0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

12 Faedah Minum Yogurt Yang Baik Bagi Kesehatan

Ternyata, faedah minum yogurt tidak cuma baik untuk menurunkan berat tubuh saja lho. Kandungannya yang begitu kaya juga menciptakan minuman yang yummy ini turut berfaedah dalam menanggulangi berbagai duduk perkara kesehatan.

Yogurt itu sendiri ialah sebuah produk olahan yang yang dibuat dari fermentasi susu, yang mana selama ini, minuman yogurt memang sudah diketahui selaku sumber masakan yang tinggi akan probiotik serta kuman lainnya yang bagus bagi kesehatan.

Selain itu, rasanya yang sedikit asam bercampur elok juga menciptakan Yogurt disukai oleh banyak orang.

Bahkan ketika ini, Yogurt sudah hadir dengan banyak sekali jenis rasa yang mampu diadaptasi dengan selera lho, mulai dari strawberry, jeruk, anggur, blueberry, dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: Makanan untuk Membakar Lemak)

Nah, penasaran, kira-kira apa saja faedah minum yogurt? Yuk kita simak saja pembahasannya kali ini.

Kandungan di Dalam Yogurt

Sebelum membahas perihal faedah minum yogurt, ada baiknya jikalau kita turut mengetahui perihal kandungan apa saja yang terdapat di dalam minuman sehat ini.

Dilansir dari situs sehatq.com, beberapa kandungan yang terdapat di dalam yogurt diantaranya adalah:

  • Karbohidrat

Kandungan pertama yang terdapat di dalam yogurt yaitu karbohidrat, yang terdiri dari laktosa dan galaktosa. Namun, kandungan laktosa ini relatif lebih rendah kalau ketimbang susu.

Sebab, basil baik dalam proses fermentasi yang terjadi pada yogurt justru memecah kandungan laktosa ini.

  • Lemak

Kemudian, yogurt juga memiliki kandungan lemak. Namun, jumlah lemak itu sendiri bergantung pada jenis susu yang dipakai.

Biasanya, yogurt dibuat menggunakan susu murni, susu rendah lemak, atau susu bebas lemak atau non fat.

  • Protein

Nah, untuk kandungan proteinnya, protein di dalam yogurt condong lebih tinggi ketimbang susu.

Protein itu yakni whey dan kasein, yang mana keduanya mempunyai nutrisi yang elok, mengandung asam amino, serta gampang dicerna oleh badan.

  • Vitamin dan Mineral

Kandungan vitamin dan mineral di dalam yogurt sangatlah banyak dan tentunya diharapkan oleh badan.

Namun, kandungan ini mampu berbeda-beda, tergantung dari jenis bakteri yang digunakan di dalam proses fermentasi. Secara lazim, yogurt mengandung vitamin B12, kalsium, fosfor, dan juga riboflavin.

Manfaat Minum Yogurt

Dengan banyak sekali kandungan nutrisi yang begitu baik, tak aneh kalau yogurt juga turut mempunyai sejumlah faedah yang tak boleh kau remehkan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat minum yogurt bagi kesehatan, adalah diantaranya yaitu:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat minum yogurt yang pertama adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan badan. Nah, ini pastinya sangat manis disantap, khususnya di tengah pandemi yang masih berjalan sampai ketika ini.

Ketika tata cara kekebalan tubuh kamu menurun, maka kamu akan rentan terkena berbagai jenis bisul dan penyakit.

Sementara itu, yogurt itu sendiri memiliki kandungan probiotik yang kaya, sehingga mampu berfungsi dalam mengembangkan tata cara kekebalan badan serta menolong dalam melawan jerawat.

Tak cuma itu, minuman ini juga mengandung magnesium, selenium, dan zinc yang mempunyai tugas penting dalam mempertahankan tata cara kekebalan badan supaya tetap sehat.

2. Menurunkan Risiko Kanker Paru-paru

Manfaat minum yogurt berikutnya yaitu bisa menurunkan risiko kanker paru-paru. Baru-gres ini, penelitian dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa konsumsi yogurt setiap hari dapat menurunkan resiko kanker paru-paru hingga mencapai 20 persen.

Bahkan, jika disertai dengan pembatasan makanan yang sempurna, tingkat resiko bisa makin menurun hingga mencapai 30 persen.

Di dalam observasi tersebut, menunjukan bahwa beberapa kandungan probiotik dan kuman yang terdapat di dalam yogurt mempunyai zat-zat yang mampu menangkal penyebab radang dan sel kanker.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Mengatasi gangguan pencernaan juga merupakan salah satu manfaat minum yogurt yang tak boleh diremehkan.

Yogurt ialah minuman yang tinggi akan kandungan protein dan kalsium, sehingga mampu mengembangkan kuman baik dalam usus.

Sebuah penelitian mengambarkan bahwa probiotik dalam yogurt, seperti lactobacillus, mampu melindungi terusan usus dari gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, bisul helicobacter, dan masih banyak lagi.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menandakan bahwa faedah minum yogurt ialah mampu membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi, utamanya bagi perempuan.

Berdasarkan data dari American Heart Association, wanita yang mengkonsumsi yogurt setidaknya lima kali dalam sepekan mempunyai resiko lebih rendah sampai 20 persen untuk terkena tekanan darah. Apalagi kalau disertai dengan pembatasan makanan yang tepat.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Nah, salah satu faedah minum yogurt yang tak kalah pentingnya, yaitu mampu mempertahankan kesehatan tulang.

Bahkan, sebuah observasi juga turut menunjukan bahwa memakan yogurt mampu membantu dalam mencegah osteoporosis yang kerap terjadi pada orang bau tanah lho.

Sebab, di dalam segelas yogurt, rata-rata terdapat kalsium, protein, potassium, fosfor, dan vitamin D yang dapat menambah kekuatan serta massa tulang.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Protein dan kalsium yang terkandung di dalam yogurt mampu meningkatkan hormon penurun nafsu makan sehingga bisa membantu dalam menurunkan berat tubuh.

Sejumlah observasi bahkan menemukan bahwa memakan yogurt secara terencana selain mampu menurunkan berat tubuh, namun juga bisa mengecilkan lingkar pinggang.

7. Menurunkan Tingkat Alergi

Salah satu faedah minum yogurt yang terbilang begitu gila ialah, bahwa yogurt mampu menurunkan tingkat alergi pada seseorang.

Ketika alergi terjadi, maka lgE (Immunoglobulin E), yang ialah sebuah antibodi dalam darah, akan menstimulasikan histamin yang mampu menimbulkan hidung dan mata berair, bersin-bersin, sampai dilema kulit yang lain.

Tak hanya itu, kandungan Lactobacillus casei yang terdapat di dalam yogurt juga mampu menurunkan tingkat lgE, yang membuat metode imun dapat menangkal zat alergen yang lain.

8. Mencegah Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

Pada perempuan yang sedang menderita diabetes, bengkak jamur pada area kewanitaan merupakan hal lazim yang paling sering terjadi.

Nah, manfaat minum yogurt ternyata mampu menolong dalam menangkal abses jamur tersebut. Sebab, kandungan yang terdapat di dalam yogurt mampu menyeimbangkan kadar pH yang membuat jamur enggan untuk hadir.

Selain itu, sebuah observasi juga menerangkan bahwa perempuan yang menderita diabetes dan terkena jerawat jamur pada area kewanitaannya mampu membaik cuma dengan minum yogurt setiap hari.

9. Mendorong Fungsi Otak

Probiotik yang terkandung di dalam yogurt dianggap bisa mempengaruhi fungsi otak menjadi lebih baik serta memiliki peluang dalam menolong mendorong fungsi kognitif pada penderita Parkinson, Alzheimer, dan autisme.

10. Menurunkan Kolesterol

Nah, salah satu faedah minum yogurt yakni bisa membantu dalam menurunkan kolesterol, akhir kandungan probiotik yang terdapat di dalam minuman ini.

Oleh alasannya adalah itu, meminum yogurt secara tidak langsung juga bisa menghalangi banyak sekali penyakit kardiovaskular yang mengancam nyawa akibat kolesterol tinggi.

11. Meningkatkan Kualitas Tidur

Untuk kau yang sering mengalami insomnia di malam hari, maka meminum yogurt secara rutin bisa menjadi salah satu penyelesaian yang tepat.

Sebab, guna mempunyai kualitas tidur yang baik, tubuh membutuhkan kalsium untuk menghasilkan hormon melatonin, dan yogurt mengandung kalsium yang dibutuhkan tersebut, sehingga akan sangat sesuai kalau dikonsumsi pada malam hari.

12. Memperbaiki Suasana Hati

Nah, manfaat minum yogurt yang terakhir ialah untuk memperbaiki situasi hati. Di dalam suatu studi dari UCLA’s Gail and Gerald Oppenheimer Family Center for Neurobiology of Stress, menemukan bahwa wanita yang menyantap kurang lebih dua takaran yogurt setiap hari selama 4 minggu lebih bisa mengatur emosinya dengan jauh lebih baik, serta lebih minim kecemasan ketika menghadapi situasi yang tergolong emosional.

Makara, itulah beberapa faedah minum yogurt yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan semenjak dini memang ialah satu hal yang pantas dikerjakan.

Sebab, kita tidak ada yang tahu kapan permasalahan kesehatan akan tiba. Ditambah lagi bahwa dikala ini, ongkos pengobatan terbilang kian berkembangdari waktu ke waktu, sehingga menjaga kesehatan mesti senantiasa menjadi prioritas utama.

(Baca Juga: Menu Diet Artis Korea)

Nah, selain menjaga asupan makanan yang bagus bagi kesehatan, salah satu hal yang tak kalah pentingnya yaitu dengan memiliki asuransi kesehatan.

Karena, datangnya asuransi kesehatan setidaknya bisa memberikanmu keringan tentang biaya pengobatan yang mahal. Belum punya asuransi kesehatan? Jangan cemas!

Yuk secepatnya daftarkan dirimu segera hanya di CekAja.com. Seluruh proses yang dilakukan secara online pastinya mampu jauh lebih meminimalkan waktu alasannya adalah kamu tak perlu menyediakan waktu ke luar rumah lagi.

Tak hanya itu, CekAja.com juga memiliki fitur perbandingan yang pastinya mempermudah kamu dalam menentukan, sekiranya produk asuransi manakah yang paling cocok dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi. Kaprikornus, yuk segera kunjungi situs CekAja.com dan nikmati segudang keuntungannya.