0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

11 Kiat Merawat Pasien Bergejala Ringan Covid-19 Sampai Sembuh Di Rumah

Para hebat kesehatan menyarankan semoga orang-orang yang mencicipi gejala ringan Covid-19 atau virus Corona untuk tetap di rumah saja dan melaksanakan isolasi diri. Sebab, kekurangan layanan rawat inap di rumah sakit membuatnya diprioritaskan untuk pasien dengan sakit serius saja.

corona tanpa gejala

Lantas, bagaimana cara aman merawat anggota keluarga kita yang mencicipi tanda-tanda ringan Covid-19 tersebut di rumah?

Contents

1. Isolasi total di kamar terpisah

Di tengah aturan pembatasan sosial berukuran besar (PSBB) yang berlaku di sejumlah kabupaten/kota, tentu kita telah paham dan mengikuti anjuran untuk berada di rumah saja.

Nah, kalau salah satu dari anggota keluarga kita kebetulan merasakan gejala ringan Covid-19 mirip demam yang tinggi dan batuk-batuk, tidak perlu panik. Kamu cukup mengisolasi pasien tersebut di satu kamar yang terpisah dari anggota keluarga yang lain.

Kalau tersedia di rumah, tempatkan ia di dalam kamar yang memang ada kamar mandi di dalamnya. Sehingga ia sama sekali tidak berinteraksi secara fisik dengan anggota keluarga lainnya selama abad isolasi 14 hari.

2. Sediakan makanan bergizi sebanding

Taruh meja kecil di erat pintu kamar pasien, kawasan kau mampu meletakkan makanan dan minuman dalam piring, gelas yang bisa diambil si pasien setiap jam sarapan, makan siang, atau makan malam.

Ingat, kamu juga harus mengamati keseimbangan gizi dari makanan dan minuman yang disantap pasien. Tujuannya, semoga imunitas badan bisa meningkat dengan mengonsumsinya.

3. Kenakan masker dan sarung tangan

Saat memperlihatkan makanan, pastikan orang yang menghidangkan serta mengambil alat makan kotor dari meja tersebut menggunakan masker dan sarung tangan demi menghalangi penularan yang tidak diharapkan.

Cuci tangan dengan sabun usai menghidangkan atau mengambil alat makan kotor tersebut, dan secepatnya basuh alat makan yang dipakai dengan sabun.

4. Alat makan dan mandi khusus pasien

Hal lain yang perlu diingat, pisahkan alat makan khusus yang digunakan pasien. Karena sebisa mungkin kamu diminta untuk menghindari pemakaian bersama perlengkapan makan seperti piring, sendok, garpu, atau gelas.

(Baca juga: Suka Belanja Online? Ini 5 Tips Cegah Corona dari Kiriman Paket)

Tidak cuma itu, peralatan mandi mirip handuk, sikat gigi, gayung juga perlu disediakan khusus untuk digunakan pasien tersebut.

5. Semprot desinfektan

Setiap hari, sediakan cairan desinfektan di rumah guna membersihkan permukaan benda yang sering disentuh seperti meja, gagang pintu dan lainnya. Baik yang ada di dalam kamar pasien, maupun di area rumah yang lain.

6. Berjemur setiap hari

Akan lebih baik lagi bila kamar yang dipakai pasien tersebut memiliki jalan masuk ke udara terbuka, yang memungkinkannya berjemur sinar matahari pada waktu yang dianjurkan di pagi sampai siang hari.

7. Jangan asal-asalan minum obat

Jangan minum obat yang tidak direkomendasikan oleh dokter. Saat ini banyak tersebar gosip hoax di media sosial, perihal kesaktian suatu obat untuk mengobati pasien Covid-19. Padahal dari sisi medis, bisa jadi justru membahayakan jika dikonsumsi.

8. Rutin ukur suhu tubuh

Kamu juga mampu meminta pasien untuk mengukur suhu tubuhnya saban hari dan perhatikan pertumbuhan keadaan tubuh. Jika keadaan memburuk ditandai dengan demam yang tetap tinggi serta sesak bernapas, maka telah saatnya kau mencari derma medis melalui nomor 119.

9. Layanan telemedik gratis

Selama dirawat di rumah, kau juga bisa menolong pasien menemukan tutorial dan konsultasi online dari layanan telemedik.

Pemerintah Indonesia sudah bekerjasama dengan 20 penyedia layanan telemedik untuk membantu pasien yang dinyatakan nyata terinfeksi virus corona melakukan isolasi berdikari.

Layanan ini mampu diakses secara gratis! Kamu bisa menerima layanan tersebut dengan mengisi data diri pasien lewat www.atensi.or.id/#members.

10. Setelah abad isolasi 14 hari

Apabila sehabis 14 hari keadaan kesehatan pasien membaik, kau dan keluarga tetap harus tinggal di rumah hingga situasi membaik dan pemerintah menginformasikan peraturan atau bimbingan baru terkait Covid-19. Bila terpaksa keluar rumah alasannya keperluan penting, gunakan masker dengan benar.

11. Panduan ke Rumah Sakit untuk tes

Salah satu contoh keluar rumah sebab sifat kebutuhannya yang sungguh penting adalah menuju rumah sakit untuk melaksanakan serangkaian tes Covid-19.

Beberapa hal yang mesti diamati jika kamu pergi ke layanan kesehatan bersama pasien ialah:

  • Wajib pakai masker.
  • Selalu menjaga jarak lebih dari 1 meter dengan siapapun.
  • Tetap jaga kebersihan tangan dan hindari menyentuh wajah.
  • Hindari penggunaan kendaraan biasa yang ramai.

Setelah ditentukan anggota keluarga kamu yang menjadi pasien negatif Covid-19, alangkah lebih baiknya jikalau kau melindungi diri dan seluruh anggota keluarga lainnya dengan asuransi kesehatan. Khususnya asuransi kesehatan yang memang meng-cover biaya pengobatan yang disebabkan oleh virus mematikan tersebut.

(Baca juga: Cara Mendaftar Asuransi Ciputra Life Untuk Setiap Produknya)

Salah satu produk asuransi yang menyediakan tunjangan total bagi pasien Corona yaitu Citra Proteksi Kesehatan Aktif dari Ciputra Life.

Dengan mempunyai Citra Proteksi Kesehatan Aktif, para pemegang polis mampu mengajukan klaim ongkos rawat inap rumah sakit hingga sembuh Covid-19 yang semuanya akan diganti oleh Ciputra Life. Bahkan nilai premi yang dibayarkan pun bisa kembali 110 persen.

Tidak hanya membiayai pengobatan pasien, Ciputra Life juga akan mengembalikan 100 persen nilai premi yang telah dibayarkan terhadap pihak keluarga, bila pemegang polis meninggal dunia.

Sementara buat para karyawan yang telah diberi jaminan asuransi oleh kantor,asuransi Ciputra Life bahkan memperbolehkan nasabahnya untuk melakukan double cover. Sehingga dua asuransi bisa digunakan sekaligus selama periode penyembuhan dari virus Corona.

Dapatkan asuransi Ciputra Life yang akan melindungi diri kau dan keluarga dari risiko paparan virus Corona lewat CekAja.com, sekarang juga!

Itu tadi 11 kiat merawat pasien Covid-19 dengan gejala ringan di rumah saja sampai sembuh. Semoga anggota keluarga kamu cepat pulih kondisi kesehatannya ya.