0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Varian Bakso Unik Paling Hits Yang Sesuai Dijadikan Peluang Bisnis

Kamu percaya nggak, jikalau varian bakso unik dan nyentrik, cuma ada di Indonesia? Pasalnya, demi menawarkan gebrakan gres, beberapa penjualbakso sengaja menciptakan bentuk atau rasa bakso, menjadi nggak biasa. Penasaran kan? Yuk simak di sini!

Asal Usul Makanan Bakso

Sebelum kita membicarakan lebih dalam terkait varian bakso unik, yuk simak sekilas berita ihwal asal usul bakso apalagi dulu!

Bukan orisinil Indonesia, ternyata bakso berasal dari Tiongkok loh. Adapun sejarah panjang sudah dilalui bakso di Tiongkok, yang konon pada awal masa ke-17, ada pria berjulukan Meng Bo, yang merupakan pesohor pengerjaan bakso.

Meng Bo diketahui selaku anak yang sungguh berbakti, kepada orang renta. Hingga pada suatu ketika, sang ibu telah sangat bau tanah namun tetap ingin menikmati daging yang keras.

Alhasil, Meng Bo mempertimbangkan banyak cara, supaya daging mampu dinikmati ibu, dengan membuatnya menjadi bakso.

Bagaimana Meng Bo menciptakan bakso menjadi berbentuk lingkaran? Ternyata dia terinspirasi dari pembuatan ketan menjadi mochi.

Pada karenanya, bakso menjadi makanan populer di Kota Fuzhou, Tiongkok. Lantas, bagaimana cara bakso masuk ke Indonesia, dan menjadi makanan populer juga?

(Baca Juga: 7 Produk Asli Indonesia Ini Sukses Mendunia)

Bakso Masuk ke Indonesia

Kehadiran pedagang Cina yang menetap di Indonesia, menciptakan bakso kian digemari di Nusantara. Tapi tahukah kamu, bahwa permulaan-permulaan masuk ke Indonesia, bakso bukanlah yang dibuat dari daging sapi, melainkan daging babi.

Bahkan, arti bakso dalam Bahasa Hokian mampu dirincikan selaku berikut, adalah Bak yang artinya babi, sedangkan so yakni masakan. Jika disatukan, artinya menjadi kuliner yang yang dibuat dari daging babi.

Namun, alasannya Indonesia mempunyai secara umum dikuasai penduduk muslim, maka bakso dibuat menggunakan daging yang halal, seperti sapi, ayam, ikan, sampai udang.

Bakso di Indonesia, biasa dihidangkan bersama sayuran mirip sawi, toge, daun seledri, mie kuning, bihun, tetelan, dan bawang goreng.

Namun, makin ke sini, varian bakso menjadi beragam dan kian unik. Maka tak heran, jikalau varian bakso unik dan nyentrik, mampu dijadikan potensi usaha menjanjikan, karena sungguh disenangi orang Indonesia.

Memang, varian bakso unik apa saja sih yang terkenal saat ini, dan bikin usahawan bakso semakin naik daun?

10 Varian Bakso Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Penasaran dengan varian unik dan nyentriknya? Yuk, langsung saja simak gugusan varian bakso unik berikut ini, dijamin bikin ngiler!

1. Bakso Lobster

Varian bakso unik yang pertama ialah bakso lobster. Seperti namanya, bakso ini terdapat lobster utuh di dalamnya, jadi bukan hanya cita rasa lobsternya saja.

Belum lama muncul, bakso lobster eksklusif viral dan diserbu, para penggemar bakso. Bahkan, para pelanggan rela antri beberapa jam, semoga bisa merasakan varian bakso unik tersebut.

Untuk harganya memang sedikit lebih mahal, dari bakso biasa. Yakni dibanderol mulai dari Rp30.000-Rp70.000.

Viralnya bakso lobster, juga membuat pengusaha bakso biasa mempunyai kesempatan besar, untuk menciptakan varian lobster tersebut.

Hingga, ketika ini sudah banyak warung bakso lobster yang menyediakan varian unik ini. Berikut rekomendasinya:

  • Bakso Lobster Geger Armada (Bekasi)
  • Bakso Semox Madam Dewin (BSD City)
  • Bakso Lobster Pak Iman (Bogor)
  • Bakso Lobster & Bakso Tulang Rusuk (Pontianak)
  • Bakso Lobster Bakso Beranak Mercon (Jakarta)

2. Bakso Corona

Varian bakso unik yang selanjutnya adalah bakso corona. Sempat trend di awal-awal munculnya pandemi Covid-19, bakso ini langsung memiliki banyak fans.

Hal tersebut dikarenakan, bakso ini memiliki bentuk yang unik, dan seperti dengan virus corona, yang mempunyai duri-duri. Pengusaha bakso corona sendiri mengaku, bahwa ilham nya memang terinspirasi dari virus corona yang sedang mewabah di dunia.

Lantas, idenya pun pribadi viral alasannya adalah dianggap unik. Seorang pengusaha bakso corona ini sendiri, berasal dari Surabaya, Jawa Timur, berjulukan Dodik Pudji Raharjo.

Bakso virus corona ini sendiri, dipadukan dengan jamur enoki, sebagai duri-durinya. Bahkan, jamur enoki yang pakai pak Dodik, eksklusif didatangkan dari Jepang.

Tidak mahal, untuk satu porsi bakso virus corona, dibanderol seharga Rp25.000. Mau coba, yuk eksklusif datang ke warung pak Dodik di Surabaya.

3. Bakso Mangkok

Bukan berbentuk lingkaran seperti bola ping pong, namun varian bakso unik ini justru mempunyai bentuk bak mangkok bakso. Nah, sudah mulai galau kan?

Ya, varian bakso unik yang satu ini, memang berbentuk mangkok, yang mampu diisi dengan bakso. Adapun bakso berbentuk mangkok ini, ternyata juga bisa dimakan.

Bahkan, tahukah kau jika jenis bakso mangkok ini ternyata memiliki berat sampai dua kilogram. Namun, jangan disantap sendirian ya, alasannya adalah bakso mangkok ini memang ditawarkan untuk takaran untuk beberapa orang.

Untuk satu porsi bakso mangkok, dibanderol dengan harga sekitar Rp25.000 (untuk bakso mangkok ukuran kecil) dan Rp150.000 (untuk bakso mangkok ukuran besar).

Nah, buat yang penasaran sama bentuk dan rasanya, berikut nasehat kedai bakso mangkok, yang hits ini:

  • Bakso Rusuk Joss ( di Berbagai Kota)
  • Bakso mangkok BM Laras (Palembang)
  • Bakso Legend (Malang)
  • Bakso Sumo (Surabaya)

4. Bakso Beranak

Nah, jika varian bakso yang satu ini, mungkin sudah pernah dengar ya. Tapi, apa telah pernah coba?

Sama seperti bakso yang lain, varian bakso unik ini, memiliki bentuk yang besar dan terdapat “anak” atau bakso kecil di dalamnya. Sehingga, bakso ini disebut bakso beranak.

Namun, bakso beranak, tidak selalu berisi bakso kecil-kecil, tetapi juga bisa diisi tahu, daging, tetelan, dan yang lain.

Untuk harga satu takaran bakso beranak, dibanderol mulai dari Rp30.000-an saja. Nah, buat kamu yang ingin tau, yuk kunjungi nasehat kedainya:

  • Bakso Beranak Mpok Rame (Kelapa Gading, Jakarta)
  • Bakso Rusuk Joss (di Berbagai Kota)
  • Basecamp Cafe (Jakarta Barat)
  • Bakso Bom Mas Erwin (Tangerang)
  • Bakso Beranak Ala Chef (Jakarta Selatan)

5. Bakso Hitam

Bukan berwarna coklat atau abu-abu, seperti bakso kebanyakan, varian bakso unik yang satu ini, memiliki warna hitam.

Makanan yang bisa dikatakan ekstrim ini, memang cukup unik dan nyentrik. Namun, warna hitam yang ada bakso ini, ternyata tidak membuat rasanya berganti, dan tetap nikmat.

Warna hitam yang dipakai bakso ini, umumnya memakai merang/charcoal/arang bambu jepang, yang cuma memperlihatkan warna hitam pekat, tanpa mengubah rasa.

Bakso ini, bahkan disebut juga lebih sehat, dan memiliki kegunaan, alasannya kandungan arangnya.

Untuk terobosan unik ini, ternyata dibentuk oleh pria bernama Sigit Prihanto, yang berasal dari Surabaya.

Mau coba? Yuk pribadi tiba ke kedai berikut:

  • Bakso Hitam Chok Judes ( Surabaya)
  • Warung Bakso Hitam Super (Pacitan)
  • Mie Baso Pa Haji (Tasikmalaya)

6. Bakso Klenger

Varian bakso unik yang satu ini, mungkin akan membuat kamu shock. Karena, bukan dari bentuk, warna dan rasa, tetapi alasannya adalah ukurannya, yang super besar.

Bayangkan saja, bakso super yang dinamai bakso klenger ini, memiliki aneka macam ukuran. Mulai dari 250 gram hingga 5 kg.

Bagaimana cara menyantapnya? Ya, varian bakso klenger ini, memang bukan ditujukan untuk takaran per orang, tapi untuk porsi per golongan.

Untuk isiannya juga beragam, mulai dari berisi telur, daging sapi, daging ayam, telur puyuh, dan masih banyak lagi.

Nah, buat kamu yang akan makan bakso sekeluarga, se-RT, hingga sekomplek, mungkin varian bakso ini, bisa jadi opsi.

  • Bakso Klenger (Jogja)
  • Bakso Setan Pak Aep (Puncak, Bogor)
  • Bakso Raksasa Pondok Gizi (Depok)
  • Bakso Astagfirullah (Bandung)

7. Bakso Batok Kelapa

Ada yang berbeda dari cara menikmati bakso yang satu ini, alasannya adalah wadahnya yang unik, ialah dari batok kelapa muda utuh.

Bukan hanya sekadar dijadikan wadah, bakso batok kelapa akan menciptakan kau takjub, sebab bisa memberikan cita rasa unik dan berlawanan.

Paduan kelapa muda yang anggun gurih serta bakso yang asin, membuat rasa yang tiada duanya.

Penasaran banget kan sama rasanya? Yuk intip anjuran kedai bakso batok kelapa berikut ini:

  • Kedai Baso Vilky (Bogor)
  • Kedai OPYO (Depok)
  • Kedai Onnashaka (Bandung)
  • Warung Berkah Bakso Ikan (Yogyakarta)

8. Bakso Gulung

Varian bakso unik berikutnya yak tak kurun nyentrik yaitu bakso gulung. Seperti namanya, bakso ini dibentuk seperti gulungan, berupa lonjong.

Karena biasanya bakso mempunyai bentuk yang lingkaran, tapi bakso ini memiliki bentuk yang tak biasa adalah berupa gulung seperti sosis.

Terobosan ini, juga diseleksi selaku penemuan baru para pengusaha bakso, mirip di kedai Terminal Bakso, Gresik yang satu ini.

Kedai ini menjual bakso gulung, yang keberadaannya kian digemari. Tidak hanya bakso gulung, kedai ini juga menyediakan varian bakso unik lainnya, mirip bakso keju, bakso jamur, dan lain-lain.

9. Bakso Kuburan Mantan

Memang ada-ada saja, ide para pengusaha bakso di Indonesia. Setelah booming es krim berupa kuburan, sekarang timbul varian bakso unik, bertema kuburan mantan.

Seperti namanya, bentuk bakso ini, menyerupai kuburan, lengkap dengan hiasan diatasnya, yang ialah belahan daging.

Tidak dicicipi begitu saja, dan sama seperti suguhan bakso lainnya, bakso ini juga disuguhkan bersama kuah segar, mie kuning, sayuran, sampai bawang goreng.

Buat kamu yang mengingat para mantan, dengan memakan bakso ini, yuk pribadi saja kunjungi kedainya:

  • D’Bakso (Sukabumi)
  • Bakso Rusuk Joss (Bekasi dan Kota Lainnya)

(Baca Juga: Cara Membuat Bakso Kenyal Dijamin Enak)

10. Bakso Tumpeng

Siapa bilang, tumpeng cuma bisa dibentuk dari nasi? Nyatanya varian bakso unik ini , juga ada yang berupa tumpeng loh guys.

Biasanya berbentuk bulat, bakso tumpeng ini berbentuk kerucut, bak tumpeng dan gunung.

Bakso ini juga mempunyai isian, mulai dari daging sapi, telur, dan isian lainnya, yang pasti bisa membangkitkan selera.

Yuk, yan penasaran sama rasanya, tinggal tiba ke kedainya langsung:

  • Lesehan Mbanyu Mili (Yogyakarta)
  • Bakso Kemon (Bekasi)
  • Bakso Rumah Eyang (Jakarta)

Nah, itu dia beberapa varian bakso unik, nyentrik dan viral, yang cuma ada di Indonesia. Bagaimana? Orang Indonesia, memang sungguh kreatif ya.

Mau bangun usaha bakso juga seperti para usahawan bakso di atas? Bisa banget loh! Terlebih, bakso merupakan salah masakan atau kue yang tidak gampang hilang tren-nya.

Sehingga, wangsit usaha bakso unik ini sungguh manis, untuk dijadikan kesempatan bisnis prospektif. Nah, kau tinggal pilih deh, mau bangun usaha bakso varian apa, dari opsi ilham bakso di atas.

Atau, kalau kamu memiliki inspirasi sendiri yang lebih unik, boleh dicoba loh. Misalnya, bakso berupa donat, piramida, dan lain-lain.

Namun, jika ide saja yang kau fikirkan, tanpa usaha, bisnismu tentu tidak akan berjalan. Bahkan, idenya keburu diambil orang. Nggak mau kan?

Yuk, Bangun Bisnis Bakso Impianmu, Bersama CekAja.com!

Nah, buat kamu para pelaku perjuangan UMKM, yang sedang mencari sumbangan dana perjuangan, CekAja.com siap membantu kau, menemukan pemberian dana usaha yang sempurna.

CekAja.com menawarkan banyak produk dukungan dana perjuangan, dari banyak sekali perusahaan P2P Lending sampai bank ternama di Indonesia.

Selain itu, kamu juga akan disarankan oleh CekAja.com, produk dukungan mana yang paling tepat untuk kamu. Mulai dari tenornya, jumlah nominalnya, pendapatan per bulannya, bunganya, dan lain-lain.

Yuk, bangkit bisnis bakso varian versimu, dengan mengajukan bantuan dana terbaik, hanya di CekAja.com!