0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

11 Makanan Tinggi Kolesterol Yang Layak Disingkirkan

Makanan tinggi kolesterol tampaknya tidak cuma perlu diketahui oleh orang lanjut usia saja, melainkan juga generasi muda. Mengapa?

Sebab mempertahankan kesehatan memang mesti dijalankan sedini mungkin, dan satu hal yang mampu dilaksanakan selaku permulaan yakni dengan mulai mengamati teladan makan.

Perlu dimengerti bahwa kolesterol yang tinggi mampu menjadikan timbulnya aneka macam penyakit berbahaya, seperti jantung dan stroke.

Sehingga, melaksanakan pengecekan secara bersiklus merupakan satu hal yang perlu dilaksanakan guna menghalangi kenaikan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, mengelak beberapa makanan tinggi kolesterol juga merupakan penyelesaian terbaik.

Lalu, kira-kira apa saja sih kuliner tinggi kolesterol yang layak dikesampingkan atau dimakan secara berlebih? Yuk disimak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Sebelum kita membicarakan tentang beberapa kuliner tinggi kolesterol, ada baiknya jika kita turut mengetahui perihal penyebab dari kolesterol tinggi itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa di dalam tubuh, terdapat dua jenis kolesterol, adalah kolesterol jahat atau yang mampu disebut sebagai Low-Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik yang mampu disebut selaku High-Density Lipoprotein (HDL).

Nah, dilansir dari kompas.com, kondisi kadar kolesterol tinggi biasanya disebabkan alasannya terdapat terlampau banyak kolesterol jahat di dalam darah.

Namun, keadaan tersebut justru mampu diperparah apabila kadar kolesterol baik di dalam tubuh terlalu rendah. Umumnya, kolesterol tinggi ini bisa terjadi ketika sang penderita tidak mengamati asupan kuliner yang beliau konsumsi.

(Baca Juga: Ciri-ciri Kolesterol Tinggi)

Makanan tinggi kolesterol yang dimaksud tidak cuma sekedar mengandung lemak saja, melainkan juga termasuk pada jenis lemak tertentu, yaitu trans-fat dan saturated fat.

Mengkonsumsi trans-fat tidak hanya bisa menaikan LDL, namun juga mampu menurunkan kadar HDL di dalam darah, sehingga jenis kuliner ini mampu dikategorikan pula selaku jenis lemak paling berbahaya.

Sementara itu, saturated fat biasa ditemukan pada daging dan susu, yang mampu memicu hati untuk memproduksi lebih banyak LDL, yang membuat kadar lemak jahat di dalam badan mampu meninggi.

Makanan Tinggi Kolesterol

Memang tidak dapat dibantah bahwa sebagian besar makanan yang mengandung kolesterol tinggi mempunyai cita rasa yang begitu nikmat, sehingga kadang-kadang menciptakan kita terlena untuk terus menyantapnya.

Namun, perlu dimengerti bahwa tidak semua kuliner enak itu sehat. Oleh alasannya itu, kita perlu menertibkan diri semoga tidak mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut secara berlebih.

Dilansir dari banyak sekali sumber, berikut beberapa kuliner tinggi kolesterol yang semestinya disingkirkan atau tidak dimakan secara berlebih, ialah adalah sebagaimana berikut ini:

1. Makanan Cepat Saji

Sudah menjadi wawasan biasa bahwa makanan cepat saji bukanlah jenis kuliner yang pantas dikonsumsi secara berlebih.

Dilansir dari My Food Data, makanan seperti burger pizza, dan sejenisnya, mengandung kurang lebih 465 mg kolesterol per pesanananya atau 155 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Belum lagi bila ditambah dengan minuman soda dan kentang goreng yang acap kali dimakan secara bersamaan.

Selain merupakan kuliner tinggi kolesterol, kuliner cepat saji juga sangat minim nutrisi. Oleh alasannya itu, ada baiknya bila kau mulai membatasi berbagai jenis makanan cepat saji dan mengubah minuman bersoda dengan air putih, guna menghalangi meningkatnya jumlah kolesterol dalam badan.

2. Telur

Telur ialah salah satu masakan yang memang dikenal kaya akan nutrisi sekaligus menjadi asupan protein yang bagus.

Namun, ternyata telur juga mengandung kolesterol yang tinggi lho. Di dalam satu butir telur, terdapat sekitar 185-200 mg kolesterol, yang mana sebagian besar berasal dari bab kuning pada telur. Sementara itu untuk bagian putihnya, justru mengandung kolesterol yang rendah.

Tak cuma telur biasa, telur puyuh juga tak luput dari dalam jajaran makanan tinggi kolesterol.

Walaupun berskala kecil, kandungan kolesterol pada telur puyuh dua kali lipat lebih banyak dibandingkan telur ayam biasa. Jadi, berhati-hatilah jikalau menyantap jenis masakan tinggi kolesterol satu ini.  

3. Hati Sapi

Makanan tinggi kolesterol berikutnya adalah hati sapi. Di dalam 100 gram hati sapi, nyatanya terkandung 494 mg kolesterol yang ialah 164 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian bagi orang akil balig cukup akal.

Tak hanya itu, sebagian besar organ dalam atau jeroan sapi ataupun hewan yang lain ternyata juga merupakan makanan tinggi kolesterol yang pantas diwaspadai dan jikalau bisa disingkirkan, mirip jantung, usus, babat, sampai otak.

4. Produk Olahan Susu

Makanan tinggi kolesterol berikutnya yakni produk olahan susu yang yang dibuat dari susu murni atau rendah lemak.

Sebab, kandungan lemak jenuh yang terdapat di dalam produk olahan susu ternyata mempunyai dampak pada peningkatan kolesterol dalam tubuh.

Lemak bosan yang dimaksud yaitu asam laurat dan asam miristat, yang merupakan kedua asam lemak bosan yang berpotensi dalam mengembangkan kolesterol jahat.

Contohnya seperti keju, yang mana 100 gram keju mengandung kurang lebih 95 mg kolesterol. Maka dari itu, jikalau ingin mengkonsumsi produk olahan susu, maka dianjurkan untuk memilih produk susu rendah atau bebas lemak, mirip yogurt.

5. Daging Ayam Berlemak

Daging ayam yang mempunyai banyak lemak mirip paha dan sayap ternyata mengandung kolesterol yang cukup tinggi lho.

Sebagai contoh, 100 gram paha ayam mengandung kurang lebih 127 mg kolesterol atau 42 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Oleh alasannya adalah itu, ada baiknya kalau kamu mulai menghalangi konsumsi daging ayam berlemak, meskipun kuliner tinggi kolesterol satu ini juga mengandung sumber protein yang baik.

6. Makanan Laut

Makanan laut seperti kerang, udang, dan lobster, bahu-membahu ialah jenis kuliner yang sehat dan kaya akan nutrisi, mirip protein, vitamin A, zat besi, dan selenium.

Hanya saja, kalau dikonsumsi secara berlebih justru bisa menimbulkan kadar kolesterol dalam badan meningkat.

Contohnya saja, 85 gram udang mengandung 166 mg kolesterol, yang mana angka ini sudah lebih dari 50 persen asupan kolesterol harian.

Walaupun mengkonsumsi makanan laut masih dibutuhkan oleh badan alasannya mengandung sumber protein yang baik, tetapi akan lebih baik jikalau kamu turut mengontrol diri biar tidak mengkonsumsinya secara berlebih.

7. Makanan Manis

Makanan anggun mirip es krim dan coklat memang disukai oleh penduduk dari aneka macam kelompok usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sekalipun.

Cita rasanya yang bagus dan menyegarkan menciptakan berbagai jenis masakan ini sering kali dimakan untuk meredakan stress maupun menghalangi terjadinya pergeseran emosi bagi perempuan haid.

Akan namun, perlu dikenali bahwa kuliner cantik nyatanya juga tidak luput dari jajaran masakan tinggi kolesterol yang perlu dihindari lho.

Sebagai contoh, ½ cup es krim cantik memberikan 33 persen keperluan kolesterol harian. Tak hanya bisa memajukan kolesterol saja, banyak sekali jenis makanan elok juga mengandung gula, lemak, dan kalori yang tidak sehat.

8. Daging Olahan

Makanan tinggi kolesterol berikutnya yakni produk daging olahan yang sudah lewat proses diawetkan, diasap, digarami, atau ditambahkan materi-bahan lainnya untuk memajukan cita rasa kelezatan.

Beberapa jenis produk daging olahan, seperti sosis, bacon, ham, dan daging kornet, tak hanya bisa memajukan kadar kolesterol dalam tubuh saja, melainkan juga menjadi pemicu banyak sekali penyakit berbahaya lho, mirip jantung dan kanker.

9. Gorengan

Siapa sih yang gak suka dengan gorengan? Disertai dengan taburan tepung yang renyah memang menciptakan banyak sekali jenis masakan terasa begitu lezat, seperti ayam goreng dan stik keju.

Meski terasa yummy dan nagihin, tetapi memakan ini juga harus dibatasi. Sebab, jenis makanan satu ini mengandung trans-fat, yang mampu memajukan peluangpenyakit jantung serta menghancurkan kesehatan dengan banyak cara lainnya.

Tak cuma itu, makanan tinggi kolesterol satu ini terkadang dikaitkan sebagai salah satu masakan yang dapat menyebabkan peningkatan risiko beberapa penyakit berbahaya, seperti jantung, obesitas, dan diabetes.

Potensi tersebut jelas akan makin parah apabila masakan digoreng menggunakan minyak sayur atau mentega yang mengandung lemak trans.

10. Kulit

Selain organ dalam atau jeroan hewan, ternyata kulit juga merupakan salah satu masakan tinggi kolesterol.

Bagi sebagian orang, makanan ini sering kali menjadi favorit, sebab teksturnya yang renyah serta rasanya yang gurih. Bahkan, ada beberapa orang yang tidak rela apabila jatah kulitnya diambil oleh orang lain lho.

Hanya saja, kulit yang berasal dari binatang seperti ayam dan sapi ternyata mengandung lemak jenuh yang sangat berbahaya bagi penderita kolesterol.

Kaprikornus, seharusnya kau mulai menyingkir dari jenis makanan tinggi kolesterol satu ini. Jika perlu, secepatnya singkirkan atau buanglah kulit yang ada, alasannya sungguh tidak baik bagi tubuh.

11. Sarden

Makanan tinggi kolesterol yang mau kita bahas terakhir yaitu ikan sarden. Ikan lemuru polos atau yang sering disebut sebagai ikan sarden, menyumbang kolesterol sebanyak 131 mg per 92 gram.

Ditambah lagi jikalau menggunakan olahan sarden instan yang biasa dijual dalam bentuk kaleng, tentu kadar kolesterolnya lebih tinggi lagi.

Kolesterol akan kian diperparah jika kamu turut mengolahkan dengan memakai minyak goreng.

Oleh alasannya itu, ada baiknya jika kau lebih memilih untuk mengkonsumsi sarden segar saja, dibandingkan dengan sarden yang telah dijual dalam bentuk kaleng.

(Baca Juga: 10 Obat Herbal untuk Kolesterol)

Memperhatikan contoh makan sejak dini memang sangatlah penting guna menjaga kesehatan. Nah, supaya proteksi menjadi lebih lengkap, jangan lupa juga untuk mempunyai asuransi kesehatan.

Sebab, kita semua tidak ada yang bisa memprediksi kapan masalah kesehatan itu tiba, sehingga hadirnya asuransi kesehatan membuat kita lebih terlindungi dalam hal finansial, jika sebuah saat kau memerlukan ongkos pengobatan atau perawatan dokter terkait masalah kesehatan yang dihadapi.

Belum memiliki asuransi kesehatan? Segera usikan saja di CekAja.com. Sebab, melalui CekAja.com kamu tak perlu repot lagi menyediakan waktu ke luar rumah, karena proses pengajuan sepenuhnya dikerjakan secara online.

Tak cuma itu, di CekAja.com kamu bahkan juga mampu melaksanakan perbandingan lho, wacana produk asuransi manakah yang paling cocok dengan kebutuhan dan kemampuan dalam mengeluarkan uang premi. Bagus banget kan! Kaprikornus, tunggu apa lagi? Yuk secepatnya usikan asuransi kesehatanmu cuma di CekAja.com.