0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

11 Fitur Rahasia Whatsapp Yang Wajib Dikenali Supaya Gak Kudet

Fitur rahasia WhatsApp yang wajib dimengerti kini mampu kamu dapatkan dengan gampang. Maksimalkan penggunaan fitur-fitur ini agar mengirim pesan semakin mudah dan enggak bikin kudet alias kurang update.

Daftar Fitur diam-diam WhatsApp

1. Mengubah Bentuk dan Ukuran Tulisan

Fitur belakang layar WhatsApp yang wajib diketahui yang pertama adalah mengganti bentuk dan ukuran tulisan. Kamu mampu membuat goresan pena tampaktebal (bold), miring (italic), dan tercoret (strikethrough).

Untuk menebalkan goresan pena, apit kata atau kalimat yang kamu pilih dengan tanda bintang (*). Lalu, untuk kata dan kalimat yang ingin tampakmiring, maka apit dengan tanda underscore (_). Sedangkan untuk tulisan dengan tanda coretan, apit kata atau kalimat yang dipilih dengan tanda tilde ( ).

Contohnya, untuk menebalkan kalimat “aku pergi ke pasar”, maka ketik “saya pergi ke pasar”.

Gunakan format apitan yang serupa dengan tanda underscore dan tilde kalau kau ingin memiringkan atau mencoret kalimat tersebut.

Sementara itu, untuk mengubah ukuran huruf pada goresan pena yang tertampil di aplikasi WhatsApp, kamu mampu membuka Setting, lalu pilih Chats, dan pilih Font Size. Tersedia ukuran kecil (small), sedang (medium), dan besar (large).

2. Menandai Pesan Penting

Fitur rahasia WhatsApp yang wajib diketahui selanjutnya yakni menandai pesan. Fitur ini penting banget, terutama untuk kau yang tak ingin ribet dikala mencari pesan penting di daftar chat WhatsApp.

Caranya, tekan dengan usang pesan penting yang kamu mau tandai. Lalu akan muncul ikon bintang yang mesti kau klik. Pesan akan tersimpan dengan sendirinya. Untuk menyaksikan daftar pesan yang ditandai, buka aplikasi WhatsApp, pilih kolom Chats, kemudian klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

Selanjutnya, pilih Starred Messages. Semua pesan yang kau tandai ini akan diurutkan berdasarkan waktu diterimanya pesan. Fitur ini akan memudahkanmu mencari pesan penting, meskipun sudah diterima dalam waktu yang usang.

3. Meneruskan Pesan

Fitur WhatsApp yang satu ini rasanya telah banyak dipakai publik, ya? Namun, untuk kau yang belum mengetahui, simak tutorial caranya berikut ini.

Fitur “Teruskan” memungkinkanmu untuk mengantarpesan yang kau terima dari suatu kontak atau grup, ke kontak atau grup lainnya.

Cara meneruskan pesan Whatsapp cukup mudah. Tekan usang pesan yang ingin diteruskan, lalu klik ikon panah yang menghadap kanan. Pilih kontak atau grup yang ingin kamu kirimkan pesan, lalu klik Kirim.

4. Membalas Pesan Secara Spesifik

Pesan yang bertubi-tubi masuk melalui pesan pribadi atau grup acap kali menciptakan percakapan menjadi rancu. Kamupun galau membalas pesan yang ingin dibahas lebih lanjut.

Nah, untuk mengatasi persoalan ini, ada fitur diam-diam WhatsApp yang wajib dimengerti. Yakni fitur membalas pesan secara spesifik.

Caranya gampang banget, kamu cuma perlu memindah pesan yang dipilih ke arah kanan. Atau, tekan usang pesan yang dipilih, klik ikon panah yang menghadap kiri, kemudian balas pesan mirip biasa. Dengan fitur ini, percakapan akan lebih gampang dimengerti.

(Baca Juga: Fitur Rahasia iPhone dan Android yang Belum Kamu Ketahui)

5. Menyembunyikan Status

Fitur belakang layar WhatsApp yang wajib diketahui selanjutnya adalah menyembunyikan status dari beberapa kontak yang kamu pilih. Fitur ini dibuat untuk menciptakan pengguna semakin tenteram dengan privasinya.

Untuk menyembunyikan status, masuk ke aplikasi WhatsApp pada kolom Status. Lalu, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih Status Privacy. Sesuaikan daftar kontak yang bisa melihat statusmu dengan tiga opsi yang tersedia.

Yakni “My contacts”, “My contact, except…”, dan “Only share with…”.

6. Membagikan Lokasi

WhatsApp juga mempunyai fitur diam-diam lain dengan membagikan lokasi. Ada dua jenis lokasi yang mampu dibagikan, adalah lokasi terkini (current location) dan lokasi eksklusif (live location) yang disertakan dengan perpindahan lokasi dengan GPS.

Untuk membagikan lokasi di WhatsApp, buka chat room yang diseleksi, kemudian pilih ikon bergambar penjepit kertas. Pilih opsi Lokasi, dan pilih Send Your Current Location untuk lokasi terkini.

Sedangkan untuk lokasi pribadi, pilih Share Live Location dan pilih durasi menyebarkan lokasi yang kamu kehendaki. Mulai dari 15 menit, 1 jam, dan 8 jam.

7. Mengamankan WhatsApp dengan PIN

Mau aplikasi WhatsApp di HP-mu tidak sembarangan dibuka oleh orang lain? Amankan saja dengan mengaktifkan PIN untuk membuka aplikasi.

Caranya dengan membuka Settings atau pengaturan, lalu pilih Account, Two-step Verification, kemudian aktifkan PIN dengan cara menciptakan password.

8. Menonaktifkan Download Media Otomatis

Media-media yang diterima (mirip foto, video, dokumen, dan yang lain) acap kali membuat ruang penyimpanan di memori HP menjadi mudah penuh. Ada fitur diam-diam WhatsApp yang wajib dimengerti yaitu menonaktifkan fitur download media secara otomatis.

Jadi, kamu media yang diterima cuma akan masuk ke penyimpanan HP-mu dikala kau mengklik media tersebut, atau cuma dikala kamu terkoneksi dengan WiFi saja.

Caranya, buka Settings lalu pilih Data and Storage Usage. Lalu pilih jenis media yang mampu otomatis ter-download sesuai dengan koneksi internet.

9. Memilih Ruang Chat Teratas

Fitur belakang layar WhatsApp yang wajib dikenali yang lain yakni menandai ruang chat penting menjadi di posisi teratas. Pilih kontak atau grup yang percakapannya ingin kamu letakkan di bagian paling atas, semoga mengirim pesan menjadi lebih gampang.

Tekan lama kontak atau grup yang diseleksi, kemudian klik ikon bergambar pin penanda. Voila! Ruang chat yang diseleksi akan langsung berada di posisi teratas, walaupun waktu terakhir chat bukan yang terbaru.

(Baca Juga: Mengenal Fitur Co-Watching Instagram yang Bikin Kamu Makin Betah Di Rumah)

10. Menyebutkan Teman dalam Grup

Percakapan di grup seringkali dirasa terlalu ramai, sehingga banyak pengguna WhatsApp menentukan untuk menonaktifkan notifikasi.

Agar pesan yang kamu tujukan ke salah seorang anggota dipastikan terkirim dengan notifikasi, kamu bisa menyebutkan atau mention orang tersebut.

Caranya dengan mengetik tanda at (@), lalu ketik nama kontak anggota grup yang kau tuju. Baru lalu ketik pesan mirip biasa sesudah mention.

11. Menyembunyikan Read dan Last Seen

Menyembunyikan informasi Read dan Last Seen juga menjadi fitur rahasia WhatsApp yang wajib dikenali.

Namun, jikalau kau menyembunyikan dua informasi ini, maka kamu juga tidak bisa menerima centang biru (tanda Read) pada pesan yang kamu kirim ke ruang chat perorangan.

Sedangkan untuk informasi read pada pesan grup masih mampu terlihat. Selain itu, kamu juga tidak mampu melihat Last Seen pada kontak lain.

Untuk menyembunyikan informasi Read dan Last Seen, buka Settings lalu pilih Account dan Privacy. Aktifkan dan matikan keterangan Read dan Last Seen sesuai dengan keinginanmu.

Itulah aneka macam fitur diam-diam WhatsApp yang wajib dimengerti olehmu. Penggunaan WhatsApp dan aplikasi lainnya bakal lebih gampang jika kamu memiliki WiFi di rumah atau mengaktifkan paket internet dengan jumlah kuota yang tak terbatas.

Bayar tagihan internet kini kian mudah dengan kartu kredit. Selain membuatsemua pembayaran banyak sekali keperluan menjadi gampang, nikmati juga banyak promo yang ditawarkan di merchant-merchant ternama.

Mau menerima semua akomodasi ini? Yuk, bandingkan dan usikan kartu kredit lewat CekAja.com. CekAja.com akan memberikan usulan kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. Proses pengajuan dijamin cepat alasannya adalah menggunakan metode online.

Semua transaksi di CekAja.com sungguh aman dan terpercaya, sebab diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Tunggu apa lagi? Ajukan kartu kredit kini juga!