh mungkin terjadi di kurun depan.

Dengan mempunyai asuransi kesehatan, jaminan layanan kesehatan di rumah sakit dan klinik terbaik akan kau dapatkan.

Di CekAja.com, kami akan membantumu memilih asuransi kesehatan yang pas untukmu. Premi bulanan dijamin ringan, dengan duit pertanggungan yang jumlahnya sungguh mempesona.

Ini saatnya untu kau cek, bandingkan, dan ejekan asuransi kesehatan yang sesuai dengan keperluan!