0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

11 Faedah Siwak Yang Ampuh Jaga Kesehatan Gigi Dan Rongga Lisan

Selain berkhasiat untuk menjaga kesehatan ekspresi dan gigi, nyatanya masih banyak faedah siwak lainnya yang dapat dinikmati. Bagi kamu yang gres mendengar kata siwak, sejatinya siwak ini ialah salah satu alat untuk membersihkan verbal dan gigi, yang sudah digunakan semenjak lama sebelum penduduk mengenal sikat dan pasta gigi.

11 Manfaat Siwak yang Ampuh Jaga Kesehatan Gigi dan Rongga Mulut

Sekilas Tentang Siwak

Sebelum membicarakan lebih jauh wacana manfaat siwak, ada baiknya kamu mengenali terlebih dahulu sekilas informasi perihal siwak.

Jika melihat definisi, sejatinya siwak atau yang dalam bahasa Arab disebut dengan miswak yakni sebuah ranting, atau batang pohon yang berukuran kecil dan berwarna coklat muda.

Siwak sendiri, mirip yang sudah disinggung sebelumnya merupakan salah satu alat untuk membersihkan verbal dan gigi, yang telah ada dan digunakan sejak lama, tepatnya sejak permulaan zaman peradaban Yunani, Arab dan Romawi Kuno.

Meski berasal dari daerah-daerah yang mempunyai keadaan tanah kering, tetapi siwak juga mampu ditemukan di beberapa tempat lainya. Tetapi biasanya, pohon siwak atau miswak ini banyak didapatkan di negara Tanzania.

Selain itu, pohon miswak juga bisa kamu temui di dataran pasir yang memiliki mata air di tengah-tengah dataran tersebut, serta di padang rumput sabana.

Menariknya, orang-orang yang berada di beberapa negara jazirah Arab, seperti Arab Saudi dan Pakistan hingga kini masih menentukan siwak sebagai alat untuk membersihkan lisan dan gigi, dibandingkan memakai sikat dan pasta gigi.

Kandungan Alami Siwak

Jika berbicara ihwal siwak, sesungguhnya bahan alami yang satu ini tidak hanya kaya akan manfaat, tetapi juga mempunyai kandungan alami yang sangat banyak. Beberapa kandungan alami yang dimiliki siwak, di antaranya:

  • Silika
  • Kalsium
  • Chloride
  • Alkaloid
  • Essential oil
  • Fluoride
  • Sodium bikarbonat
  • Vitamin C
  • Sulfur
  • Tannin

(Baca Juga: Cara Memutihkan Gigi Secara Alami)

11 Manfaat Siwak

Jika dipembahan sebelumnya kamu telah mengetahui sekilas wacana siwak beserta kandungannya, maka di pembahasan kali ini kau akan mengenali 10 manfaat siwak, yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu sebagai berikut.

1. Menurunkan Risiko Kerusakan Gigi

Manfaat siwak yang pertama adalah dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan gigi. Kandungan fluoride yang dimiliki siwak dapat menghalangi kerusakan gigi.

Selain itu, kandungan natrium klorida, kalsium oksida dan natrium bikarbonat yang terdapat dalam siwak juga memiliki kegunaan untuk menguatkan enamel gigi.

Pasalnya, kerusakan gigi dapat terjadi alasannya adalah dipicu oleh basil yang ada di dalam rongga verbal.

Yang mana, bakteri itu memakai gula dan pati yang ada di dalam makanan untuk menghasilkan asam, yang mampu menghancurkan dan menghilangkan enamel gigi.

2. Menyegarkan Napas

Manfaat siwak yang berikutnya adalah dapat menyegarkan napas. Hal tersebut dikarenakan, siwak memiliki senyawa aromatik yang dapat menguap dengan gampang secara alami.

Sehingga, kamu akan merasa verbal lebih higienis dan segar, layaknya menggunakan obat kumur setelah bersiwak.

3. Melindungi Gusi dari Risiko Radang

Selain dua faedah di atas, siwak juga memiliki faedah untuk melindungi gusi dari risiko radang. Seperti yang dimengerti, radang gusi atau gingivitis mampu terjadi akhir kuman yang tumbuh di sela-sela gigi dan gusi.

Dengan membersihkan gigi secara berkala memakai siwak, maka gigi dapat terhindar dari segala risiko terjadinya radang gusi atau gingivitis.

Tidak hanya itu, kandungan tannic acid dan trimethylamine yang terdapat dalam siwak juga mampu menangkal dan mengobati problem atau gangguan gusi.

4. Mencegah Timbulnya Karang dan Plak Gigi

Manfaat siwak yang satu ini mampu kamu rasakan, jika kau menggunakanya secara berkala . Karena pada dasarnya, plak gigi terbentuk dari menumpuknya sisa-sisa masakan yang menempel pada permukaan dan sela-sela gigi.

Plak tersebut, nantinya akan diubah oleh kuman di dalam lisan menjadi asam yang dapat menghancurkan gigi.

Namun, kamu tidak cemas. Sebab, kamu bisa mengatasinya dengan cara membersihkan gigi secara rutin dengan siwak.

Karena, siwak memiliki kandungan silika yang mampu mencegah pembentukan plak gigi dan menghilangkan noda gigi secara efektif.

5. Menjaga Kekuatan Gigi dan Mencegahnya Berlubang

Manfaat siwak yang bisa kamu rasakan berikutnya, yakni siwak dapat menjaga kekuatan gigi dan mencegahnya dari risiko berlubang.

Pasalnya, siwak bisa menghalangi terjadinya pengeroposan gigi, sehingga gigi dapat tersadar kekuatannya.

Kemudian, siwak juga juga mampu menghalangi gigi berlubang alasannya adalah memiliki kandungan essential oil.

Untuk bisa mendapatkan kandungan tersebut, kamu cukup mengunyah siwak terlebih dahulu untuk merangsang bikinan air liur dalam lisan.

Sebab, air liur yang dihasilkan dari mengunyah siwak berkhasiat untuk menyeimbangkan pH di dalam lisan. Dengan begitu, maka basil penyebab gigi berlubang mampu diminimalkan.

6. Menangkal Pertumbuhan Bakteri

Menangkal perkembangan kuman, nyatanya juga menjadi faedah siwak yang mampu kamu rasakan.

WHO atau organisasi kesehatan dunia sendiri telah melakukan banyak observasi, yang menerima hasil bahwa siwak memang terbukti mengandung banyak senyawa antibakteri alami, yang mampu melawan perkembangan bakteri di dalam lisan.

Tidak cuma itu, orang yang berkala memakai siwak pun memiliki risiko yang lebih kecil untuk terkena gangguan atau duduk perkara kesehatan gigi, daripada orang-orang yang cuma membersihkan gigi menggunakan sikat dan pasta gigi.

7. Menjadi Antikanker

Manfaat siwak yang ketujuh ialah menjadi antikanker. Di mana, siwak memiliki beberapa kandungan antioksidan, seperti peroksidase, polifenol oksidase dan katalase yang dinilai sebagai antikanker.

Tetapi, manfaat siwak yang satu ini gres mampu kau rasakan secara maksimal, sesudah digunakan secara rutin untuk membersihkan gigi dan rongga ekspresi.

8. Sebagai Analgesik Alami

Selain menjadi antikanker, faedah siwak yang lainnya adalah sebagai analgesik alami. Yang mana, siwak mempunyai materi aktif yang mampu menanggulangi serta menetralisir rasa sakit pada gusi balasan peradangan yang terjadi.

9.  Mengobati dan Menyembuhkan Sariawan

Manfaat siwak yang selanjutnya adalah dapat mengobati dan menyembuhkan sariawan. Banyaknya kandungan vitamin C yang dimiliki siwak, dapat memperbaiki jaringan serta luka yang terjadi pada dinding ekspresi. Sehingga, mampu mempercepat proses penyembuhan sariawan.

10. Meningkatkan Pertumbuhan Kolagen

Menariknya, vitamin C yang terkandung dalam siwak tidak cuma memiliki kegunaan untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Melainkan juga berguna dalam merangsang pembentukan kolagen.

Hal tersebut dikarenakan, kandungan vitamin C dalam siwak bisa menghalangi radikal bebas. Dengan begitu, pembentukan pigmen melanin pada kulit menjadi terjadi terhambat, kulit menjadi lebih elastis dan tersadar kecerahannya.

11. Mengatasi Bau Mulut

Manfaat siwak yang terakhir yaitu bisa menanggulangi anyir mulut. Seperti yang dimengerti, penyebab terjadinya wangi ekspresi sungguh banyak.

Tidak hanya alasannya adalah bakteri, tetapi juga dapat disebabkan oleh kuliner, kurangnya air liur, hingga adanya penyakit gigi dan gusi.

Cara yang mampu kau kerjakan untuk menangani anyir mulut pun sungguh banyak. Namun umumnya, orang-orang akan mengatasinya dengan cara menyikat gigi atau bersiwak.

Pasalnya, siwak mempunyai kandungan antibakteri alami yang bisa menyeimbangkan buatan air liur, sehingga verbal pun akan terhindar dari risiko amis lisan.

Cara Menggunakan Siwak

Rasanya mengenali manfaat siwak saja tidak cukup. Akan lebih baik kalau kau juga mengetahui cara menggunakan siwak yang bagus dan benar, untuk menerima manfaat yang maksimal. Adapun beberapa tahapan yang perlu kau kerjakan dalam memakai siwak dengan benar, adalah:

  • Siapkan satu batang siwak
  • Setelah itu, potong dan kupas ujung siwak sekitar 1 cm
  • Kunyah ujung siwak yang sudah dikupas tersebut, sampai serat-serat batang terbuka dan membentuk bulu sikat
  • Jika serat batang siwak telah lunak dan membentuk bulu sikat, berikutnya rendam siwak ke dalam air untuk beberapa waktu
  • Jika sudah, gunakan siwak pada bab bulu sikat untuk membersihkan dan untuk membersihkan gigi dan rongga mulut
  • Bersihkan gigi selama 2-3 menit dengan cara memposisikan bulu sikat siwak dengan sudut 45 derajat, lalu sikat gigi dengan gerakan memutar dari atas ke bawah
  • Setelah itu, sikat gigi mulai dari formasi gigi paling belakang di salah satu segi lisan, kemudian arahkan ke bab depan ekspresi dengan gerakan memutar
  • Apabila bulu sikat sudah mulai terurai, kamu mampu memotongnya dan kupas kembali ujung kulit siwak sepanjang 1 cm, kemudian ulangi langkah-langkah di atas.

(Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Karang Gigi)

Itulah beberapa informasi perihal siwak yang sudah kamu pahami, mulai dari definisi, kandungan alami yang dimiliki siwak, manfaat siwak, sampai cara memakai siwak yang baik dan benar.

Melalui gosip tersebut, kau bisa mengenali bahwa penggunaan siwak untuk membersihkan serta menjaga kesehatan gigi dan rongga verbal sangat bagus.

Bahkan, sebagian besar orang lainnya mengatakan bila siwak bekerja lebih baik dalam mempertahankan kesehatan gigi dan mulut, dibandingkan sikat dan pasta gigi.

Meski begitu, keduanya sama-sama mempunyai faedah baik untuk menangkal kerusakan, dan timbulnya gangguan atau masalah gigi yang lain.

Pasalnya, kalau gigimu telah terkena dilema atau gangguan penyakit, maka ongkos yang mesti kamu keluarkan pun tidak sedikit.

Sebab, kamu harus melakukan berulang kali perawatan gigi hingga masalah pada gigimu sembuh.

Bayangkan, berapa besar ongkos yang mesti kamu keluarkan selama berulang kali melakukan pengobatan? Sangat besar bukan? Hal itu pasti akan membuatmu pusing mempertimbangkan besarnya ongkos yang harus kamu bayarkan.

Namun, semua itu tidak akan terjadi apabila kamu memiliki kartu kredit. Sebab, dengan kartu kredit kamu bisa membayar semua tagihan terkait pengobatan dengan mudah dan cepat, tanpa mesti memiliki duit tunai terlebih dahulu.

Selain itu, kartu kredit juga akan mempermudah mu dalam mengeluarkan uang tagihannya. Karena, kamu mampu membayar tagihan kartu kredit dengan cara dicicil. Sehingga, kamu tidak akan terbebani dengan hal-hal terkait finansial.

Maka dari itu, buat kau yang belum memiliki kartu kredit, bisa pribadi mengajukannya di CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak pilihan kartu kredit yang mampu kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mu.

Terlebih, proses pengajuan kartu kredit di CekAja.com pun mudah, cepat dan aman sebab sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, buat kamu yang belum mempunyai kartu kredit, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kini!