0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

12 Faedah Minum Susu Sapi Murni Bagi Kesehatan Dan Imbas Sampingnya

Menjadi salah satu minuman favorit semua golongan, faedah minum susu sapi murni ternyata sangat banyak, loh! Manfaat tersebut tentu mampu kamu rasakan, saat kau mengonsumsi susu sapi murni sesuai dengan hukum minum yang tepat.

Susu sapi murni sendiri ialah susu sapi, yang kandungan nutrisinya tidak terdapat penambahan atau pengurangan apapun.

Dengan kata lain, susu sapi murni tidak mengalami banyak proses pengolahan, tergolong pasteurisasi atau UHT (Ultra High Temperature).

Hal tersebut dikarenakan, proses pasteurisasi atau UHT yang dijalankan cuma akan membuat kandungan nutrisi dalam susu sapi murni berubah, bahkan hilang.

Maka dari itu, untuk mempertahankan nutrisi, susu sapi murni lazimnya cuma diolah dalam suhu 70 derajat celcius, selama kurang lebih lima menit.

Ini dilakukan untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalam susu. Dengan begitu, maka tak heran jika susu sapi murni cuma mampu bertahan selama 4-6 jam pada suhu ruang.

Kandungan Susu Sapi Murni

Sebelum membicarakan lebih jauh ihwal manfaat minum susu sapi murni, ada baiknya kamu mengetahui apalagi dulu apa saja kandungan yang dimiliki susu sapi murni.

Sejatinya, satu gelas susu sapi dengan dosis 250 ml, mengandung setidaknya 150 kalori, 280 mg kalsium, 8 gram protein, 98 IU atau International Units vitamin D.

Namun, jikalau dilihat secara keseluruhan, ahli nutrisi mengatakan bahwa susu sapi murni mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi baik, yang di antaranya yaitu:

  • Kalsium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin B12
  • Protein
  • Lemak
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Kolin
  • Niacin
  • Riboflavin
  • Zinc
  • Potasium
  • Asam linoleat
  • Asam amino

Semua kandungan nutrisi di atas sungguh berguna, dalam membantu memenuhi nutrisi harian yang diperlukan tubuh, selain dari asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

(Baca Juga: Manfaat Susu Kambing Etawa)

Waktu yang Tepat Minum Susu Sapi Murni

Meski mampu dimakan kapan saja dan dimana saja, tetapi ternyata untuk mampu menerima faedah minum susu sapi murni, kamu harus minum di waktu yang tepat, loh!

Lantas, kapan waktu yang sempurna untuk minum susu sapi murni? Yuk, simak uraian berikut ini.

  • Ketika sedang tidak mengonsumsi obat-obatan
  • Ketika dikonsumsi secara utuh, tanpa diaduk dengan materi atau zat yang lain
  • Ketika tidak mengonsumsinya bersamaan dengan zat besi
  • Ketika susu sapi murni tidak dipanaskan, alasannya hal itu cuma akan mengurangi bahkan menghilangkan kandungan nutrisi pada susu tersebut.

Manfaat Minum Susu Sapi Murni

Banyaknya manfaat minum susu sapi murni yang diberikan untuk badan, ternyata membuat banyak orang salah mengartikan, dan mengakibatkan orang-orang tersebut mengonsumsi susu secara berlebihan.

Tetapi sebenarnya, manfaat minum susu sapi murni akan kamu dapatkan, apabila kau mengonsumsinya di waktu yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhannya.

Selain itu, minum susu sapi murni pun masih dianggap oleh sebagian besar orang, cuma ditujukan untuk bawah umur yang masih dalam masa perkembangan.

Padahal, orang remaja pun perlu minum susu sapi murni. Karena makin remaja seseorang, maka kian besar pula kadar susu yang dibutuhkan.

Melansir dari hellosehat.com, orang sampaumur memerlukan asupan susu setiap harinya sebesar 1.000 cc sampai 1.200 cc. Berbanding terbalik dengan bayi, yang hanya membutuhkan asupan susu sekitar 500 cc setiap harinya.

Maka dari itu, asupan susu sejatinya masih sungguh dibutuhkan semua usia, tidak hanya bayi dan balita namun juga orang akil balig cukup akal.

Karena selain menyehatkan, minum susu juga memberikan segudang manfaat. Adapun beberapa faedah minum susu sapi murni, di antaranya ialah:

1. Mengurangi Risiko Terjadinya Osteoporosis

Manfaat minum susu sapi murni yang pertama ialah dapat mengurangi risiko terjadinya osteoporosis. Seperti yang diketahui, susu sapi murni menjadi salah satu sumber nutrisi baik yang dapat mempertahankan kesehatan tulang.

Tidak cuma itu, kandungan vitamin K dan magnesium yang dimiliki susu sapi murni juga dapat menurunkan risiko osteoporosis atau radang sendi.

Dengan begitu, minum susu sapi murni secara terorganisir dapat menangkal dan meminimalisir kemungkinan terjadinya osteoporosis.

2. Menjaga Berat Badan

Selain bisa menghemat risiko terjadinya osteoporosis, minum susu sapi murni juga dapat menjaga berat tubuh agar tetap stabil.

Manfaat minum susu sapi murni yang satu ini mampu didapatkan, alasannya adalah susu sapi memiliki kandungan protein, yang dapat membuatmu merasa kenyang untuk waktu yang usang.

Oleh sebab itu, orang-orang yang sudah minum susu, biasanya tidak cepat merasa lapar. Selain itu, kandungan asam linoleat yang dimiliki susu sapi murni pun mampu menghambat buatan lemak tubuh.

Sehingga, sungguh wajar apabila mengonsumsi susu sapi murni dapat mempertahankan berat badan agar tetap stabil, dan menangkal risiko obesitas.

3. Mencegah Kerusakan Gigi

Salah satu aspek yang menjadi penyebab kerusakan gigi yakni basil yang menumpuk pada lapisan luar gigi, atau yang disebut dengan enamel gigi. Dengan menumpuknya basil, maka enamel gigi akan mudah terkikis.

Untuk mengatasinya, kau mungkin akan menggunakan pasta gigi atau berkumur dengan cairan pembersih gigi dan rongga lisan.

Namun ternyata, selain membersihkan gigi dengan pasta gigi dan berkumur, kau juga bisa mencegahnya dengan mengonsumsi susu sapi murni.

Hal itu dikarenakan, susu sapi dapat membentuk enamel gigi yang rusak. Manfaat minum susu sapi murni yang satu ini dapat terjadi, sebab adanya kandungan kalsium, vitamin D, serta kalsium yang terdapat pada susu sapi murni.

4. Mendorong Pertumbuhan Tulang dengan Baik

Sudah menjadi diam-diam umum, apabila minum susu sapi murni mampu mendorong perkembangan tulang dengan baik. Bagaimana tidak, kandungan mineral, kalsium, fosfor serta vitamin D yang terdapat pada susu sapi, ternyata mampu mendorong perkembangan tulang.

Tidak cuma itu, untuk kalsium sendiri, ia menjadi salah satu nutrisi penting dalam membuat tulang menjadi lebih kuat, pergerakan otot serta sinyal saraf. Dengan demikian, minum susu sapi murni secara berkala mampu membuat tumbuh dengan baik dan optimal.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain melaksanakan olahraga kardiovaskular, kau juga bisa minum susu sapi murni untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Pasalnya, susu sapi murni juga menjadi sumber potasium dan kalium.

Sebagai sumber potasium, susu sapi dinilai bisa menyehatkan dan meningkatkan fungsi jantung. Sementara, bila dilihat sebagai sumber kalium, susu sapi murni dapat membantu pembuluh darah menjadi melebar dan meminimalisir tekanan darah.

Dengan begitu, keadaan jantung menjadi lebih sehat, sirkulasi darah dalam jantung pun tanpa gangguan dan risiko terkena berbagai macam penyakit jantung akan berkurang.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat minum susu sapi murni yang keenam adalah bisa memajukan mutu tidur. Apabila kau merasa mutu tidurmu menurun, maka kau bisa coba perbaikinya dengan minum susu sapi murni secara berkala sebelum tidur.

Sebab, minum susu sebelum tidur mampu mengurangi gerakan-gerakan kecil yang dapat mengusik acara tidur, mirip pelepasan neurotransmitter secara datang-datang, gerakan kecil akhir rasa lapar dikala malam hari dan lain sebagainya.

Minum susu sapi murni di malam hari nyatanya juga mampu meningkatkan bikinan hormon serotonin. Yang mana, hormon ini kerap kali dikaitkan dengan beberapa hal, mirip tidur, nafsu makan sampai suasana hati yang tidak menentu.

Adanya kandungan-kandungan tersebut, secara tidak pribadi dapat mengembangkan kualitas tidur. Sehingga, aktivitas tidurmu di malam hari menjadi lebih damai dan nyenyak.

7. Mengurangi Risiko Timbulnya Kanker

Kanker ialah salah satu penyakit kronis, yang sungguh ditakuti dan dicegah risiko penyebabnya oleh semua orang.

Salah satu cara yang mampu kau lakukan, untuk menghalangi atau menghemat risiko timbulnya kanker ialah dengan minum susu sapi murni.

Sebuah observasi menyampaikan, bila susu sapi murni memiliki kandungan vitamin D yang sungguh kaya. Yang mana, kandungan vitamin D ini berperan dalam kemajuan sel dan melindungi tubuh dari risiko kanker, tidak terkecuali kanker ovarium.

Kanker ovarium mampu dicegah dengan konsumsi susu sapi murni, alasannya susu tersebut memiliki kandungan kalsium serta laktosa yang bisa melakukan pekerjaan secara maksimal, menangkal risiko terjadinya kanker. Terlebih adanya kandungan omega 3, yang dapat mencegah perkembangan sel kanker.

8. Meningkatkan Pembentukan Massa Otot

Buat kau yang ingin memiliki massa otot yang besar, kau bisa mempercepat proses pembentukannya dengan minum susu sapi murni.

Hal tersebut dikarenakan, susu sapi murni mempunyai kandungan protein yang mampu meningkatkan pembentukan massa otot.

Selain itu, susu sapi juga terkadang dikonsumsi oleh para olahragawan untuk memperbaiki otot yang mengalami kerusakan.

Kandungan lemak jenuh yang dimiliki susu sapi murni pun, dinilai bisa menangkal penguraian massa otot secara efektif menjadi energi. Bagaimana, manfaat minum susu sapi murni untuk massa otot sungguh banyak bukan?

9. Melancarkan Pencernaan

Manfaat minum susu sapi murni yang selanjutnya yakni untuk melancarkan pencernaan. 80 persen kandungan kasein yang dimiliki susu sapi murni, memiliki kegunaan untuk membawa mineral ke kawasan tujuan utama dalam tubuh.

Seperti pola, kasein berhubungan dengan fosfor dan kalsium yang mengantarkannya ke terusan pencernaan. Mineral yang satu ini, mampu mempercepat proses pencernaan, dengan cara mendorong terjadinya pelepasan cairan pencernaan di perut.

Kemudian, kasein juga berpasangan dengan peptida, atau yang dikenal sebagai rantai asam amino kecil. Hubungan antara kasein dan peptida ini, mampu menangkal terjadinya serangan patogen di kanal pencernaan.

Dengan begitu, maka semua kandungan yang dimiliki susu sapi murni tersebut, secara tidak eksklusif dapat mengobati beberapa jenis gangguan pencernaan, seperti tukak lambung, gastritis, nanah kuman pada terusan pencernaan, GERD sampai kanker lambung.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Siapa sangka, bahwa minum susu sapi murni ternyata mampu mempertahankan kesehatan kulit? Ya, manfaat minum susu sapi murni yang satu ini mampu kau rasakan, dikala kamu membiasakan diri meminumnya secara rutin.

Susu sapi murni dinilai mampu menenangkan kulit yang terbakar, alasannya adalah mempunyai sifat antiinflamasi. Sehingga, dengan minum susu ini, kulit akan terasa jauh lebih sejuk dan acuh taacuh.

Kemudian, susu juga kadang kala dijadikan sebagai salah satu bahan pada produk kecantikan, seperti untuk mengecilkan pori-pori, selaku cleanser, exfoliator pada kulit sensitif, hingga berkhasiat untuk menetralisir kerutan di muka.

11. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Jika kamu memiliki luka yang cukup parah di salah satu atau bahkan beberapa bab tubuh, kau juga bisa mengobatinya dengan minum susu sapi murni. Sebab, susu ini menolong mempercepat proses penyembuhan luka secara efektif.

Manfaat minum susu sapi murni yang satu ini mampu kamu rasakan, alasannya adalah terdapat kandungan zinc yang menolong fibrinogen membentuk benang-benang fibrin untuk menutup luka.

Selain itu, kalau kamu mengalami pendarahan yang cukup banyak, zinc juga dipercaya mampu menghentikan pendarahan berlebih.

12. Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat minum susu sapi murni yang terakhir yaitu mempertahankan kesehatan. Kandungan magnesium yang dimiliki susu ini, memiliki kegunaan dalam mempertahankan kesehatan jantung dan beberapa metode saraf yang lain, semoga bekerja dengan lebih baik.

Kemudian, kandungan magnesium juga dapat mengembalikan energi dan menjaga badan semoga senantiasa fit, walaupun telah beraktivitas selama satu hari sarat .

Efek Samping Minum Susu Sapi Murni

Meski memiliki banyak sekali faedah baik untuk badan, tetapi ternyata susu sapi murni juga mampu mengakibatkan imbas samping, jika dimakan secara berlebihan. Kalau begitu, apa saja efek samping yang dapat timbulkan? Yuk, simak uraian berikut ini.

  • Meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam badan (LDL)
  • Gangguan fungsi ginjal
  • Alergi pada orang yang sensitif
  • Sakit perut
  • Muntah-muntah
  • Batuk
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: bisnis-dengan-julo-ini-5-manfaat-susu-kurma-bagi-kesehatan/” target=”_blank” rel=”noreferrer noopener”>5 Manfaat Susu Kurma)

Semua imbas samping tersebut dapat terjadi pada siapa pun, baik bawah umur maupun orang sampaumur sekalipun. Oleh alasannya itu, untuk menghalangi timbulnya imbas samping, kau bisa mulai mengendalikan konsumsi susu sapi murni sejak dikala ini.

Selain itu, kamu pun sebaiknya melindungi diri dengan asuransi kesehatan, untuk menangkal terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin ongkos pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Dengan begitu, nantinya kau tidak perlu cemas terkait finansial, bila saat itu juga terjadi sesuatu hal pada kesehatanmu.

Untuk itu, buat kau yang belum mempunyai asuransi kesehatan, bisa secepatnya mengajukannya secara online lewat CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan terkemuka dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak cuma itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu terlebih? Yuk ejekan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang dan peroleh segudang manfaatnya!